} Akhirnya Rumah Kurcaci Pos Hadir di Youtube - Bambang Irwanto Ripto

Akhirnya Rumah Kurcaci Pos Hadir di Youtube

Alhamdulillah akhir tahun ini, tepatnya 22 Desember 2020, akhirnya Rumah Kurcaci Pos hadir di youtube. Horeeee... Channel youtube RKP ini, melengkapi blog, kelas menulis, dah juga akun media sosial lainnya yang sudah ada  harapannya semoga terus bisa terus berbagi cerita dan cerita seputar dunia anak. Aamin. 

akhirnya channe rumah kurcaci pos hadir di youtube
Horee... Rumah Kurcaci Pos Hadir di Youtube

Nah, ada beberapa alasan nih, yang membuat saya memutuskan membuat channel Rumah Kurcaci Pos ini. Dan itu tiba-tiba saja kepikiran di pertangahan bulan Desember 2020. Nah apa saja alasan itu? 


Konsep Rumah Kurcaci Pos 

Awalnya, saat saya mulai iseng lagi memposting video di channel youtube saya Bambang Irwanto Soeripto. Lalu saya share ke teman dekat. Lalu ada yang bilang, Mbang, kamu harus cari sesuatu yang niche. Jadi fokus saja pada sesuatu. 

Terus, saat saya share di salah satu kelas menulis Kurcaci Pos yang sedang berlangsung, ada yang bilang juga, Mas Bams tidak ada channel khusus dunia menulis? Seperti blog Rumah Kurcaci itu.

Lalu saya berpikir, betul juga ya. Di channel Bambang Irwanto Soeripto ini memang gado-gado. Tips menulis, Jalan-jalan, icip-icip makanan, review. Dan itu pun masih asal-asalan videonya. Bahkan sudah lama sekali, saya abru upload video lagi.

Kemudian saya berpikir lagi, channel yang seperti itu kan, sudah banyak dan biasa. Terus video saya selama ini, rata-rata ditonton sedikit hahaha. Ya iya lah.. Siapa juga saya hahaha. Artis bukan, seleb bukan, walau sering ngaku-ngaku penulis tampan, lucu, imut, mengemaskan, dan terus bersemangat menulis sepanjang masa hahaha. 

Tidak ada yang unik dan beda, apalagi spesial dari channel saya itu. Kalau saya seleb, beli cilok di pinggir jalan, pasti akan ada yang mau nonton. Saya jalan-jalan, pasti banyak yang kepo. Apalagi pas punya gebetan baru. Eh.. hahaha. 

Akhirnya nih, saya tiba-tiba berpikir (kok berpikir mulu ya hahaha), kenapa tidak buat channel Rumah Kurcaci Pos saja ya? Soalnya konsepnya sudah matang seputar dunia  cerita anak, dan itu sudahniche. Apalagi sebelumnya kan Rumah Kurcaci ada kelas menulis dan blog juga.

Akhirnya, dari konsep yang sudah matang inilah, saya mulai syuting.. (Cieee syuting hahaha) video konten Kurcaci Pos. Awalnya saya buat 3 video, perkenalan, baca dongeng dan tips menulis. Lalu lanjut video lainnya. Sampai sekarang sudah ada 13 video, dan Insya Allah akan terus saya upload video-video lainnya.


Semua Sudah Ada

Alhamdulillah saya juga dipermudah saat membangun channel Rumah Kurcaci Pos ini. Sstt soalnya, semuanya sudah ada. Jadi saya tidak perlu pusing tujuh keliling seperti kuda makan beling hahaha. Sayang juga kan, kalau saya tidak memanfaatkan fasilitas yang ada.


Materi 

Soal materi untuk keperluan syuting, Alhamdulillah saya pun dipermudah. Untuk tips emnulis, saya tinggal comot saja di postingan blog. Untuk cerita, saya bisa pakai  cerita-cerita saya. Mulai dari cerpen realis, dongeng, sampai fabel. 

