} Menebar Kebaikan Lewat Sedekah Daging Kurban Dompet Dhuafa - Bambang Irwanto Ripto

Menebar Kebaikan Lewat Sedekah Daging Kurban Dompet Dhuafa

Assalamualaikum, teman-teman. Ada program keren, nih. Teman-teman bisa menebar kebaikan lewat Sedekah daging kurban Dompet Dhuafa. Program Ini akan diadakan bersamaan  hari raya Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli 2020. Berarti sekitar 8 hari lagi.
menebar kebaikan lewat sedekah daging kurban dompet dhuafa
Yuk, Sedekah Daging Kurban

Seperti yang kita ketahui, pandemi masih saja berlangsung. Pasti sangat mempengaruhi kehidupan kita. Semua sektor kena imbas, akhirnya berpengaruh besar pada sumber penghasilan kita. Namun jangan sampai keadaan ini menghalangi semangat kita untuk berbagi. Karena Insya Allah, selalu ada jalan dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Nah, Lewat program sedekah daging kurban Dompet Dhuafa mengajak #OrangBaik. Nantinya kita masih tetap bisa berbagi, lho. Apalagi masih banyak saudara-saudara kita yang memang belum pernah merasakan daging kurban, karena ketebatasan ekonomi. Ini terutama di luar Jakarta. sesuai data dari data IDEAS (Indonesia Development Islamic Studies).



Apa itu Sedekah Daging Kurban Dompet Dhuafa

Sesuai dengan namanya, program sedekah daging ini termasuk pada ibadah sedekah, bukan kurban. Walaupun nantinya, sedekah akan dikonversi menjadi hewan. Niat dan akadnya pun adalah akad untuk sedekah atau berdonasi bukan niat dan akad berkurban. 

Seperti dijelaskan dalam Al-Quran Surah At Thalaq ayat 7 berikut ini :


"Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa y ang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan." [QS. At Thalaq: 7]

Jadi kembali saya tukaskan, di sini teman-teman bukan ikut berkurban daging, tapi sedekah daging. Hanya karena dilaksanakan bertepatan di hari raya Idul Adha, bersamaan dengan  orang berkurban. Sama bila teman-teman memotong hewan di hari lain, lalu dibagi-bagikan kepada orang-orang yang belum berkecukupan.


Cara Ikutan Sedekah Daging Kurban Dompet Dhuafa

Bagi teman-teman yang berminat ikut, caranya sangat mudah sekali. Tidak perlu keluar rumah. Teman-teman bisa langsung masuk ke Sedekah Daging Kurban Dompet Dhufa



Setelah masuk, teman-teman langsung klik donasi. Jumlahnya bisa teman-teman sesuaikan dengan minimal nominal adalah 100 ribu. Donasi yang terkumpul akan dikonversi menjadi hewan kurban yang nantinya akan disalurkan di pelosok nusantara.

Nantinya seluruh donasi yang terkumpul, akan dibelikan hewan yang bisa berupa sapi atau bisa juga kambing. Tentunya jumlah hewannya, akan disesuaikan dengan jumlah donasi yang terkumpul nanti di kitabisa.com. Kemudian baru hewan-hewan itu disebar ke seluruh daerah.

Keberkahan Ikut Program Sedekah Daging Kurban Dompet Dhuafa

Alhamdulillah sekali Dompet Dhuafa mengadakan program ini. Karena menurut saya banyak sekali kemudahan dan keberkahan yang didapatkan. Insya Allah. Sama saat kita mengeluarkan zakat. Dan saya sebagai penulis freelance pun meunaikan zakat.



Pertama, kita tetap bisa berbagi di masa pandemi ini. Termasuk saya yang bekerja sebagai penulis freelance. Pastinya ada niat saya untuk berkurban. Namun dengan keadaan seperti ini bisa.

Nah, dengan nominal 100 ribu, Alhamdillah saya tetap bisa berbagi kepada sesama. Akhirnya semakin banyak orang-orang yang bisa merasakan daging di hari raya Idul Adha. Insya Allah akan melapangkan rezeki. Aamin. Seperti yang saya rasakan 6 kedahsyatan saat berbagi.

Yuk, teman-teman...! Ikut menebar kebaikan lewat sedekah daging Dompet Dhuafa ini. Semangat terus menebar kebaikan, karena berbagi itu berkah, indah, dan membawa bahagia.


 Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Menebar Kebaikan Lewat Sedekah Daging Kurban Dompet Dhuafa"

  1. Masya Allah, salut untuk Dompet Dhuafa yang menjembatani kita yang ingin berkurban tapi belum berkesempatan. Dengan Sedekah Daging yang nominalnya terjangkau ini akan membuat banyak orang mampu meringankan beban sesama dengan berbagi daging di Hari Raya Kurban. Pun membuat yang berhak menerima Kurban mendapatkan haknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Dian. Jadi di masa pandemik pun, kita masih bisa bersedekah daging kurban di hari raya. Akhirnya banyak yang bisa menikmati daging di hari Idul Adha.

      Delete
  2. Dompet Dhuafa bisa jadi sebagai salah satu sarana untuk berbagi dan menebar kebaikan bila tidak sempat ikut di sekitar tempat tinggal ya mas,,, Salam dari Nias.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas Eman. Jadi kita terus bisa menebar kebaikan lewat Dompet Dhuafa. Salam dari kebumen, Mas.

      Delete
  3. Programnya bagus ya Pak. Menjawab dan memahami keadaan ekonomi akibat pandemi.. Semoga berkah dan sukses ya Pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Programnya memang bagus sekali, Mbak. Kita tetap bisa bersedekah daging dengan nilai nominal yang sesuai. jadi pandemik bukan penghalang kita untuk terus menebar kebaikan.

      Delete
  4. Bersliweran di beranda instagram, mengenai program ini, dan disini baru baca penjelasannya. Ternyata meski belum cukup biaya untuk qurban, kita bisa ikut merasakan berbagi daging dengan ikutan sedekah macam ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Selvi. Jadi walau masa pandemik seperti ini, kita masih tetap ikut bersedekah daging, minimal 100 ribu rupiah.

      Delete
  5. Dompet dhuafa memudahkan banget buat kita yang mau bersedekah ya mas Bambang. Dan sedekah daging bisa menjadi solusi penyebaran daging secara merata ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, Mbak. jadi kita pun yang mau berbagi merasa ringan. dengan minimal 100 ribu rupiah, bisa ikut sedekah daging kurban.

      Delete
  6. Ide yang menarik dari Dompet Dhuafa nih ya Mas Bambang...jd gak perlu nunggu dana kita sebesar dana qurban ya,, wah izin share ya artikelnya. Kemaren ngobrol² ama saudara ttg hal ini, ternyata udah ada sedekah qurban ya dari DD. Tfs Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Mia. Jadi walau masa pandemik seperti ini, kita masih tetap bisa terus berbagi, dan kali ini dalam bentuk sedekah daging kurban.

      Delete
  7. Dompet Dhuafa ini membantu bnget ya untuk yg mau berkurban terlebih menyambut Idul Adha ditengaj pandemi spti ini..Untung ada Dompet Dhuafa semua terkoordinir baik untuk berkurbannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ini nilainya bukan berkurban, Mbak. Tapi tetap sedekah, Mbak. Dan berbentuk daging kurban. Iya, Alhamdulillah Dompet Dhuafa mengkoordinir hal ini.

      Delete
  8. Ternyata benar, ada banyak cara untuk berbagi. Program Sedekah Daging Kurban yang digeliatkan Dompet Dhuafa menjadi satu jembatan yang menghubungkan rezeki kita untuk dicicipi bersama. Semoga inovasi ini konsisten terselenggara setiap tahunnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas. Alhamdulillah berbagi bisa dari jalan mana saja. termasuk sedekah daging kurban ini.

      Delete
  9. Meski belum sempat berkurban tahun ini, tetap bisa berpartisipasi dengan ikutan program sedekah daging yaa.. cukup dengan nominal minimal 100ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar, Mbak. Dan saya pun begitu. Tetap saya niatkan semoga bisa berkurban tahun depan. Aamin.

      Delete
  10. Dompet Dhuafa memang terpercaya ya kak, menyalurkan daging kurban dengan tepat sasaran. Bagi tempat tertentu yang tidak berkurban tentu bisa merasakan daging kurban. Tertarik dengan nominal kurban yang terjangkau. Semoga tahun depan bisa ikut kurban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Mbak. Dompet Dhuafa sudah sejak tahun 2000 ini menebar kebaikan lewat hewan kurban. Insya Allah tahun depan, saya mau ikut lagi.

      Delete
  11. semoga dengan sedekah daging kurban melalui dompet dhuafa membuat kita semakin semangat untuk bersedekah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamin, Mbak. Dan Insya Allah akan berkah. Jadi Semoga sedekah daging ini terus ditebarkan, dan bukan pas hari raya Idul Adha saja.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.