} Lika-liku Saya Masuk ke Dunia Blogger - Cerita Bambang Irwanto

Lika-liku Saya Masuk ke Dunia Blogger

Lika-Liku Saya Masuk Ke Dunia Blogger - Saya ngeblog itu tidak sengaja. Jadi ceritanya begini. Sekitar tahun 2014 Saya sempat ikut kelas novel dewasa. Jadi syaratnya posting tugas per bab itu di blog. Lah... saya langsung bingung, karena tidak punya blog. Maka buru-buru saya buat blog setelah kepoin banyak blog dengan judul.. ‘Cara Mudah Membuat Blog Bagi Pemula’. Bahkan saya sempat beli buku tentang blog hahaha.



Nah, seiring waktu, novelnya tidak pernah selesai. Dan harus saya akui, saya masih harus banyak belajar. Jangan novel dewasa, cerpen dewasa saja belum ada yang lolos. Mentok-mentoknya di majalah Femina hanya lolos di rubrik Gado-Gado hahaha.

Tapi Alhamdulillah blog yang saya buat, bisa jalan terus. Walau isinya juga senin kamis. Senin awal bulan posting, nanti kamis akhir bulan baru posting lagi hahaha. Soalnya saya masih merasa enjoy menulis cerita yang dikirim ke media.

Makanya, blog saya itu paling isinya hanya seputa postingan cerita-cerita anak yang saya tulis yang dimuat di media anak, lalu beberapa juga cerita remaja. Kemudian lama-lama ada juga cerita keseharian. Maklumlah.. dari nyaman di dunia anak, lalu masuk ke dunia blogger, memang perlu penyesuaian. Tapi intinya, tetap semangat hehehe.

Waktu terus berganti, dan jarak semakin memisahkan kita.. eh.. apaan sih hahaha. Semakin lama, media mulai banyak yang tutup. Otomatis kesempatan cerita saya dimuat pun jadi tertutup. Jujur saja nih, pemasukan saya berkurang drastis. Padahal salah satu yang membuat dapur saya terus ngebul adalah homor dari media.

Kelas Kurcaci Pos, walau masih tetap berjalan, namun peminatnya sudah tidak sebanyak dulu. Soalnya kan, salah satu motivasi teman-teman ikut kelas Kurcaci Pos, agar ceritanya dimuat di majalah anak, dan dapat honor. Makanya zaman masih ramai, pernah dalam sebulan, saya sampai dapat 15 juta (bukan sombong ya). Makanya sempat kipas-kipas kayak horang kayah hahaha.

Alhirnya saya mulai berpikir. Saya tidak boleh terus begini. Saya harus berani keluar dari zona nyaman saya selama ini, yaitu menulis cerita anak. Kalau saya terus begini, saya bisa nangis guing-guling di bawah pohon tauge hahaha. Nulis cerita anak tetap jalan, namun saya harus mencoba dunia blogger juga.

Akhirnya saya melirik blog saya lagi yang sudah penuh sarang laba-laba hahaha. Saya benahi kembali, sambil cari juga info-info seputar blog dari internet. Dan saya sangat bersyukur, karena banyak juga teman saya yang penulis cerita anak penulis, juga sebagai blogger. Makanya saya bisa sharing lagi dna banyak bertanya-tanya soal blogger. Apalagi saya dikomporin terus, kalau ngeblog itu menghasilkan. Wow... saya kan juga manusia biasa, dengan kata uang, mata saya langsung hijau dan berbunga-bunga hahaha.

Maka saya pun giat lagi mengisi blog. Berharap ada tawaran menulis. Berharap ada yang pasang conten Placement. Berharap ada pemasukan baru dari blog. Setidaknya acara makan bakso bisa berjalan lancar hahaha.

Tapi... ternyata oh ternyata, saya salah pemirsa. Ini saat saya banyak sharing dan membaca postingan soal penghasilan blog. Jadi hal pertama yang harus dihindari saat ngeblog adalah... jangan mengharapkan penghasilan dulu. Ngbelog lah, karena suka berbagi cerita. Nanti seiring waktu, maka penghasilan dari blog akan datang sendiri.

Saya pun seperti tertampar. Saya pun langsung mulai berbenah diri. Saya rajin saja isi blog dan posting sambil terus mencari rezeki di pintu lain. Atas saran teman juga, saya ganti domain gratis dengan domain berbayar dan atas nama sendiri. Terus untuk memanjakan pengunjung, saya juga beli template responsive. Jadi loadingnya cepat. Soalnya saya dulu norak. Segala pernak-pernik saya masukin. Jam lah, ikan mas koki lah hahaha.

