} Langsung Terpikat Selfie di Tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong Kebumen - Cerita Bambang Irwanto

Langsung Terpikat Selfie di Tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong Kebumen

Langsung Terpikat Selfie di Tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong Kebumen-Teman-teman yang sering mampir ke blog saya, dan khusus masuk ke rubrik jalan-jalan Bangbang, pasti akan merasa kalau saya itu sangat banyak menulis tentang wisata Kebumen. Kenapa? Soalnya sekarang saya tinggal di Kebumen, dan wisatanya tidak perlu jauh-jauh hehehe.



Kebumen itu mempunyai wisata yang memesona dan komplit. Dari bukit, pantai, gua, waduk, batu-batu purba, embung, benteng, dan bangunan bersejarah lainnya. Dan semua itu masuk dalam Geopark Karangsambung-KarangBolong yang terbentang dari wilayah Karangsambung di utara Kebumen, sampai wilayah Karangbolong di selatan Kebumen.

Apalagi sejak Geopark Karangsambung-karangbolong ini ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada 30 november 2018. Ini membuktikan kalau wisata-wisata Kebumen memang sangat memikat. Makanya kebumen semakin berbenah menuju geopark internasiol. Salah satunya hadirnya logo Geopark Karangsambung-Karangbolong, laliu berlanjut dengan pengenalan logo, sampai pembuatan tugunya.



O, iya. Geopark Karangsambung-Karangbolong ini meliputi kawasan seluas 543,599 km2 yang mencakup 12 kecamatan dengan 117 desa. Lalu terdapat 41 situs geologi yang menjadi situs utama. Situs tersebut dilengkapi 8 situs biologi dan 10 situs budaya. Sangat komplit dan beragam kan, teman-teman.



jadi secara keseluruhan Geopark karangsambung-Karangbolong terbagi menjadi 3 segmen, yaitu Kawasan Karangsambung yang berada di utara sebagai kawasan cagar alam geologi Karangsambung. Lalu Kawasan Sempor sebagai kawasan bagian tengah. Selanjutnya pesisir daerah Ayah yang berada di selatan yang merupakan kawasan karst dan vulkanik tua.


Logo Geopark Karangsambung-Karangbolong
Geopark sendiri merupakan konsep pembangunan kawasan yang mengintegrasi antara geodiversity, biodiversity, dan culturediversity ; menuju peningkatan ekonomi lokal dalam bingkai NKRI. Makanya pembuatan Logo Geopark Karangsambung-Karangbolong juga disesuaikan dengan geopark yang ada.



Logo geopark Karangsambung-Karangbolong ini masing-masing mempunyai arti :

  • Tiga gunung menggambarkan kekuatan tiga pilar geopark. 
  • Gunung warna hijau menggambarkan cockpit karst
  • Gunung warna biru menggambarkan pegunungan patahan
  • Gunung warna cokelat dengan burung lawet menggambarkan nilai lokal yang berkembang  di atasnya
  • Proses subduksi antara lempeng benua dan lempeng samudra, terlihat pada pertemuan garis lengkeng ke bawah berwarna cokrlat dan merah.


Pengenalan Logo Geopark Karangsambung-Karangbolong
Setelah logo Geopark Karangsambung-Karangbolong dibuat, pastinya langkah selanjutnya adalah mengenalkan pada masayarat. Dan salah satunya adalah meletakkan logo-logo Geopark Karangsambung-Karangbolong ini di tempat-tempat wisata yang termasuk geopark, dalam bentuk logo kayu.

Logo Geopark Karangsambung ini sudah saya lihat sata berkunjung ke beberapa wisata. Misalnya Pemandian Air Panas Krakal di wialayh utara Kebumen, juga Gua Petruk dan Gua Jatijajar di di wilayah selatan Kebumen.



Selain logo Geopark, di bawahnya juga disertai info seputar wisata yang terkait. Misalnya di Pemandian Air Panas Krakal, saya bisa tahu sejarahnya adanya pemandian air panas ini. Dari salah satu keluarga keraton yang mencari sumber mata air sesuai minpinya, sampai kemudian Belanda membuat tempat pemandian khusus mengobati penyakit kulit.

Tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong
Nah, sabtu kemarin 9 November 2019, saat melewati daerah Karangbolong, saya suprais melihat Tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong. Padahal beberapa bulan lalu saat melintasi tempat itu, belum ada. Makanya tanpa disuruh, saya segera mampir sebelum saya lanjut ke pantai Pedalen.



Tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong berada di dekat alun-alun karang bolong, persis di pertigaan jalan yang salah satu jalannya menuju arah Pantai Karangbolong dan Pantai Hud. Masih sangat terawat dan bersih, karena memang baru dibangun.



Tugu Geopark di karangbolong ini salah satu dari 2 tugu Geopark. Satu lagi tentu saja berada di daerah Karangsambung. Nanti kalaua da waktu, saya akan menyambangi tugu Geopark yang ada di karangsambung juga.

Tanpa berlama-lama, saya langsung pasang tripod dan memasang kamera. Walaupun area tugunya tidak terlalu luas, namun saya bisa mengambil beberapa angle. Selain tugu, ada juga batu prasastinya. Dan biar semakin menarik, dipasang lampu sorot juga. Pastinya kalau malam, tugu ini akan semakin keren.



Harapannya saya, semoga dengan hadirnya tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong ini, maka wisata di Kebumen semakin berkembang dan meningkat. Karena Wisata Kebumen sangat punya potensi, hanya sesuai pandangan mata saya sendiri, masih banyak yang belum digarap dan dirawat dengan baik.



Tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong in, harus jadi penyemangat untuk menuju Geopark Internasional. Dan.. harus dirawat dan dijaga juga. Jangan sampai dirusak oleh tangan-tangan jahil, termasuk mencorat-coret bagian tugu. Apalagi pembangunan tugu ini biaya tidak sedikit. Yuk, teman-teman dola ke Kebumen, dan nikmati wisata yang memikat hati.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

37 Responses to "Langsung Terpikat Selfie di Tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong Kebumen"

  1. Wahhh desain tugunya keren juga mas. Cocok buat foto-foto mengisi instagram nih.


    Salam kenal dari kami Ibadah Mimpi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan masih sangat baru dan bersih.
      Salam kenal kembali, terima kasih sudah mampir.

      Delete
  2. Menarik sekali spot fotonya kece-kece banget, nih....tugunya juga keren banget. Belum pernah traveling ke Kebumen, pengen mengunjungi wisata bersejarahnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, segera dolan ke Kebumen, Mbak. Soalnya wisatanya komplit, pokoknya sesuai hati dan kantong hehehe.

      Delete
  3. wuah dokumentasinya bikin mupeng mau kesana euy. tpi monmaap mas, itu tgl diresmikan sebagai geoparknya beneran 30 november 2019 mas, brrti masih belum peresmian ya mas? atau mksdnyanya tgl 30 bulan kemarin(oktober) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar sekali, Kak. saya salah tahun.
      Yang benar 30 November 2018. Jadi sudah hampir setahun ditetapkan jadi Geopark Nasional.

      Terima kasih sudah dikoreksi, Kak

      Delete
  4. Luas juga geopark karangsambung karangbolong ini ya mas Bambang. Entah kapan lah aku melipir ke kebumen, pengen tak sambangi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat luas, Mbak. Jadi kalau ke Kebumen, wajib dolannya lama hehehe.

      Delete
  5. Tugu aja kalau dah diulas pak bambang jadi keren begini ya. Xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan kemarin saya baru saja ke tugu satunya, Mbak Dyah. Makanya mau saya ulas lagi hehehe.

      Delete
  6. baru tahu lho, kalau kakak mantan coverboy ini suka jalan-jalan. Apalagi photo travelingnya buat baper, soalnya belum pernah ke kebumen. nampak cantik banget geoparknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... biar tambah eksis, Mbak Citra.
      Wisata kebumen memang memikat, Mbak. Makanya foto-fotonya juga bagus, akrena sudah ditunjang oleh wisatanya.

      Delete
  7. Lumayan panjang ya nama tugunya; Tugu Geopark Karangsambung-Karangbolong.
    Hehe
    Tapi di logonya, gambar gunungnya gak dibedain warnanya ya.
    Keemasan saja. Tapi terkesan mahal gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin konsepnya begitu, Mbak Vivi.
      Tapi kalau di tugu yang satunya yang di Karangsambung itu berwarna, dengan model yang sama, Mbak.

