} Berburu Sunset di Pantai Setrojenar Kebumen Jawa Tengah - Cerita Bambang Irwanto

Berburu Sunset di Pantai Setrojenar Kebumen Jawa Tengah

Berburu Sunset di Pantai Setrojenar Kebumen Jawa Tengah -  Saya penyuka sunrise dan sunset. Apalagi menyaksikan sunrise dan sunset di pantai. Makanya pas tahu Kebumen punya banyak pantai, saya pun sudah ancang-ancang untuk berburu sunrise dan sunset.




Makanya, setelah numpang selfie di rumah dinas wakil bupati Purworejo di sekitaran alun-alun Kutoarjo, saya pun memutuskan ke pantai Setrojenar untuk berburu sunset. Soalnya saya pikir, baru pukul 2 siang, terus sekalian jalur pulang, walau agak ke selatan sedikit. Apalagi kan, pas malam minggu hehehe.

Baca juga : Numpang Selfie di Rumah Dinas Wakil Bupati Purworejo

Perjalanan dari alun-alun Kutoarjo ke pantai setrojenar saya tempuh sekitar 1 jam. Padahal hanya dengan kecepatan sedang. Yang saya suka, jalanan menuju pantai Setrojenar itu mulus... semua sudah beraspal. Jadi enak jalannya. Kebetulan sih, saya sudah tahu rutenya. Saya memang sudah pernag ke pantai Setrojenar saat berburu sunrise. Hanya sayang, pas mendung.

Sebelum masuk ke lokasi pantai yang beralamat jalan Pantai Bocor Setrojenar, kecamatan Buluspesantren ini, tampak beberapa anak muda menunggu di jalan masuk. Mereka bertugas melayani tiket. Jangan kaget saat tahi harga tiketnya yang supeerrrrr murah. Hanya 3 ribu sudah termasuk parkir motor. Bikin makin happy saja kan...



Awalnya saya suprais, karena pengunjung lumayan banyak. Lalu saya langsung ngeh. Yaelah.. ini kan sabtu hahaha... Maklum saja, saya biasanya pas ke pantai itu hari biasa yang pengunjungnya relatif sepi. Jadi enak buat ambil foto hehehe.

Saya pun segera mencari tempat yang pas untuk jeprat-jepret. Saya sengaja mencari agak ke timur. Setelah itu, pasang tripod, pasang hape, siap pose-pose hahaha Saya makin happy karena cuaca sangat cerah. Itu menandakan, kalau keinginan saya untuk menyaksikan sunset akan semakin tercapai.

Pantai Kebumen itu ada dua tipe. Pertama pantai yang punya bukit bahkan lembah. Jadi tipe pantai ini biasaya dibuat banyak wahana selfie kekinian. Dimulai dari pantai Menganti, pantai surumanis  pantai lampon  terus sampai pantai Watu Bale.

Baca Juga : 12 Pantai di Kebumen yang Wajib  DiKunjungi

Nah, mulai pantai karangbolong, pantai Suwuk, pantai Sawangan Indah, pantai petanahan sampai pantai setrojenar ini murni lanscape pantai ditambah spot foto alami. Misalnya pantai Karangbolong spot fotonya bisa dari batu-batu karang atau pantai Petanahan dari pohon-pohon cemara lautnya.



Karena pantai Setrojenar murni pantai , maka tidak ada wahana selfie sama sekali. Saya pun fokus berfofo di bibir pantai saja. Pastinya saya sangat memperhatikan hempasan ombak ke tepian agar tidak menghantam tripod saya hehehe. Makanya sebelum pose-pose.. pakai acara tes foto dulu hahaha.. gaya benar saya ini.



Tampak pengunjung ikut bermain air di bibir pantai. Malah ada yang berani berenang-renang, walau hanya di tepian. Padahal sudah ada larangan berenang di pantai. Soalnya pantai-pantai Kebumen termasuk besar  Karena terusan pantai laut selatan.



Saya pun terus pose-pose di bibir pantai mencari angle yang pas. Karena hanya di bibir pantai, maka ornamen yang bisa saya andalan adalah hempasan ombak yang ke tepian. Posisi kamera hape juga harus menghadap ke timur. Karena kalau ke barat, itu agak black light.




Sesekali saya rehat sejenak sambil ngemil, dan memperhatikan pengunjung lain. Saya juga tergoda tidur-tiduran di pasir pantai yang lembut. Tidak apa kotor sedikit, kan kotor itu bagus hahaha... kayak iklan saja.



Tidak terasa, sore telah menyapa. Di sisi barat, tampat matahari mulai tenggelam. Saya pun bersiap-siap mengabadikan sanset. Jangan sampai sunset lewat, dan saya pun nangis di tepian pantai. Hahaha.. lebay.



Hanya memang, posisi sunset di pantai Setrojenar ini tidak berada di tengah  tapi di pinggir. Begitu juga saat saya memburu sunset di pantai Suwuk. Terus karena banyak pengunjung, jadi latar belakang saya itu tidak bisa polos tanpa kehadiran orang lain hehehe. Tapi saya sudah happy kok, karena bisa menyaksikan sunset dari lensa pemberian Tuhan (mata) secara langsung.



Akhirnya sang surya tak tampak lagi. Saya pun bergegas pulang. Walau hari mulai gelap, tapi masih saja ada pengunjung yang datang. Mungkin karena malam minggu ya, jadi asyik juga meniknati deburan ombak, sambil menikmati tempe mendoan hehehe.



Secara pribadi, saya happy berada di pantai Setrojenar ini. Lain waktu saya akan lagi dan menyempatkan waktu lebih lama lagi, agar bisa mencari sudut-sudut keindahan pantai Setrojenar.

Bambang Irwanto.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Berburu Sunset di Pantai Setrojenar Kebumen Jawa Tengah"

  1. wah sayang ya mas ngga boleh berenenag, cuma bisa ditepi aja karena berbahaya.

    kalau tiduran di pasir pantai seperti ini sih, ga bakalan kotor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Soalnya ombaknya lumayan gede. Jadi hanya bisa di tepian saja. Makanya bisa tidur--tiduran di pasir saja hehehe.

      Delete
  2. Pak ini pakai tripod semua fotonya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Malica. Hampir semua foto-foto ngebolang saya selfie sendiri pakai tripod. Kecuali kalau ada larangan bawa tripod ke satu tempat atau medannya sulit, maka saya minta bantuan pengunjung lain hehehe.

      Delete
  3. Iya, Kak... Buat saya, semua pantai Selatan Jawa cantik. Saya sering ke Kutoarjo, tapi belum pernah ke Pantai Setrojenar. Boleh juga nih,kapan-kapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini malah saya start dari Kutoarjo, Mbak Dyah. Jadi rutenya mudah dan jalanan mulus sekali. Jadi tidak ada alasan Mbak Dyah tidak mampir ke pantai Setrojenar hehehe.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.