Dan karena ini memang semua milik saya, maka sangat orisinil. Gaya juga sesuai dengan gaya saya. Selain itu, Saya pun tidak perlu khawatir soal plagiat atau contek mencontek.


Logo

Untuk logo Rumah Kurcaci Pos itu sebenarnya sudah lama ada. Jadi logo ini dibuatkan oleh teman ilustrator, yaitu Lily Zhai. Dengan adanya logo ini, saya pun bisa memasang pada setiap video yang saya upload. Jadi semakin menguatkan image Rumah Kurcaci Pos ini. terima kasih Lily...

logo rumah kurcaci pos
Kurcaci Pos


Kostum

Untuk kostum, saya sangat tertolong juga. Saya tidak perlu bingung memikirkan besok syuting pakai baju apa? Besok pakai baju apa lagi? Minggu depan pakai baju apa lagi? Soalnya saya sudah punya 2 lusin lebih kaos Kurcaci Pos hahaha. 



Ssstt.. Jadi ceritanya, saya itu 2 thun lalu rencananya pengin jualan kaos Kurcaci Pos. Maka saya order lah sekitar 4 lusin dengan biaya sekitar 3,7 juta sekian. Harapannya sih, dari hasil penjuala kaos ini, setidaknya bisa buat bayar domain Blog Rumah Kurcaci Pos setiap tahunnya.

Eh ternyata tidak terlalu laris. Hanya beberapa saja teman yang beli. Padahal bahannya halus dan lembut. Sablonnya bagus. Saya pesan di percetaka teman yang dulunya bekerja di majalah Bobo sebagai desain grafis kalau tidka salah.

Tapi.. sayangnya sepi peminat, Bahkan belum balik modal. Tapi kalau ada yang mau, masih ada kok hahaha promo.


Perangkat 

Untuk perangkat syuting dan editing, saya pun sebenarnya sudah siap. Selain pakai kamera hape yang bisa diandalkan, saya juga punya kamera Sony Alpha 5100. Nah, kamera ini saya beli 2 tahun lalu dan jarang saya pakai. Soalnya dulu saya pikirnya pakai hape lebih praktis. 

Dengan hadirnya channel Rumah Kurcaci ini, kamera Sony saya jadi kepakai. Padahal sempat mau saya jual saja, daripada kebanyakan nongkrong di lemari. Malah sempat dibecandain teman, jual saja dengan ahrga 100 ribu hahaha.

Lalu soal editing video, saya sudah lama juga instal filmora 9. Makanya saya pun dipermudah. Tapi tetap ya, namanya baru belajar, jadi editingnya masih seadanya. Tapi saya janji akan terus belajar hehehe.


Lokasi Syuting

Sejak awal syuting, saya itu memang sudah kepikiran lokasinya bagusnya outdoor saja. Selain rumah saya tidak banyak spot bagus, pencahayaan alami dari matahari itu sangat bagus. Nanti gambarnya juga terang.

setting syuting rumah kurcaci pos
Syuting derngan Latar Sawah dan Gunung

Nah, saya itu sangat diuntungkan, karena sekitar rumah saya itu banyak lokasi bagus. Banyak wisata dekat rumah saya, termasuk panorama alam pedesaan, seperti sawah dan gunung. Inilah yang membuat lokasi video saya selalu berganti-ganti.

Dalam sekali syuting, saya biasanya buat 2 konten, yaitu tips menulis cerita anak dan berbagi cerita. Kalau saya syutingnya di tempat wisata, saya biasanya sekalian syuting untuk channel Bambang Irwanto Soeripto juga. Ya.. seperti kata pepatah.. sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui. Sekali jalan, 2-3 stok konten didapat hahaha.


