} Potensi Kelapa Sawit untuk Produk Lokal Indonesia - Bambang Irwanto Ripto

Potensi Kelapa Sawit untuk Produk Lokal Indonesia

Kekayaaan alam Indonesia sangat beragam. Terbentang dari Sabang sampai Merauke. Komoditas lokal Inilah yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan bijak. Termasuk potensi kelapa sawit untuk produk lokal Indonesia.

potensi kelapa sawit untuk produk lokal indonesia
Kelapa Sawit Mrupakan Komoditas Lokal yang Sangat Potensial

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah zambrud khatulistiwa dunia. Indoensia punya hutan, gambut, hewan, dan berbagai tanaman di seluruh nusantara. Termasuk kelapa sawit. Tercatat daerah penghasil kelapa sawit terbesar ada di sini. Daerah penghasil sawit terbesara di indonesia mulai dari provinsi Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimatan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jambi. Walau beberapa propinsi memang tidak terjamah oleh tanaman kelapa sawit.


Kandungan dan Manfaat Kelapa Sawit

Dulu itu, saya kira kelapa sawit sama dengan kelapa biasa yang sering melambai-lambai di tepi pantai hehehe. Buah kelapanya, airnya bisa diminum, terus bisa dijadikan santan atau minyak. Terus daunnya bisa dijadikan atap rumah, termasuk bisa dibuat sapu lidi.

berbagai produk dari kelapa sawit
Berbagai Produk Lokal Bisa Dihasilkan dari Kelapa Sawit

Maklum saja, selama hidup, saya itu belum pernah melihat langsung wujud atau bentuk asli kelapa sawit. Makanya, awalnya saya kira, kelapa sawit itu hanya dikelolah untuk minyak goreng saja. Karena warna kuning dari minyak goreng itu dihasilkan secara alami oleh Beta Karoten yang terkandung dalam kelapa sawit. 

Ternyata, kelapa sawit salah satu komoditas andalan Indonesia yang bisa dijadikan bahan membuat kosmetik juga. Untuk perawatan tubuh juga bisa. Seperti sabun, odol, dan minyak rambut. Dan pas saya cek produk perawatan tubuh yang saya paka, benar.. sabun saya itu ada bahan kelapa sawitnya. Eh.. malah kelapa sawit juga untuk kebutuhan lainnya. Seperti bahan pelumas, lilin dan Oli. 

kandungan pada kelapa sawit
Beragam Kandungan Dalam Kelapa Sawit

Wow.. kelapa sawit ini sangat berperan juga dalam kehidupan sehari-hari, ya. Apalagi kelapa Sawit mengandung  lemak tak jenuh, vitamin E, Vitamin A, Beta Karoten, dan antioksidan yang pastinya baik untuk tubuh, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit otak, mencegah stroke, menyehatkan kulit, dan lainnya.


Kelapa Sawit Mendorong  Tumbuhnya Produk Lokal Indonesia

Dengan banyaknya manfaat kelapa sawit, maka secara tidak langsung, bisa mendorong tumbuhnya produk-produk lokal. Mulai dari produk kecantikan berupa kosmetik, perawatan tubuh sehari-hari, sampai dengan produk penunjang kehidupan sehari-hari. Akhirnya kelapa sawit dari komidotas lokal, terus belanjut jadi komoditas bekelanjutan.

besarnya pengaruh kelapa sawit saat jadi produk lokal
Besarnya Pengaruh Kelapa Sawit Saat diolah Menjadi Produk Lokal

Apalagi kan, kelapa sawit itu sangat alami. Jadi sangat aman bagi konsumen, juga lingkungan. Bumi semakin tua dan seharusnya tugas kita untuk menjaga. Dengan produk yang alami, maka ikut menjaga lingkungan. Pastinya tidak hanya kesehatan yang terjaga juga. ibaratnya iklan, cantik  itu, bagusnya berasal dari bahan alami hehehe.

Tak perlu lagi memakai produk yang mengandung zat berbahaya. Seperti hidrokuion, paraben, phthalates, sampai merkuri yang memang sudah dilarang pemakaiannya.

Selain aman, pastinya produk lokal ini akan lebih disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia.. Misalnya produk kecantikan, bisa disesuaikan jenis kulit wanita Indonesia. Atau bisa disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia.  Harganya juga lebih terjangkau. Pastinya akan jadi produk ramah lingkungan dan ramah sosial. Produknya pas di hati, dan kantong hehehe.


Produk Lokal Mensejahterakan Masyarakat

Dengan banyaknya hadir produk lokal, secara tidak langsung akan bertumbuh pada ekonomi. Baik bagi petani kelapa sawit juga tenaga kerja produk lokal. Apalagi sejak tahun 2020, Indonesia mendapatkan 190 juta anak bangsa yang produktif, kreatif, inovatif, dan imajinatif.

banyak keuntungan mengolah kelapa sawit
Kerennya Mengolah Kelapa Sawit Sendiri

Apalagi kenyataannya, alam Indonesia ini belum dikelola dengan lestari. Alam Indonesia banyak yang rusak karena dikelola dengan tak bijak. Belum juga datang tak terduga. Alam Indonesia banyak dijual mentah. Akhirnya investasi tak merata.

