} Mengenal Jenis Percetakan Digital untuk Memulai Usaha Rumahan - Bambang Irwanto Ripto

Mengenal Jenis Percetakan Digital untuk Memulai Usaha Rumahan

Usaha percetakan merupakan salah satu usaha yang kian berkembang di era digital. Tiada musim yang dapat mempengaruhi bisnis ini. Dengan kata lain, jasa percetakan murah selalu dibutuhkan dan tidak dibatasi waktu, sehingga risiko rugi hampir tidak ada karena bahan baku yang digunakan memiliki masa yang panjang.

beragam percetakan digital
Kenali Beragam Jenis Percetakan Rumahan (Desain : Canva)


Bisnis percetakan sendiri merupakan bidang industri yang memanfaatkan proses produksi massal tulisan dan gambar menggunakan mesin.

Ada banyak potensi yang bisa didapatkan bila menggeluti bidang ini. Terlebih lagi, usaha ini dapat dijalankan di rumah sehingga tidak perlu memikirkan biaya sewa. Modal awal untuk memulai bisnis juga sangat variatif, tergantung dari jenis percetakan apa yang dijalankan.

Nah, sebelum memutuskan untuk terjun ke ranah bisnis ini, ada baiknya Anda mengenali macam-macam percetakan yang bisa dijalankan. Kemudian akan kami berikan gambaran mengenai modal usaha selain uang di akhir ulasan sebagai pedoman mengawali bisnis ini.


Jenis Usaha Percetakan Digital Skala Bisnis Rumahan

Banyak sekali jenis usaha percetakan digital yang berskala bisnis rumahan. Teman-teman bisa pilih yang sesuai.  Mau usaha ketiganya juga boleh.

percetakan digital untuk rumahan
Pilih Jenis Percetakan Digital Rumahan (Desain : Canva)



1.      Percetakan Digital Printing

Digital printing merupakan metode percetakan dengan melibatkan teknik digital komputer untuk menghasilkan gambar. Nah, gambar tersebut kemudian dicetak ke media fisik kertas, seperti HVS, art paper, matte paper, ivory, fancy, duplek, dan lain-lain dalam jumlah banyak.

Hasil cetakan secara digital ini berupa:

       poster dan flyer

       berbagai macam stiker

       cetak foto

       kartu nama

       kartu undahan

       dan cetakan di atas kertas lainnya

Adapun mesin yang digunakan untuk mengawali usaha ini adalah inkjet printer. Mesin cetak ini dapat ditemukan di kantor dan di rumah, namun merupakan kebutuhan penting dalam bisnis percetakan.

Salah satu contoh ide usaha skala rumahan adalah usaha fotokopi merangkap layanan digital printing lainnya, seperti cetak stiker, cetak pas photo, dan lain sebagainya menyesuaikan modal.

2.      Cetak Offset

Sama dengan jenis usaha sebelumnya, namun mesin yang digunakan berbeda. Offset memanfaatkan mesin cetak yang lebih besar dibandingkan printer biasa. Hasil cetaknya berupa:

       majalah

       kemasan kardus

       cetak undangan

       album foto

       undangan

       poster dan flyer

       stiker

       kalender

       cetak ragam keperluan kantor

       dan lain-lain

Beberapa contoh hasil percetakan offset tampak serupa dengan jenis usaha printing sebelumnya. Namun, Offset printing memiliki keunggulan yakni dapat mencetak dalam jumlah banyak hingga ribuan lembar, serta mencetak dalam kertas lebih tebal.

Prosesnya juga cepat karena jenis mesinya lebih modern sehingga hasilnya lebih tajam dibandingkan cetak kertas biasa.

Contoh mesin yang digunakan untuk cetakan offset adalah mesin cetak digital plotter dan mesin cetak flatbed. Untuk mendukung hasil cetak, diperlukan mesin pendukung seperti mesin laminating, mesin hotprint, mesin lipat kertas, mesin pond, mesin potong kertas, dan lain-lain. Jumlah mesin pendukung tergantung berapa banyak produk yang ditawarkan.

3.      Printing Sablon

Jenis usaha percetakan digital berskala rumahan terakhir yakni bisnis sablon. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini usaha sablon menggunakan mesin cetak sehingga bisa menghasilkan cetakan dengan cepat dalam jumlah banyak.

Biasanya, teknik sablon printing dapat dicetak di atas produk berikut:

       kaos

       sweater

       tas

       jersey

       mug

       dan lain-lain

Itulah tadi 3 jenis percetakan berskala rumahan sebagai inspirasi bisnis tahun ini. Masing-masing dari usaha di atas memiliki fungsi yang berbeda. Digital printing untuk kebutuhan mencetak kertas biasa, offset untuk mencetak di kertas berskala besar dan lebih variatif, dan sablon untuk mencetak di kain dan media tidak rata lainnya.


Modal Usaha Percetakan Digital Rumahan yang Harus Dipersiapkan

Setelah mengetahui beberapa jenis usaha cetak di atas, penasaran modal apa saja yang perlu dipersiapkan agar bisnis berjalan lancar dan sukses?

mempersiapkan modal usaha untuk percetakan digital
Persiapkan Modal Usaha Percetakan Digital Rumahan (Desain : Canva)

Modal uang sudah pasti, namun tidak semata-mata hanya uang yang dapat membuat bisnis percetakan ini sukses. Ada banyak faktor selain uang yang dapat mendorong perkembangan bisnis ini. Apakah itu?

       Keinginan terus belajar hal baru terkait dengan percetakan, karena sejatinya bisnis percetakan yang sukses mengikuti perkembangan zaman

       Networking yang luas dengan cara membangun komunikasi dengan mereka yang bergelut di bidang bisnis percetakan yang sama dengan Anda, atau dengan cara mengikuti workshop

       Kerja keras yang diiringi dengan ketekunan tanpa henti

Demikian tentang jenis usaha percetakan serta informasi tambahan terakhir sebagai penyemangat. Segera yakinkan diri Anda untuk segera mengambil aksi untuk mewujudkan bidang percetakan rumahan apa yang ingin Anda jalankan nanti.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Jenis Percetakan Digital untuk Memulai Usaha Rumahan"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.