} SPOTS, Aplikasi Kasir yang Mempermudah Usaha Operasional Bisnis Kuliner - Cerita Bambang Irwanto

SPOTS, Aplikasi Kasir yang Mempermudah Usaha Operasional Bisnis Kuliner

SPOTS, Aplikasi Kasir yang Mempermudah Usaha Operasional Bisnis Kuliner-Pasion saya menulis. Dan saya sudah memutuskan jadi penulis freelance sejak 2003. Dari sekedar menulis cerita anak, saya kini merambah dunia blogger juga. Alhamdulillah rezeki menulis darimana saja.



Lalu kemarin, saya chat dengan Sahrul, teman lama saya saat masih di Makassar. Kami baru saja dipertemukan kembali lewat media sosial. Sudah puluhan tahun tak bersua. Syukurlah saya masih mengenal dia hehehe. Seperti biasa, dia tanya kabar, termasuk apa kegiatan saya sekarang. Ya, saya jawab seputar menulis saja. Lainnya jalan-jalan. Sambil cari warung bakso yang enak hahaha.

Lalu teman Sahrul tanya, apa hobi saya lainnya. Saya jawab salah satunya masak. Eh, dia malah antusias, kalau hobi saya itu bisa dijadikan peluang bisnis juga. Misalnya buka warung makan. Apalagi bisnis kuliner sampai sekarang masih bisa menjanjikan. Ditambah lagi, waktu saya yang lumayan fleksibel.

Saya tercenung. Iya juga sih. Dan sebenarnya beberapa waktu lalu saya memang menerima pesana sambal goreng tempe, sambal goreng ati, dan rendang. Label namanya malah sudah ada Pawonbangbang. Hanya terbatas pengiriman ke wilayah Jabodetabek yang hanya bisa ditempuh sehari dari Gombong. Misalnya kirim senin pagi, maka sampainya selasa siang. Makanya, pernah ada teman yang tinggal di Cimahi mau pesan, saya tolak, karena pengiriman lebih 3 hari.



Selesai char, saya semangat nih, apalagi kata Sahrul, saya sudah punya modal resep.makanan. tinggal semangat mengelolah, cari tempat dan orang-orang yang membantu. Sahrul itu dulu memang sering makan di rumah saya bila pas mengerjakan PR. Dan dia selalu memuji masakan Ibu saya. Sedikitnya resep Ibu saya sudah saya warisi hehehe.

Lanjut soal rencana bisnis kuliner, saya sih sangat semangat. Apalagi teman saya menambah motivasi, kalau zaman now, kita harus fleksibel. Jangan nyaman di satu bidang saja. Benar juga sih, saya.harus mencoba. Kata pepatah, lebuh baik gagal. tapu sudah mencoba, daripada ridak pernah mencoba sama sekali. Hanya paling bagus, lebih baik mencoba, dan nantinya berhasil hehehe.

Lalu soal tempat, bisa sewa tempat yang strategis dengan harga terjangkau. Soalnya, sekarang letak rumah saya bukan di pinggir jalan. Jadi jangan dijadikan penghalang. Pasti ada tempat yang sesuai.



Selanjutnya orang-orang yang mau membantu. Untuk tahap awal, bisa dari keluarga dulu. Tadi Sahrul juga menegaskan, kalau mulai usaha, harus saya dulu yang turun tangan mengerjakan semuanya. bukan langsung menjadi bos.

Saya siap. Berarti saya harus rangkap ya. Urusan belanja, maaak, layanin juga kasir?

Sahrul tadi malah mengirimkan emotion. Katanya, uurusan kasir zaman now tidak perlu bingung. Soalnya sudah banyak aplikasi kasir. Salah satunya SPOTS


SPOTS? Apakah itu?
Lagi-lagi Sahrul mengirimkan emotion ngakak. Lalu, dia menyuruh saya cari tahu sendiri seputar SPOTS ini. Biar lebih jelas katanya. Oke siap laksanakan, Masque...


Apa itu SPOTS?

Ternyata, setekah saya browsing, SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan. SPOTS ini  memperkenalkan Sistem of Sale (POS) sebagai solusi operasional wieausaha.



Wah, keren juga, ya! Makanya aplikasi kasir SPOTS ini sangat menghemat waktu dan uang dengan mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari. Dan iya sih, untuk tahap awal, setidaknya saya tidak perlu mempekerjakan khusus kasir, atau saya tidak perlu khusus jadi kasir dan mempekerjaan seseorang. Jelas saya hemat biaya.

Terus yang bikin hati saya berbunga-bunga nih, harganya terjangkau, dan tidka membuat dompet saya jebol. Hanya dengan biaya aktivasi Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari), siapa pun dapat menjalankan usaha.




