} Baru Mulai Ngeblog? Jangan Buru-Buru Nafsu Menghasilkan Uang, Sabar dan Ikuti Tahapannya - Cerita Bambang Irwanto

Baru Mulai Ngeblog? Jangan Buru-Buru Nafsu Menghasilkan Uang, Sabar dan Ikuti Tahapannya

Baru Mulai Ngeblog? Jangan Buru-Buru Nafsu Menghasilkan Uang, Sabar dan Ikuti Tahapannya -Kemarin itu saya posting sebuah tulisan. Judulnya Penghasilan saya 25 Juta dari Dunia Maya selama Tahun 2019. Alhamdulilalh, banyak yang mampir. View saya jadi seikit meledak hati itu. Rupanya pada penasaan dengan penghasilan saya ya... hahaha.



Alhandulilalh semua itu saya syukurin. Itu artinya, memang selalu ada eekid ari menulis, asalkan terus bersemangat dan berusaha. Dan salah satu sumber penghasilan saya memang dari blog yang saya buat tahun 2014, hanya saya batu giat lagi di awal 2017.

Dan ternyata.. banyak juga teman-teman yang tertarik mulai ngeblog, atau setidaknya semaki bersemangat ngeblog bagi yang sudah punya blog. Mereka pun bertanya bagaimana caranya, agar blog bisa menghasilkan uang juga. Katanya biar acara makan bakso bisa lancar jaya, aman, damai, sentosa kayak saya hahaha.

Sabar.. Boleh-boleh saja. Semua akan saya sharing dengan senang hati. Dan berikut perjalanan ngebblog saya, sampai akhirnya blog saya bisa menghasilkan uang.

Baru Mulai Ngeblog? Jangan Buru-Buru Nafsu Menghasilkan Uang, Sabar dan Ikuti Tahapannya


Menikmati Proses

Jadi segala sesuatu itu, butuh proses. Makanya orang pun bilang, mie instan saja ada proses memasaknya kan, tidak langsung buka bungkus, lalu bisa dimakan. Tapi kalau buat kriuk-kriuk bisa juga hehehe. Tapi enaknya mienya digoeng dulu hehehe.

Sama dengan blog. Agar blog bisa menghasilkan, perlu proses. Tidak sim salabim atau abrakadabra. Buat blog sekarang, semingggu kemudian sudah bisa dapat penghasilan. Itu hal-hal yang sangat mustahil. Ada proses Lika-Liku Saya Masuk ke Dunia Blogger juga.

Jadi seperti yang selalu saya baca dari blog-blog para mastah, saat ingin ngeblog, maka itu karena suka menulis. Ingin membagikan sesuatu lewat tulisan kepada orang lain. Jadi niat awal ngeblog seperti itu. Jangan begitu ngeblog langsung kepikiran untuk menghasilkan uang. Maka semua itu akan jadi beban.

Makanya saya sangat pegang hal ini. Ngeblog karena suka, akhirnya enjoy. Dan karena enjoy, maka ngeblog tanpa beban, tidak memikirkan waktu lama, akhirnya menikmati proses. Lalu akhirnya semua indah pada waktunya.

Nah, setelah niat awal ngeblog sudah dibulatkan, maka berikut yang harus dilakukan agar Blog Bisa Menghasilkan. Ini saya susun berdasarkan pengalaman saya, ya.


Pakai Blogspot atau Wordpress?

Bila berniat blog dan belum punya blog, maka bisa disegerakan buatnya. Buat saja dulu blog gratisan. Silakan pilih mau pakai wordpress atau blogspot.

Hanya sesuai pengalaman saya, saya buat dua-duanya. Lalu saya coba mana yang nyaman bagi saya. Saya pelajari keduanya. Dan akhirnya, saya memilih blogspot.

Tapi ini tentu saja disesuaikan personal teman-teman saja ya. Soalnya banyaj juga teman-tenan saya yang lebih suka pakai wordpress.

Blog Gado-Gado atau Blog Niche

Sesuai pengetahuan saya yang masih seuprit di dunia blog, jadi blog itu ada campuran dan Nicha. Jadi blog gado-gado itu sebbuah blog yang sisinya beragam, tapi masih ada benang merahnya.

Misalnya blog saya Cerita Bambang Irwanto, itu isinya cerita seputar diri dan kehidupan saya. Misalnya seputar menulis cerita anak, tips menulis, jalan-jalan saya, pengalaman ngeblog dan sebagainya. Jadi menang merahnya, ya karena semua itu cerita saya.

Sedangkan blog niche, blog yang berisi atau mengulas satu tema. Misalnya blog otomotif seputar motor. Jadi ada tips merawat motor, tipe-tipe motor, trend motor, dan lainnya. Begitu juga dengan blog seputar kuliner. Jadi ada resep makanan, liputan acara kuliner, dan lainnya.

Jadi teman-teman sesuaikan saja dengan kelebihannya. Misalnya menguasai seputar pareting, bisa buat blog parenting. Tapi kalau lebih nyaman menulis beragam, silakan. Kalau saya memang lebih nyaman menulis beragam. Jadi ide apa saja yang saya dapat, bisa langsung saya tulis.

Semangat Isi Blog

Setelah blog jadi dan menentukan blognya mau gado-gado atau niche, maka langkah selanjutnya semangat diisi blognya. Kalau blog kosong, pengunjung mau baca apa? Kalau pun sudah ada isinya, tapi jarang diupdate, pembaca juga tidak akan mampir lagi. Kan sudah baca semua tulisannya.

