} Bercengkrama dengan Kupu-Kupu di Alian Butterfly Park kebumen - Cerita Bambang Irwanto

Bercengkrama dengan Kupu-Kupu di Alian Butterfly Park kebumen

Bercengkrama dengan Kupu-Kupu di Alian Butterfly Park kebumen - Awalnya.. saya hanya berencana ke Pemandian Air Panas Krakal saja. Tapi saya tidak menyangka, kalau pas di depan PAP Krakal, ada tempat wisata menarik.



Rezeki.. nih. Jadi saya sekalian jalan, bisa mengunjungi 2 tempat. Seperti kata pepatah, sekali emndayung, dua tiga pulau terlampaui hahaha. Makanya sehabis berendam tampan rupawan di PAP Krakal, saya pun langsung ke Alian Butterfly Alian Kebumen.

Baca Juga : Nikmatnya berendam Sejenak di pemandian Air Panas Krakal Kebumen

Saya pun langsung menyeberang jalan. Dari luar, bangunan Alian Butterfly  Park atau Taman Kupu-Kupu Alian ini sudah menggoda saya. Ala-ala eropa hehehe. Pintu gerbangnya saja dihiasai oleh kupu-kupu. Sangat menarik hati. O, iya. Nama Alian sendiri, itu diambil dari nama daerah Alian.



Loket penjualan tiket berada di dekat pintu masuk. Bahkan sebenarnya dari jalan raya sudah terlihat. Tapi kok petugasnya tidak ada? Permisiiiiii... eh.. Ada Mbak-Mbak yang nongol. Ternyata tadi dia duduk di bawah hahaha. Tiket masuk seharga 15 ribu. Sama dengan tiket PAP Krakal tadi. Cie.. cie.. ompakan ni yeee.. hahaha.



Saya pun segera memasang tripod dan kamera. Jujur saja, bangunanya ini menarik hati saya. Cocok untuk pemotretan fashion, juga pre weding. Tapi saya sudah izin kok, untuk mengambil gambar. Apalagi sudah saya iming-imingi akan diulas di blog juga. Biar semakin banyak orang yang berkunjung ke sini hehehe.

Benar feeling saya. Alian Butterfly Park ini sangat menarik. Baru di luar saja, saya sudah menemukan banyak sekali spot foto menarik. Saya pun mulai tangga batunya, lalu lanjut nama Alian Butterfly Park dan Apalagi pengunjung belum ramai, jadi saya agak leluasa pose..pose.. pose.. hahaha.



Saya suka, karena di sini sangat teduh. Selanjutnya, saya pun membidik tembok  dengan poon yang potnya sangat unik. Pintu besih bercat hitam, juga tidak saya lewatkan. Tembok yang ditempeli batu-batu alam memang sangat memikat.





Selesai urusan jeprat-jepret di luar, saya pun bergegas masuk. Wow.. di ruang pertama, saya langsung disambut aneka suvenir yang memikat hati. Ada kaos, gelang, kalung dan lainnya. Beberapa koleksi kupu-kupu dalam serangga dalam pigura juga terpajang.





Di ruangan ini juga ada meja dan tempat duduk yang terbuat dari pohon. Bentuknya sangat menarik. Selain untuk meletakkan barang di mejanya, pengunjung bisa duduk sejenak di sini melepas lelah, sambil menikmati koleksi kupu-kupu.



Memasuki ruangan kedua, beberapa lemari kaca terpajang. Koleksi kupu-kupu dan serangga pun dipajang. Saya sangat menikmati. Apalagi saya ke museum kupu-kupu itu sudah lama sekali di Bantimurung Maros Sulawesi Selatan. Itu pun saat saya masih SD dan masih menetap di Makassar.





Alian Butterfly Park ini sangat cocok untuk wisata anak-anak juga. Pastinya mereka bisa mempelajari berbagai kupu-kupu dan serangga, termasuk metamorfosis dari ulat menjadi kupu-kupu cantik. Apalagi di sini memang dilengkapi dengan informasi-informasi kupu-kupu yang dipamerkan.



Setelah puas melihat aneka koleksi kupu-kupu dan serangga, saya bergegas ke tempat berikutnya. Pengunjung harus melewati pintu dengan tirai rantai-rantai besi. Eh, pintunya langsung menarik hati saya. Pose-pose dulu aaaah... hahaha.



Ternyata, tempat selanjutnya adalah taman kupu-kupu. Begitu saya masuk, beberapa kupu-kupu langsung terbang di sekitar saya. Saya pun berjalan-jalan mengitari taman itu. Eh.. ada kupu-kupi cantik yang hinggap di daun. Langsung difoto dong, sebelum dia terbang hehehe.




