} 4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Ikutan List Link Blogwalking - Cerita Bambang Irwanto

4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Ikutan List Link Blogwalking


4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Ikutan List Link Blogwalking -  Sampai saat ini, blogwalking atau sering disebut juga BW, masih jadi salah satu cara ampuh untuk menaikan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Soalnya, tidak bisa dihindari, kalau klien memang saat hendak mengadakan kerjasama pada sebuah blog, maka salah satu pertimbangannya adalah blog dengan DA tinggi.




Makanya, saya pun harus rajin melakukan blogwalking. Soalnya menurut banyak teman blogger, kita dituntut tidak hanya saja rajin mengisi blog, tapi juga harus diimbangi dengan blogwalking. Pastinya harus rajin juga promo di sosial media, agar bisa menarik pengunjung datang ke blog saya.

Nah, kembali ke topik blogwalking, saya melakukan blogwalking itu ada dua cara. Pertama, saya sengaja browsing  blog-blog yang akan saya kunjungi. Bisa dari browser langsung atau dari postingan teman-teman di media sosial mereka. Kalau menarik, pasti saya kunjungi.

Baca juga : Hal-Hal yang Perlu Dibenahi di Blog agar Pengunjung Betah

Cara kedua saya melakukan blogwalking adalah dari jalur list link blog. Jadi sekarang itu, sering sekali diadakan list link blogwalking, baik di grup blogger facebook, maupun di grup whatsapp. Makanya, saya pun rajin pantengin grup-grup tersebut. Dan Mengikuti list link blogwalking ini, menurut saya sangat jitu.

Pertama, karena sudah daftar list link, maka saya bisa langsung melakukan blogwalking. Saya tidak perlu mencari-cari blog yang akan saya kunjungi. Tidak perlu juga kepoin sana sini. Langsung meluncur, dan menghemat waktu hehehe.

Kedua, karena sudah masuk daftar list, maka sudah pasti yang ikutan akan saling mengunjungi blog.  Dan ini bagi saya merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Kalau langsung mampir ke sebuah blog, bisa saja, si pemilik blog tidak balik berkunjung ke blog saya. Jadi di sini terpenuhi hak dan kewajiban hehehe.

Nah, berikut yang saya lakukun saat ikutan list link blogwalking. Saya susun berdasarkan pengalaman sendiri. Jadi mungkin saja berbeda dengan teman-teman. Tapi bisa saja sesuai untuk teman-teman, jadi bisa diterapkan.

Inilah 4 Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Ikutan List Link Blogwalking :


Pehatikan Soal Waktu

Saat saya akan ikut list link blogwalking, maka hal pertama yang saya perhatikan adalah soal waktunya ata jadwalnya dulu. Pasti di setiap list link blogwalking, ada jadwal.masing-masing. Misalnya list link dari pukul 13.00 - 15.00.wib dan waktu blogwalking adalah seminggu.

Jadi kalau memang dalam minggu ini saya lagi slow, maka saya akan langsung ikut ngelist. Atau bisa juga, walau saya ada acara tapi tidak padat, maka saya akan ikutan. Intinya, nanti saya harus usahakan dalam seminggu atau bahkan kurang seminggu bisa menyelesaikan semua daftar link yang ikutan.


Segera Lakukan Blogwalking

Setelah siap ikutan blogwalking, maka saya usahakan segera lakukan blogwalking. Jadi saya menghindari melakukan blogwalking pas mepet waktu. Soalnya namanya keperluan, siapa tau ada dadakan.

Misalnya waktunya seminggu. Ah masih lama ini, saya blogwalking menjelang dua hari deadline saja. Santai dulu aah.. kayak di pantai. Tapi ternyata, pas mau blogwalking, saya ada keperluan mendadak atau tiba-tiba ada tawaran kerja. Bisa dipastikan, rencana blogwalking saya tidak sesuai rencana.


Cicil Blogwalking

Bukan cuma panci dan wajan yang bisa dicicil lho tapi list link blogwalking  juga bisa dicicil hahaha. Ya  saya pribadi tidak bisa melakukan blogwalking sekaligus. Misalnya ada 25 link blog. Maka saya membagi 5-7 kali BW. Soalnya kalau sekaligus, dijamin tidak akan sanggup. Malah BW-nya buru-buru dan sekedar kewajiban tugas saja. Padahal saat blogwalking itu, banyak sekali hal-hal keren yang bisa saya dapatkan.

Makanya saat ikutan list link blogwalking, saya usahakan sebisa mungkin di sela aktivitas harian saya. Kalau pas lagi menulis di laptop, saya sempatkan blogwalking di laptop. Kalau lagi altivitas di luar, saya sempatin blogwalking juga. Misalnya lagi di perjalanan dengan akomodasi umum atau lagi mengantre, saya blogwalking  di ponsel. Apalagi zaman now serba dimudahkan. Blogwalking bisa dari perangkat mana saja.


Komitmen

Saat mengisi list link blogwalking, maka saya harus berkomitmen. Saya menutaskan kewajiban saya mengunjungi blog-blog yang sudah ada dalam daftar. Soalnya tidak adil rasanya kalau teman sudah datang ke blog saya, lalu saya tidak balik blogwalking.

Tidak komitmen pada saat mengikuti list link blogwaking akan merugikan diri saya. Misalnya, tidak boleh ikut lagi list link blogwalking berikutnya. Termasuk teman-teman akan malas berkunjung ke blog saya lagi. Akhirnya bisa membuat blog saya sepi.

Nah, demikianlah 4 hal yang perlu dilakukan saat ikutan list link blogwalking. Semoga bermanfaat ya, teman-teman. Bila ada tambahan, silakan ditambahkan. Salam semangat ngeblog.


Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Ikutan List Link Blogwalking"

  1. Setujuuu banget pendapat mas Bam nih saat udah ikut ngelist BW ta harus konsekuen setidaknya tepat waktu agar sama2 bisa support teman yg lainnya.Salah satunya dengan mencicil waktu utk blogwalking ✌��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Tanty. Jadi saat mengisi list link BW memang saya sudah komitmen akan menyelesaikan kewajiban. Dan bagusnya dicicil dan tidak dadakan.

      Delete
  2. Blog walking itu perlu banget, banyak benefitnya. Bisa menambah wawasan, nambah teman dan branding blog.

    Kalo saya biasanya bikin blog khusus buat blog roll, isinya daftar blog keren. Setiap hari diusahakan buat bewe, walau cuma satu atau dua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Hendra.
      Saya pun happy pas BW. Soalnya banyak sekali info-info menarik. Wawasan dan pengetahuan saya jadi bertambah.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.