} 3 Hal yang Membuat Jalan-Jalan Tetap Menyenangkan - Cerita Bambang Irwanto

3 Hal yang Membuat Jalan-Jalan Tetap Menyenangkan

3 Hal yang Membuat Jalan-Jalan Tetap menyenangkan Siapa sih, yang tidak suka jalan-jalan. Saya juga suka hahaha. Soalnya jalan-jalan itu memang menyenangkan. Selain buat refpreshing, juga buat cari inspirasi hdup dan pastinya ide-ide tulisan.



Tapi ngomongin soal jalan-jalan agar semakin menyenangkan, saya ada tips, nih. Kebetulan selalu saya terapkan. Pastinya saya susun sesuai pengalaman pribadi saya.

Dan inilah 3 hal yang membuat jalan-jalan tetap menyenangkan.

Sehat

Hal pertama yang membuat jalan-jalan jadi menyenangkan adalah itu harus sehat. Dan sebenarnya tidak hanya urusan jalan-jalan. Kalau sehat, aktivitas apa saja bisa kita lakukan, dan hasilnya maksimal. Jadi sangat penting sekali menjaga kesehatan.



Kalau saya, saat akan jalan-jalan, saya sangat fokus menjaga kesehatan. Saya hindari makanan yang pantang bagi saya. Misalnya makanan terlalu pedas, atau terlalu banyak minuman dingin. Bisa memble saja, kalau pas waktunya jalan, saya diare, sambil flue hehehe. Jadi sebisa mungkin, saya tahan godaan itu hahaha. Tidak hanya sebelum jalan-jalan saya pantang makan. Pas jalan-jalan pun, saya hindari.

Selain menjaga makanan, saya juga memperhatikan istirahat. Karena kalau saya istirahat itu banyak didapat dari tidur, maka tidur saya dijaga. Saya sangat menghindari begadang (Kecuali ada hajatan hahaha). Maksimal pukul 12 malam harus sudah tidur. Lewat sedikit, bisa puyeng kepala saya pas bangun keesokan harinya hahaha.

Tidak ketinggalan, tambahan tenaga juga saya usahakan. Saya beruntung suka buah apa saja. Jadi saya perbanyak makan buah. Tambahan lain adalah dari madu. Cukup 3X sehari, satu sendok makan.

Baca juga : 3 Hal yang Membuat Saya Bisa Jalan-Jalan

Lalu, untuk antisipasi saat jalan-jalan, saya tidak lupa membawa kantung obat. Isinya macam-macam. Dari obat sakit perut, minyak gosok, minyak angin, tolak angin, obat tetes mata dan lainnya. Namanya sesuatu itu yang terjadi, tidak bisa diprediksi. Makanya harus sedia payung sebelum hujan.

Misalnya, saat ke Yogya, lutut kanan saya itu sakit sekali. Pas mau ke ruang makan di penginapan, saya saya pijak. Saya kira lantainya rata. Ternyata bertingkat. Kaki saya napak tiba-tiba. Untung bawa balsem urat. Jadi acara jalan-jalan bisa lanjut terus hahaha.


Dana

Yang kedua agar jalan-jalan semakin menyenangkan adalah... siapkan dana yang cukup. Jadi saat akan jalan-jalan, saya itu hitung-hitungan juga. Berapa transport, berapa uang makan, berapa uang tiket masuk ke tempat wisata, dan sebagainya.



Soalnya, saat jalan-jalan itu, ada saja hal yang tak terduga. Sesuai pengalaman saya, tidak ada acara jalan-jalan yang mulus lancar jaya, 100 % sesuai dengan harapan. Ada saja kejadian yang membuat saya harus meringis. Tapi itulah kehidupan. Segala sesuatu tak ada yang sempurna. Cailah.. cakep.. hahaha. Makanya harus menyiapkan dana cukup, jangan mepet atau ngepas banget. Agar acara jalan-jalan bisa jalan terus.

