} Cara Bisnis Saham Ditengah Menyebarnya Covid-19 - Bambang Irwanto Ripto

Cara Bisnis Saham Ditengah Menyebarnya Covid-19

Cara Bisnis Saham Ditengah Menyebarnya Covid-19 - Masing-masing indeks pasar saham utama anjlok gara-gara covid-19. Ketika ditambahkan ke kerugian mereka sebelumnya, kerugian membawa mereka menurun sekitar 19% - nyaris menuju penurunan 20%. Mayoritas investor gelisah tentang keadaan portofolio mereka saat ini,

Desain Canva


Namun investor yang paham, mengetahui bahwa kekayaan juga dapat dibuat (dan hilang) pada saat-saat seperti ini. Tergantung kepiawaian pribadi seseorang yang bisnis saham.

Penting untuk mengingat salah satu nasihat yang paling sering dikutip dari investor bisnis saham terkenal Warren Buffett “Saya akan memberi tahu Anda cara menjadi kaya. Tutup pintunya. Jadilah takut ketika orang lain rakus. Bersikap serakah saat orang lain takut.”

Setelah aksi jual brutal seperti ini, berikut adalah cara untuk menjaga emosi dan uang tunai teman-teman atas ketidakpastian pasar yang terjadi saat ini.

Cara Bisnis Saham Ditengah Menyebarnya Covid-19

Investasikan Di Pasar Saham yang Sedang Berkembang

foto Mandiri Sekuritas

Saham masih bisa jatuh lebih jauh, tetapi saham pasar berkembang telah bertahan lebih baik dari ekuitas AS, mengungguli S&P 500 sebesar 5,75% minggu lalu, menurut analis UBS Mark Haefele. Pemenang jangka panjang seperti e-commerce Amerika Latin dan lokomotif pembayaran MercadoLibre (NASDAQ: MELI) mungkin sesuai dengan tagihan.

Perusahaan ini mencatat tertinggi baru sepanjang masa tepat sebelum krisis pasar. Pendapatan kuartal keempat tumbuh 57% dari tahun ke tahun, terutama didorong oleh bisnis fintech yang melonjak. Metrik operasionalnya solid, dengan pengguna terdaftar dan barang yang dijual masing-masing tumbuh 20% dan 28% dari tahun ke tahun.

Namun, pertumbuhan pembayaran tiga digit yang mendorong saham ke ketinggian baru. Totalvolume pembayaran tumbuh 99% dari tahun ke tahun dalam mata uang lokal karena transaksi pembayaran meningkat 127%, dan pembayaran di luar platform melonjak 176%. Saham turun 25% dari tertinggi baru-baru ini - tidak ada berita khusus perusahaan - sehingga bisnis saham ini sangat murah dibandingkan dengan hanya tiga minggu yang lalu.

Beli Saham Oversold

foto Mandiri Sekuritas


Ketika pasar saham masuk ke penjualan panik, investor cenderung "membuang bayi dengan air mandi," seperti pepatah lama. Ini menghasilkan peluang menarik yang dapat dimanfaatkan oleh investor yang cerdas.

Salah satu area tersebut adalah stok oversold - mereka yang memiliki pandangan solid yang sayangnya terperangkap dalam huru-hara. Pelopor streaming baru saja menutup tahun banner dengan pertumbuhan pelanggan global yang tumbuh 20% dari tahun ke tahun, mendorong pendapatan naik sebesar 31%. Bahkan lebih mengesankan? Marjin operasi naik menjadi 13% di 2019, naik dari 10% di tahun sebelumnya. Ini membantu mendorong pendapatan per saham naik 333%.

Jika konsumen dihadapkan dengan masa inap yang lama di rumah, atau jika resesi melanda, mereka kemungkinan tidak akan menyerah dengan streaming mereka, yang menyediakan hiburan murah di rumah. Itu menjelaskan mengapa Netflix bertahan lebih baik daripada pasar yang lebih luas, turun hanya 8% dibandingkan dengan penurunan pasar 19%.

