} Wisata Alam Kroncong Sari Sempor Kebumen Jawa Tengah - Bambang Irwanto Ripto

Wisata Alam Kroncong Sari Sempor Kebumen Jawa Tengah

 Saya happy sekali saat tidak sengaja menemukan tempat Asyik baru. Namanya wisata Alam Kroncong Sari  yang letaknya di kecamatan Sempor kebumen Jawa Tengah. Kerennya lagi, lokasinya dekat dengan rumah saya. Paling 15 menit naik motor sampai. Hippi.. nambah lagi tempat jalan-jalan.

wisata alam kroncong sari yang memikat
Wisata Alam Kroncong Sari Sempor Kebumen

Jadi waktu itu kan saya ngantar si krucil UTS di rumah gurunya. Karena waktunya hanya dua jam, maka saya pikir mending saya jalan-jalan saja di sekitar, daripada balik lagi ke rumah terus nanti jemput lagi. Nanti kurang setengah jam saya sudah stand by jemput krucil.  

Makanya sejak dari rumah saya sudah bawa tripod, dan menyiapkan  hape. Tidak ketinggalan saya sudah siapkan topi anyaman pandan khas Kebumen untuk menambah gaya. Hanya.. ternyata saya lupa kacamata hitam andalan saya hahaha.

Sehabis dorp krucil, saya pun memutuskan menyusuri daerah Sempor sebelah barat yang nantinya menghubungkan dengan daerah Banjarnegara. Tapi sebelumnya, saya memang sering lewat jalan gombong-Klenteng ini.  Makanya saya pernah pose-pose tampan manjah rupawan di kalinya hehehe. 

bambang irwanto soeripto penulis dan blogger

Ternyata.. Setelah sekian lama asyik naik motor ke arah barat, saya menemukan spanduk bertuliskan wisata alam Kroncong Sari. Saya pun berhenti dan bertanya ke warga. Katanya masih tahap pengembangan. Tapi dari jalan besar, saya lihat sudah tertata rapi. Karena penasaran, akhirnya saya masuk saja. Wow.. nambah lagi nih, Wisata Kebumen


Hutan Pinus Wisata Alam Kroncong Sari

Saya memang suka hutan Pinus. Dan kebetulan lokasinya ini berada di daratan tinggi.  Inilah daya tarik yang membuat saya memutuskan masuk untuk melihat-lihat. Dan seperti inilah hutan kebumen yang didominasi oleh pohon-pohon Pinus. Makanya tidak heran, bukit-bukit Kebumen memang indah dan memesona.

Saya pun melajukan pelan motor saya menyusuri 2 jalur jalanan yang dibeton. Baru sebentar saja, udara sejuk langsung menyapa. Daun-daun kering dan buah-buah pinus tampak berserakan secara alami. Pastinya saya langsung terpikat hehehe.

kesejukan di wisata alam kroncong sari sempor kebumen

Hati saya makin girang saat melihat suasananya. Walau belum resmi dibuka, tapi penataannya sudah rapi. Yang utama, akses jalannya sudah bagus. Saya pun memutuskan berhenti lalu pose-pose di jalanan hehehe.

pose dulu di jalanan wisata alam kroncong sari
Pose Dulu di Wisata Alam Kroncong Sari


Santai Seru di Wisata Alam Kroncong Sari

Setelah pemotretan (cailah.. Pemotretan.. Hahaha) saya berpindah ke salah satu spot foto yang disediakan. Dan memang saya lihat ini baru ada satu. Tapi sebenarnya dengan latar pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, seenarnya sudah bagus.

pohon jati menjulang tinggi di wisata alam kroncong sari
Pohon Jati Menjulang Tinggi di Wisata Alam Kroncong Sari

Tara... Ada rumah burung. Latar belakangnya hutan-hutan Pinus, membuat semakin menarik. Lanjut.. Selfie to..wa.. Ga....Buncis.... 

foto seru di wisata alam kroncong sari kebumen
Spot Foto Wisata Alam Kroncong Sari Kebumen

Di sini juga sudah tersedia tempat duduk. Pastinya asyik sekali duduk-duduk santai di sana. Dan pas saya datang, ada 2 gadis anak sekolah sedang belajar. Ehm.. Solusi yang mantap. Semoga nantinya pesona bukit kebunen akan sama terkenalnya dengan jejeran pantai indah di Kebumen.


