} Bukit-Bukit Indah dan Memikat di Kebumen yang Wajib Dikunjungi - Cerita Bambang Irwanto

Bukit-Bukit Indah dan Memikat di Kebumen yang Wajib Dikunjungi

Kebumen tidak hanya memiliki jajaran pantai-pantai yang indah. Salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini, memiliki banyak tempat wisata yang memikat. Dari Gua, bukit, bendungan, benteng, dan lainnyajuga sangat banyak. Itu semua terangkum dalam Geopark Karangsambung- Karangbolong.



Sejak ditetapkan sebagai Geopark Nasional tahun 2018, Kebumen terus berbenah. Ini karena memang wisata Kebumen yang sangat berpotensi. Makanya saya itu tidak hanya sekedar jalan-jalan saja, tapi tujuan utama saya agar bisa bantu promosi wisata Kebumen sekaligus wisata Jawa Tengah yang memikat. Soalnya banyak yang belum tahu.

Nah, inilah bukit-bukit Indah dan memikat di Kebumen yang Wajib Dikunjungi :


Bukit Pentulu Indah



Bukit Pentulu Indah ini berada di wilayah utara Kebumen, tepatnya di karangsambung. Dari kota Kebumen, teman-teman berkendaraan kira-kira kurang lebih sejam. Jalanan menuju ke sana walau berkelok, tapi sangat mulus beraspal. Kemudian sepanjang perjalanan, teman-teman akan disajikan pemandangan yang Indah.



Harga tiket masuk ke Bukit Pentulu Indah sangat terjangkau. Hanya 5 ribu + uang parkir 2 ribu. Areanya sangat menyenangkan karena merupakan kawasan hutan pinus. Bila teman-teman datang di pagi hari, maka kabut masih akan menyelimuti.



Dari puncak Bukit Pentulu Indah, teman-teman bisa menyaksikan pemandangan yang sangat memesona. Akan sangat beruntung bila datang pagi dan menyaksikan sunrise. Dari atas bukit juga bisa dilihat langsung gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.  Serunya lagi, ada beberapa rumah pohon. Jadi bisa bersantai sambil menikmati pesona Bukit Pentulu Indah.



Bukit Pentuli Indah pas untuk keluarga. Soalnya di sekitar tidak terlalu terjal medannya. Bahkan disediakan taman bermain untuk anak-anak. Tapi tetap dengan pengawasan yang ketat ya.


Bukit Hud



Bukit Hud berada di sela-sela jajaran pantai-pantai selatan di Kebumen. Tepatnya di daerah Karangbolong. Bahkan sangat dekat sekali dengan pantai Karangbolong. Jadi bagi teman-teman yang main ke pantai Karangbolong, maka bagusnya mampir ke Bukit Hud juga.



Karena berada disela-sela pantai, maka dari atas bukit Hud akan terlihat laut lepas. Hanya dengan tiket 5 ribu + uang Parkir 2 ribu, teman-teman bisa menikmati segala pesonanya. Apalagi saat berada di puncaknya, itu keren sekali.



Di sini juga disediakan saung-saung. Jadi bisa pesan makanan sambil menikmati pemandangan yang indah. Mau foto diberbagai spot juga bisa.



Hanya Bukit Hud inimenurut saya kurang cocok bagi anak-anak dan orang tua usia lanjut. Sekitar yang dikelilingi jurang, sangat riskan bagi anak-anak. Jalanan area yang menanjak dan harus sedikit mendaki, juga akan memberatkan anak-anak dan orang tua usia lanjut.


Bukit Pesona Kayangan 



Bukit indah ini berada di daerah karanggayam. Jadi kalau saya patokannya adalah Jalan perintis Karanganyar, lalu masuk ke jalan di samping hotel Aman. Ada papan petunjuk, hanya kecil. Setelah itu ikuti jalan, dan terus menanjak sampai atas.