Misalnya nih, saat saya trip seorang diri ke empat kota Yogya, Solo, Surabaya, dan Makassar. Satu kejadian yang tak terduga adalah, saat jadwal pesawat saya dari Surabaya ke Makassar itu tiba-tiba dimundurkan dari 16.30 wib menjadi 17.50 wib.

Waktu itu, malamnya saya masih santai di penginapan saya di Solo. Pikir saya, kereta api yang saya tumpangi menuju Solo itu sekitar pukul 2 dini hari. Saya juga sudah janjian dengan Mas Jarot, tukang ojek untuk menjemput saya.

Tiba-tiba.. pas habis sala Isya, pas saya cek tablet, ada email masuk kalau penerbangan saya diubah jadi pukul 05.30. Waduh saya panik. Itu berarti kan subuh banget. Sementara saya masih di Solo. Apa yang harus saya lakukan?

Saya pun langsung kontak Mas Jarot minta segera dijemput. Mas Jarot mengantar saya ke terminal Tirtonadi. Saya pun naik bus ke Surabaya. Dalam perjalanan panik. Tapi tiba-tiba mendekati Surabaya, saya iseng cek sms. Kebetulan hape saya ini pas mati sejak di penginapan di Solo, karena saya memang chas. Dan... Ya.. Allah.. itu ternyata... saya saya lihat. Cerita lengkapnya, bisa baca di sini hahaha.

Baca Juga : Panik Over Dosis

Eh, pas mau pulang, ada kejadian lagi. Jadi saya memang berencana dari Makassar ke Surabaya itu naik kapal laut. Ingin nostalgia mengenang zaman saya pertama kali merantau hahaha. Biar agak nyaman, saya pesan tiket kelas 4 yang harganya 400 ribu sekian.

Ternyata.. pas cetak tiket di pelni Makassar, jadwalnya mundur sehari. Aduh.. piye iki? Saya kan sudah pesan tiket kereta juga dari Surabaya ke kebumen. Lalu besoknya saya mau antar Krucil liburan ke sepupunya di Depok. Terpaksa saya batalkan tiket kapal laut dan kena potongan 50 persen. Langsung buru-buru pesan tiket pesawat.

Jadi jelas kan.. saat jalan-jalan dana harus cukup. Karena kejadian beragam. Tidak hanya soal transport saja. Bisa saja, pas jalan ada barang bagus, tapi duit ngepas, gigit jari kan.. hahaha


Jadwal yang Tersusun Rapi

Ini juga saya masukkan dalam daftar tips. Soalnya saat saya sudah menyusun jadwal, maka saya tidak bingung lagi pas sudah jalan-jalan. Akhirnya jalan-jalan jadi menyenangkan.



Misalnya saat saya ke Surabaya. Sejak awal saya susun jadwal. Dari kebumen pukul 7 pagi, dan sampai di Suabaya pukul 2 siang. Dari stasiun Gubeng, saya langsung ke hotel tempat saya menginap yang jaraknya hanya 50 meter dari stasiun. Cek in, simpan barang, saya langsung ke Museum Kapal Selam. Sore saya ke monumen Sura dan Baya, lalu malamnya saya ke Tunjungan Plaza. Selesai balik ke hotel dan besok siap jalan lagi.

Jadi penting sekali teman-teman juga menyusun jadwal jalan-jalannya ke suatu tempat. Apalagi zaman now kan, serba mudah. Tinggal pakai smartphone, bisa cek tempat yang akan kita kunjungi. Tempat wisata mana saja yang berdekatan, bagaimana transportasinya dan lainnya.

Tapi zaman now, segalanya serba dipermudah kok. Termasuk banyaknya trip-trip yang ditawarkan. Salah satunya dari Traeloka Xperience. Tidak hanya seputar wisata di Indonesia, tapi juga di Asia Tenggara. Tidak hanya trip, di Traveloka Xperience ini juga menyajikan penawaran  Lifestayle. Dari film, spa, olahraga, sampai kursus dan worshop. Lengkap.

