} Berkat USB OTG SanDisk, Kini Tak Ada lagi Istilah Foto Dibuang Sayang - Cerita Bambang Irwanto

Berkat USB OTG SanDisk, Kini Tak Ada lagi Istilah Foto Dibuang Sayang

Berkat USB OTG SanDisk, Kini Tak Ada lagi Istilah Foto Dibuang Sayang - Sejak awal tahun 2019 ini, saya suka sekali jalan-jalan  menyusuri tempat wisata. Dan saya beruntung karena saat ini tinggal di Kebumen, salah satu Kabupaten di propinsi Jawa tengah yang memiliki wisata sangat komplit. Mulai dari pantai, bukit, goa, benteng, waduk, dan lainnya. Bahkan geopark Karangsambung-Karangbolong yang sudah menjadi Geopark Nasional.



Selain itu, Kebumen juga dikelilingi kota-kota yang terkenal dengan pariwisata yang memikat. Mulai dari Purwokerto Banyumas, Cilacap, Wonosobo, Purworejo, sampai Yogyakarta. Kalau mau jauhan sedikit, bisa ke Magelang dan Semarang hehehe.

Saya heppi.. karena bisa menyaksikan keindahan Kebumen dan kota-kota lain. Pastinya, saya tidak lupa mengabadikan momen-momen indah selama saya berwisata. Saya pun bisa  membagikan foto-foto saya ke media sosial dan juga tulisan wisatanya di blog. Saya pun sesekali membuat vlog., agar wisata Indonesia semakin luas terkenal.



Makanya saya setiap kali jalan, selalu menyediakan dua hape sebagai alat tempur. Sebenarnya saya punya kamera, tapi karena dari kepraktisan, saya lebih suka menggunakan hape. Hanya sayangnya, seiring dengan seringnya saya jalan-jalan, memori hape saya sering penuh selama di perjalanan. Padahal kalau sempat, saya selalu memindahkan data dari hape ke laptop saat saya sedang di rumah. Tapi.. karena banyak sekali angle yang bagus, maka banyak juga yang saya jepret. Akhirnya memori full lagi.. full lagi hahaha.



Maka solusinya, saya terpaksa harus menghapusi foto-foto yang saya anggap dobel lokasinya, padahal posenya beda-beda. Sebenarnya #DibuangSayang,, karena menurut saya semua foto yang di hape saya adalah bagus hahaha. Apalagi saya jepretnya dengan perjuangan, karena saya menjepretnya dengan selfie yang dibantu tripod dan pakai selt timer. Makanya kadang butuh perjuangan hehehe.

Kalau kebetulan mau ribet, saya posting dulu foto-foto saya di facebook dengan settingan privat. Jadi nanti sampai rumah, saya buka lagi facebook lewat laptop lalu diunduh lagi. Memang ribet, tapi mau bagaimana lagi, soalnya saya tidak mungkin melewatkan momen-momen bagus saat saya berwisata.

Makanya, saya membayangkan punya USB yang bisa langsung menyimpan dari hape kalau memori penuh. Jadi nanti saat saya pulang, baru dipindahkan ke laptop. Saya punya sih, kabel data yang bisa digunakan dari hape ke USB, tapi kan makan waktu. Saya bisa kehilangan momen. Misalnya, keburu sunrise tinggi, keburu sunset tenggelam atau banyak orang lalu lalang di sekitar lokasi yang saya incar.


Sampai akhirnya, saya chat dengan seorang teman. Dia itu seorang blogger travel. Saya mengagumi foto-fotonya. Saya pun curhat mengenai masalah saya itu. Eh.. dia malah tertawa dan bilang, “Sampeyan ke mana saja, sampai masalah gini puyeng dewekan?”

Dia lalu mengirim link tentang USB  OTG SanDisk dan menyuruh saya mengklik. Tanpa lama, saya langsung klik dan wow.. mata saya langsung melotot. Benar kata teman saya itu, selama ini saya ke mana saja. Soalnya ternyata sudah ada USB OTG drive ganda. Jadi yang saya bayangkan itu bisa transfer foto dari hape ke ISB, terus nanti dipindahkan ke laptop sudah lama ada. Duh.. duh.. kuper banget saya hahaha.


