} Alasan Utama Membeli Mobil - Bambang Irwanto Ripto

Alasan Utama Membeli Mobil

Saat adik saya membeli mobil baru, beritanya langsung menyebar seantero keluarga besar saya, termasuk sampai ke telinga salah satu bulik saya (adik Bapak saya). Saat kebetulan saya berkunjung ke rumah beliau, maka bulik saya tu membicarakan mobil adik saya.

 

sebabnya orang membeli mobil

“Mbang, Febri baru beli mobil?”

“Iya, Bulik!” jawab saya kalem (bukan kayak lembu, ya hahaha).

Eh, tidak saya duga, bulik saya itu malah ngomong seperti ini, “Ehm.. kalau saya sih, sebenarnya mampu beli mobil, Mbang! Tapi buat apa? Kalau cuma buat gaya-gayaan saja. Belum nanti bensinnya, belum bengkelnya bla bla bla...!”

Nah, kali ini saya sih, hanya senyum-senyum masem saja. Tidak ada niat untuk berdebat. Karena alasan membeli mobil antara adik saya dan bulik saya sudah berbeda. Jadi saya memilih langsung membahas topik lain hehehe.


Alasan Utama Membeli Mobil

Padahal saya yakin sekali, kalau adik saya membeli mobil itu, jelas bukan tujuannya untuk gaya-gayaan. Dia mempunyai beberapa alasan, harus mempunyai mobil juga. Dan saya rasa, alasan adik saya ini, mungkin juga jadi alasan sebagian besar orang lain untuk membeli mobil.

beli mobil toyota


Kebutuhan Transportasi

Zaman now, mobil itu sudah jadi kebutuhan, bukan untuk gaya-gayaan lagi. Itulah salah satu alasan adik saya membeli mobil. Dia butuh mobil untuk transportasi yang membantunya beraktivitas. Salah satunya kendaraan pulang pergi dari rumahnya di Depok ke tempat kerjanya di daerah Gunung Putri Bogor. Kebetulan, istrinya juga kerjanya di daerah yang sama. 


Bertambahnya Anggota Keluarga

Dulu, saat masih mempunyai 1 anak, adik saya bisa naik motor saat berpegian bersama keluarga kecilnya. Tapi saat sudah memiliki 3 anak, masa iya, harus pakai motor? Selain melanggar aturan berlalu lintas, jelas membahayakan keselamatan sekeluarga.

Apalagi nih, setiap keluarga pasti menerapkan 1 paket komplit. 1 anak diajak, pastinya semua harus ikut. Pokoknya keadilan sama rata, sama rasa harus selalu ditegakkan hehehe.


Faktor Kesehatan 

Saat ini, cuaca tidak bisa diprediksikan lagi. Kalau dulu kan, antara bulan Maret-Agustus itu kan, musim kemarau. Lalu antara bulan September-Februari itu musim hujan. Sekarang.. sudah musim galau hahaha. Pagi panas terik, lalu siang tiba-tiba hujan. Begitu juga sebaliknya. Apalagi masih masa pandemi. Harus Terus menjaga kesehatan dan bersemangat di masa pandemi

Dengan memiliki mobil, setidaknya kita bisa mengantisipasi hal itu. Cuaca tidak menentu kan, pastinya mudah mendatangkan penyakit. Menggunakan mobil bisa terhindar dari panas terik matahari dan hujan. Apalagi pengalaman dulu pas naik motor kehujanan di jalan adik saya langsung kurang enak badan, dan akhirnya izin kerja.


Kebutuhan Lainnya

Sebenarnya, dengan memiliki mobil, itu tidak hanya bermanfaat bagi keluarga sendiri, tapi juga keluarga besar, bahkan juga tetangga. Misalnya, sejak adik saya sudah mempunyai mobil, saudara-saudaranya juga terbantu.

Misalnya, saat kakak saya terpeleset di kamar mandi yang membuat keseleo pada kaki dan tangannya, saya langsung telepon adik saya. Dengan mobilnya, kami langsung ke tukang urut di Cimande. Begitu juga saat Ibu saya ke Depok dari Kebumen, adik saya bisa langsung jemput di stasiun. 

Dan pastinya, kami sering diajak jalan-jalan juga hehehe. Baik saat main ke Depok, atau saat adik saya sekeluarga mudik sekaligus ke tempat wisata Kebumen .


