} Cara Mudah Redirect Link Lama ke Link Baru di Blogspot Versi Baru - Bambang Irwanto Ripto

Cara Mudah Redirect Link Lama ke Link Baru di Blogspot Versi Baru

Kemain itu saya bingung benar. Hampir 2 jam saya mencari cara redirect link lama ke link baru di blogspot versi baru. Soalnya saya tidak sengaja mengubah salah satu link postingan. Mana ada yang tulisan sponsor lagi. Bisa batal dapat uang bakso hahaha,

cara nudah redirect link blogspot

Jadi ceritanya begini saudara-saudara. Kemarin itu, saya diberi kesempatan ikut kelas gratis seo Growth dan menyenangkan itu. Nah, setelah diajari seputar seo, sayapun mulai mengutak-atik postingan-postingan yang kurang sesuai seo. Misalnya, judul postingan itu harus maksimal 75 karakter. Maka asyiklah saya oprek sana-oprek sini. Akhirnya link lama jadi broken. Aduh.. Biyunh.. hahaha.



Tapi saya melupakan sesuatu. Ternyata masih ada beberapa artikel yang masih tahap kerjasama. Makanya pas dicolek teman, dan ditanya kok linknya broken, saya baru tersadar, plus langsung panik. Saya coba kembali buat postingan menjadi draf baru, biar permalink bisa diubah. Ternyata tidak bisa. Waduh.. bisa kacau nih.. hehehe.


Redirect Link Blogger

Setelah coba cara di atas, akhirnya saya pasrah nih. Walau postingan itu masih ada di blog saya, dan traffiknya tidak hilang, tapi tetap saja saya merasa tak enak hati. Dan ini akan jadi pelajaran bagi saya untuk berikutnya.

Nah, di tengah kegalauan saya, Mas Pewe WA saya. Saya pun menceritakan masalah saya. Kata Mas Pewe, bisa kok dengan cara redirect. Walau link sudah diganti dengan url baru, tapi tatap bisa ditautkan url lama. Jadi saat orang mengklik link lama, akan diarahkan ke link baru. Wah, Alhamdulillah.

Mas Pewe pun memberikan referensi blog yang mengulas cara redirect link ini. Saya pun mengucapkan terima kasih dan segera mempelajarinya. Tapi ternyata...  blog itu mengulas saat memakai blogger versi lama. 

Nah, dulu itu kan, saat saya bingung dengan tampilan blogger versi baru, saya bisa klik saja kembali ke versi lama. Tapi sekarang saya cari-cari, klikan itu sudah tidak ada. Dan ternyata... setelah saya search, memang sudah tidak tersedia. Jadi tampilan blogspot sudah akan jadi tampilan baru seterusnya. Wih... siap-siap ngebakso dulu ini hahaha. Sama pasa saya ikut kelas SEO On Page yang perlu bermangkuk-mangkuk bakso dan mendoan hahaha.


Cara Redirect dengan Versi Baru Blogspot

Setelah berpusing-pusing ria dan mencari caranya, coba sana, coba sini, akhirnya saya menemukan langkah-langkahnya redirect dengan format baru. Dan ternyata caranya mudah saja.

1. Pertama, masuk dulu dashboard, setelah itu klik setelan yang bertanda roda gigi 6.


Setelah itu, cari Error dan Pengalihan. Ini adanya di anatara tag meta dan Crawler dan pengindeksan. Karena saya sudah 2 kali melakukan, maka tertulis 2 item, sedangkan kalau teman-teman belum pernah melakukan redirect, maka akan tertulis 0 item.

Selanjutnya, teman-teman klik Pengalihan Khusus. Karena saya sudah melakukan, maka sudah tertera 2 link redirect sedangkan kalau belum pernah, maka akan terlihat kosong.


Kemudian teman-teman klik tambahkan. Maka akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini yang harus diisi.


Teman-teman isikan link lama pada baris di atas, sedangkan link baru pada baris bawah. Nah, tidak semua dimasukkan ya. Teman-teman copas dari tahun saja. 


Misalnya :
Link lama : /2020/08/alat-kasir-perangkat-multifungsi-gobiz.html
Link Baru ditulis : /2020/08/alat-kasir-gobiz.html


Setelah terisi, nanti tampilannya seperti ini. Teman-teman bisa pilih opsi permanen atau tidak. Kemudian klik Oke. Maka  proses Redirect sudah selesai. Untuk tahu berhasil atau tidak, teman-teman bisa klik link lama dan link baru. Contoh link lama saya yang sudah normal lagi https://www.bambangirwantoripto.com/2020/08/alat-kasir-gobiz.html

Nah, itu dia mudah cara redirect link lama ke link baru di blogspot versi baru. Siapa tahu, teman-teman mengalami masalah yang sama dengan saya, yang tidak sengaja mengubah permalink. Selamat mencoba. Salama semangat ngeblog.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

41 Responses to "Cara Mudah Redirect Link Lama ke Link Baru di Blogspot Versi Baru"

  1. Karena belum nemu kasus dan belum pernah rubah rubah, jadinya saya gak tau metode ini. Syukurlah Om Bam bikin artikel ini, kalo kejadian dan siap buat oprek blog lagi, jadi gak bingung.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Husnul. Soalnya bagusnya tulisan mengikuti SEO. Nah dulu itu, saya asal masukin judul saja, akhirnya kepotong. Maka saya sesuaikan lagi.