Setelah kepoin link USB OTG SanDisk, saya pun langsung berburu. Soalnya harus bergegas nih, soalnya jadwal jalan-jalan saya sudah padat, dan saya tidak mau lagi kehilangan momen foto-foto di tempat wisata yang akan saya datangi nanti. Dan pastinya, saya ogah pakai ribet hahahaha.. gaya benar saya ini.



Saya happi, bisa langsung dapat barang incaran saya. Dan benar, pakai USB OTG SanDisk sangat membantu saya selama  jalan-jalan. Bentuknya juga sangat kecil dibandingkan USB saya sebelumnya. Jadi praktis dibawa ke mana-mana nih. Ini Ori dan termasuk #SanDiskAPAC yang mungkin maksudnya penjualannya atau produksinya di wilayah Asia Pacific. Tolong koreksi kalau kurang pas ya...




Terus... pas memori hape mulai mengirim sinyal penuh, saya pun rehat sejenak, lalu buru-buru memindahkan foto-foto. Tidak pakai lama prosesnya, saya langsung bisa jepret-jepret dan pose-pose lagi hahaha.




Jadi pertama colok saja USB Sandisk ke hape




Setelah itu, langsung muncul notif. Klik saja




Kemudian langsung masuk ke manage file, lalu klik gambar.



Selanjutnya akan masuk ke galeri. Tinggal pilih dan centang foto yang mau kita transfer



Setelah itu, pilih klik pindahkan, maka akan langsung masuk ke pilih  polder, klik saja
penyimoanan USB




Lanjut klik Lost DIR




Nah, nanti akan masuk ke folder penyimpanan. Kebetulan saya sudah buat folder baru jalanjalanbambang



Nanti tinggal klik tempelkan



Taraaaaa... maka foto sudah masuk ke USB. Kalau masih mau mentransfer foto, tinggal ulangi langkah di atas.




Nah, kalau mau keluar, tinggal masuk ke notif, langsung klik keluar, maka USB akan otomatis keluar.
 
                                       


Begitu juga saat saya memindahkan ke laptop. Tinggal colokin, masuk ke drive F, klik dan pilih foto, beres selesai.

Yang saya suka dengan USB Sandisk ini, bentuknya kecil, jadi pastinya enak dibawa ke mana-mana. Tapi walau kecil, performanya dong, yang sangat bisa diandalkan. Dan pastinya dengan drive ganda ultra  m3.0 akan memudahkan proses transfer.

Nih, biar jelas, saya posting apa saja keunggulan



Bagaimana, sudah terbukti kan, kalau USB OTG SanDisk itu sangat membantu aktivitas saya dalam memindahkan data. Berkat USB OTG SanDisk ini, tidak ada lagi isitilah foto dibuang sayang. Tinggal pindahin, maka acara memfoto dan merekam gambar lancar kembali.



Jadi saatnya kembali saya merencanakan jalan-jalan saja. Apalagi sudah ada UBS OTG SanDisk yang jadi senjata andalan saya. Saya pun bisa mengucapkan... Bye.. bye... memory penuh hehehe.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

68 Responses to "Berkat USB OTG SanDisk, Kini Tak Ada lagi Istilah Foto Dibuang Sayang"

  1. Sayajuga punya. Wuzz wuzz mantap nih mindahin data2 foto2 video2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss.. Mase.
      Mudah banget memindahkan foto dan video ya, Mas. jadi tidak perlu menghapus foto-foto. sayang dibuang hehehe.

      Delete
  2. Cocok banget buat saya yang hobi photo-photo juga.
    Kadang saya mengandalkan dua hape
    Wah dengan adanya usb ini semakin praktis deh ,tidak perlu bawa dua hape dan tidak perlu bongkar pasang memory eksternal hape.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas Djangkaru. Dan malah semakin memudahkan ya, Mas, karena tidak perlu bawa dua hape lagi.

      Delete
  3. Darimana saja saya baru tahu ada USB yang bisa mengopy langsung dari hp πŸ˜‚, sangat cocok buat saya ini yanb suka selfie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tau, Mbak Nike. Makanya langsung heppi. Bye..bye memori penuh hahaha/ Dan memang cocok sekali buat kita-kita yang hobi=nya pose-pose, Mbak Nike hahaha.