Saya pun tidak ketinggalan untuk mengambil foto di sini. Latar daun-daun itu sangat memikat. Dan sebenarnya, saya juga ingin foto-foto dengan kupu-kupu yang hinggap di daun. Tapi pas sudah ready.. kupu-kupu terbang. Duh.. padahal mau foto bareng mantan Cover Boy lho hahaha.




Lepas dari taman ini, ternyata sudah menuju pintu keluar. Saya pun bergegas untuk keluar melewati pintu yang bertirai rantai-rantai besi. Tapi kok lagi-lagi rantai besi ini memikat hati saya, ya. Jadi saya putuskan pose..pose lagi hahaha. Lumayan buat stok posting di medsos hehehe.



Alian Butterfly Park ini memang tidak terlalu luas, tapi sudah memikat dan cukup untuk sarana wisata plus edukasi. Letaknya yang berada di PAP Krakal juga bagus. Jadi setelah orang ke PAP Krakal, bisa ke Alian Butterfly Park atau sebaliknya. Jadi saling mendukung.



Senang sekali perjalanan kali ini. Ini membuktikan, kalau wisata Kebumen itu sangat lengkap. Tidak hanya pantai, bukit, goa, benteng, waduk, pemandian air panas, dan wisata alam lainnya, tapi ada juga taman kupu-kupu menarik.

Makanya, yuk segera dolan ke Kebumen. Apalagi sudah ada nih, PT. Pesona Dasar Samudra yang siap menemani wisata teman-teman di Kebumen. Berbagai paket menarik juga ditawarkan. Kepoin saja akun Instagramnya. di Pesona Dasar Samudra.

Dengan motto Your Best Travelling Partner, Pesona Dasar Samudra siap menjamu teman-teman dengan pelayanan prima. Jadi kepoin saja akun instagramnya. Selamat berwisata, teman-teman.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

50 Responses to "Bercengkrama dengan Kupu-Kupu di Alian Butterfly Park kebumen"

  1. Kalau punya blog kece memang enak ya. iming-iming mau dimuat jadi berita, jadi leluasa.
    Kalau saya biasanya terus dapat kopi :)
    Wah lain waktu main kesana ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. padahal blog saya masih receh ya, Mas. Tapi setidaknya ikut memperkenalkan wisata Kebumen juga.
      Dan kalau saya mending ditawari makan bakso, Mas hahaha.

      Yuk, mampir, Mas Djangkaru. Sekalian mampir ke Pemandian Air Panas Krakal juga.

      Delete
  2. Wahh seru juga ya mas wisata kupu-kupunya. Kayaknya cocok banget buat wisata trip anak sekolah buat edukasi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Kak. Wisata keluarga dan buat trip anak-anak cocok sekali.
      Anak-anak akan senang. Berwisata sekaligus menambah wawasan seputar kupu-kupu.

      Delete
  3. wah keren ya tempat edukasi wisata ini, apalagi skrg sudah jaarng tampak kupu2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Tira. Sangat bagus untuk anak-anak. berwisata sekaligus menambah wawasan.

      Delete
  4. Aku menikmati sekali foto2 kupu2, semuanya termasuk kupu2 dalam pigura kecil. Tapi begitu lihat pigura yang berisi tarantula dan kala jengking aku langsung merinding. Takut banget sama hewan yang begitu.. hiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Tenang, Mbak.
      Semuanya sudah aman dalam pigura.
      Tapi memang bentuk hewannya sudah membuat banyak takut ya, Mbak hehehe.

      Delete
  5. Wih aneka koleksi kupu-kupu semacam ini pernah ku lihat juga saat berkunjung ke Medan. Ternyata di Kebumen juga ada ya.. asik bisa jadi pilihan tempat refreshing sambil belajar bareng si kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Di Kebumen termasuk koleksinya beragam. nah, ada juga taman kupu-kupu Bantimurung di Maros Sulawesi Selatan.

      Delete
  6. Pas baca judul ya sebagian, saya pikir ini di Makassar, saking terkenalnya kupu-kupu di Makassar.

    ternyata ada banyak daerah yang mengangkat tema kupu-kupu cantik ini.
    Keren banget deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau yang itu, tempatnya di Bamtimurung, Maros Sulawesi Selatan, Mbak Rey. Jadi bukan di kota Makassar.
      Jadi kalau ke sana, sekalian lihat air terjun juga.