Jarang update juga, membuat semangat menulis bisa turun. Blog juga ibaratnya akan berdebu dan penuh sarang laba-laba. Akhirnya malah blog tidak terurus lagi.

Makanya konsisten perlu. Idealnya seminggu sekali diisi. Lalu bisa ditingkatkan seminggu 2 kali. Nanti bisa terus konsisten. Sampai akhirnya sehari satu tulisan. Bahkan ada teman yang sehar bisa 3 tulisan. Luar biasa, ya!

Rajin Promo

Sudah semangat ngeblog, tulisan juga sudah banyak, saatnya harus giat dipromosikan, agar orang tahu tulisan kita, dan akhirnya mampir. Semakin banyak tulisan, semakin banyak ragam, semakin banyak juga yang bisa dipromosikan. Semakin banyak juga pengunjung yang datang.

Jadi jangan bosan melakukan promosi. Dan kalau saya, saya lakukan setiap hari. Saya optimalkan akun media sosial saya. Dari Facebook, termasuk grup-grup yang saya ikuti. Intagram, juga twitter.

Tidak hanya tulisan abru yang gencar dipromosikan, tapi tulisan lama juga wajib. Soalnya siapa tahu, ada teman yang kelewat, pas kita promosi dulu. Atau bisa saja, ada orang yang baru berteman, jadi belum tahu soal postingan kita di blog.

Beli Domain

Nah, setelah postingan ramai, setelah banyak pengunjung, saatnya beli domain nama untuk blog. Tujuannya, selain untuk personal branding, juga membuat orang lebih melihat serius kita mengelola blog. Sstt.. klien juga lebih tertarik pada domain yang punya nama sendiri.

Jadi domain ini seperti alamat rumah kita, ya! Jadi nanti saat beli domain, maka nama blogspot atau wordpres akan hilang. Misalnya saat belum beli domain nama blog saya www.bambangirwantoripto.blogspot.com. Nah setelah beli domain, jadi  www.bambangirwantoripto.com 

Penyedia domain banyak kok. Kalau saya belinya  di rumahweb. Saya bayar setahun itu 134 ribu. Dan ini dia salah satu hal yang memaksa saya untuk terus semangat mengisi blog. Soalnya rugi, sudah beli domain, blog jalan di tempat. Akhirnya harapan menghasilkan uang dari blog jalan di tempat hehehe.

Beli Template Seo

Postingan sudah banyak, pengunjung ramai, nama blog sudah domain sendiri, saatnya semakin memanjakan pengunjung, agar mereka beda berada di blog kita. Ibarat rumah, buatlah rumah senyaman mungkin, agar tamu betah dan senang berkunjung.

Nah, pengunjung blog itu senangnya kalau mampir ke sebuah blog loadingnya cepat. Kemudian bisa diakses darimana saja. Mau di hape, laptop, tablet bisa. Dan semua itu kalau template-nya Seo friendly

Nah, semua itu tidak didapat dari template bawaan yang hanya meyediakan fasilitas standar. Makanya saya pun membeli template yang Seo friendly, agar teman-teman semakin senang dbetah berkunjung ke blog saya.

Saya pun memilih template Mas Sugeng. Dulu saya pas beli harganya 100 ribu. Tapi sekarang sudah naik. Bagusnya, template in  bisa kita digunakan untuk semua blog kita. Misalnya saya punya 10 blog. Cukup beli satu kali, lalu pasang ke 10 blog saya. Hanya syaratnya harus blog sendiri. Jangan join dengan orang lain.

Tingkatkan Akun Media Sosial

Ini ngomongin blog, kok melenceng ke media sosial? Iya, karena blog sekarang berkaitan erat dengan media sosial. Dan mau tidak mau, kita harus meningkatkan akun media sosial kita. Apalagi kalau ternyata belum bikin akun media sosial, harus buru-buru bikin.

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, akun media sosial sangat membantu kita untuk promo tulisan di blog. Tujuannya agar orang tahu tulisan kita, lalu mampir ke blog kita.

Nah, seiring perkembangan sosial, Media Sosial bisa menghasilkan uang. Biasanya ada job satu pake. Jadi promo di akun media sosial, lalu menulis juga di blog. Kalau akun media sosial kita tidak memnuhi syarat, maka sayang blog kita yang ternyata sudah memenuhi syarat. Akhirnya tidak dapat job.

Jadi rajin update juga postingan di akun media sosial. Rajin juga menambah followers secara organik. Jadi jangan tergoda jadi followers hehehe.

Nah, demikian ukasan singkat saya Kalau semua itu sudah dilakukan, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blog semakin terbuka. Bisa dapat tawaran menulis, CP, termasuk bisa mudah pasang iklan. Intinya terus semangat dan nikmati proses, maka bonus dari blog akan menyapa.

Semoga bermanfaat ya. Sekali algi, semua saya susun berdasarkan pengalaman priadi. Jadi kalaua da kekurangan, dimaafkan ya, jangan timpuk pakai bakso satu kontainer hahaha. Salam semangat ngeblog.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baru Mulai Ngeblog? Jangan Buru-Buru Nafsu Menghasilkan Uang, Sabar dan Ikuti Tahapannya"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.