Nah, seiring waktu pintu lain terbuka, saat saya gabung di salah satu grup blog yang sering share job juga. Saat itu ada postingan dari MB Comunication yang mencari buzzer buat film remaja. Eh... entah apa yang merasuki saya, dengan pedenya saya daftar saja. Soalnya saya selalu berpikir, kalau rezeki, tak le mana hehehe.

Tak saya sangka, ternyata saya terpilih. Saya sangat bersyukur, karena pertama kalinya satu grup dengan blogger-blogger keren. Dari situlah saya belajar bagaimana jadi buzzer, bagaimana saat TT, sampai caption yang sesuai. MB Comunication memang sebagai pembuka jalan saya.

Dari sini, saya semakin brsemangat. Posting tulisan di blog, share, rajin cari info job, isi. Soal jarang dipilih, sudah biasa. Kalau sudah rezeki tidak akan ke mana kan.. hahaha.

Kadang saya juga bisa dibilang "tidak tahu diri". Sudah jelas yang dibutuhkan followers 500, saya yang masih 250 daftar saja hahaha. Tapi saya terus menghibur diri. Ya.. namanya juga usaha hahaha.
Termasuk saat ada yang mencari buzzer apartemen. Yang dibutuhkan followersnya jauh di atas followers saya. Tapi lagi-lagi saya kepedean isi saja. Dan sukses tidak dipilih hahaha.
Sehingga suatu malam, tiba-tiba ada email masuk. Ternyata dari orang yang pasang job apartemen tempo hari. Ternyata ada yang tiba-tiba mengundurkan diri, dan saya ditawari untuk menggantikannya hahaha.

Tanpa banyak pikir saya pun menerima. Jujur saja, saya ambil karena sudah diberi kesempatan untuk belajar lagi. Dan saya yakin, semakin menambah wawasan saya.
Begitulah prosesnya. Terus seperti itu. Saya rajin posting tulisan di blog, share, lalu rajin cari info job, dan menunggu hasilnya. Kalau rezeki tak akan ke mana kan...

Alhamdulillah seiring waktu, tawaran conten placement juga mulai menyapa. Senang banget, karena saya sudah berhasil melewati proses. Tawaran menulis di blog juga mulai berdatangan.Saya juga sudah beberapa kali ikut acara blogger.

Saya pun mulai memberanikan diri untuk ikut-ikut lomba, walau hasilnya memang saya harus banyak belajar lagi. Tapi saya yakin, waktunya akan tiba. semua kan ada waktunya.
Dan Alhandulillah hasil lomba blog saya bisa nikmati juga. Bersyukur bisa menang lomba di lomba blog USB Sandisk OTG. Pastinya hasil ini akan membuat saya semakin bersemangat lagi. Dan pastinya saya harus terus banyak belajar.

Terima kasih saya ucapkan pada teman-teman blogger yang banyak membantu saya selama ini. Di antatara ada  Mbak Ika, Mbak Haya, Mbak Tanti, Kang Ali, Mbak Christanty, Mbak Rita, Mbak monica, Mas pewe!n Mas Qbenk, Mas Bahrul, dan semua-semua yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu.

Terima kasih juga teman-teman yang sudah mampir ke blog saya, ya. Dari sinilah juga sumber semangat saya ngeblog. Kalau tulisan saya ada yang baca, lalu merasa bermanfaat, itu kebahagiaan yang luar biasa yang saya rasakan. Jangan bosan-bosan mampir, ya...

Yang pasti, ngeblog dan jadi blogger itu membuat dunia saya lebih berwarna. lingkaran pertemanan semakin luas dan banyak. Dan.. jujur saja, acara ngebakso bisa makin lancar jaya hahaha.

Selamat Hari Blogger Indonesia, teman-teman...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Lika-liku Saya Masuk ke Dunia Blogger"

  1. Berawal dari ketidaksengajaan, sampai meraup beberapa keuntungan di dalamnya ya mas :D

    terus ngeblog ya, Mas :D

    Semangat ulala :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Dan ternyata ngeblog itu menyenangkan.
      Insya Allah saya terus semangat, Kak.

      Delete
  2. Perjalanan yg panjang mas. Dan memang usaha tidak membohongi hasil. Btw selamat ya mas udah menang di lomba blog competition Sandisk...

    Saya harus banyak jg belajar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kang Syahri. Semua pasti ada proses. Dan kalau kita menikmati semua proses itu, maka akan indah pada waktunya.
      Terima kasih, Kang Syahri.