Beli Pemenang Jangka Panjang

Foto Mandiri Sekuritas


Bahkan dalam menghadapi wabah koronavirus, transformasi digital akan terus berlanjut, karena "wabah COVID-19 telah memberikan dorongan tambahan terhadap kerja jarak jauh dan keterlibatan dengan model bisnis online," yang kemungkinan akan meningkat ketika krisis kesehatan terus berlanjut. Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari tren itu adalah dengan berinvestasi di Microsoft.

Rangkaian produk Office 365 komersial raksasa teknologi memungkinkan karyawan di dekat dan jauh untuk berbagi dan berkolaborasi dalam file, menjadwalkan pertemuan, dan bahkan terhubung dari jarak jauh menggunakan platform Tim perusahaan. Segmen cloud komersial Microsoft juga berperan dalam membantu perusahaan lain menjadi bagian dari transformasi digital.

Manfaat tambahan adalah dividen saham, yang saat ini menghasilkan sekitar 1,2%. Microsoft membelanjakan hanya 33% dari keuntungannya untuk mendanai pembayaran, meninggalkan banyak ruang untuk peningkatan di masa depan.

Untuk melakukan bisnis saham di situasi pandemi seperti ini, teman-teman bisa menggunakan Mandiri Sekuritas. Karena ini adalah kesempatan anda untuk meraup keuntungan yang begitu banyak. Semoga artikel ini mengantarkan teman-teman ke gerbang kesuksesan. Terima kasih sudah mampir, ya!


Subscribe to receive free email updates:

29 Responses to "Cara Bisnis Saham Ditengah Menyebarnya Covid-19"

  1. Buat yang punya duit banyak, waktu yg pas buat invest saham nih ya mas. Saham lagi turun, dan kalo ambil emiten yg pas, nanti begitu pandemi COVID-19 berakhir bisa melejit lagi nih nilai sahamnya. Untung gedeeee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Mutia. Karena seputar saham, apapun sikonnya pasti ada jalan untuk mensiasatnya. Dan memang harapannya semoga Pandemi segera berakhr, Mbak. Aamin.

      Delete
  2. Iya nih mas.. saham pada anjlok. Aku takut krisis ekonomi kejadian lagi .Tapi aku juga berdoa semoga pandemi ini segera berakhir .aamiin. biar ekonomi juga naik kembali.
    Soal saham, aku belum berani nih mas.
    Masih alokasi buat kebutuhan mendadak. Apalagi mau puasa dan hari raya. Anak-anak juga mendekati masa akhir sekolah .
    Wah kebutuhan mendadak bakalan banyak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, Mbak. Kalau corona pergi, Insya Allah semua akan kemali normal ya, Mbak Aamin.
      Iya, Mbak. Membeli saham juga harus dipelajari dulu.

      Delete
  3. Aduh aku juga terkena dampak nih Mas. Sementara pensiun dulu jadi tradernya, jadi investor aja. Asetku turun semua. Dan karena sistemku mutar uang, harga jatuh gini juga ga berani borong huhuhu. Mending buat jaga2 uang tunai menjelang hari raya. Jadi skrg tutup aplikasi aja udah, biar gak stres liat merah dan minus ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Kartika. Semoga Corona segera berakhir ya, Mbak. Agar keadaan semua normal kembali. Aamin.

      Delete
  4. informasi yang sangat keren om, terima kasih sharingnya
    Sebagai orang awam yang gak paham tentang saham, tulisan ini sangat membantu sekali. Ternyata di saat seperti ini lebih menguntungkan kalau bisa bermain saham ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Eni. Jadi sebelum membeli saham, bagusnya kita pahami dulu.
      Sama-sama, Mbak Eni.

      Delete
  5. Untuk saat ini saya belum beli saham soale masih goyang2 sih apalagi pas corona ada beberapa saham anjlok.