      Delete
  4. Toss mas... Karena memory hape sering full gara gara keasikan buat moto akhirnya beberapa foto harus dihapus. Atau diseleksi.
    Dan...
    Toss lagi...
    Saya juga punya USB OTG ini dan itu sudah seperti penyelamat dalam kebimbangan saat mengeliminasi foto2.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang Mas Erfano. Dan salah satu kejadian itu pas di Surabaya. habis acara saya ke Monumen kapal selam. memory penuh dan saya hapusin foto. Huwaaaa... foto andalan saya pas acara tadi kehapus hehehe. bye..bye acara mengeliminasi foto hahaha

      Delete
  5. Setuju banget, selama ada USB OTG aku terbantu sekali. Jadi ga harus delete foto atau video karena memory HP yang sudah penuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Soalnya sayang, kadang buru-buru menghapus foto, ada foto penting kehapus.

      Delete
  6. Ashiaappp, asik deh ada USB OTG Sandisk kayak gini.
    Ngga perlu kuatir walo memori HP udah kepenuhan ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Nurul. Tidak perlu khawatir ada foto yang kehapus lagi. Lalu waktu transer file juga cepat sekali, Mbak.

      Delete
  7. Aku tuh punya semacam sambungan alias perantara antara ujung ponsel sama flash disk. Begitu dipasang, kelihatan file yang ada di flash disk. Tapi aku bingung cara memindahkan file dari ponsel kesana. Kok kayaknya nggak nemu pilihan kayak punya Mas Bambang ini, yak? wkwkwkw ... Ndeso tenan. Coba ah aku cek lagi. Makasih tipsnya ya, Mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi Mbak Melina masuk ke Manage file, Mbak. Nanti dari sana, masuk ke galeri dan pilih foto yang mau dipindahkan.
      Bisa juga karena USB Mbak Lina masih 2.0 jadi transferan agak lama. Kalau yang sekarang sudah 3.0 Mbak,

      Delete
  8. Wah komplit banget tulisannya, ternyata back up data itu penting banget ya, karena momen ga bakal keuang kedua kalinya, tapi untungnya ada OTG dari SanDisk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu sekali, Mbak. Soalnya sayang data-data kalau sampai kehapus. Dan Dengan USB OTG ini, proses transfer lebih cepat dan mudah.

      Delete
  9. Bener mas, nyesek rasanya pas tahu memori penuh tapi sayang buangin foto yang ada. USB OTG SANKDISK ni bisa jadi solusi yang mudah mengamankan foto-foto itu ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyesek banget, Mbak. Apalagi kalau foto penting. Bisa nyesek 7 hari 7 malam hahaha.. Dan untunglah sekarang sudah ada solusinya pakai USB OTG SanDisk ini, Mbak.

      Delete
  10. Aku belum punya ini..Kemana saja aku selama ini. Perlu bangets nih punya USB OTG San Disk. Secara sering ada notif Ruang Penyimpanan Tidak Cukup di hape..
    Duh! Ternyata solusinya ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib punya Mbak Dian. Apalagi Mbak Dian suka traveling ke mana-mana. Dan acara jeprat-jepret semakin lancar jaya hehehe

      Delete
  11. saya auto ngakak dengan kalimat "jadwal jalan jalan saya padat'

    hkwkwkwkwkwkwk

    tapi saya tertarik itu.. eh berapa tadi harganya? saya scroll ke atas dulu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Biar sosk-sok banyak acaranya, Mbak hahaha.
      itu belinya 125 ribu, Mbak dengan kapasitas 32 gb.

      Delete
  12. iyayah karena kepraktisan lebih baik menggunakan HP sama kayak aku meski ada kamera hahaha..
    tapi emang iya sayangnya memori hp suka cepet full sayang juga foto2 keapus

    untung ada solusi ya ada USB san disk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Herva. Soalnya pakai hape, langsung bisa diupload di medsos hehehe.
      Dan kini bye..bye memory hape penuh, karena sudah ada USB OTG.

      Delete
  13. Ya ampun ternyata bermanfaat banget yah buat pertolongan pertama saat liburan. Aku mupeng mas.. dan langsung ku share ke tmn2ku artikel ini😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak Kartika. bagai dewa penolong saat memory hape penuh hahaha.
      Kalau menghapusin kan, sayang. Soalnya kadang ada foto penting kehapus.
      Terima kasih sudah dishare, Mbak kartika.