      Delete
  7. PAP di sini Pemandian Air Panas to Mas... Saya kira istilah gaul bocah milenal zaman now, Pas Photo, haha.
    Btw, di Kebumen banyak banget ya tempat wisatanya. Terutama Alian Butterfly Park ini, bagus banget ngajak krucils ke sini skalian belajar IPA. Tfs Mas Bambang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Mia. Pemandian Air Panas Krakal pas di depan Alian Butterfly Park ini. Jadi sekali jalan, ke dua tempat wisata. Dan anak-anak pasti suka diajak ke sini. Banyak pengetahuannya.

      Delete
  8. Alian Butterfly Park ini wisatanya dapeettt, edukasi juga dapeeet
    Para bocah pasti demen diajak ke sini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paket lengkap, Mbak Nurul.
      Lokasi foto-foto juga dapat hehehe.

      Delete
  9. Saya sangatt suka dengan Kupu-kupu, dan malah dah jarang liat hewan satu ini sekarang,makanya seru banget kalo wisata edukatif gini bareng anak-anak pasti eksited banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya, sesekali di halaman rumah saya ada kupu-kupu, Mbak Maliha. Hanya dasar sayapnya hitam. nah, di sini jenisnya lumayan banyak. Malah bisa lihat yang beterbangan juga.

      Delete
  10. Kebumen punya tempat wisata se kece ini ya...aku jadi penasaran dan cucok buat rekomendasi kalau pergi kesana jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebumen wisatanya banyak dan komplit, Mbak. Tiket masuk juga sangat terjangkau. jadi pas di hati dan kantong. Yuk, dolan ke Kebumen, Mbak.

      Delete
  11. waw keren ya. berarti aku kalo ke kebumen harus mampir ke sini. soalnya aku juga ndak pernah main ke museum kupu-kupu. apalagi beuh tempatnya instagramable. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib, Mbak. Habis dari sini, tinggal nyebrang ke Pemandian Air Panas Krakal. berendam, pulangna badan segar, pengetahuan seputar kupu-kupu bertambah hehehe

      Delete
  12. Dilihat dari tempatnya, menarik banget, apalagi dulu waktu kecil aku emang suka bertanya-tanya tentang Macam-macam jenis dan corak kupu-kupu, bagus ya kalo kesini, menyenangkan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempatnya memang sangat menarik, Mas Rori. Pengetahuan soal kupu-kupu juga jadi bertambah.

      Delete
  13. Kadang pingin lo sok pede gt nawarin blog aku hahaha tp msh blom berani 😅 pdhl kan sbnrnya justru tugas kita ya mas utk promosiin daerah sekitar kita. Jadi terinspirasi yaa sm dirimu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, pede saja, Mbak Tika.
      Benar sekali, Mbak. Justru kita membantu mengenalkan potensi suatu tempat di sekitar kia. kayak ini, teman-teman banyak yang belum tau, kalau di Kebumen ada Taman kupu-kupu. Pas baca postingan saya, semua jadi tau dan ingin ke sini hehehe.

      Delete
  14. Seketika pengen nyanyi persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu 😂

    Aku pernah ke kebumen mampir doang tapi ke rumah temen kakaj belum sempat menjelajah wisatanya, saat itu lagi trip ke Jogja naik mobil dari JKT, pas mau balik jkt mampir ke kebumen,
    Semoga suatu hari bisa mampir dan main main ke tempat wisatanya
    Thanks info pariwisata nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya malah di sana sempat bersenandung.. Kupu-kupu yang lucu, ke mana engkau terbang hehehe.

      Yuk, nanti mampir ke Kebumen, Kak. Soalnya banyak tempat wisata menarik. Dijamin heppi berwisata di Kebumen.

      Delete
  15. Kalau wisata kupu kupu gitu, pasti bakal banyak ulat di setiap pohonnya. Ya kan mas? Tapi kalau lihat kupu kupu yang cantik dan memesona jadi terhibur dan takjub pastinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Erabo. Ada ulat juga. Hanya itu memang sebagian dari edukasi metamorfosis kupu-kupu. Jadi setelah anak-anak melihat teorinya, bisa melihat langsung ulat, kepompong dan kupu-kupunya.

      Delete
  16. Menarik ya, itu koleksi kupu-kupunya kok bisa banyak banget gitu diambil dari kupu-kupu se-Indonesiakah? Terus kupu-kupu yang ada di situ alami atau bagaimana. Terus terang saya penasaran dengan taman kupu2 bantimurung juga. Kok bisa banyak kupunya kenapa? Terus kupunya juga bermacam2 kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Ini kupu-kupunya koleksinya sangat beragam. Jadi bisa dari penangkaran, bisa juga sengaja diambil dari berbagai daerah untuk tujuan edukasi. Kalau taman kupu-kupu Bantimurung itu memang adanya di alam. jadi awalnya banyak kupu-kupu berasal dari alam sekitar, lalu ada penangkaran juga.