Dengan mengolah sendiri kelapa sawit, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Dan paling utama adalah memperdayakan sumber alam sendiri dan sumber daya manusia sendiri. kita tidak perlu mengekspor biji kelapa sawit lagi secara mentah. Karena harganya lebih murah. Dengan mengolah atau lebih diolah, maka nilai jual hasil kelapa sawit.


Selain itu, bisa mensejahterakan masyaarat sekitar. Para pemuda tak perlu lagi ke kota besar untuk mencari pekerjaan. Dengan mengolah kelapa sawit menjadi sebuah produk yang ebrnilai jual ekonomis.  Akhirnya lingkungan terjaga, masyarat sejahtera.

Sudah jelas ya, teman-teman. Betapa besarnya potensi kelapa sawit untuk produk lokal Indonesia. Dan pastinya bukan hanya kelapa sawit saja, sangat banyak potensi alam Indoensia lainnya yang harus dikelolah dengan lestari. Akhirnya lingkungan terjaga, masyarat pun ikut sejahtera.


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

41 Responses to "Potensi Kelapa Sawit untuk Produk Lokal Indonesia"

  1. Eh kupikir kelapa sawit juga cuma bisa diolah jadi minyak, ternyata bisa dibuat kosmetik juga ya? Berarti manfaatnya banyak ya. Dan pastinya bisa meningkatkan ekonomi dalam negeri ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. ternyata kelapa sawit itu banyak sekali bisa diolah menjadi aneka produk. Makanya dengan potensi ini, kelapa sawit harus dimanfaatkan sebaik-baik.

      Delete
  2. jadi, kelapa sawit dan kelapa apa masih sodara, Mas? Coba kita cek silsilah kekerabatan mereka :D Kalau dari segi manfaatnya sih sama-sama banyak, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda buah dan model pohon, Mbak Eno. Kalau kelapa sawit ini buahnya kecil-kecil. kayak anggur begitu. Tapi kandungan minyaknya banyak.

      Delete
  3. Harusnya begini ya Mas, produk lokal sebisa mungkin dimanfaatkan untuk mndongkrak ekonomi setempat. Mengurangi urbanisasi, membuka lapangan kerja, jadi banyak yang menerima manfaat positifnya. Belum lagi potensi daerah lain yang buanyak banget, harus didukung juga oleh pemda setempat. Bravo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Rudi. Soalnya kalau diekspor mentah, maka harganya juga murah. Kalau diolah sendiri di dalam negeri, malah jadi tinggi nilai produknya. Bahkan banyak manfaat lain yang diciptakan.

      Delete
  4. Kalau hasil dari kelapa sawit sangat menguntungkan bagi negara, seharusnya petani kelapa sawit juga makmur dong ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya, Mbak. Asalkan kelapa sawit diolah sebaik-baiknya demi kemakmuran masyarakat Indonesia.

      Delete
  5. Setuju mas, daripada lahan kelapa sawit kita dijual mentah, lebih baik diolah menjadi produk lokal yang dimana bisa bermanfaat bagi kita karena harganya terjangkau, membuka lahan pekerjaan bagi anak-anak muda, dan memperbaiki ekonomi indonesia sehingga negara kita bisa lebih baik lagi kedepannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Efeknya akan sangat banyak kalau kelapa sawit diolah sendiri. Pembangunan merata juga. Generasi muda tidak perlu jauh merarantau ke Jakarta. Mereka fokus membangun dan mengembangkan potensi daerah masing-masing.

      Delete
  6. aku gak masalah sih dengan potensi kelapa sawit
    yang kita permasalahkan itu pembakaran hutan dan penebangan hutan besar2an yang tiba2 muncul kelapa sawit
    dari heterogen yang sangat kaya manfaat, diubah menjadi homogen yang sangat kaya pemiliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Makanya harus dipertegas. Kelolah lingkungan dengan bijak dan lestari, agar alam terus bisa memberi manfaat terus bagi kehidupan ini.

      Delete
  7. Ternyata dari Sawit bisa menghasilkan beranekaragam produk, ya. Saya baru tahu bisa dibuat minyak goreng aja, hehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Potensi kelapa sawit sangat banyak. Mulai dari kosmetik, perawatan tubuh, pelumas, sampai tinta juga, Mbak. Makanya potensi kelapa sawit harus terus dijaga dan dikembangkan dengan bijak.

      Delete
  8. Dengan pengolahan yang baik serta cara penanamannya, potensi kelapa sawit ini besar untuk perekonomian dan membuka lapangan kerja juga. Makanya sih kalau segala sesuatu dilakukan dengan bijak tentunya nggak ada masalah ya Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Fenni. Alam Indonesia sangat kaya. Jadi harus dimanfaatkan dengan bijak.agar terus bisa memberikan manfaat bagi masyarat Indonesia.

