} 10 Barang yang Wajib Saya Bawa Saat Traveling - Cerita Bambang Irwanto

10 Barang yang Wajib Saya Bawa Saat Traveling

 10 Barang yang Wajib Saya Bawa Saat Traveling - Kalau saya disuruh menjawab pertanya, hal apa yang paling menyenangkan dalam hdup ini? jawabnya salah satunya adalah jalan-jalan wisata alias traveling hahaha.. gaya benar saya, ya!

Desain Canva


Habisnya travelling itu memang seru dan menyenangkan. Saya bisa melihat keindahan tempat-tem[at wisata yang saya datangi, walau saat ini  masih seputar wilayah kebumen, lalu kota-kota di sekitarnya.  Tapi itu membuat saya bahagia. Lumayan.. bisa mengisi rubrik Jalan-Jalan Bambang di blog hehehe.




Nah, seiring seringnya traveling, maka saya mencatat barang-barang apa saja yang wajib saya bawa. Soalnya kalau sampai lupa, bisa mengurangi performa saya selama berwisata hahaha. Tapi memang sih, barang-barang itu sangat saya butuhkan juga.



Inilah 10 barang yang wajib saya bawa saat traveling


1. Smartphone

Barang pertama yang wajib saya bawa saat jalan-jalan adalah smartphone. Barang ini kalau ketinggalan, kelar semua. Mending tidak usah jalan, dan tidur saja di rumah hahaha. Acara jalan-jalan tak menyenangkan tanpa smartphone di genggaman hahaha.



Soalnya tidak bisa ditangkis sih, kalau smartphone itu sudah jadi kebutuhan. Selain Kalau agar  komunikasi tetap, juga acara foto-foto. Traveling tanpa foto, bagai lalapan tanpa sambal hahaha. Sekaligus sebagai pembuktian kan, kalau saya sudah pernah menyambangi tempat itu. Kalau cuma ngomong doang, disangka hoax lagi hahaha. Gaya benar saya ini.

Makanya saya menyiapkan dua smartphone. Ini agar maksimal mengeksplor tempat wisata. Jadi saat smarphone 1 ada masalah, maka smartphone lain sudah siap. Tapi sebenarnya, sebagai pekerja freelance yang dekat dengan dunia digital, punya dua smartphone wajib untuk menunjang pekerjaan juga.


2. Powerbank

Smartphone itu kekuatannya tergantung pada batterai. Makanya saat batterai lowbat, kelar semuanya. Apalagi kalau sampai powebank ketinggalan, ditambah tidak ada colokan listrik di tempat wsiata. Tinggal nangis di bawah pohon cemara laut hahaha.



Untuk itulah, power bank termasuk barang yang wajib saya bawa saat berwisata. Jadi saat batterai smartphone lowbat, tinggal dichas. Sambil nunggu penuh, smartphone satunya bisa dipakai. Dan saya selalu mensiasati kalau memang sudah rencana jalan pagi hari, maka malamnya saya chas penuh power ank.


3. Chasan

Barang satu ini masih erat kaitannya dengan dua barang di atas, yaitu Smartphone dan powerbank.  Soalnya terkadang saat saya pergi wisata, itu batterai smatpohne dan powerbank kekuatannya tinggal setengah. Jadi baru pakai sebentar, semua sudah lowbat.



Mau chas powerbank kan butuh waktu lama. Solusinya harus cari colokan listrik untuk chas. Terus bawa powerbank tapi tidak bawa chasan sama juga bohong. Soalnya kabel powerbank seringnya pinjam kabel chasan hahaha.

Chasan jadi barang sangat penting saat saya trip misalnya langsung kebeberapa kota. Maka malamnya pawor bank dan smartphone sudah saya chas penuh, jadi bisa dipakai seharian. Jadi pas malamnya sampai penginapan.


4. Betterai Cadangan

Ini kerena sesuai pengalaman saya. Lagi asyik-asyiknya foto, eh baterai habis. Walau bawa power bank, tapi proses chas-nya kan agak lama. Makanya bagusan punya dan bawa baterai cadangan. Jadi begitu baterai habis.



Hal ini sangat praktis, soalnya mengganti batterai tidak membutuhkan waktu lama. Kurang dari 5 menit sudah selesai. Saya juga tidak akan kehilangan momen-momen. Misalnya tidak keburu lihat sunrise baru menyembut, terlewat sunset sudah turun, dan sebagainya.


5. Tripod

Ada kalanya saya berwisata bersama keluarga, tapi lebih banyak sendiri haha. Ini karena terkadang tempat wisata itu tidak cocok untuk anggota keluarga. Makanya saya saat ambl foto itu dengan cara selfie yang mengandalkan tripod.



Makanya tripod tidak boleh sampai ketinggalan. Bisa gigit jari saya, karena dijamin akan sedikit dapat foto bagus. Paling cuma minta tolong pengunjung lain, dan itu terkadang tidak sesuai dengan keinginan saya hehehe.

Baca Juga : Tips Selfie Pakai Smartphone Dengan Bantuan Tripod Saat Solo Traveling

Dengan tripod, saya bisa bebas mengatur angle yang pas, juga bisa foto berulang-ulang sampai akhirnya aya mendapatkan foto yang pas. Kemudian, tidak menganggu pengunjung lain hehehe. Apalagi tripod saya ini bisa juga jadi monopod



6. Kacamata

Kalau disuruh memilih, saya lebih suka jalan-jalan saat cuaca panas. Gosong tidak masalah yang penting happy hahaha. Daripada mendung dan hujan, kan bisa nangis di pojokan haha. Apalagi saya sukanya wisata di alam terbuka.



