} Tips Merawat Mobil Pick Up Suzuki agar Kondisinya Tetap Prima - Bambang Irwanto Ripto

Tips Merawat Mobil Pick Up Suzuki agar Kondisinya Tetap Prima

Bagi pemilik usaha skala kecil menengah, pick up adalah mobil yang bisa jadi solusi untuk alat transportasi pengangkut yang memadai. Anda bisa membeli mobil pick up Suzuki New Carry di dealer resmi Suzuki Sumber Baru Aneka Motor

cara merawat mobil pick up suzuki
Cara Merawat Mobil Pick Up Suziki agar kondisinya Tetap Prima

Bukan hanya menyediakan angkutan saja yang harus diperhatikan, tetapi juga bagaimana teman-teman merawatnya. Mobil pick up digunakan sehari-hari untuk mengangkut barang, oleh karena itu perawatan sangat penting untuk menjaga kondisinya prima. 

Perawatan yang tepat juga akan membuat mobil bisa bertahan lebih lama. Ikuti tips perawatan berikut ini yang perlu dilakukan pada mobil pick up teman-teman. 



5 Tips Perawatan Pick Up Suzuki yang Harus Diperhatikan 

Kerusakan yang paling sering terjadi pada mobil pick up adalah pada bagian kaki kaki yang berfungsi untuk membuat jalannya kendaraan lebih stabil. Kerusakan ini bisa disebabkan karena masa pakai atau pengemudi yang sering menerabas jalanan rusak. 



Tentu saja jika bagian ini rusak, biaya yang dikeluarkan untuk memperbaikinya sangat besar. Bagian ini baru salah satu contoh dari sekian komponen mobil pick up yang juga harus terus dirawat. 

Lebih baik merawat dibandingkan mengeluarkan banyak uang untuk penggantian komponen yang penting. Cara merawat mobil pick up yang rutin digunakan adalah sebagai berikut. 


1. Rutin Mengecek Tekanan Angin Ban

Setiap sebelum menggunakan pick up, sebaiknya cek ulang kondisi angin pada ban. Jika tekanannya kurang bisa mempercepat kerusakan pada permukaan ban. Hal ini disebabkan gesekan terus menerus dari aspal atau jalan. 

Tekanan angin ban harus dalam kondisi yang standar, karena ban yang terlalu keras akan membuat fungsi peredaman dan pengereman justru menurun. Sebaliknya, ban yang kurang angin akan membuat beban mesin berat dan boros bahan bakar. 


2. Rutin Melakukan Spooring dan Balancing

Sama seperti perawatan ban mobil pada umumnya, Anda sebagai pemilik pick up juga harus rutin melakukan spooring atau meluruskan dudukan roda mobil. Balancing sendiri berfungsi untuk menjaga keseimbangan titik atas, bawah, kanan, dan kiri roda. 

Tanpa melakukan servis rutin ini maka kenyamanan penggunaan pick up akan berkurang. Apalagi mengingat pick up memiliki fungsi utama untuk membawa beban berat, maka kestabilannya sangat dibutuhkan. 


3. Mengecek Sistem Kopling dan Pengereman

Kendaraan yang digunakan untuk mengangkut beban berat sehari-hari membuat komponen pengereman dan kopling cepat aus. Maka Anda harus melakukan pengecekan lebih rutin, tujuannya untuk keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya. 

Sistem pengereman harus diuji coba setidaknya setiap satu minggu atau dua minggu sekali. Anda akan tahu apakah kampas kopling perlu diganti atau tidak. Sistem kopling juga harus dicek apakah berjalan dengan baik, supaya jika terjadi kerusakan bisa segera diperbaiki. 


4. Perhatikan Kapasitas Muatan dari Pick Up

Sebelum teman-teman membeli mobil pick up pasti sudah memperhatikan berapa kapasitas muatannya. Ketika pick up digunakan pastikan bahwa muatan yang diberikan tidak melebihi standar dari pabrik. 

Jangan memaksakan untuk memuat lebih banyak barang karena bisa mempengaruhi kondisi mesin. Mesin akan bekerja terlalu berat karena beban yang berlebihan. Perhatikan juga bagaimana Anda menempatkan barang, jangan sampai terlalu tinggi yang juag membahayakan keselamatan. 


5. Jangan Mencuci Mobil dengan Air Sungai

Seringkali ketika pick up dirasa tampilannya sudah kotor Anda memanfaatkan air sungai untuk mencuci mobil. Kebiasaan yang dianggap baik ini justru akan merusak komponen mobil khususnya cat atau coating. 

Air sungai termasuk air tanah dengan tingkat keasaman cukup tinggi yang dapat merusak logam dengan mempercepat korosi. Tentu saja mobil yang terbuat dari logam akan terkena dampak tersebut. Pastikan Anda hanya mencuci mobil pick up dengan air bersih dengan kadar keasaman rendah. 

Kini Anda sudah tahu apa saja perawatan yang harus dilakukan pada Suzuki New Carry di rumah. Tak ketinggalan juga untuk rutin melakukan servis rutin di bengkel resmi Suzuki Sumber Baru Aneka Motor. 