Mobil Baru vs Mobil Bekas

Mempunyai mobil memang tidak semudah membeli bakso hehehe. Harganya yang lumayan mahal, jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tapi tenang.. selalu ada jalan ke Roma. Belum bisa membeli mobil baru, mobil bekas pun jadi.

Mobil Baru

Bila teman-teman memilih membeli mobil baru, ada dua cara yang bisa ditempuh. Pertama, bila teman-teman sudah mempunyai dana, bisa membeli mobil secara cash. 

Yang kedua adalah, membeli mobil baru dengan cara mencicil. Walau harganya sedikit berbeda dengan membeli secara cash, tapi cara ini meringankan teman-teman. Pastinya sesuaikan dengan angsurannya setiap bulan.

beli mobil di auto 2000


                                                

Mobil Bekas

Bagi teman-teman yang punya dana tidak besar, tapi tidak ingin mencicil, makan solusinya bisa dengan membeli mobil bekas. Apalagi sekarang banyak mobil bekas yang bagus. Terkadang pemiliknya menjual karena pindah ke luar kota, atau bahkan memiliki beberapa mobil. Pastikan teman-teman harus mengecek kondisi mobil dan kelengkapan surat-suratnya sebelum membeli mobil bekas.

auto 2000 menyediakan beragam mobil toyota


                                                


Layanan Purna Jual

Satu hal yang tidak boleh teman-teman lewatkan saat membeli mobil baru atau mobil bekas adalah layanan purna jual. Soalnya suatu ketika pasti mobil harus diservis atau ganti suku cadang. Cari tahu, apakah merek mobil teman-teman servisnya tersebar ke penjuru nusantara.

Contohnya mobil Toyota yang mempunyai Auto 2000. Layanan servisnya tersebar di mana-mana. Jadi misalnya saat teman-teman traveling menggunakan mobil Toyota, tidak perlu khawatir.

auto 2000 layanan mobil toyota lengkap

                                       

Bahkan Auto 2000 sangat lengkap. Tidak hanya mobil baru Toyota, mobil Toyota bekas bersertifikat juga ada. Bahkan Tasia dengan ramah siap melayani konsumen. Tinggal chat saja di Tanya Tasia. Enaknya Auto 2000 bisa diakses lewat laptop atau smartphone.

Itu dia alasan utama memiliki mobil. Sekali lagi ya, mobil sudah menjadi kebutuhan. Jadi saat ada yang julid bilang kalau beli mobil buat gaya-gayaan, ikuti kata syahrini Hempaskan. Atau sekalian ikuti kata Bu Susi.. tenggelamkan.. hahaha. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam..

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "Alasan Utama Membeli Mobil"

  1. Sepertinya kebutuhan kendaraan roda 4 empat emang sudah jadi primer sih sekarang, apalagi untuk keluarga kecil dan juga pekerja yang banyak menghabiskan waktu dijalan. Lumayan melindungi diri dan aman juga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas Don. Jadi bukan buat gaya-gayaan lagi. Selain nyaman juga aman.

      Delete
  2. mau mobil baru atau pun bekas, yang penting semuanya pass.. pas di kantong, pas untuk kebutuhan dan tujuan membeli mobil. jangan sampai maksain banget lah ya intinya :D kalau mobil bekas ya kudu bener2 dicek dulu mesin2nya biar ga zonk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Nabila. Pemilihan mobil di sesuaikan dengan kebutuhan. Dan mobil bekas pun banyak yang masih bagus. Karena kadang dijual karena ingin pindah.

      Delete
  3. Beli mobil karena butuh dan kalau ada suara sumbang yang mengomentari, abaikan saja. Betul banget.
    Yang terpenting mau beli mobil baru atau mobil bekas, semuanya sesuai kebutuhan dan belinya di tempat terpercaya seperti Auto2000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mak Salma.
      karena yang akan merasakan manfaat mempunyai mobil, ya kita juga. hempaskan... orang yang tak sesesuai dengan kita hahaha.

      Delete
  4. Ya ampun. Ngomongin cuacanya gitu banget,Pak.musim galau. Tapi bener juga ya. Kita nggak tahu saat terik menyengat eh tiba-tiba ujan.

    Enak emang kalau ke mana-mana naiknya mobil. Jadi lebih nyaman juga. Nggak kehujanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Yuni. Soalnya kalau sering kepanasan dan kehujanan di jalan, pasti akan menganggu kesehatan juga.