Tiket juga sangat terjangkau. Cukup merogoh kocek 5 ribu rupiah dan parkir 2 ribu, maka teman-teman bisa menikmati semuanya. Termasuk foto di spot-spot yang disediakan. Misalnya Bunga Matahari, nama Bukit Pesona Kayangan, pintu, dan lainnya. Apalagi di sini juga ada hutan pinus.



Kalau ingin melihat sunrise, bisa menginap atau datang pagi-pagi. Tapi teman-teman harus berjalan sedikit ke bukit yang berada di timur. Nah, melihat sunrise dari sana sangat memikat.



Bukit Pesona Kayangan cocok untuk wisata bersama keluarga. Termasuk anak-anak, karena ada area bermain, bahkan kolam renang buatan. Areanya landai, walau sisi satunya adalah jurang.

Watu Pawon Patemon



Ini salah satu bukit memikat lainnya yang ada di Kebumen. Jadi jangan sampai teman-teman lewatkan untuk mampir. Letaknya di daerah ayah, masih satu jalur pantai-pantai kebumen.



Pemandangan sangat indah. Jadi hampir mirip dengan view Bukit Hud. Hanya pengelolahnya sangat jitu menghadirkan spot-spot foto di berbagai tempat. Jadi pengunjung senang.



Banyak juga saung-saung untuk bersantai. Jadi sambil duduk bersantai, menikmati semilir angin, bisa makan mendoan dan pecel lontong mantap.



Watu Pawon Patemon menurut saya kurang cocok untuk anak-anak dan orang tua usia lanjut. Medannya banyak turun dan mendaki. Kalaupun membawa anak, harus diawasi seketat mungkin.


Bukit Jerit.



Ini salah satu  bukit wisata baru. Saat saya ke sana, belum lauching. Tapi pas lebaran 2019, sudah dibuka untuk umum. Bukit Jerit ini sejalur dengan bukit Hud tadi. Bahkan sangat dekat dengan wisata Watu Pawon Patemon dan Pantai Watu Bale. Jadi bila ke sini, bisa sekalian ke 3 tempat wisata.



Lokasi Bukit Jerit sangat memikat. Selain view alam yang alami, ada juga spot-spot selfie yang dibangun. Dan karena menghadap laut, maka view-nya bagus sekali. Apalagi pas cuaca cerah, langit biru, awan putih. Mantap...



Sama dengan Bukit Pentulu Indah, Bukit Hud, dan Watu Pawon Patemon, Bukit Jerit menurut saya kurang pas bagi anak-anak dan orang tua lanjut usia. Apalagi anak-anak kan suka berlarian ke sana kemari, akan sangat repot mengawasi mereka.

Taman Banyu Langit



Berbeda dari bukit-bukit lainnya, Taman Banyu Langit adalah bukit berbunga. Jadi ini sebenarnya area persawahan dengan sungai kecil di dekatnya. Karena pemandangannya bagus, maka dibuatlah taman bunga.



Selain bisa selfie di spot yang sengaja dibuat, juga bisa foto dengan latar sawah dan bukit. Selain itu, bisa main di sungai juga. Pastinya jangan sampai ketinggalan foto di lokasi sungai.



Tiket masuk 5 ribu. Parkir motor biasa 2 ribu. Pastinya kalau mobil disesuaikan ya. Ada saung-saung juga. Warung makan juga ada. Tempat ini juga sering dibuat arisan. Bukit Taman Banyulangit, pas untuk wisata keluarga.



Nah, itu dia bukit-bukit Indah dan Memikat di Kebumen yang wajib dikunjungi. Semuanya akan membuat teman-teman senang saat berkunjung ke sana. Apalagi tiket masuknya bikin senang  hati dan kantong hahaha.  Yuk.. dolan ke Kebumen, teman-teman. Selamat jalan-jalan...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

44 Responses to " Bukit-Bukit Indah dan Memikat di Kebumen yang Wajib Dikunjungi"

  1. pengeeeen plesiran ketempat indah yang ada di artikel ini. whaaaaaaa

    ReplyDelete
  2. Dari ulasan pak bambang di atas, saya jadi mikir deh.. Enak banget ya, jalan-jalan di kebumen. Ternyata, banyak sekali spot yang instagramable yang perlu dikunjungi. Apalagi, pas liburan bareng keluarga. Seru ya pak bambang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, dolan ke Kebumen, Mas Ilman.
      Wisata Kebumen sangat beragam, memikat, pas di hati dan kantong hahaha.