      Delete
  14. Wah harus punya nih, USB Sandisk OTG. Saya udah punya tp kok gak semaksimal ini fungsinya ya. Trus itu kok jadwalnya enak banget, jadwal jalan² Mas Bambang sampe padat ya. ckck. Iri saiahh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib, Mbak MIa. Soalnya bukan hanya digunakan pas jalan-jalan, Mbak. Saat ada liputan acara, saat acara blogger dan sebagainya, kan foto-foto. Jadi pas memory penuh, tinggal pindahkan saja.

      Delete
  15. Wah,, baru kepikiran ni mas pake usb it klo memori hp penuh ama foto. Gampang dibawa kemana2. Makasi sharingnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saant praktis, Mbak. jadi kapan butuh foto yang sudah dutransfer, tinggal colokin saja.

      Delete
  16. Full memory memang jadi problem para blogger yang hobi foto seperti kita ya Pak. wkwk

    Aku juga pakai USB OTG SanDisk nih. Alhamdulillah, dapat hadiah pas ikut lomba blog tentang produk ini di platform Kompasiana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang, Mas Maidy. Apalagi tulisan kita kan memang butuh foto juga. Jadi harus sedia memeory banyak hehehe.
      Wah, mantap tuh, Mas. Sudah dapat dari hadiah, fungsinya pool lagi hahaha

      Delete
  17. Serius itu tinggal nyolok ke hape mas ? Aku perlu bangeeeet USB kayak gituuu . Hp ku sudaaah kepenuhaaan foto . Mau mindahin via laptop magernya gak ketulungan . Langsung nyari ah USB kayak gituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Yulia. Makanya model colokannya kayak hape saja. Bisa sih, pakai kabel, tapi harus dua kabel dan itu ribet sekali.

      Delete
  18. Sama banget kayak saya yang sering
    jalan jalan tapi sering juga kebhaisann muatan di hape hehe. Biasanya dipindahin ke laptop atau ahrddisi tapi lama lama Tibet juga yaa. Behind banget dicoba flash disk OTG inu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. Kalau mindahin dulu ke laptop pakai kabel data biasa juga ribet. Makanya pakai USB OTG begini lebih mudah, cepat, dan praktis.

      Delete
  19. Wiwin | pratiwanggini.netSeptember 15, 2019 at 6:53 AM

    Hihihihi.. kalo saya biasanya nyimpen data sementara tu di Telegram private channel :D . Trus yang di memory dihapus-hapus. Kalo butuh lagi, download dulu dari Telegram. Lagi-lagi ya kurang praktis. Bersyukur sekarang ada USB OTG SanDisk, kepraktisan saya tersupport :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun awalnya begitu, Mbak Wiwin.
      kirim via WA ke ankun satunya. Kirim pesan ke FB. Postingan dibuat FV dibuat privat. Tapi ribet hahaha.

      Delete
  20. Lagi butuh banget neh usb OTG kayak gini mas, kadang kalau lagi trip suka full memory di laptop atau kamera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak. Ini juga ampuh saat memory laptop penuh. Tinggal transfer sebentar, bisa lanjut kerjaan.

      Delete
  21. Pastinya wajib punya ya, apalagi yang suka traveling, koleksi fotonya pasti banyak hehehe. Solusi yang tepat nih.

    ReplyDelete
  22. Wajib, Mbak Titis. Dan sebenarnya bukan yang hobi traveling saja, Mbak. Yang punya file banyak kerjaan, acara blogger, dan sebagainya, pasti butuh USB OTG ini.

    ReplyDelete
  23. ngelindungi data itu emang penting ya kak. kan sayang udah capek capek cari moen, difoto, ehh tiba-tiba hilang. kan nggak banget ya . untung ada usb otg sandisk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib banget. Jangan sampai ada foto keren dan penting, ikut kehapus. Itu bisa mikirin 7 hari 7 malam hehehe. Dan untung memang ada USB OTG ini. Proses transfernya juga mudah dan cepat.

      Delete
  24. makanya kudu banget ini ada di tas dan dibawa keman-mana ya kak. beruntung banget sih punya usb otg sandisk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu banget dan tidak boleh sampai ketinggalan dibawa ke mana-mana. Pokoknya tenang, dan nyaman. Ga takut memory hape full hehehe.