Makanya kacamata hitam perlu saya bawa. Selain buat melindungi mata dari sinar matahari, juga menambah penampilan. Setidaknya membuat saya jauh lebih muda dan gaya. Setuju kan.. hahaha


7. Topi

Topi ini termasuk barang yang wajib saya bawa. Selain melindungi dari panas matahari, juga bisa buat gaya hahaha. Selain itu mensiasati kalau rambut berantakan dan lupa bawa sisir hahaha.



Kalau dulu, saya itu cuma punya topi bundar andalan. Kemudian saya beli topi pet yanh cocok juga dipakai kalau di dalam ruangan. Karena terkadang, saya sekali trip ke.wisata alam dan wisata kota. Kayak kemarin dari candi Prambamam, saya ke ARTJOG.

Kalau sekarang, saya punya koleksi topi dari anyaman pandan khas kebumen. Mamanya sekali jalan, saya bisa bawa 2-3 topi buat dipakai berganntian. Bawanya juga tidak ribet, karena langsunh ditumpuk. Selain.menambaj gaya, tujuan utama saya hendak mempekenalkankerajina anhaman pandan.



8. USB OTG

Paling kesal, lagi asyik-asyiknya jeprat--jepret smartphone terus-terusan mengirim notif kalau hape file penuh. Maka solusinya harus hapus foto padahal sayang. Makin nyesek kalau foto yang kehapus adalah foto penting hahaha.



Makanya saya sekarang sedia USB OTG Sandiri. Jadi semakin mudah mentransfer file dari. Hape ke USB. Nanti pas di rumah baru saya pindahkan ke laptop. Kebetulan saya punya USB OTG SanDisk kapasitas 32 gb. Dengan driver ganda 3.0, proses transfer foto dan video dari smarphone ke USB sangat cepat.

Baca Juga : Berkat USB OTG SanDisk Kini Tidak Ada Lagi Istilah Foto Dibuang Sayang


9. Obat-obatan

Ini perlu, makanya di kantong obat saya semua tersedia. Dari obat sakit perut, obat tetes mata, sampai minyak kapak hahaha. Namanya wisata saya kadang tidak bisa diprediksi. Makanya saya harus siap sedia. Istilahnya, sedia payung sebelum hujan. Sedia uang sebelum makan bakso hahaha.



Misalnya saat saya bergaya foto di rawa-rawa. ternyata habis itu kaki saya gatal. Pernah juga saya foto di pohon besar yang sekitarnya rimbun,, saya digigit serangga. Atau paling sering mata saya kemasukan debu atau oasir pantai. sinar matahari juga bisa menyebabkan mata saya kering.

Pernah juga tuh, saya pas di penginapan salah pijak. jadi saya kira lantainya rata, ternyata ada turunan. Lumayan sakit, untung saya bawa balsem urut hehehe.


10. Baju Ganti

Ini maksudnya kalau saya sekali jalan itu ke 2-3 tempat, ya. Terus tidak nginap dan PP. jadi wajib bawa baju ganti, biar beda tempat wisata, beda kostum hahaha. Jadi bukan pas saya travelling jauh. Itu sih, wajib bawa baju ganti hahaha.



Makanya walau one day, ransel saya makin gembul. Soalnya sekali jalan, saya bisa bawa 2-3 pakaian ganti hehehe. Biasanya saya jalan sangat pagi dan pulang sore kalau seputar kebumen. Lalu dari rumah itu, saya pakai kaos oblong saja dan jaket buluk. Kan dalam perjalanan kena debu dan kerinhatan. Jadi sampai lokasi baru ganti.

Nah,.itulah 10 barang yang wajib saya bawa. Keliatan ribet, tapi sebensrng tidak, soalnya semua dibutuhkan, dan semua barang membantu.saya. Bagamana dengan teman-teman? Selamat jalan-jalan teman-teman..

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "10 Barang yang Wajib Saya Bawa Saat Traveling"

  1. kalau travellingnya masih dekekt, paling yang saya bawa cuma hp, powerbank, n tumbler mas,

    tapi kalau travelling udah jauh, pakai koper, ya perlengkapan sih, mulai dari toiletries, kamera, batrai cadangan, obat2an, pakain tentunya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya, saya terkadang sekali jalan, 2-3 tempat, mas. dan bagusnya wisata di sini saling berdekatan. Jadi pulangnya, bisa bawa banyak bahan tulisan.
      Kalau bepergian jauh, memang wajib dibawa, jangan sampai ketinggalan hehehe.

      Delete
  2. Barang2 ya wajib dibawa saat traveling samaan dgn saya.. Cuma topinya beda model, saya bawa topi yg agak lebar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss dulu, Mbak Rita.
      Saya juga ada topi lebar, Mbak. Tapi kalau panas dan bawanya topi kecil, saya pakai handuk kecil lagi buat nutup kepala hehehe.

      Delete
  3. Sekarang hape hampir semua sistem baterai tanam. Jadi tak mungkin lagi membawa baterai serep. Power bank, solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang, Mas. Makanya hape saya itu kemarin kena LCD, saya bela-belain ganti saja. Soalnya bantterainya masih yang bosa dilepas hehehe.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.