      Delete
  3. itu foto yg Bukit Pentulu mirip di Lawang Watu, Kidul yah Ka
    Belom pernah ke Kebumen, boleh juga nih jadi referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bagus sekali Lawang Watu itu ya, kak.
      jadi pengin ke sana, secara saya belum pernah ke Lawang Watu.

      Delete
  4. Wahhhhhhh bukit2nya bagus2 bangeeeetttt Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Niken. jadi wajib segera dolan ke Kebumen.

      Delete
  5. Jalan teros.... wkwkwk... tapi kok cakep-cakep banget semua bukitnya pak. Apalgi tiketnya juga terjangkau gitu. wkwkwk.. klw deket dah kuhampiri semua tuh rekomendasi yang ada di blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dyah. Semua tiket wisata di sini rata-rata 5 ribu, Mbak. Sengaja dibuat terjangkau, agar semua bisa menikmati wisata Kebumen yang indah dan memikat.

      Delete
  6. Kan jadi bingung ya, bukit mana dulu yang bisa dikunjungi, secara semuanya keren-keren banget viewnya.
    Apa karena ada foto modelnya itu ya Mas, makanya jadi makin keren hahaha.

    Btw, Taman Banyu Langit itu menarik banget untuk dikunjungi duluan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mana dulu boleh Mbak Rey. Tapi kalau mau ke Taman Banyu Langit dulu boleh. Terus ke Bukit Pentulu Indah, selanjutnya ke Bukit Hud, Bukit Jerit, dan Watu Pawon Patemon.

      Delete
  7. Banyak tempat indahnya ya. Harga tiketnya murah-murah pula, bahkan ada yang tak perlu bayar. Masya Allah .. kayanya Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya wajib segera dolan ke kebumen, Mbak Mugniar.

      Delete
  8. Pakai kamera? Apa spalnya foto-foto yang dihasiljan bagus dan tajam,jelas dan bikin orang pengen ikut berada di sana untuk merasakan kesejukan alam perbukitan.
    Pemerintah dan masyarakat Kebumen keren karena mendandani dan mengelola sumber daya alam yang ada di sana dengan maksimal. Harus ditiru Garut, tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masih mengandalkan kamera hape, Mbak Rohyati. Soalnya saya agak riskan bawa kamera kalau ke wisata alam. Yang penting angle fotonya pas.

      Semoga wisata Indonesia terus maju dan berkembang ya, Mbak.

      Delete
  9. Desember lalu ke Purworejo. Tapi cuman lewatin Kebumen aja, belum eksplor. Setelah baca tulisannya, rasanya jadi pengen eksplor tempat wisata di Kebumen. Pemandangan-pemandangan di bukit-bukitnya bikin mupeng euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal Purworejo tetanggaan dengan Kebumen, Mas hahaha.
      Ayo, dolan ke Kebumen, Mas.

      Delete
  10. Keren banget, ternyata Kebumen menyimpan kecantikan alam yang bisa banget dieksplorasi ya. Bukit dan hutan pinusnya membuat suasana hati kembali segar dan bersemangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak, Mbak. Termasuk jajaran pantai-pantainya yang indah juga. Apalagi saling berdekatan dan sejalur.

      Delete
  11. Taman banyu langit dan watu pawon auto masuk ke destination list nih! HTM juga terjangkau lagi, semoga bisa main ke kebumen kapan-kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Tiketnya hanya 5 ribu saja. Sangat sesuai di hati dan kantong hahaha.