      Delete
  25. Auto save nih mas postnya. Sering banget nih masalah oara ciwi2 klo foto mesti ratusan dan bikin memory penuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang, Mbak Bella. Apalagi kalau nemu tempat oke. Harus ambil berbagai angle hehehe.

      Delete
  26. FD-nya lelah kebanyakan dipakai kayaknya ya Mz. Ehehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. benar sekali. Makanya perlu dikurangi muatannya, dan bisa dipakai lagi hehehe.

      Delete
  27. Andalan saya, nih. Cuma sekarang lagi gak tau di mana. Saya lupa nyimpannya hahaha. Padahal membantu banget supaya memori hp gak penuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus segera dicari, Mbak Myra. Jadi pas jalan-jalan.. semakin lancar jaya, Mbak hahaha.

      Delete
  28. Pas baca ini sy baru ngeh, seperti nya di rumah ada, paksu yg bawa. Mksh pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, segera digunakan, Mbak Alia.
      Karena sangat membantu.
      Sama-sama, Mbak.

      Delete
  29. Daku pernah ngalamin kek gitu juga kak ruang penyimpanan nggak cukup, dan malah lebih ngenes lagi hape nya pernah hang.. Dia bergeming tak berkedip, hihi. Makanya memang perlu dah pindah in file ke san disk, biar problemo tadi nggak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai hape hang dan bergeming, berarti sudah tinggal pasrah, Mbak. Dijamin mati gaya. ga dapat deh foto-foto keren huhuhu..
      Makanya perlu sekali USB OTG seperti ini.

      Delete
  30. Iyaa bener banget, mas. Jadi ga lagi delete foto dan video yang sudah lama :)
    Kadang kalau di delete, suatu saat suka butuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul seali, Mbak.
      Foto ini, sekarang tidak dibutuhkan.
      Kalau pakai foto sendiri untuk tulisan lebih nyaman ya, Mbak.

      Delete
  31. kecil ya. seukuran jempol
    kuingatkan, jangan lupa dikasih gantungan
    biar ndak ilang
    rawan ilang soalnya, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecil bentuknya, manfaatnya besar hehehe.
      pastinya. pakai gantungan, lebih aman dan terjaga hehehe.

      Delete
  32. Kehilangan data memang sesuatu yg paling bikin kesel
    apalagi kalo lagi diluar :D
    usb OTG SanDisk emang recomended banget mas buat backup data

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Ini kecil bentuknya, tapi sangat membantu. Jaditidak perlu repot hapus-hpus foto lagi. Salah hapus foto, bisa gawat hehehe.

      Delete
  33. USB OTG SanDisk ini kayak sebuah jawaban bagi kita yang suka menyimpan file banyak di HP dan malas membackupnya kayak saya. Dan sekarang mudah banget membackup data di ponsel.

    Oh ya, Btw, kapan nih main ke Purwokertonya? Kabar-kabar dong, siapa tahu bisa jumpa sama teman-teman.

    ReplyDelete
  34. Iya, Mbak Eri. Sejak ada USB OTG SanDisk ini, saya sudah tidak ada masalah lagi dengan memori hape penuh. oto-foto pun jadi lancar jaya hehehe.

    Siap, Mbak. kalau ke Purwokerto saya kabar-kabari ya, Mbak. Biar bisa ditraktir getuk goreng hahaha. Maturnuwun sebelumnya, Mbak.

    ReplyDelete
  35. Wkwkwkk aku nih kalaau pakai smartphone lamaku sering banget menemui memori penuh gara2 internal smartphoneku kecil, mas.
    Nah skrg USB OTG SanDisk yg bisa bikin smartphoneku terhindar dari foto2 yg terpaksa dibuang gara2 memori penuh atau hampir penuh wkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Rohmah. Sejak ada USB SanDisk OTG, drama foto-foto keren saya dibuang, sudah tidak pernah lagi hahaha.

      Delete
  36. kehilangan data = nightmare ya mas Baim, alhamdulillaah bisa ada solusinya sekarang heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Mbak Tanti. USB SanDisk OTG sangat membantu kita back up data. cepat juga transfer datanya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.