Baca Juga : Bersama Traeloka Xperience Saya Akan Trip ke mana Saja

Kemarin sih, saya sudah kepoin Traveloka Xperience. Dan saya langsung mupeng. Jadwal tripnya sudah lengkap, jadi saya tidak repot lagi susun menyusun jadwal. Dan harganya sangat pas di hati dan kantong hahaha.

Nah, itu dia  hal yang membuat Jalan-Jalan Semakin Menyenangkan. Semoga tips dari saya bermanfaat, ya. Dan.. selamat jalan-jalan, teman-teman...

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to " 3 Hal yang Membuat Jalan-Jalan Tetap Menyenangkan"

  1. Kayaknya Dana jadi poin paling penting setelah kondisi tubuh sehat biar bisa jalan2 hepi. Kebayang kalau tubuh sehat dan nggak ada dana, pun sebaliknya, jalan2 jadi wacana aja ihihi.
    Jadi rindu jalan-jalan lagi deh nih, heheee TFS tipsnya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya poin 1 sehat dulu, Mbak.
      Kalau sehat, maka bisa cari duit bisa jalan-jalan hahaha.
      Tapi ini kaitannya pas sudah acara jalan-jalan. Jadi tiga poin itu saling berkaitan.

      Delete
  2. Aku setuju dengan 3 poin yg disebutin. Tapi nggak menutup diri juga sih kalau ada hal-hal yang di luar rencana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang, Mbak. Setiap perjalanan, pasti ada hal-hal yang terjadi di luar rencana dan dugaan. Jadi siap-siap hahaha.

      Delete
  3. Bener banget mas, Wkwkwk.. emanglah 3 itu kunci kesuksesan jalan-jalan yang asyik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau 3 kuncinya sudah terpenuhi, pulang jalan-jalan jadi heppi.. dan eh... besoknya mau jalan-jalan lagi, Mbak hahaha.

      Delete
  4. Sepanjang baca artikel saya kok auto-ketawa ketiwi ya.. hadeuhhb emg bener deh slogan blognya Mas. Tempat berbagi cerita dan ceria, hahaha. Tfs yow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. berarti slogan saya berhasil ya, Mbak Mia hahaha.

      Delete
  5. Pokoke kalo buka Traveloka XPerience makin semangaaattt buat ngetrip!
    Paket2 yg ditawarkan keren dan mantab bgt sih yhaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Nurul.
      Banyak trip menarik, semangat buat nabung-nabung.. biar jalan-jalan terus hehehe.

      Delete
  6. Yang paling wajib pertama dan kedua, mau kemana aja pasti bisa ya kan.kalau dana pas2an tentunya harus terjadwal mau kemana aja biar ga banyak biaya dikeluarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mbak. Pokoknya kalau poin 1 dan 2 sudah aman, maka poin 3 akan mengikuti dan bisa disesuaikan hehehe.

      Delete
  7. Noted banget mas Bambang ,

    Kalo di saya harus ono duite dulu, baru badan sehat, wkwk.

    Setelahnya susun List yg mau dilakuin pas jalan2,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mbak. Ada duit, sehat jalan-jalan.
      Bisa juga sehat, ada duit, jalan-jalan hahaha

      Delete
  8. Mas Bambang senyumnya tetep senyum 3 jari ya, hahaha. Bener banget, 3 hal ini jadi modal utama buat jalan-jalan, bukan yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. kan kita mantan finalis model remaja, Kang hahaha.

      Delete
  9. Saya jadi penasaran dengan layanan baru xperience dari traveloka ini. Sangat membantu menyusun agenda selama liburan pastinya..coba-coba cek ah...

    ReplyDelete
  10. Aku juga tipenya perencana banget. Sudah harus buat itin, lalu baju apa aja yg harus dibawa. Jangan lupa obat2an. Emg sih nmnya bertualang ada aja kejadian di luar rencana. Tp klo kita sdh punya rencana, hal2 yang muncul belakangan bisa disiasati hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak.
      Pas jalan, memang segalanya bisa kita dapat. Tapi kalau sudah disiapkan, maka akan lebih memudahkan.
      Misalnya pas seharian ngebolang, sampai penginapan malamnya mules. kalau sudah ada obat diare, kan tinggal minum ya, Mbak.