      Delete
  3. Mas Bambang, pertama baca aku salfok Dengan kata novel dewasa, aku pikir novel yang isinya banyak adegan semprit.
    Hahaha, rupanya mas Bambang memang penulis, Pantesan aja menang pas lomba SanDisk itu.
    Aku liat lagi namaku dalam daftar say thanks..
    Oalah. ? Rupanya saya bukan anggota MB Communication, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Novel dewasa itu maksudnya novel untuk usia dewasa, Mbak. Jadi konflik da ceritanya seputar orang dewasa. kayak cerpen di majalah Femina hehehe.
      Kalau soal terima kasih, semua pastinya untuk teman-teman blogger. Hanya kalau ditulis semua, bacanya bisa 7 hari 7 malam, Mbak hahaha.

      Delete
  4. Untuk newbie.. Anda sangat kerenn. Saya aja hampir 10 tahun punya blog tapi level masih TK aja nih 😭😭 Mas Bambang sangat menginspirasi saya dalam hal menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo.. terus semangat, Mbak Rahayu. Jadi nikmati saja prosesnya. Nanti semua akan tiba waktunya dengan indah, Mbak. Soal peningkatan level, semua ada di tangan kita sendiri. Semangaaaat.....

      Delete
  5. Seneng saya baca tulisan Mas Bambang ini. Kayaknya enjoyyyyy banget sm proses ngeblognya. Gak buru² pingin gajian dr blog hehe... Kl saya ngeblog lagi untuk menjaga keseimbangan jiwa dan pikiran. Kerjaan saya yg berkutat sm artikel ilmiah dg pakem yg kaku kadang mboseni jg. Maka kl sy nulis blog dg gaya menulis feature kok rasanya berefek menyenangkan bagi perasaan saya. Alhamdulillah ya dapet senengnya ngeblog

    ReplyDelete
  6. Itu malah keren sekali, Mbak Mia. Dan tulisan-tulisan Mbak Mia juga sangat keren. Banyak hal-hal yang baru saya ketahui setelah membaca tulisan-tulisan Mbak Mia.
    Terus semangat ngeblog, Mbak Mia.

    ReplyDelete
  7. Seru lho tiap ada yang cerita pengalaman awal jadi blogger. dulu saya sendiri punya akun hanya untuk blogwalking aja, jaman dulu msaih cerita2 keseharian gitu kan. seru ngobrol2.
    Trus mulai berani nulis setiap selesai liburan dan pasang foto. setelah itu dapat 2 job yang nggak nyangka bakal dapat dari brand langsung, akhirnya ya keterusan sampai sekarang. kalau ga salah itu tahun 2015-2016. hihi ga nyangka kalau dari tulis2 bisa ada penghasilan.

    Nah sekarang saya malah penasaran sama kelas kurcaci pos, pengen belajar juga siapa tau bisa kipas2 pakai lembaran juga. HHAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini karena Mbak Cindy menjalani dengan enjoy. Jadi tidak terasa, tau-tau ada job menyapa. Makin semangat ngeblog jadinya hehehe.
      Boleh, Mbak. Daftar saja dan kipas-kipas bersama saya hahaha.

      Delete
  8. Beneran belajar nulis novel dewasa Mas? Ngeri banget, hihihi. Novel umum kali ya. Walau tetap ngeblog, nulis yang lain jangan dilupakan Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. iya, Kang Ali.
      Maksudnya novel biasa hanya konflik orang dewasa. Jadi saya duga ya, yang baca Kang hahaha.
      Siap, kakangmasque. Soalnya akar saja tetap di cerita anak, kang hehehe.

      Delete
  9. Luar biasa usahanya untuk ngeblog ya mas. Apalagi saat mengetahui kenyataan penghasilan yang didapatkan dari blog. Meski demikian semangat menulis tidak bisa mundur ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Andi. Dengan adanya penghasilan dari blog, otomatis jadi lebih semangat, Mas. Dan kalau sudah begini, akan terus menulis. Semangat ngeblog, Mas Andi.

      Delete
  10. wkwkwk.. ngekek ujung-ujungnya tentang bakso. Mantap mas Bambang, wajar kemarin walaupun newbie bisa jadi juara ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. soalnya saya kalau ingat bakso, jadi semakin semangat menulis, Mbak Dyah hahaha.
      Iya, Mbak. Kemenangan kemarin pastinya jadi penyemangat saya untuk lomba berikutnya.