      Delete
  2. Penting banget nih bagi yang terkadang terhapus postingan, apalagi ada kerja sama dengan sebuah perusahaan. Sudah ada sistemnya ternyata di blogger. thx kak infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, benar sekali, Mas. Ini ada salah satu postingan saya tidak sengaja terhapus. Jadi saya tulis ulang, lalu rediract ke link yang lama.

      Delete
  3. Seminggu kemarin aku juga banyak redirect link, Mas. Gara-gara ngecek blogpost lama-lama, tahun 2015 ke sono. Banyak URL yang putus semena-mena :D Dulu kan belum kenal permalink. Langsung publish aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, pas sekali ini, Mbak Eno. Soalnya ternyata kurang bagus kalau link kepotong ya. Apalagi kurang pas untuk SEO.

      Delete
  4. Yeay, jadi tahu sekarang gimana caranya redirect. Terima kasih Mas Bambang. Kebetulan ada beberapa link yang ingin saya perbaiki jumlah katanya sehingga akan berpengaruh terhadap tautan di link lain dan jadi brokenlink link.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Lina. Iya, sayang kalau link psotingan jadi broken. Jadi untung ada redirect ini.

      Delete
  5. Klo udah keindex jangan lupa dihapus atau removal link lama di google search console mas biar makin afdoll hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu. Wah ilmu baru lagi nih, Mbak Rini.
      Segera saya hapus, Mbak. nanti saya tambahkan infonya lagi di artikel.
      Twwrima kasih, Mbak Rini.

      Delete
  6. Mas mau tanya, kalau ngubah link itu ngaruh ke SEO kah? Belum ngerti soalnya haha. Tapi makasih nih infonya bermanfaat banget mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mbak. Kayak kasus saya. Jadi kan link lama itu kepotong, sekarang tidak dan maksimal 75 kata, sesuai anjuran seo.

      Delete
  7. saya juga bingung dengan tampilan blogspot baru
    malah bingung ubah url
    klu di yg lama kan kita balikin ke draft dan ubah
    klu di yang baru kok ga bisa
    ternyata setelah tanya teman ga gitu caranya

    sepertinya harus rajin utak atik nih dan nanya2 klu ada kendala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pas ubah link itu emmang amsih format lama, Mbak. Makanya saya pas mau edit langsung link sudah tidak bisa. Makanya agar link lama tidak broken, saya pakai cara redirect.

      Delete
  8. Jangan coba coba nge redirect link lama kalau belum begitu paham ya mas,bisa bisa malah kejadian serupa seperti yang mas bahas di siniya.
    Tapi walau belum pernah ngalamin kejadian serupa gak ada salahnya belajar cara redirect ini,siapa tau bisa bantu teman juga kalau kejadian kayak begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalausaya awalnya ubah permalink, Mbak Sita. Makanya link lama jadi broken. Nah, biar bisa mengarah ke link lama, cara redirect, biar link lama yang dulu kita share, pas diklik orang, bisa langsung mengarah ke link baru.

      Delete
  9. Terima kasih tips yang sangat bermanfaat, Mas Bams. Aku belum redirect nih karena memang belum lama main blogspot. Blogpost juga belum banyak jadi belum ada PR. PR-nya banayakin postingan hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas Rudi dan saya pun baru tahu soal ini. Jadi saat nanti ada pas mau edit permalink, tidak perlu broken lagi.

      Delete
  10. Auto panik pasti ya Mas kalau jadi broken link, apalagi kalau terkait sponsored post, terus sudahlah kita ngeBW kemana-mana, duuh bakalan jadi broken link dimana-mana juga dong. Ternyata caranya lebih simple tuk versi baru ini ya Mas. Emang harus beradaptasi dan rajin ngulik-ulik nih ya. Makasih sharing nya ya Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya, Mbak. Soalnya nanti dikira tidak amanah dan sebagainya. Tapi ini jadi pelajaran bagi saya juga Mbak. jadi sejak awal, link harus sudah sesuai. Jadi tidak perlu diutak-atik lagi.