    Hmm... semoga wabah ini cepat berlalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Kurnia. Harapannya seperti itu ya. Corona beralu, keadaan kembali normal. Termasuk saham yang kembali stabil.

      Delete
  6. Wah Pak Bamban waktu itu nulis tentang makanan. Aku bisa mengikuti dan hari ini menulia tentang saham. Aku jadi pelan-pelan bacanya. Hihihi soalnya aku kurang ngerti soal saham *dasar otak emak-emak banget aku ya 😂. Jadi kalau mau ikutan saham ke mandiri sekuritas aja ya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. semua isa dipelajari, Mbak Yeni. Jadi pelan-pelan, pasti akan paham juga soal saham ini. Semangat, Mbak.

      Delete
  7. Sebenernya aku ga gitu paham dengan investasi saham, masih takut rugi kalau ga tau strateginya. Setelah baca ini ada sih gambarannya. Dan harus bener-bener dipelajari dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Seli. Segala seseuatu harus dipelajari, termasuk soal saham ini. Jadi paham strategi bermain di dunia saham.

      Delete
  8. Main saham ini bisa pakai mandiri sekuritas ya ternyata, apalagi kalau keuntungannya banyak banget jadi di tengah pandemi masih bisa menghasilkan dari sisi saham ya. Tapi harus dipelajari dl nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Mei. Saat terjun ke dunia saham, bagusnya dipelajari dulu. Dan memang selalu ada celah mendapat keuntungan dalam segala sikon.

      Delete
  9. buat saya yang masih kuliah, masih awam banget nih tentang ilmu saham:') tapi saya rasa perlu belajar sejak dini buat lebih memahami lagi. Oiya terimakasih sudah sharing tentang informasi ini mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bisa mulai dipelajari seputar saham ini, Mbak Putri. Jadi siapa tau pas nanti sudah trjun ke dunia saha,, sudah taus seluk beluknya.
      Sama-sama, Mbak Putri.

      Delete
  10. Yang mau investasi di saham bisa banget ini ya ikutan mandiri sekuritas. Saya belum pernah coba main saham, dulu pernah ada yang nawarin tapi belum berani coba. Sukses buat mandiri sekuritas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Lidia. karena memang sangat terbuka peluang. Tapi tetap harus dipelajari dulu. Biar jitu menentukan strategi.

      Delete
  11. corona gak membuat kita berhenti untuk berbisnis ya, termasuk bisnis saham
    tapi untuk aku, ya harus belajar banyak dulu, kuatir salah langkah, bisa berabe nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Rhos. keadaan jangan membuat kita ebrhenti berbisnis, tapi harus dicari solusi lainnya.

      Delete
  12. Ini nih mas, peluang baru di dunia bisnis. Pengin banget dari dulu, cuman kadang bingung sama soal modal. Wkwkwkwk, saya tim hore aja dah wkwkwk

    ReplyDelete
  13. jujur aku pribadi tertarik dengan jual beli saham atau bahkan investasi, tapi yang selalu menjadi pertanyaan adalah apakah aku pribadi akan diuntungkan, sedangkan kondisi keuangan masih belum bisa dikatakan membaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan ini dibalik Mas Ilham. Mantapkan hati dan persiapan saat akan terjun ke dunia saham atau akan berinvestasi saham. Sudah siap modal, dan yakin akan diuntungkan. jadi optimis saat bermain di dunia saham ini.

      Delete
  14. Makasih mas buat tulisannya. Kebetulan banget saya lagi mikir mikir pengen nabung saham tapi agak khawatir pas situasi kayak gini. Hehehe. Jadi banyak pertimbangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Annisa. Ini Menunjukkan soal saham bisa disesuaikan dengan sikon ya, Mbak.

      Delete
  15. Sampai sekarang, saya masih belum ngeh sama yang namanya saham. Dan masih belum berani nyobain investasi di sektor ini.
    Tapi ulasan ini cukup mudah dimengerti. Ternyata enak juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Shisca. Hanya wajib sebelum terjun ke dunia saham, pelajari dulu.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.