SPOTS ini hadir memang untuk banyak kalamgan. Mulai dari foodpreneurs, pengusaha makanan, di Indonesia dari semua ukuran. Dari pemilik gerobak sate kambing, booth masakan rumah di kantin perkantoran,café hits, sampai restoran bercabang, semua bisa menggunakan perangkat SPOTS. Keren, ya!

Dan saya baru teringat. Minggu lalu saya kan ke Purwokerto. Pas lewati di toko oleh-oleh getuk goreng, wah sepertinya mereka sudah pakai SPOTS ini. Cepat dan mudah. Pas saya minta nota, katanya tak perlu, karena di struk sudah lengkap. Keren.





Nah, yang bikin saya happy nih, soalnya SPOTS itu merupakan grup perusahaan GOJEK. Nah, GO-JEK itu sudah beroperasi di Kebumen, termasuk Gombong. Jadi klop nih. Bisa banyak yang pesan makanan lewat GO-FOOD.

Biar teman-teman lebih jelas soal SPOTS, saya akan jelaskan nih, fitur-fitur apa saja yang ada pada SPOTS. Pokoknya beragam itur lengkap dalam satu aplikasi. Fitur-fiturnya juga mudah dipahami dan digunakan.


Fitur-fitur Unggulan SPOTS

Fitur Pengatur Menu



Teman-teman bisa mengisi secara manual atau impor menu GO-FOOD,. Kemudian, teman-teman bisa mengatur jumlah, foto, harga, serta kategori menu sesuai kebutuhan.


Terima Pesanan GO-FOOD



Teman-teman akan mendapatkan notifikasi real time setiap menerima pesanan dari GO-FOOD. Ini berlaku bagi semua patner GO-FOOD yang sudah terdaftar. Jadi pastikan usaha kuliner teman-teman sudha terdaftar GO-FOOD, ya.


Terima Pembayaran GO-PAY



Pelangan kita kan beragam, ya. Mereka juga suka membayar sesuai keinginan. Nah, dengan menggunakan SPOTS, Pelanggan dapat membayar hanya dengan scan kode QR dan dana lansung masuk ke akun GO-PAY  teman-teman.


Mencatat Ragam Tipe Pembayaran


Masih nyambung dari poin sebelumnya, pelanggankan yang beragam dengan cara pembayaran beragam. Nah, SPOTS mencatat dan mengetahui tipe pembayaran yang sering digunakan para pelanggan.

Cetak Resi Instan




Resi memang salah satu bukti transaksi. Kadang juga kita gunakan saat pembukuan, ya. Nah, SPOTS adalah perangkat yang dilengkapi dengan printer. Jadi teman-teman tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak  resi transaksi.


Mendapatkan Laporan Harian

                                      

Dengan SPOTS, teman-teman bisa memonitor perkembangan transaksi melalui rekap yang dapat dipantau melalui aplikasi atau email yang dikirim setiap hari. Wih, jadi mudah dan menyena




Nah, itu tadi cerita saya tentang rencana membuka usaha kuliner. Niar lebih jelas, mampir saja yuk ke www.spots.co.id  Doakan ya, semoga segera terwujud. Insya Allah akan dipermudah juga dengan bantuan SPOTS. Yuk, permudah usaha operasional teman-teman bersama aplikasi kasir SPOTS.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

52 Responses to "SPOTS, Aplikasi Kasir yang Mempermudah Usaha Operasional Bisnis Kuliner"

  1. Wah mas keren nih, ayo yo semangat buka usaha kuliner. Kebetulan mamahmertuaku bahkan yg semangat banget mau buka usaha, beliau sudah punya pangsa pasar yg oke namanya gudeg mercon 3 lanang bisa pesan nasi kebuli juga. Karena aku baru merintis sebagai blogger yg memonotize blog nya, jadi belum maksimal hehe. Dan adanya SPOTS ini super bantu ya, kemarin ak liatbd tukang mie ayam udah pake ginian lho

    ReplyDelete
  2. Nah, itu keren, Mbak Grandys. Apalagi kalau sudah ada pangsa pasarnya sendiri. Jadi di lookasi mana pun, akan terus dikejar. Dan SPOTS ini memang sangat membantu, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Gojek semakin inovatif ya. Dengan alat ini mampu mendukung mitra go food nya. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mas Alif.
      Jadi semakin mempermudah kita dalam menjalankan usaha, Mas.

      Delete
  4. Saudaraku ada juragam ayam geprek jualan pakai app ini juga mas. Amazed juga skrng bnyak app seperti ini gg membuka lapangan kerja untuk banyak orang. Buat kita yg pembeli jg jd lebih mudah buat belanja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ayam geprek saat ini juga sedang ngehitz Mbak. Dan SPOTS ini keren, karena bisa mendatangkan pelanggan dari GO-FOOD juga.