      Delete
  11. Saya awal mulai pakai redirect ini agak bingung, sudah dicoba berulang kali tetap jadi broken link. Eh tahunya salah setting karena disalin semua urlnya, padahal dimulainya dari garis miring sebelum tahun. Saya juga sama pak Bams, belajar ini redirect gara2 ikut kelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak. Saya awalnya juga gagak, karena disalin semua linknya. Kemudian saya search lagi, dan ternyata dari tahun saja.

      Delete
  12. Saya bukan pengguna Blogspot, tapi siapa tahu nanti ada teman curhat persoalan serupa, kan bisa direkomendasikan nih buat baca tulisannya Mas Bambang nan tampan manja rupawan. Apalagi kalau ketambahan vitamin bermangkuk-mangkuk bakso dan main ke air terjun ya, wkwkwk ...

    Makasih banyak informasinya ya, Mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... sudah lama-lama tidak ngebolang, pose-pose tampan, termasuk mandi tampan rupawan manjah di cururg, Mbak Melina hahaha.

      Delete
  13. Yuhuuu, artikel bagus ini. Akhirnya ada juga di blog nya mas Bams. Hehehe
    Kujadi tau sekarang gimana caranya redirect berkat ini thanks Mas Bams.

    Kalo untuk ngubah tampilan blogspot yang baru ini ke tampilan lama apakah masih bisa gak ya mas.
    Soalnya terus terang aku udah nyaman bangettt pake tampilan lama, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah tidak bisa Mbak Shisca. Jadi sudah permanen ke tampilan blogspot. Makanya kita pun wajib menyesuaikan juga.

      Delete
  14. Duh baru tahu ternyata begitu ya caranya. Biasanya saya kalau ada permalink yang kacau karena otomatis ngikut judul gitu bisanya pasrah aja karena nggak tahu cara ngubahnya. Makasih banyak ya mas udah berbagi ilmunya di sini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kalau awal ngdraf dan mau disesuaikan permalink maksimal 75 karakter, itu jangan pakai link permanen, Mbak. Tapi pilih yang manual. Kalau manual bisa disesuaikan. Nah, yang redirect ini adalah postingan-postingan lama yang kebetulan dulu saya belum paham SEO sama sekali. Maknya link kepotong.

      Delete
  15. Mas Bams, saya baca ini lha kok keinget yg Mas Bams auto-delete (gak sengaja) artikel lama yg trafiknya banyak itu huhuu... emang tampilan dasbor baru itu kita bukanya mesti tenang2 deh, kl buru2 tanda titik tiganya langsung mengarah ke pilihan "hapus" soale duhhh... nice share nih Mas, teteup semangat ngoprek blognya yukk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak Mia. Soalnya ada kemarin saya utak-atik artikel organik yang lumayan viewnya. Eh, tidak sengaja saya hapus. Makanya saya posting ulang, dan saya Redirect link yang lalu.

      Delete
  16. Tadi saya ikut kelasnya Mas Irwin di webinar IIDN..dan nambah ilmu terkait, dari artikel ini. Saya baru ngeh kalau artikel baru linknya bisa di redirect ke artikel lama yang diubah permaliknya. Terima kasih tutorial lengkapnya Mas...saya akan coba ..banyak nih PR saya...huwaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dian. Pokoknya kalau kita mengedit permalink, walau beda satu huruf saja, maka link lama akan broken.
      Ayo, dioprek-oprek lagi Mbak Dian. Semangat.

      Delete
  17. Saya pernah mengalami broken link kayak gini. Karena nggak Tau cara benerinnya, saya copy paste artikel ke link yang baru. Harusnya tulisan mas bambang ini saya tahu dari dulu ya mas, hehe.. makasi infonya, bermanfaat sekali ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak Devi. Saya dulu juga begitu. Soalnya tidak tahu ada redirect.
      Dan kebetulan saya juga baru tahu, Mbak. Makanya baru saya share.

      Delete
  18. Noted dulu deh. Soalnya ini versi blogspot. Hihihi. Dulu punya blog di blogspot, tapi udah lama banget gak diupdate sejak fokus di blog WP sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ini lagi mengincar bikin blog WP, Mbak. Jadi bisa merasakan sensasinya oprek blogspot dan WP hehehe.

      Delete
  19. Wah, pak bambang sharing ilmu bermanfaat nih. saya dulu aja ga ngerti gini. pas ikut lomba gak jadi publish skrng jadi broken link deh, huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Maria. Dengan cara ini memang link lama tidak akan broken lagi Mbak.

      Delete
  20. Untuk kasus ini saya belum menemui, jadi bingung bacanya. Tapi saya save artikelnya kak, buat next kalau ada masalah seperti ini, langsung aku praktekkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena Mbak belum pernah utak-atik permalink, makanya belum ada broken. Silakan disimpan, Mbak. Semoga nanti berguna.

      Delete
  21. aku bookmark tulisan ini biar mudah nyari kalau pas butuh. Sama mau nerapin judul maksimal 75 karakter. hiyaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.