} Pemula Harus Tahu, Ini 7 Etika Penerbangan yang Wajib Dipahami - Bambang Irwanto Ripto

Pemula Harus Tahu, Ini 7 Etika Penerbangan yang Wajib Dipahami

Bepergian dengan pesawat menjadi pilihan terbaik terutama saat harus menempuh perjalanan jauh, seperti ke luar negeri. Apalagi, setiap penumpang dapat memilih tempat duduk dan mendapatkan berbagai fasilitas sesuai keinginan setiap terbang. Hal ini tentu membuat bepergian dengan pesawat menjadi terasa lebih nyaman bagi banyak orang dibandingkan moda transportasi lainnya.

etika penerbangan yang wajib diketahui
Ini Dia Etika Saat Naik Pesawat (Desain Canva)

Meski nyaman, sebenarnya ada beberapa etika yang harus dipahami dan dipatuhi ketika bepergian dengan pesawat. Apalagi, banyak regulasi penerbangan yang berubah setelah masa pandemi. Teman-teman bisa melihat update regulasi penerbangan terbaru di sini.

Apalagi, buat para pemula dan baru pertama kali bepergian dengan pesawat, ada banyak etika penerbangan yang biasanya belum mereka pahami. Padahal, etika-etika tersebut patut dipatuhi untuk menjaga kenyamanan  semua pihak, termasuk penumpang lainnya saat terbang. Berikut ini adalah beberapa etika penerbangan yang harus diketahui, terutama bagi para pemula!

7 etika penerbangan yang perlu diperhatikan
Etika Penerbangan Perlu Diperhatikan (Foto : Canva)


Selalu Antre dengan Tertib

Patut dipahami, bandara merupakan area publik. Karena itu, jangan kaget jika sejak awal teman-teman akan menemukan antrean saat akan mengurus segala hal seputar penerbangan. Jangan sampai teman-teman tidak sabar dan mencoba untuk memotong antrean karena hal ini akan mengganggu orang lain. Sebaiknya teman-teman mengantre dengan tertib bersama calon penumpang lainnya.

Apabila keadaan mendesak dan teman-teman berada pada kondisi terlambat dan mengejar penerbangan, lebih baik teman-teman langsung menghubungi staf maupun petugas bandara. Teman-teman bisa menjelaskan kondisi yang dialami kepada mereka. Jika memungkinkan, mereka pasti akan menolong dan mendahulukan teman-teman tanpa memotong antrean. Karena itu, akan lebih baik jika teman-teman datang lebih awal dan mengantre untuk meminimalisir kemungkinan harus mengejar penerbangan.

Hindari Kemungkinan Proses Cek Keamanan Terhambat Karena Kesalahan Sendiri

Perlu dipahami, untuk menaiki pesawat biasanya ada prosedur yang harus dilalui, salah satunya pengecekan keamanan. Proses pengecekan ini akan dilakukan manual oleh petugas serta memakai mesin X-Ray.

Agar proses ini dapat dilalui dengan singkat, Teman-teman bisa menyiapkan beberapa hal sebelum memasukinya. Seperti mempersiapkan boarding pass maupun kartu identitas. Selain itu, Teman-teman dapat mengeluarkan laptop dari tas/koper, melepas jam tangan/sabuk/jaket, serta mengeluarkan bahan-bahan cair sebelum diperiksa menggunakan mesin X-Ray. Dengan melakukan hal ini, Teman-teman akan membantu petugas serta membuat penumpang lainnya tidak perlu menunggu terlalu lama.

Pahami Aturan Membawa Barang Ke Dalam Kabin

Bagi para pemula yang baru pertama kali terbang biasanya belum memahami aturan bahwa setiap maskapai punya aturan penerapan biaya tambahan jika berat barang di bagasi melebihi kapasitas maksimal. Seringkali justru yang dilakukan malah bukan membayar biaya bagasi tambahan, namun memaksa membawa barang barang yang tidak masuk bagasi itu ke kabin.

Hal ini tentunya akan mengganggu kenyamanan penumpang lain. Sebab, bagasi di dalam kabin seharusnya digunakan bersama. Karena itu, sebaiknya bawalah barang secukupnya ke dalam kabin. Jika memang barang yang dibawa melebihi kapasitas bagasi yang digratiskan maskapai, sebaiknya bayar biaya tambahan tersebut.

Berkomunikasi Secara Hati-Hati

Saat terbang, biasanya ada beberapa orang yang mengobrol satu sama lain. Yang menjadi masalah adalah jika obrolannya terlalu keras dan mengganggu penumpang lainnya. Hal ini biasanya dilakukan pemula , terutama ketika terbang dalam rombongan. Hal ini juga tidak etis untuk dilakukan selama penerbangan. Karena itu, sebelum ditegur oleh penumpang lainnya ataupun awak penerbangan, sebaiknya ini tidak dilakukan.

Berbagi Sandaran Tangan Secara Adil

Perlu dipahami, kursi di pesawat biasanya dibagi menjadi 3 ataupun 2 baris, terutama untuk kelas ekonomi. Karena itu, sandaran kursi biasanya dipakai bersama-sama dengan penumpang lainnya. Agar menjaga kenyamanan penumpang lainnya, sebaiknya teman-teman meletakkan tangan di sandaran kursi tidak melebihi jarak yang seharusnya.

Sebab, penumpang lain pasti akan merasa risih jika bersentuhan dengan tangan teman-teman saat menggunakan sandaran kursi. Selain itu, pakai sandaran tangan hanya yang ada di kursi teman-teman ketika ingin bangun dari tempat duduk.

Perhatikan Posisi Tidur

Ketika menempuh perjalanan di pesawat, terutama pada rute jarak jauh, sudah pasti teman-teman akan mengantuk. Namun, sebaiknya teman-teman jangan tidur dalam posisi yang akan mengganggu penumpang di sebelah. Ada baiknya teman-teman memakai bantal kecil untuk tidur saat penerbangan. Usahakan juga agar teman-teman tidak mendengkur saat tidur ketika terbang. Sebab, hal ini juga bisa mengganggu penumpang lainnya.

Turun Dengan Tenang Saat Pesawat Tiba Di Tujuan

Saat pesawat mendarat ke tujuan, seringkali banyak pemula yang biasanya turun dengan terburu-buru. Hal ini sebenarnya tidak etis dilakukan saat terbang. Sebaiknya teman-teman turun dengan tenang dan membiarkan penumpang lain di kursi bagian depan untuk turun. Selain itu, jangan ceroboh ketika mengambil barang di bagasi kabin. Sebab, jika tidak hati-hati, bisa saja barang penumpang lain akan rusak karena kecerobohan teman-teman.

Apabila ada penumpang lain yang kesulitan mengambil barangnya di bagasi kabin, teman-teman juga bisa menawarkan bantuan. Terakhir, sebelum keluar pintu pesawat, teman-teman pun dapat berterima kasih kepada pramugari maupun awak pesawat lainnya. Dengan begitu, mereka pasti akan merasa lebih dihargai atas pelayanannya sepanjang perjalanan.

Pastikan untuk menerapkan etika-etika tersebut saat akan bepergian dengan pesawat. Etika-etika itu akan membantu memperlancar proses penerbangan teman-teman sejak berada di bandara hingga naik ke pesawat. Jika ingin lebih lancar lagi, terutama sejak ingin memesan tiket pesawat, sebaiknya gunakan Traveloka. Selamat mencoba ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemula Harus Tahu, Ini 7 Etika Penerbangan yang Wajib Dipahami"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.