      Delete
  11. Tips yang keren, Mas..Aku juga termasuk orang yang punya jadwal terussun rapi. Apalgi sumaiku lebih rapi lagi. Sampai detil nanti darimana ke mana naik bis atau kereta apa di tempat tujuan sudah disiapkan sebelumnya sama dia.
    Jadi rata-rata, kalau sudah dijawdalkan kemungkinan kecil melesetnya.
    Sayang kan, sudah keluar biaya banyak buat jalan kalau enggak maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dian. Kalau sudah disusun rapi, maka kita sudah tinggal jalan. Soalnya awal-awalnya saya main jalan saja, eh.. malah bingung mau di jalan mau ke mana hahaha. Jadwal rapi, benar untuk memaksimalkan liburan kita, Mbak Dian.

      Delete
  12. setuju saya , kita harus sehat dan punya dana cukup juga harus bikin jadwal perjalanan . Kalo ketiga hal tersebut salah satu aja ada yng gak beres .....haduh jalan jalanya bubar jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dona. Tiga hal saling berkaitan, soalnya saya sudah mengalami sendiri. Jadi saya mulai usahakan semua terlaksana, walau hasilnya memang tidak akan sangat sempurna hehehe.

      Delete
  13. Setuju banget nih mas. Sehat jiwa raga dan keuangan bakal memperlancar keinginan untuk jalan jalan. Tambah seru kalau disusun dengan baik semuanya, jadi jalan jalannya efektif dan efisien.
    Cuma kalau mau jalan2 yg agak jauh kudu nabung dulu sayanya... Ha...ha...ha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. sama, Mas Erfano. Saya mau jalan-jalan jauh dekat kudu menyisipkan uang nulis dulu. Tapi justru jadi penyemangat buat menulis hahaha.

      Delete
  14. Ahahahah sehat mesti doonnkk. Ada duit/ dana haruuusss wkwkwk :D
    Nah soal ada jadwal yang tersusun rapi ini hmmm antara setuju dan gak, soalnya kalau waktunya terbatas mungkin bis dipakai, tapi kalau mau santai teravelingnya kalau saya pribadi lbh milih ke mana angin membawan aja deh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... ke mana angin membawaku pergi ya, Mbak April hahaha.
      Tapi memang kadang harus dipakai, Mbak April. Apalagi kalau waktu liburannya lama dan saya banyak dana hahaha.

      Delete
  15. Wah,tips nya bagus bgt nih mas, emang yg penting kl bepergian itu, jgn meet budget. Sllu siapkan dana lebih buat jaga2 jlnad kejadian tak terduga. Aplg sy yg punya 3 krucil. Kl bepergian tuh bawaan perang nya segambreng. Eizs, jgn lp bw obat2 an .. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Soalnya bukan hanya menjaga hal-hal tak terduga, tapi uang jaga-jaga buat borong oleh-oleh hahaha. makanyaperginya satu tas, pulangnya bisa tiga tas hahaha.

      Delete
  16. Saya termasuk yang agak samaela (seenaknya) kalau soal makanan, saat sedang jalan-jalan. Di tas saya siapkan obat diare jika ternyata salah makan. Hehehehe. Pernah sih, extend 2 hari di Jakarta gara-gara mencoba makanan lokal yang ternyata tak ramah di perut. hihihi....
    Oh ya, saya juga senang traveling yang tertata, jadwalnya, meskipun bisa juga dadakan ke mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Makanya saya kadang cari info dulu, makanan yang akan saya santap sebelumnya. Karena kalau kurang pas, bisa kacau jadwaljalan-jalan saya hehehe.

      Delete
  17. Betul sekali, kesehatan dan keuangan memang kunci utama agar jalan jalan jadi makin menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 kuncinya yang membuat jalan-jalan terus menyenangkan ya, Mas hehehe.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.