      Delete
  5. Kalau saya ingin membeli mobil karena tidak bisa mengendarai motor atau sepeda, maka mengendarai mobil menjadi harapan saya untuk bisa mengendarai suatu kendaraan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti tetangga saya di Makassar, Mbak.
      Dia bahkan tidak naik sepeda, namun tiba-tiba bisa mengendarai mobil, Mbak hehehe.

      Delete
  6. Bener juga Pak,
    Kalau tambah anggota keluarga biar bisa keangkut semua memang perlu membeli mobil.
    Karena juga bisa muat semua, dan terlindung dari cuaca panas maupun hujan, apalagi kan masih di tengah pandemi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kebayang punya anak 2 saja, kan sudah tidak bisa naik motor. kalau masih kecil sih, bisa dipaksakan. Tapi kalau sudah gede, repot hehehe.

      Delete
  7. Buatku dan suami mobil wajib sih mas 😄. Sejak zaman smu aku juga udah pake soalnya. Krn jujur aja ortu dulu ngelarang naik kendaraan umum. Makanya diksh kendaraan. Kalo skr ini mobil ya Utk ke kantor. Dan lagi Krn udah ada anak2 kan Yaa, jadi memang butuh kalo mau kemana2. Apalagi skr pandemi, berasa banget kebantu, karena takut kalo harus naik kendaraan umum. Mending mobil pribadi jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak. Mobil sudah jadi kebutuhan, dan wajib dimiliki. karena sangat membantu aktivitas kita juga.

      Delete
  8. wah betul nih, mau beli mobil memang harus ada alasannya yang kuat, biar berasa sia-sia gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya, membeli mobil karena kebutuhan, Mbak. Bukan keinginan hehehe.

      Delete
  9. Wah, benar sekali ini alasan membeli mobil sebuah keluarga tentu bermacam-macam. Terlebih ketika bertambahnya anggota keluarga baru. Semoga mobilnya membawa keberkahan untuk semua.

    Dan yang terpercaya ya..menggunakan produk dari Auto2000.
    Se-geng sama masku nih.. Sama-sama memilih Auto2000 karena alasan purna jual yang terbaik dan kalau mau tukar tambah, harganya pun tetap cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. dengan bertambahnya anggota keluarga, maka pasti keperluan tiap anggota keluarga juga bertambah. termasuk kalau jalan-jalan, semua bisa ikut hehehe.

      Delete
  10. Semua orang memiliki alasan masing-masing dalam memilih kebutuhannya, seperti alasan membeli sebuah mobil, ya, Mas. Tidak bisa disamakan, pasti ada kebutuhan yang dianggap penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Nurul. Makanya membeli mobil disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

      Delete
  11. Benar sesuai kebutuhan.
    Numpang cerita, aku dulu merengek minta suami belikan mobil ( pen punya kek orang2 ceritanya haha ) . Tapi kemudian tanpa banyak omong, suami mensimulasikan kita punya mobil dengan pinjam mobil mertua selama sebulan penuh. Dari sebulan itu, ternyata kami hanya menggunakannya 2 kali. Yup bener2 2 kali, itu pun karena mepet udah mau di balikin. Sehari2 kami menggunakan motor masing2 buat berkegiatan. Setelah itu suami jemberin, kalau punya mobil, kira2 dana yang kita keluarkan ini dalam setahun.... seketika itu aku bilang "udah kita ga perlu mobil" , lebih hemat kalau kita rent sesekali, atau grab di sabtu/minggu ajak anak jalan2 haha..

    Demikian kisahku haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, benar sekali, Mbak.
      Soalnya kalau kendaraan tidak dipanasi, justru akan ada kendala pada mesinnya.
      Kayak kemarin, Mbak. Motor saya satunya jarang dipake. Eh, sekali servis, kena semua. Dari Aki, oli, busi, dan lainnya yang menguras isi dompet saya hahaha.

      Delete
  12. Betul banget, orang beli mobil belum tentu cuma buat gaya-gayaan. Terkadang yang julid aja yang nggak tau kalau kita emang beli karena emang membutuhkannya.

    ReplyDelete
  13. membeli mobil saat ini memang sudah menjadi kebutuhan ya, mulai dari bepergian sehari-hari hingga memenuhi kebutuhan keluarga. mantab sih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.