      Delete
  5. Banyaaaakkk banget nih kemampuan SPOTS.
    Kerenn!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak.
      Sangat mempermudah usaha operasional. Bisa dipakai dalam banyak usaha, termasuk kuliner.

      Delete
  6. wualah mas, pagi-pagi ke sini lihat rendang, mantap benerr.
    Ternyata GOJEK juga memikirkan aplikasi kasir ini ya, jadi urusan kas bukan hal yang ribet lagi buat para penggiat UKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya, banyak saran itu rendang dikomersilkan saja, Mbak Lidha.
      makanya pengin buka warung makan hehehe.
      Apalagi sudah ada SPOTS yang siap membantu.

      Delete
  7. Aplikasi SPOTS memberikan banyak kemudahan bagi bisnis kuliner ya mas,benar-benar keren deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Iid.
      Jadi para pebisnis kuliner jadi sangat terbantu. Memang keren.

      Delete
  8. kalau dr jabotabek ke cimahi, bisa pake paxel mas. sehari langsung sampai *bukanpromo*

    gak perlu buka warung dulu, jualan online buat rendang mah legit mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. ternyata bisa ya, Mbak Vanisa.
      Siap, Mbak. Nanti saya pelajari dan cari tahu, apa di Gombong sudah ada. Kalau bisa, berarti rendang saya bisa mengjangkau.

      Delete
  9. Coba bisnis palumara, Mas Bambang.
    Pernah ada teman, orang Jawa suka dengan palumara yang saya buat. Karena saya pakein gula merah dikit, jadi asem2 manis rasanya. Padahal dia biasanya ndak doyan ikan lho. Bisanya suka sama palumara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih.. ide mantap nih, Mbak.
      Dan memang, resep Ibu saya itu disesuaikan dengan selera jawa saja.
      Jadi walau resep makassar yang cenderung kecut, tetap Ibu saya dulu suka kasih gula hehehe.

      Delete
    2. Wuah mantap tuh.
      Ibunya yang orang dari Sul Sel?

      Delete
    3. Orang jawa,hanya lama di Makassar. 30 tahun. Saya pun lahir di Makassar hehehe.

      Delete
  10. Wah, sahrul keren sekali ya bang... dia selangkah lebih maju dibanding pengusaha kuliner lain.. Semoga semakin banyak lagi yang pakai Aplikasi SPOTS.. biar pelanggan lebih mudah bayar tanpa bawa dompet.. wkwkw (yang penting saldo GO-PAY cukup)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Kris.
      Makanya saya beruntung dapat kontak dia kembali. Jadi selain menjalin silaturahmi, juga bisa sharing pengalaman.

      Delete
  11. pernah beli ayam goreng, kasirnya dikira main hp eh ga tahunya pakai aplikasi ini. langsung kagum! ga perlu invest mesin kasir lagi, cukup pakai aplikasi :)
    semoga makin sukses buat spots membantu umkm di indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. sama, Mbak.
      pas di toko oleh-oleh, saya kira pelayan tokonya main tablet. gaya benar. ternyata lagi hitungin belanja saya. Tidak lama, keluar struk dari mesin kasirnya, lengkap dengan daftar belanja saya hehehe.

      Delete
  12. Keren banget ini aplikasinya. Para pengusaha kuliner semakin dimudahkan dengan SPOTS ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Keke.
      Pelanggan pun semakin senang dan bisa bertamabah, karena pelayanan jadi cepat dan mudah.

      Delete
  13. Si SPOTS ini juga terlihat di cafe punya temenku dan agak takjub juga lihatnya. Kecil2 cabe rawit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbukti si kecil yang banyak manfaat ya, Mbak Nina.
      Ini juga tidak membutuhkan ruang yang besar.

      Delete
  14. Wah SPOTS ini kecil kecil cabé rawit ya. Segala transaksi digital bisa? Beneran membantu UKM dan UMKM ya. Salut sama pencetus ide aplikasi kasir ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Okti.
      Zaman now dengan adanua aplikasi-aplikasi memang sangat membantu. Yang penting kita memanfaatkan sebaik-baiknya.

      Delete
  15. Wah ditunggu nih undangan launching restorannya. Jgn lupa pake spots biar pelanggan ga perlu bawa uang. Cukup pake hp aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah bisa segera terwujud ya, Mbak.
      Apalagi sudah ada SPOTS yang pastinya sangat membantu, Mbak.