Berbagi Cerita & Ceria

Sejak awal Rumah Kurcaci Pos hadir, itu tagline-nya memang Berbagi Cerita dan Ceria. Inilah yang akan saya usung dalam channel Rumah Kurcaci Pos. Kalau biasanya lewat tulisan, maka sekarang lewat video.



Dan memang sih, saya harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Pastinya ada orang yang lebih suka membaca tapi ada juga yang suka menonton. Apalagi saya ini ibarat penjual. Saya harus menyesuaikan dengan selera pembeli.

Jadi.. bagi teman-teman semua, monggo mampir ke channel youtube Rumah Kurcaci Pos, ya. Yang suka dengan konten-kontennya, jangan lupa subcribe, like, share, komen, dan nyalakan loncengnya, akrena semua gratis. Biar saya terus semangat berbagi cerita dan ceria hehehe. Harapannya, semoga kehadiran Rumah Kurcaci Pos di youtube bisa membawa manfaat dan terus menggairahkan dunia menulis cerita anak. Aamin...


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Akhirnya Rumah Kurcaci Pos Hadir di Youtube"

  1. Mas Bambang, logonya mengingatkan aku akan kurcacinya bobo yang sahabatnya Nirmala. Iko apa kiko ya.. lupa saya.

    Konsepnya udah keren mas. Ini bisa jadi bahan untuk anak saya belajar nulis nantinya. Terimakasih banyak mas. Bahasanya juga mudah dicerna anak loh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu si Oki, Mbak. Ada lagi temannya Oki itu Felip hehehe.
      Iya, Mbak, karena konsepnya sudah ada, maka saya lanjut saya buat channel youtube, semoga membawa manfaat seputar dunia menulis cerita anak.

      Delete
    2. Iya sama nih.. oki nirmala ini tokok favorite aku kalo baca bobo.. bisa baca sampe ulang2 ga bosan... :) dari yang bentuknya 2d smpe sekarang yak 3d hehe

      Delete
  2. Selamat atas kanal baru di Youtube ya mas. Semoga semakin menginspirasi seputar menulis cerita anak.
    Jadi ingat, kanal Youtube saya yg jarang diupdate nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mas Daniel. Yuk, mampir, Mas.
      Aamin.. semoga bisa bermanfaaat bagi teman-teman lainnya, Mas.

      Delete
  3. Keren youtube Rumah Kurcaci Pos, emang original banget. Tinggal banyakin konten, semoga subscribernya puluhan ribu deh...Ga coba sesekali ada konten dongeng bareng anak² gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kebetulan saya lagi coba, Mbak Hani. Jadi anak-anak yang bercerita. Saya lagi rayu krucil dan keponakan saya buat syuting. Tapi namanya anak-anak, kadang mood-moodan hahaha.
      Kalau mendongeng depat anak-anak langsung, mungkin saat ini belum, Mbak. karena masih amsa pandemi.

      Delete
  4. Selamat Rumah Kurcaci Pos... sudah punya kanal Youtube sendiri yaa... semoga makin banyak like, comment, dan subscriber nya yaa... menulis cerita anak bisa dari pesan moralnya ya Mas Bams... terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Mia. Semiga kehadiran Rumah Kurcaci Pos bisa mebawa manfaat, khususnya di dunia menulis cerita anak.

      Delete
  5. selamat buat akun youtube nya mas bambang
    sy akan sering main ah, mau brlajar cara nulis cerita anak sama mas bambang, tak lupa nontonnya sama anak saya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak Dee.
      Asyik.. kalau banyak yang mampir, membuat saya semakin bersemangat, Mbak hehehe.

      Delete
  6. Wah lucu banget itu logonya...mana warnanya kuning..eye catching..mantap semoga kanal youtubenya semakin eksis dan bisa bermanfaat untuk banyak kalangan dengan info-infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin.. Mbak.
      Dan memang karena logonya sudah ada, maka saya tidak perlu lagi buat logo, Mbak hehehe.