      Delete
  12. Semua bukitnya indah banget ya,bang apalagi biaya pun terjangkau. Aku tertarik ke bukit Hud itu, jadi teringat dalam cerita-cerita nabi kayaknya yah ada gunung uhud gitu. Akses kesana untuk solo traveling sepertinya gak mudah ya bang? Enaknya memang ramean gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aksesnya mudah kok, Mbak Ririn. Bahkan sebenarnya dekat jalan raya. Mobil dan motor juga bisa naik sampai atas. Bisa solo traveling atau ramai-ramai sama asyiknya. Bahkan bisa camping.

      Delete
  13. Aku tuh ya tiap kali lihat postingan mas Bambang yang isinya jalan-jalan tuh rasanya gemes dan irri. Hyaaa, aku mau gitu loh jalan-jalan ke sana juga. Hahaha. Emang Kebumen tuh berbukit-bukit banget ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang berbukit-bukit itu hanya di daerah pinggiran saja, Mbak Ajeng. Daerah-daerah kotanya ya tidak. Beda sama semarang misalnya yang di kota pun agak berbukit kan.
      Yuk, dolan ke Kebumen Mbak.

      Delete
  14. Nama-nama bukitnya unik yah mas, aku dulu jaman SMA pernah acara Pramuka tuh.. tapi entah ke bukit yang mana heheheh.. jadi next trip nih kalau pulang kampung nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. bukit yang mana, Mbak Meilia? hahaha
      Nah, wajib napak tilas lagi, Mbak. Apalagi sudah banyak bukit-bukit keren di sini.

      Delete
  15. Ini bukan hanya sekedar indah tapi menakjubkan banget, pemandangannya sangat membius. Ternyata ini di kebumen, wah kapan2 harus dikunjungi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Selvi. Makanya lelah langsung terbayarkan. Jadi segera dolan ke Ke Kebumen, Mbak.

      Delete
  16. Kalau di Depok, yang namanya "Pesona Kayangan" tu perumahan elit hihihi :D
    Manteb banyak bukit di sana dan pastinya masih ijo ya pak. Jd keinget rumah mbahku di kampung jg banyak bukit dan dulu gemar naik turun gtu :D
    Kalau di sana udah dijadikan lokasi wisata juga ya makanya banyak ornamen buat spot foto, yg penting tetep dijaga aja sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalau ke Depok ke rumah adik saya dan diajak jalan, pasti lewat Pesona Kayangan itu, Mbak April.
      Iya, Mbak. Jangan sampai terlalu dieksplor. Nanti keaslian alamnya malah hilang.

      Delete
  17. Bukit HUD, mengingatkan saya sama kampung halaman ibu. Duh jadi Mau kebument new...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo.. Mbak Idah. Hanya jangan pas musim liburan. mau selfie saja antre hehehe

      Delete
  18. Wuih, banyak banget bukit indah di Kebumen yang sudah ditata apik untuk wisatawan lokal. Semua pemandangan sangat indah. Setiap bukit juga tidak sama, bentuk pemikat hasrat foto instagramable-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spot-spot fotonya memang sesuai imajinasi pengelolah, Mbak Susi.
      Hanya diusahakan memang view-nya menghadap ke nuansa alamnya.

      Delete
  19. Makin sering baca tentang pesona Kebumen di blog ini kok ya jadi pengen main ke sana wkwkwkwk jauhhh dari Makassar, nyebrang pulau dulu hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak jauh ji, Mbak Nanie. dari Makassar ke Yogya, lalu nyambung ke ke Kebumen. Apalagi tiket pesawat sudah normal hehehe.

      Delete
  20. sungai dan bukit yang terlihat kabutnya, asli bikin segera kesana aku pak bams. Bagus beneran ini mah. Please ajakin kesana kalau aku ke kbumen ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, segera dolan ke Kebumen, Mas Ilham.
      Boleh saja, asal jangan lupa bawa bakso malang ya hahaha.

      Delete
  21. Foto-tonya bagu-bagus ya ... belum pernah ke Kebumen, jadi pingin ke sana ih ..! Aku kok penasaran dengan Bukit Jerit ya, hehe .... namanya unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kalau sudah berada di atas bukitnya, bisa menjerit ke arah laut lepas, Mbak Sugi. Hati jadi plong...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.