} Bola-Bola Rambutan ala Pawonbangbang - Cerita Bambang Irwanto

Bola-Bola Rambutan ala Pawonbangbang

Bola-Bola Rambutan ala Pawonbangbang - Halo... teman-teman..
Sudah lama nih, tidak posting resep Pawonbangbang. Maklum, kemarin agak sibuk banyak syuting dan pemotretan  hahaha. Jadi mumpung kemarin lagi slow, dan lagi rajin masuk dapur, saya posting resep yang mudah saja.



Kali ini, saya akan berbagi resep Bola-Bola Rambutan. Saya buat coba resep ini, karena lihat iklannya di televisi yang produk apa itu. Padahal seingat saya, resep ini sudah lama ada. Ya, namanya saja baru dapat wangsit kerajinan. Makanya baru dicoba hahaha.

Bola-Bola Rambutan ini termasuk camilan yang buatnya mudah, tapi sehat, bergizi, mengenyangkan dan sangat disukai anak-anak. Bisa jadi variasi makanan sehat untuk anak-anak. Apalagi di dalamnya terkandung kacang kedelai, telur, sayuran, dan lainnya. Kemarin saya coba tes pasaran. Dalam waktu 15 menit saja, 40 biji Bola-Bola Rambutan buatan saya, habis diserbu anak sekolah.

Yuk, langsung saja kita buat Bola-Bola Rambutannya. Semangat, karena tingkat kesulitan memasak camilan ini sangat mudah.


Bahan-bahan yang diperlukan adalah :
- 10 biji tahu putih ukuran 5 x 5 cm (bisa disesuaikan ya). Bisa juga diganti tahu kuning.
- 1 butir telur
- 3 sendok makan tepung terigu
- 3 siung bawang putih
- Lada bubuk secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- 1 biji wortel
- 1 batang daun bawang
- Garam secukupnya
- Kaldu bubuk rasa ayam
- penyedap rasa (bila suka)
- 3 keping mie kering
- Minyak Goreng untuk menggoreng


Pelengkap :
- Saus
- Mayones
- Cabe rawit ijo


Cara Membuatnya :
- Pertama, Kukus dulu tahu selama 15 menit. Ini akan membuat tahu lebih padat dan mudah dibentuk soalnya kandungan airnya sudah sangat sedikit. Ini akan membuat tahu tidak meresap minyak saat digoreng. Bisa juga, tahu langsung dihancurin, lalu nanti diperas airnya. Tapi saya menganjurkan dikukus.

- Sambil menunggu tahu dikukus, haluskan bawang putih dan garam. Garamnya sedikit saja dulu. Kalau kurang asin, baru ditambah. Seperti kata petuah memasak, lebih baik kurang garam daripada kebanyakan garam. Kurang garam bisa ditambah. Kelebihan garam aduhai... Bahkan cintamu padanya juga jangan kelebihan hahaha.

- Kelar acara ulek mengulek, kupas wortel, cuci bersih, lalu parut halus. Bisa juga sih, dicincang kasar. Wortel ini selain menambah gizi pada Bola-Bola Rambutan, juga akan membuat tampilannya cantik karena ada warna orange pada makanan.

- Cuci daun bawang, lalu potong halus. Kalau teman-teman hanya mau memakai batangnya saja boleh. Dan kayaknya, kalau mau diganti bawang bombay juga bisa. Nanti makannya bisa sambil goyang India. Acha.. Acha.. hahaha

- Hancurkan mie kering, lalu taruh di wadah untuk gulingan tahu. Saya pakai mie kering cap Eko yang ada bungkus merah isi dua, ada juga bungkus besar isi 10 keping. Bisa diganti dengan mie instan.

-  Setelah tahu dikukus, dinginkan dulu sejenak, taruh dalam wadah, lalu haluskan. Kalau tidak mau repot, tahu bisa dikukus sebelumnya, lalu dimasukkan ke kulkas.

- Tambahkan bumbu bawang putih yang sudah dihaluskan, wortel,  daun bawang, tepung terigu dan telur. Tambahkan juga Lada bubuk, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya dulu.

- Tambahan info, kehadira telur dan terigu adalah untuk mengikat adonan. Karena kalau tidak, maka pas digoreng buyar. Kemudian adonan akan padat, jadi tidak meresap minyak.

- Campur semua bahan sampai rata. Jangan lupa tes rasa. Nah, saatnya menyesuaikan rasa sesuai selera. Bisa tambah garam atau gula, juga penyedap rasa dan lada bubuk.

-  Bulat-bulat adonan sesuai selera. Kalau saya untuk bahan ini, saya 15 biji. Jadi tidak kebesaran- tidak kekecilan. Kata Kak Vety Vera yang sedang.. sedang.. saja hahaha.

- Setelah itu, lalu gulingkan ke mie kering, sambil dipadat-padatkan. Lalu letakkan di wadah.



- Setelah itu panaskan minyak goreng, lalu goreng Bola-Bola Rambutan sampai kuning keemasan. Hati-hati saat membolak-baliknya, agar rambutan mie-nya tidak ambrol.

- Sekedar tips, agar hasilnya bagus saat digoreng, banyaknya minyak yang digunakan harus sesuai, agar Bola-Bola Rambutan tenggelam saat digoreng. Terus gunakan wajan anti lengket yang dasarnya rata. Kalau wajan cekung, bisa mengumpul di tengah.



- Biar lebih jelas tips mengoreng Bola-Bola Rambutan, bisa simak di video berikut ya... Dijamin tidak kecipratan minyak, mie rambutan tidak ambrol, dan hasilnya bagus.



- Nikmati Bola-Bola Rambutan dengan cocolan saus sambal dan mayones. Bisa juga pakai cabe rawit ijo. Mantap...




 Bagaimana, teman-teman...
Sangat mudah membuatnya kan. Yuk, langsung dicoba, dan nikmati Bola-Bola Rambutan bersama keluara. Sstt... mau buat jualan jajanan anak-anak juga bisa hahaha. Selamat mencoba..

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bola-Bola Rambutan ala Pawonbangbang"

  1. Aku juga udah cobain,,enak ternyata ya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget, Mbak Isni.
      Apalagi bergizi dan buatnya juga mudah. Anak-anak doyan camilan kayak gini hehehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.