      Delete
  7. Wahhh selamat atas kanal barunya Mas Bambang. Semoga sukses, barokah, dan lancar selalu. Tahun ini saya juga ingin mulai aktif berkreasi di bidang video juga khususnya YT dan Tiktok. Semoga saja bisa memulai dengan baik dan segera juga seperti mas Bambang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak Kiky. Aamin.
      Ayo, terus semangat, Mbak. Saya pun juga modal nekat. karena kalau saya menunggu bagus dulu buat videonya, maka belum akan mulai. Jadi sambil jalan sambil belajar hehehe.

      Delete
  8. Auto subscribe, hehehe. Ini pada saat merekam gambar sendirian atau ada yang bantu? Btw, saya jadi tahu editing film gratis Filmora. Rasanya sudah cukup banget deh itu buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik.. maturnuwun, Mas Artha.
      Ini syutingnya sendiri, Mas. Tapi dengan bantuan tripod hahaha.
      Iya, Mas Filmora 9 saat ini cukup bagi saya hehehe.

      Delete
  9. Ladies and gentlement.. Please welcome our amazing Kurcaci Pos Host, Pak Bambaaaaaang.. ^^
    Makin melebarkan sayapnya nih pak. Selamat berkarya sobat bakso..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. semakin melebar sayap agar fans saya semakin banyak Mbak Jasmi hahaha.

      Delete
  10. uwaaaaah keren sekaliiiii
    semoga makin banyak yang nonton
    jangan lupa, terapkan teknik SEO juga
    teknik yang umum2 aja kayak di blog
    supaya perkembangannya makin luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Rhos. Ini saya sambil jalan sambil belajar juga. Termasuk soal SEO itu. Padahal dulu saya kira, hanya diterapkan di blog saja, ternyata di youtube juga hehehe.

      Delete
  11. Wah keren banget Mas, nanti saya mampur untuk nonton, like dan subscribe channel YouTube Kurcaci Pos bareng anak saya Azzam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo.. mampir, Mbak Nisa. Mbak Emmy saja sudah mampir dan subscribe hahaha.
      Salam buat Azzam, Mbak.

      Delete
  12. Selamat datang di youtube, semoga bisa menjadi inspirasi untuk anak2 indonesia.

    keren wes konsepnya

    ReplyDelete
  13. Wow, tahun baru penuh semangat dengan nambah aset digital ya, Pak Bamz. Tinggal main2 nih ke yutubnya dengan keceriaan khasnya, hihi. Semoga banyak membantu dan banyak dicari terutama mereka yg sedang mempelajari cerita anak sbg referensi, semangat dan sukses selalu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, Mbak Marfa. harapan saya memang begitu. Walau videonya masih sederhana, semoga bisa berbagi tips menulis dan cerita anak. jadi teman-teman juga semakin bersemangat menulis cerita anak.

      Delete
  14. semangat pak bams
    semoga RUmah Kurcaci nya rame setiap hari
    bermnafaat dan jadi sarana belajar teman-teman yang lain.

    btw, aku naksir kaos nya loh. warna kuningnya seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, Mbak. Semoga terus bisa berbagi cerita dan cerita.
      Kalau minat, japri ya, Mbak. Masih ada stok kok hehehe.

      Delete
  15. Wah, selamat Pak Bambang atas channel barunya. Lucu banget sih logonya, ini sih pasti bakal melejit. Nichenya udah pas, namanya juga unik. Jadi kepikiran pengen punya channel berniche juga, tapi nggak ngerti mau sharing apa, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin.. Mbak Marita. Semoga terus bermanfaat ya, Mbak.
      Ayo, Mbak. Pastinya banyak cerita yang bisa Mbak Marita bagikan lewat youtube.

      Delete
  16. Kaosnya ada ukuran anak tidak ya Pak? Kok kepikiran bagus banget misal kembaran kakak adek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, Mbak Hanifah. Dari ukuran XS,S,M,L, sampai XL

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.