Teman-teman bisa mengakses booking service di website suzukisumberbaru.co.id. Jadi untuk memeriksa apakah mobil dalam kondisi prima teman-teman tak perlu mengantre lagi. Isi dengan lengkap jadwal service yang diinginkan di website tersebut. 

Nah itu dia tips merawat mobil pick up Suzuki agar kondisinya tetap prima. Semoga bermanfaat ya, teman-teman. Salam....

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Tips Merawat Mobil Pick Up Suzuki agar Kondisinya Tetap Prima "

  1. Wah, sekarang ada cara biar nggak usah antre di bengkel ya. Lebih nyaman dan cepat kalo mau servis. Jadi rutin deh servisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.
      Zaman now memang leih dipermudah. Termasuk dalam urusan servis kendaraaan.

      Delete
  2. Wah, aku baru tahu loh mas, sebaiknya mencuci mobil jangan pake air sungai. Ternyata air sungai itu kandungan keasamannya tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Karena kandungan asam itulah, bisa merusak bagian-bagian mobil. Soalnya bisa cepat karatan.

      Delete
  3. wahh, aku baru tau loh klo ga bagus cuci kendaraan pake air sungai karena tergolong air tanah dan air asam hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak Wulan. dan banyak yang belum tau soal hal ini. Karena kadang air sungai kan terlihat jernih-jernih saja dan bersih.

      Delete
  4. Ya ampun mobil pickup suzuki ini legend banget ya pakkk. Jadi inget pas kakak saya anter2 kambing pakai mobil pickup ini wkwkwkw. Perawatannya ternyata ngga sulit loh yaa kalau niaatt >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Mobil pickup Suzuki memang paling legend sampai saat ini. Dari kota sampai desa, semua pakai pick up Suzuki hehehe.

      Delete
  5. huaa masa ya masih ada yang nyuci mobil pakai air sungai? eman2 banget dong yaa.. apalagi kalau sungai di perkotaan, udah pasti butek banget airnya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak. Apalagi kalau mau bersih, kadang ada yang pakai sabun juga. Jadinya malah mencemari air sungai.

      Delete
  6. Pengecekan harus dilakukan berkala juga ya Pak, karena tentunya diutamakan demi keselamatan pengendara dan apalagi bawa barang yang mungkin bebannya nggak bisa ditanggung sama Dillan, eh hehe.



    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diilakukan npengecekan dan perawatan secara berkala, Mbak. dan ini memang berlaku untuk semua kendaraaan. Terus bagusnya di bengkel resminya.

      Delete
  7. Di desa sering banget ngelihat mobil pick up dicuci dengan air suangai, ternyata itu mempercepat mobil korosi. Informasi yang sangat bermanfaat sekali ini mas, yg menggujakan pick up untuk usaha bakal jadi lebih awet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Karena mungkin pikirnya gratis dan airnya banyak. Padahal tanpa disadari, malah mobil cepat karatan.

      Delete
  8. oaalaah, ternyata gak boleh toh ya cuci mobil pakai air sungai.
    padahal mumpung airnya gratis gitu ya, hehehh.
    noted nih, Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Alih-alih mau gratisan, malah membuat mobil cepat karatan hehehe.

      Delete
  9. mobil pick up ini banyak yg digunakan untuk usaha ya mas, makanya kudu dirawat
    nggak hanya biar mobilnya awet, tapi juga agar usaha lancar

    ReplyDelete
  10. mobil pick up Suzuki ini termasuk yang paling andalan di lingkunganku sini Mas. Suku cadang terjangkau dan bandel. Tukang sayur sampai toko besi langganan juga makenya merk ini.

    ReplyDelete
  11. Ternyata mencuci mobil juga gak bisa sembarangan ya...pake air sungai bisa merusak mobil..Apalagi kalau air sungainya tercemar ..

    ReplyDelete
  12. Aku jadi punya ingatan tentang pickup dengan teman teman waktu SMA, rela ikut dibelakang desak-desakan asal bisa pergi ke ibu kota, untuk suatu acara hihi.

    Ternyata bener ya fakta air sungai itu sifat keasamannya bisa bikin besi motor atau mobil cepat karatan, alih alih mau untung malah jadi buntung.

    ReplyDelete
  13. Wah iya bener Pak. Jangan terlalu sering angkut barang yang diatas kapasitas muatan. Lebih aman juga bagi kendaraan kita dan juga keselamatan orang yang mengemudi/orang sekitar. Serem kalau lihat ada yang overcapacity begitu.

    ReplyDelete
  14. Ini mobil dari jaman kecil sampe sekarang kayaknya selalu ada aja ya paak, emang 'bandel' dn tangguh banget sih. Tapi setangguh apapun, tetap harus dirawat biar makin mantap dan bisa dipakai untuk berbagai hal ya pak!

    ReplyDelete
  15. nah, kapasitas muatan akan sangat menjadi poin penting yaa :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.