      Delete
  8. Wah, aku baru kali ini baca sebuah logo dibahas tuntas :))) Bismillah ya semoga pariwisata Kebumen maju terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Ratri. Apalagi wisata Kebumen memang memikat.
      Yuk, dolan ke kebumen, Mbak.

      Delete
  9. Jadi nambah nih pengetahuan saya ttg Geopark lainnya. Geopark Karangsambung-Karangbolong ya, dari Mas Bambang. Tfs infonya Mas. Saya juga pernah menulis tentang Geopark Danau Toba. Tp di Fb, di blog belum ada, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, ditulis, bak Mia.
      Pasti bagus sekali Geopark Danau Toba.
      Soalnya kalau di FB, tulisan suka tenggelam. Jadi ditulis di blog saja, Mbak

      Delete
  10. waw tugunya keren pantes banyak yang suka poto di sana.semoga kapan kapan aku jugsbisa poto disono

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, diniatkan, Mbak Dona.
      Nanti bisa foto di tugu ini, dan juga yang ada di tugu Karangsambung.

      Delete
  11. Wow asli cakep bangett..hiks jadi pengen kesana..seumur umur belum pernah nginap di kebumen padahal ibu orang ngapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. padahal ora ngapak ora kepenak, Mbake Sri hahaha.
      Ayo, sempatkan dolan nang ke Kebumen, Mbake.
      Wisata ne apik-apik hehehe

      Delete
  12. Keindahan tempat wisatanya semuanya asli buatan alam ya, memabg aku juga belum pernah kesana, jadi pensaran ingin travelling ke daerah sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, dolan ke Kebumen, Mbak Selvi.
      Pasti heppi wisata di sini.

      Delete
  13. Indah banget ya mas... Lambangnya menurutku out of the box banget. Pasti kedepannya banyak yang naksir pengin foto disini juga. Saya contohnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Rori. Saya juga suka logonya. Apalagi setelah tugunya juga dibangun. Semoga pariwisata Kebumen terus maju dan berkembang.
      Yuk, dolan ke sini, Mas.

      Delete
  14. Hedeh iyaaaa jangan sampai dirusak ma tangan jahil. Owalah jd sejarahnya gtu, udah ada sejak zaman keraton dan Belanda yaaa kalau pemandiannya. Eh masih bisa dipakai buat mandi?
    Kalau malam emang ada yang mengunjungi tugu itu pak? Kok keknya sepi hehe maafkan saya kepoh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, Mbak April. Soalnya tugu ini dan juga tugu satunya, pas di pinggitr jalan. Jadi kalau yang pas lewat dan mau mampir juga boleh.

      Delete
  15. Bagus banget ternyata Kebumen itu ya mas. Jadi pengen kesana. Kalo tempat bersantai bareng anak2 juga adakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak, Mbak. Dan rata-rata wisata kebumen itu wisata keluarga. Jadi sekali jalan, semua bisa ikut hehehe.

      Delete
  16. Bagus banget ternyata Kebumen itu ya mas. Jadi pengen kesana. Kalo tempat bersantai bareng anak2 juga adakah?

    ReplyDelete
  17. Wah, keren brandingnya sekarang. Saya kenal Karangsambung saat menonton video Youtube dari LIPI. Karangsambung adalah samudra yang terkuak di dasar, bahkan menjadi bukit.
    Semoga bisa ke sana, juga ke Karangbolong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Susi. Dan ikon dari geopark Karangsambung- Karangbolong itu Watu kelir dan saya sudah posting juga.

      Delete
  18. aku ngebayangin ketika main ke kebumen bersama jenengan pak bams, bakalan diajak kliling menikmati keindahan alam kebumen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, segera dolan ke Kebumen, Mas Ilham.
      Nanti saya traktir soto gombong hahaha.

      Delete
  19. Mas, tulisan Karangsambung dan Karangbolong memang disambung ya?
    Keren Kebumen semua lengkap ada, pantai, gua, waduk, embung, batu...enggak perlu kemana-mana eksplor Kebumen yang kaya saja bisa yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dian. Tulisannya semua disambung. Awalnya saya juga menulisnya terpisah hehehe.
      Dan memang Mbak, saya saja belum semua tempat wisata di Kebumen saya jelalahi, saking banyaknya hehehe.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.