      Delete
  11. Wah, baru tahu, saya, kalau Mas Irwin mulai dari jadi penulis fiksi. Luar biasa, lho, apalagi pernah sampai dapat 15 jeti. Wow... dibagi berapa honor, tuh...

    Bagaimanapunawalnya, yang penting sekarang ini, tetap konsisten ngeblog dan rajinnya super, euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Susi. Cerita saya awalnya dimuat malah cerpen remaja hehehe. Lalu setelahnya saya fleksibel saja mengikuti menulis yang saya suka. termasuk ngeblog hehehe.

      Delete
  12. Ohh ternyata awalnya udh menulis ya mas.. makanya klo cerita di blog enak bacanya. Jam terbang sudah tinggi hehe.. semangat mas.. buat saya juga sih ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Kartika. Awalnya saya menulis cerita dulu. baru masuk ke dunia blogger.
      Ayo, terus bersemangat, Mbak Tika.

      Delete
  13. Setuju sama mas bambang,ngeblog itu mesti diawali niat baik.Kalo kita mikirin pulus bisa prustasi.Saya juga mulai serius ngeblog sejak jadi pengangguran,gak ada job anter jemput anak(sendiri) sekolah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Dona. dan itu selalu saya baca di blog-blog blogger keren. Jadi selalu mulai sesuatu karena suka dulu, termasuk ngeblog.

      Delete
  14. Setuju banget, Mas. Ngeblog memang bikin dunia kita jadi lebih berwarna. Sekarang tuh ya, rasanya sayang banget melewatkan momen traveling begitu aja. Pada dasarnya, ide cerita memang bisa datang dari mana aja sih, ya.

    Aku masih jarang dapat job untuk blog. Tapi memang so far, masih suka banget menceritakan pengalaman pribadi bareng anak-anak atau aku sendiri. Bisa jadi kenang-kenangan juga di saat mereka besar nanti.

    Ini sambil menyemangati diri sendiri nih yang dua bulan terakhir absen posting tulisan dengan alasan sibuk dan capek, hahaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Melina. Saya jadinya tidak pernah jenuh, karena bisa pindah ngeblog, bisa pindah menulis cerita anak, bisa ngebuzzer dan lainnya.
      Dan cerita travelling Mbak Melina itu seru-seru, jadi sayang kalau tidak ditulis.
      Ayo, terus semangat, Mbak. nanti rezeki dari blog akan menyapa.

      Delete
  15. Motivasi orang ngeblog sungguh beragam ya pak hehe. Kalau saya dulu mulai dari platform MP yang udah mati. Gak cuma dapat kerjaan tapi dapat pertemanan. Sekarang malah saya jenuh cari uang dari blog saya lbh suka nulis buat web org hehe. Trus, saya malah pengen nulis cerita anak tapi gak kelar haha. Ilmunya Pak Bambang masih saya simpen nih pak. Minimal bikin untuk anak2 saya sendiri :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. saya malah tidak tau sial platform MP itu, Mbak April. Ini saja dulu buat blogspot tertatih-tatih hahaha.
      Tapi soal jenuh di blog sendiri hal wajar sih, Mbak. Dan sudah keren, Mbak Aprim mencari variasi dengan menulis di blog orang. kan sama-sama menghasilkan juga.
      Ayo, semangat lagi menulis cerita anak, Mbak April.

      Delete
  16. Mantap euy sampai 15 juta dari Kurcaci Pos. Saya ngblog udah lama mas, tapi vakumnya juga gak kalah lama. Sekarang ceritanya comeback. Dak serius mengelolanya termasuk soamed karena rezekinya dari situ juga Alhamdulillah.

    Tetap semangat ngeblog mas Bambang, suatu saat kita akan besar dengan tulisan tulisan kita....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang Mas Erfano, usahakan jangan vakum terlalu lama, karena akan ada proses untuk mulai lagi. Dan sekarang Mas Erfano sudah keren. jadi tinggal terus semangat dan konsisten.

      Delete
  17. Wuiiih, pertama sekali daku wajib sungkem sama senior yang mastah ini. Daku pun nyebur nge-blog masih baru dan lama pulak loading gegara daku emak2 tahun tinggi. Tapi baca blog mas Bambang, kok aq seneng dan pengen ngarep bisa nembus someday bout 15jeti nya ya.

    Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, salim tangan, Mbak Shisca hahaha.
      Bisa, Mbak. Pokoknya cita-cita boleh tinggi, biar nanti semesta mendukung. Asalkan kita terus semangat dan konsisten.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.