      Delete
  9. jika dimanfaatkan dengan baik dan benar, kelapa sawit Indonesia bisa dimanfaatkan dengan optimal banyak menghasilkan produk yang setiap hari kita gunakan. Pantesan kebunnya makin luas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Don. Ternyata produk sehari-hari itu banyak dari kelapa sawit. Makanya harus terus dikembangkan potensinya. Tapi tetap, lingkungan harus terus lestari.

      Delete
  10. Aku kepingin investasi kebun kelapa sawit nih pak. Liat kata sejahtera otakku langsung mikir duwit. Nabung ah meski gak tahu kalan realisasi nya. Hehe..Yg penting mimpi dulu punya kebun sawit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Santi. Pokoknya niatan dulu, Mbak. Nanti semesta akan mendukung. Nanti Mbak Santi ikut mengembangkan potensi kelapa sawit juga dan alam tetap lestari.

      Delete
  11. Produk turunan kelapa sawit ini banyak banget ya ternyata. Banyak petani dan pedagang akhirnya juga tersejahterakan dari produk ini. Apalagi kita menjadi salah satu produsen CPO terbesar di dunia loh. Keren banget ini bisa memajukan perekonomian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Didik. Makanya bagus diolah jadi produk lokal. lalu produk itu diekspor juga. Dan efeknya memang akan mensejahterakan masyarakat Indonesia.

      Delete
  12. Waaah ternyata kelapa sawit banyak manfaatnya ya. Selain minyak goreng juga sebagai bahan kosmetik. Multi fungsi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Coba Mbak Nunung cek kosmetiknya. Mungkin salah satu bahannya minyak kelapa sawit.

      Delete
  13. Iya di Riau banyak kelapa Sawit dan nanya pula produk yang dihasilkan kalau diliat2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya Riau merupakan provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, Mbak.

      Delete
  14. setuju banget dengan produk lokal mensejahterakan Indonesia karena dengan begitu kan meningkatkan produksi dalam negeri untuk kebutuhan negeri sendiri ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak. Kalau produk lokal banyak, tidak perlu impor lagi dari berbagai negera. Terus harganya pun jadi lebih ramah di kantong.

      Delete
  15. Menarik banget ini dunia sawit. Kebetulan per-bulan depan saya mulai kerja di logistik yang berhubungan dengan produk sawit nih jadi sempat lihat beberapa manfaat sawit. Dan ternyata memang luar biasa ya manfaat sawit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. selamat dengan pekerjaan barunya, Mas Artha. Nanti Mase akan lebih paham lagi soal kelapa sawit ini Malah siapa tau bisa bikin produk lokal juga.

      Delete
  16. Kelapa sawit memang potensi pertanian indonesia ya mas Bam. Manfaat dan kegunaannya ternyata buanyak banget ya kelapa sawit ini.. Semoga semakin banyak hasil produksi inovatif pemanfaatan tanaman kelapa sawit ini ya mas Bam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamin, Mbak Dian. semakin banyak dan beragam hadirnya produk lokal, maka tidak perlu lagi menggunakan produk impor ya, Mbak. Akhirnya produksi terus lancar. Efeknya mensejahterakan masyarat.

      Delete
  17. Bicara sawit, sebagian orang akan sensitif
    Apalagi dikaitkan dengan politik
    Tapi apapun iti semoga SDA satu ini tidak punah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti ada solusinya, Mbak. Dan inilah PR kita semua. Bagaimana kelapa sawit tetap jadi komiditas unggulan, tapi alam tetap lestari.

      Delete
  18. Jadi ingat pak de ku pernah mau investasi di kelapa sawit. Karena potensinya memang besar sekali. Eh tapi sekarnag beliau lagi invest dengan petani garam sih ahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tadinya malah tidak ngeh ada investasi kelapa sawit, Mbak. Saya taunya investasi reksadana hahaha. Tapi petani garam tetap bagus, Mbak. Asal tetap bijak terhadap lingkungan.

      Delete
  19. Setauku produk dari kelapa sawit itu mintak gorrng dan minyak rambut. Gak tau lainnya.

    Tapi kalo minyk goreng yang mengandung kelapa sawit itu cepet panas deh keknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Nia. dan itulah bagusnya, biar proses penggorengan juga cepat. selain itu juga mengandung vitamin dan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.

      Delete
  20. Komoditas kelapa sawit memang potensial namun seperti simalakama. Berlebihan bisa menjadikan bencana, bisa dilihat apa yang terjadi di kalsel kemarin. Semoga tetap seimbang semuanya dalam batas wajar. Tapi, thx for sharing, keep on blogging^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Kak. Makanya harus diolah secara bijak. Bagaimana agar kelapa sawit terus bisa mensejahterakan masayarat Indonesia, tapi tetap lingkungan tetap lestari dan terjaga.

      Delete
  21. Kalau diekspor sawitnya dibeli murah. Di luar negeri diolah jadi produk, di impor ke Indonesia barangnya jadi mahal. Jadi emang udah benar konsepnya diolah di negeri sendiri aja. Banyak produk yang berbahan minyak sawit, makanan, produk kecantikan juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.