} 4 Tips untuk Reseller Pemula, Wajib Tahu! - Bambang Irwanto Ripto

4 Tips untuk Reseller Pemula, Wajib Tahu!

Salah satu usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh siapa saja adalah menjadi reseller. Ini adalah sebuah usaha di mana teman-teman tidak perlu membangun brand dari awal dan hanya perlu bantu memasarkan produk, tetapi tetap mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.



Namun, meskipun pekerjaan ini terlihat gampang dan menjanjikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha yang teman-teman lakukan bertahan lama dan mendatangkan banyak pembeli. Kini, tidak perlu khawatir, teman-teman bisa mulai menjadi reseller produk Evermos.

Proses yang harus dilakukan gampang dan pilihan produknya pun sangat banyak. Selain itu, Evermos sangat aman untuk teman-teman pilih sebagai langkah awal menjadi reseller.

Apabila teman-teman memiliki minat untuk menjadi reseller agar ada penghasilan tambahan, maka bisa simak beberapa tips berikut ini sebagai reseller pemula.




Tentukan Produk yang Tepat sesuai Pasar yang Dipilih

Sebelum mulai membuat toko sebagai reseller, teman-teman wajib menentukan produk apa yang akan dijual. Ada berbagai pilihan produk untuk reseller, yang paling sering ditemui adalah produk fashion, snack kemasan, alat-alat dapur, make up, dan skincare.

Tidak hanya asal memilih, menentukan produk yang akan dijual harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya adalah pasar yang teman-teman sasar. Jika lingkunganmu dikelilingi wanita usia 20 hingga 30an, maka lebih baik untuk menjual produk kelengkapan bayi. Namun, jika lingkunganmu adalah anak-anak muda, bisa jual pakaian, make up, atau pun kebutuhan sekolah.

Teman-teman harus tahu dengan pasar yang teman-teman pilih, berapa harga jual yang tepat. Sehingga, teman-teman bisa menentukan pilihan produk dengan harga yang sesuai. Sebagai reseller, ada banyak pilihan merek yang bisa dipilih, hal ini juga harus dipertimbangkan, sebab setiap merek juga memiliki merek dan pasar sendiri-sendiri.


Jangan Jual Terlalu Mahal

Sebagai pengusaha, meskipun bisnis reseller, teman-teman wajib mengetahui bagaimana kompetitor menjalankan bisnis. Hal ini bisa dilakukan agar harga yang teman-teman tentukan tidak terlalu mahal dan tentu saja bisa mendatangkan banyak pembeli.

Sebagai pembeli tentu saja teman-teman ingin mendapatkan harga paling murah dibandingkan toko-toko lain bukan?

Tidak hanya itu saja, melihat kompetitor juga bisa membuat teman-teman mengoreksi cara jualan, promosi, dan pelayanan yang teman-teman berikan kepada para pembeli. Langkah seperti ini sangat penting jika ingin usaha yang teman-teman jalankan bertahan lama.


Lakukan Promosi Secara Masif

Promosi adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah usaha. Toko tidak akan dikenal orang jika teman-teman tidak melakukan promosi. Kini, ada banyak cara yang bisa teman-teman lakukan agar produk yang teman jual bisa dilirik banyak orang.

Manfaatkan media sosial yang kini sangat banyak dipakai orang-orang, seperti Instagram, Twitter, atau teman-teman bisa membuat story di WhatsApp sebagai sarana promosi.

Tentukan media yang tepat sesuai dengan produk yang teman-teman pilih, jika produk yang teman-teman jual adalah alat-alat rumah tangga maka bisa promosi di Facebook, namun jika barang-barang anak muda, maka platform yang bisa teman-teman pilih seperti Twitter, TikTok, atau Instagram.

Perlu diingat jika sebaiknya teman-teman tidak melakukan promosi dengan cara spamming karena hal ini tidak disukai pembeli.

Selain promosi, teman-teman juga bisa menambahkan diskon. Ini adalah cara paling ampuh untuk mendatangkan pembeli. Dengan untung per barang yang lebih sedikit namun jumlah pembeli yang lebih banyak, akan membuat penghasilanmu bisa lebih meningkat. Diskon bisa teman-teman berikan di hari-hari besar nasional atau hari libur.


Pilih Supplier yang Tepat

Terakhir dan tidak kalah penting adalah menentukan supplier yang nantinya akan memberikan stok barang di tokomu. Cari supplier yang sesuai dan terpercaya. Tidak hanya itu saja, teman-teman harus mempertimbangkan kualitas produk dari supplier, harga, hingga lokasi supplier.

Supplier adalah poin penting yang menentukan apakah usaha reseller yang teman-teman lakukan akan bertahan lama atau tidak.  Sebenarnya, mencari supplier yang tepat bisa teman-teman lakukan lebih mudah di Evermos. Ada lebih dari 700 merek dengan 80 ribu lebih produk yang ada di Evermos.

Di Evermos, teman-teman juga bisa menjadi dropshipper, yaitu usaha mirip reseller namun tidak perlu mengambil stok barang. Evermos merupakan platform yang memang dibuat untuk orang-orang yang ingin menjadi reseller atau dropshipper.

Teman-teman bisa membuat toko online sendiri dan barang-barangnya pun bervariatif. Bekerja sama dengan Evermos sangat mudah, hanya perlu daftar akun, kemudian share link produk, dan teman-teman tinggal buat toko online sendiri. Setiap ada pembelian lewat link tersebut, maka secara otomatis teman-teman akan mendapatkan komisi. Selain itu, jadi reseller ataupun dropshipper tidak perlu punya warehouse.

Ada banyak pilihan produk dan brand lokal yang bisa teman-teman pilih di Evermos, terutama untuk produk-produk kebutuhan muslim. Sebab, moto Evermos sendiri adalah “Everyday Need for Every Moslem”.

Semakin mudah menjadi pengusaha dengan Evermos. Langsung saja unduh aplikasi Evermos di ponselmu dan daftarkan dirimu sebagai reseller atau dropship via Evermos!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips untuk Reseller Pemula, Wajib Tahu!"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.