Sungai Kroncong yang Eksotis

Ternyata, di sekitar sini ada sungai yang mengelilingi. Pas saya tanya warga, namanya sungai Kroncong. Wah.. Pantas saja namanya tempat wisata Kroncong Sari.  Saya memastikan ini aliran sunganya terus ke tempat kali tempat saya foto-foto dulu.

sungai kroncong dari atas
Sungai Kroncong dari Atas

Saya pun tertarik untuk melihat sungainya dari dekat. Pelan-pelan saya melajukan motor saya menuruni jalanan, agar lebih dekat ke sungai. Wow.. ternyata sungainya kering. Hanya di beberapa Cekungan kecil saja air ada. Kalau ada airnya, rasanya pengin mandi-mandi tampan rupawan manjah kayak curug-curug Kebumen hahaha.

Kecewa? Jelas tidak. Saya malah takjub. Violaaaaaa... Yang membuat saya takjub adalah landasan sungainya. Itu batu-batunya terlihat sangat eksotis, pastinya saya tidak mau melewatkan selfie-selfie di sini. 

eksotisnya sungai koncong sempor kebumen
Sungai Kroncong yang Eksotis


Potensi Wisata Alam Kroncong Sari Kebumen

Selama awal 2019 sampai awal 2020 itu, saya sudah menjelajahi banyak wisata kebumen. Mulai dari Pantai, bukit, goa, pemandian air panas krakal, benteng, waduk dan lainnya. Semua indah dan memesona. 


Khususnya wisata alam, kebumen ini sangat punya potensi, termasuk wisata Kroncong Sari. Kalau dikelolah dengan baik dan terus dijaga keindahannya, maka akan jadi tempat rekreasi yang menyenangkan. 

Nah, karena  masih pengembangan, maka memang belum ada harga tiketnya. Nanti akan saya update tulisannya kalau sudah fasilitas komplit dan sudah dibuka secara resmi. 


Tapi secara keseluruhan, saya suka sekali berada di sini. Sayangnya saya dikejar waktu buat jemput krucil. Pastinya besok saya akan datang lagi. 

Selamat jalan-jalan teman-teman... Salam.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Wisata Alam Kroncong Sari Sempor Kebumen Jawa Tengah"

  1. Tidak jauh dengan tempat saya tinggal nih
    Perlu dipromosikan gencar biar nanti banyak yang mengenal dan banyak pula yang berwisata kesana.
    Tampatnya alami banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib banget dipromosikan, Mase. karena postensinya sangat bagus. Makanya nanti saya akan ke sana lagi untuk buat videonya.

      Delete
  2. ada hutan pinus ada sungai lengkap sudah wisatanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap, Mbak Tira. Dan karena masih alami sekali, jadi betah berada di sini.

      Delete
  3. Asik banget nih mas Bambang ada wisata baru ya. Ini sebelah mananya waduk Sempor ya mas? Soalnya saya jarang ke Kebumen jadi nggak hapal jalan, paling hapal cuma ke Kutowinangun ajah 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini beda wilayah, Mbak. Tapi masih tetap waduk sempor dan Kroncong Sari masih satu kecamatan. Nah, saya sering lewati Kutowinangun, Mbak.
      Jadi dari sana terus sana menuju Gombong hehehe.

      Delete
  4. wah ini mah masuk daftar wajib dikunjungi kalau balik ke banyumas
    wisata kroncong sari ya
    catet

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.