      Delete
  16. Aplikasi kasir seperti ini udah jadi incaran pelaku usaha deh, karena sangat memudahkan dalam transaksi keuangan, apalagi pas bagian report kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Fenni.
      Jadi memang sangat membantu. Memudahkan dan mempercepat proses pembayaran.

      Delete
  17. Aku ikut semangat bacanya, semoga usahanya lanjut terus dan makin berkibar dengan bantuan Kasir modern Spots ini. Amiiiin.

    Saat ini, niat menjadi entrepreneur semakin disupport dan difasilitasi oleh berbagai kecanggihan teknologi ya, semogaaku tertular jiwa usahanya, dan memang iya, kita jangan terlalu nyaman berada di satu bidang saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Hani. Terima kasih, Mbak.

      Benar sekali, Mbak Hani. Kalau serba dimudahkan, kita pun makin semangat menjalankan usaha.

      Delete
  18. Aamiin Ya Robbal Alamiin..semoga terwujud cita-citanya ya Mas
    Saya jadi salfok sama rendang dan rendang ati sapi nya pawonbangbang.
    Kapan-kapan bisa berarti delivery ke Jakarta ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Terima kasih banyak doanya, Mbak Dian.
      Asyik.. satu lagi tambah pujian dari Mbak Dian. Saya makin semangat nih, Mbak hehehe.

      Delete
  19. Sekarang apa-apa semakin mudah, dengan adanya perangkat Spots ini terlihat lebih praktis. Tanpa perlu perangkat yg lebih besar dan pembayarannya pun bisa dgn uang virtual by Gopay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.
      Kecil-kecil cabe rawit. Semua kebutuhan kasir, sudah terpenuhi. Termasuk tidak membutuhkan ruang besar.

      Delete
  20. Sudah lama gak intip pawonbangbang. Salut akutuh, Mas Bambang selain menulis juga piawai di dunia kuliner. Laperrr ih liat rendangnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kebetulan suka memasak, Mbak Maria.
      Soalnya 5 bersaudara, cuma 1 cewek. Jadi saudara cowok saya lainnya juga masuk dapur dan bisa masak hahaha. Makanya memasak membuat saya happy.

      Nanti pesan rendangnya ya, Mbak hahaha.

      Delete
  21. mantap Pak.. Hobi yang bisa jadi uang...
    Berapa jam masak rendangnya pak?

    Sudah pake SPOTS berarti pesen di pawongbangbang sudah bisa pake gopay ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.
      Dan memang dari hobi bisa jdi peluang bisnis, Mbak.
      Dan karena hobi pula, jadi enjoy dilakukan.
      Terus makin lancar dengan dipermudah dengan bantuan SPOTS

      Kalau rendang basah, biasanya 4 jam, Mbak.
      Kemudian diistirahatkan kompornya dulu. baru lanjut pengeringan sekitar 1 jam.

      Delete
  22. Kebetulan banget hari ini tadi pergi sama keluarga, kita sengaja makan di Food Court di AEON. Aku sebenarnya paling males kalau pakai kartu kudu deposit gitu, sering lupa soalnya buat minta balik sisahnya. Nah tadi tuh semua jajanan disana bisa pakai pembayaran online, salah satunya SPOTS ini. Enak banget kalau sekarang bisa cashless gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi SPOTS ini keren dan sangat membantu ya, Mbak Suci.
      Baik bagi pemilik bisnis kuliner, maupun pembeli.

      Delete
  23. keren nih, satu perangkat tapi fungsinya banyak banget..
    Jadinya nggak perlu repot ngitung omzet tiap hari, karena sudah otomatis ada yang ngitung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mas Heri. Soalnya laporan sudah dikirim via email setiap hari. Jadi jelas memudahkan pekerjaan.

      Delete
  24. wah keren banget ini paak, buat UMKM ngebantu banget ini mah, gak perlu mencatat manual atau repot itung manual lagi, tinggal cek-cek aja yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Farhati. Termasuk tidak perlu buat nota lagi, Mbak.
      Soalnya semua pesanan sudah terbaca di struk.

      Delete
  25. Harapan saya juga semua warung makan menggunakan aplikasi kasir kayak gini, biar bisa bayar pake gopay. Apalagi kalo ada promo cashback gopay ya xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya seperti itu ya Mbak.
      jadi pembeli tidak ahrus menyiapkan uang tunai, dan penjual tak perlu sedia uang kembalian. lebih cepat, mudah, dan praktis.

      Delete
  26. Wah, usaha kuliner jadi dimudahkan banget ya dengan SPOTS ini. Bahkan bisa juga melacak pemesanan online melalui Go-Food. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Zaman now hadirnya aplikasi memang sangat membantu. Termasuk aplikasi SPOTS ini. Semua serba cepat, mudah, dan menyenangkan.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.