      Delete
  17. wah menarik nih mas, taman kupu-kupunya.
    apalagi banyak informasi juga mengenai jenis kupu-kupu dan proses metamorfosis kupu-kupu. Semoga ada rezeki bisa ke kebumen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Qoty. Pas wisata keluarga. Anak-anak juga akan senang.

      Delete
  18. Tangga batunya kece, pintu rantainya Instagramable, kupu-kupunya disana-sini, berasa jadi Prince Disney gak Mas? wkwk pengen kesana juga, tapi jauh huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Iya, Mbak Nuniek.
      Makanya kalai kostumnya ala-ala pangeran pas sekali, Mbak hahaha.
      Semoga bisa ke sini ya, Mbak. Apalagi Kebumen banyak tempat wisata.

      Delete
  19. adekku paling senang melihara kupu-kupu di kebun kecil pak. Katanya lucu buat nunggunya, bahkan kadang jadi mainannya dia, ditowel-towel gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kupu-kupu memang cantik, lucu dan menggemaskan ya, Mas Ilham.
      Apalagi banyak sekali variasi sayapnya.

      Delete
  20. Kenapa aku jadi mupeng buat banyakin poto2 di Alian Butterfly Park ini ya mas. Rasanya seneng aja misal datang kesitu, tempatnya oke kalau bareng keluarga yahh. Ternyata ini wisata Kebumen punya yahh
    Catet ahh kali aja berkunjung ke Kebumen hehee. TFS Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sebenarnya foto-fotonya sangat banyak, Mbak Rohmah.
      Soalnya saya kemarin fotonya secara runut. Hanya tidak semua bisa dipajang. Kepenuhan hahaha.

      Sama-sama, Mbak Rohmah. Semoga bisa segera ke sini ya, Mbak.

      Delete
  21. kebayang serunya nih klu bawa anak ke sini
    pasti dia heboh liat kupu kupu
    saya belum pernah ke kebumen
    jadi penasaran banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Ina. mereka akan seru bermain, berlarian mengejar kupu-kupu yang beterbangan.

      Delete
  22. Enak bgt ini liat kupu2nya..masih ada yg menangkar kupu2 gini satu kebahagiaan. Apalagi bisa langsung visit. Kebayang taman kupu2 yg ada dk bandara singapura

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Desi.
      Apalagi spesis kupu-kupu Indonesia sangat beragam. jadi harus terus dikembangbiakkan.

      Delete
  23. Wah gak nyangka di Kebumen juga ada taman kupu2, saya di sini terakhir ke taman kupu2 di TMII hehehe :D
    Btw PT Pesona Dasar Samudra ini semacam travel yang nemenin kita berwisata keliling di sana gtu kah pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, Mbak April. Kebumen wisatanya komplit. Makanya wajib ke sini hehehe.

      Iya, Mbak. PT> Pesona Dasar Samudra agen travel. Punya teman saya. Jadi kalau mau wisata ke Kebumen, bisa bareng PDS hehehe.

      Delete
  24. Membaca postingan ini mengingatkan aku pada konservasi kupu kupu di TMII heheh di sana ada banyak juga kupu kupu cantikkkkkkk. Ternyata kebumen ga hanya pantai ya, ada kupu-kupu juga dan tentu saja banyak spot kece untuk foto aseek. Bisa buat edukasi sama anak nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Mei. Kebumen wisatanya komplit. Dan kalau anak-anak diajak ke sini, pasti senang. Wisata dapat, edukasi dapat. Lanjut berenang di Pemandian Air Panas Krakal yang pas berada di depannya.

      Delete
  25. Aku mau kepoin IG'a Pak Bams aja. Siapa tau nemu foto kupu-kupu sama mantan CoverBoy. hahaha

    Tapi, emang spot paling kece di tempat ini yaitu Taman Kupu-Kupu karena bisa berinteraksi langsung di sana. Tirai rantai besi juga OK tuh buat pose.

    Btw jam operasional tempat wisata ini dari jam berapa sampai jam berapa?
    Kalo sampe lewat matahari terbenam, siapa tau bisa bercengkrama dengan kupu-kupu malam di tempat ini. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. foto bareng kupu-kupu tidak ada, Mas Maidy. Mau foto bareng, dianya terbang hahaha.
      Ini dari pukul 08.00-16.00 wib, Mas. Jadi kalau mau bercengkrama dengan kupu-kupu malam, di tempat lain saja hahaha.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.