} Inilah Fungsi SSL untuk Website yang Perlu Diketahui - Bambang Irwanto Ripto

Inilah Fungsi SSL untuk Website yang Perlu Diketahui

Bagi blogger atau web developer pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SSL atau Secure Socket Layer. Pasalnya, SSL (Secure Socket Layer) adalah salah satu elemen penting dalam mendukung kinerja website agar semakin optimal dan aman dari ancaman pencurian informasi.

Perlu diketahui Fungsi SSL untuk Website
Pentingnya SSL untuk Website (Desain : Canva)

Saat ini, fitur SSL sendiri sudah tersedia dalam dua pilihan versi, yakni versi berbayar dan versi gratisan untuk mengakomodir pengguna yang masih dalam tahap belajar. Namun, dari segi performa, SSL Indonesia premium atau berbayar tentu memiliki kualitas yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan versi gratisan.

Nah, untuk mengenal lebih jauh terkait apa itu SSL dan fungsinya untuk website, di artikel kali ini sudah kami rangkum penjelasan selengkapnya. Simak sampai bagian akhir ya!


Fungsi SSL untuk Website


SSL memiliki beragam fungsi yang bisa mendukung performa website. Berikut ini merupakan beberapa contoh fungsi SSL untuk website dari segi keamanan data pengguna.


SSL Menngkatkan Performa Website
Beragam Fungsi SSL untuk Website (Desain : Canva)


1. Meningkatkan Reputasi Website


Di era digital seperti sekarang, reputasi website merupakan salah satu aset penting yang harus dijaga oleh perusahaan. Bisa dibayangkan apa yang terjadi seandainya kamu sudah menghabiskan banyak modal untuk membuat produk namun kualitas website sebagai sarana penjualan masih belum optimal.


Penggunaan SSL bisa menambah reputasi website bisnis agar terlihat lebih profesional. Dengan begitu calon pelanggan akan semakin nyaman untuk melakukan pembelian atau pemesanan jasa yang ditawarkan.

2. Membuat Website lebih SEO Friendly


Sebagai informasi, sejak beberapa tahun lalu Google secara terang-terangan mengumumkan bahwa mereka memiliki algoritma yang akan menghilangkan website tanpa SSL dari hasil penelusuran. 


Ya, Google sebagai perusahaan raksasa mesin pencari di dunia ingin setiap website menggunakan SSL meskipun itu masih gratisan. Pasalnya, penggunaan SSL sedikit banyak mampu mencegah tindakan cyber crime seperti pencurian data atau hacking yang berpotensi merugikan pemilik website maupun pengguna.


Jadi, jika kamu ingin mendapat ranking yang baik dan traffic berlimpah secara organik sebaiknya memasang SSL di website sekarang juga, karena hal ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan skor SEO website.

3. Mengoptimalkan Keamanan Transfer Data di Website


Fungsi SSL berikutnya adalah mampu melakukan enkripsi sehingga proses transfer data antara komputer klien dan server tidak bisa dilihat oleh pihak ketiga. Faktor keamanan data ini belakangan menjadi sangat penting karena aktivitas di dunia maya tidak lagi hanya sebatas mencari informasi, namun juga sudah masuk ke ranah transaksi dimana melibatkan informasi sensitif seperti nomor cartu credit, rekening bank, dan identitas pribadi.

4. Melindungi Informasi Sensitif


Perlu diketahui, SSL atau Secure Socket Layer memiliki teknologi private key dan public key yang berfungsi untuk melindungi proses pertukaran data atau informasi antara komputer client dengan komputer server. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan ancaman pihak ketiga yang berusaha untuk mengetahui data diri atau informasi sensitif yang dimasukkan ketika mengakses sebuah website.

5. Membuat Website Aman Diakses Pengguna


Pernahkah kamu menemui peringatan konten berbahaya ketika ingin membuka sebuah website? Tanda peringatan berbahaya ini biasanya muncul dengan background berwarna merah atau hitam dan disertai dengan kalimat peringatan bahwa website memiliki status tidak aman atau potensial berisi malware.


Nah, itu adalah salah satu dampak atau resiko jika website tidak memasang SSL. Selain itu, di bagian address bar juga akan muncul tanda segitiga warning yang menjadi tanda bahwa SSL tidak aktif.


Website yang aman dan sudah dipasangi SSL tidak akan pernah mengalami hal demikian. Hal ini bisa dilihat di bagian URL atau address bar sudah memiliki tanda gembok atau kunci yang menandakan SSL sudah aktif. Sementara itu, pengguna juga lebih merasa aman karena tidak diberi peringatan konten berbahaya seperti halnya penjelasan sebelumnya. 


Cara Memilih SSL Sesuai Kebutuhan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berdasarkan biayanya SSL pada dasarnya dibedakan menjadi dua bagian, yakni SSL gratis dan SSL berbayar. Lantas, layanan mana yang sebaiknya digunakan?


cara memilih SSL sesuai kebutuhan
Tips Memilih SSL Sesuai Kebutuhan (Desain Canva)



Hal ini tentu kembali kepada kebutuhan tiap-tiap orang. Misalnya, untuk blogger yang masih dalam proses belajar boleh saja menggunakan SSL versi gratisan dari Let’s Encrypt atau Cloudflare. 


Terlepas dari keterbatasan fitur dan garansi keamanan yang diberikan, kedua penyedia SSL gratis tersebut masih bisa diandalkan untuk beberapa kebutuhan. Terutama jika website kamu tidak memiliki sistem transaksi atau input data sensitif ke dalam server.


Adapun jika kamu saat ini sudah memiliki bisnis yang berkembang dan dikenal banyak orang, maka sebaiknya menggunakan SSL berbayar untuk mendukung kebutuhan website perusahaan. Selain lebih aman, SSL premium juga memberikan garansi keamanan data yang jauh lebih baik dibandingkan versi SSL gratisan.


Itulah ulasan terkait fungsi SSL untuk website yang perlu kamu ketahui. SSL saat ini memang menjadi elemen penting dalam mendukung performa website, jadi sangat disarankan untuk menggunakannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Fungsi SSL untuk Website yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.