} Alasan Kenapa Aki Mobil Harus Dicas - Bambang Irwanto Ripto

Alasan Kenapa Aki Mobil Harus Dicas

Aki mobil merupakan komponen penting dalam mobil yang digunakan untuk suplai daya kelistrikan. Aki mobil perlu dirawat dengan baik dengan melakukan cas aki mobil secara rutin. Lalu kenapa aki mobil harus dicas? 

sebabnya aki mobil harus dicas
Alasannya Aki Mobil Harus Dicas (Foto : Canva)


Aki mobil perlu dicas dengan tujuan untuk mengembalikan tegangan listrik yang dimiliki oleh aki menjadi seperti semula. Melakukan cas pada aki mobil juga tidak boleh sembarangan. Anda bisa melakukan di bengkel-bengkel terpercaya dan profesional yang bisa  Anda temukan di aplikasi bengkel mobil Otoklix.


Kenapa Aki Mobil Perlu dicas?

Umur pakai aki mobil normalnya adalah 1-3 tahun. Namun, itu juga bisa menjadi lebih pendek dan lebih panjang. Hal ini tergantung juga pada pemakaian dan perawatan yang dilakukan pada aki mobil. Ada beberapa tanda yang bisa Anda jadikan patokan kapan aki mobil perlu dicas. 

alasan aki mobil harus dicas
Penyebab Aki Mobil Harus Dichas (Foto : Pixabay)


Pertama adalah ketika beberapa masalah pada mobil sudah mulai timbul, seperti lampu-lampu pada mobil mulai meredup, klakson melemah, bahkan mobil sulit untuk di starter. Selain itu, Anda juga bisa langsung melihat keadaan aki dan indikator yang ada pada aki mobil untuk mengetahui apakah aki sudah harus di cas atau tidak.

Jika telah mengalami beberapa tanda tersebut, namun tetap dibiarkan dan aki mobil tidak di cas maka akan membuat aki menjadi lebih cepat rusak. Anda tidak bisa lagi memperbaikinya dan harus menggantinya dengan yang baru. Perawatan yang benar pada aki mobil dapat memperpanjang umur aki mobil.


Penyebab Aki Menjadi Lemah

Aki yang lemah perlu segera di cas. Jika dibiarkan begitu saja maka akan membuat aki menjadi cepat rusak. Umumnya, aki mobil dapat bertahan hingga 3 tahun, namun ada beberapa hal yang membuat aki mobil menjadi cepat lemah. Berikut ini beberapa penyebab aki mobil menjadi lemah.

aki mobil lemah
Sebabnya, Aki Mobil Lemah (Foto : Pixabay)


1. Mobil Terlalu Sering Dipakai

Jika mobil terlalu sering digunakan maka akan membuat aki bekerja dengan lebih ekstra. Sehingga jika dipakai terus secara intens maka akan membuat aki mobil menjadi lemah dan memperpendek usia aki mobil.

2. Air Aki Habis

Aki mobil menjadi lemah ketika kapasitas air pada aki kurang dari batas normalnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek secara rutin kondisi aki mobil. Membiarkan air aki mobil hingga habis maka akan membuat aki menjadi cepat rusak.

3. Mobil Terlalu Banyak Modifikasi

Aksesoris dan modifikasi yang berlebihan pada mobil akan membuat aki menjadi cepat lemah. Sehingga akan berujung umur aki menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, bersikap bijaklah dalam menentukan aksesoris dan modifikasi pada mobil.

4. Usia Aki Mobil Tua

Aki mobil yang memiliki usia tua akan membuat tegangan yang ada menjadi berkurang. Bahkan hantaran listrik dari alternator tidak dapat diterima oleh aki mobil. Jika sudah dalam kondisi seperti ini, maka aki mobil perlu dilakukan perbaikan.


Cara Mengecas Aki Mobil

Aki mobil memiliki peranan yang sangat penting dalam kelistrikan mobil. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang tepat agar aki mobil dapat berumur panjang. Salah satunya yang perlu diperhatikan adalah ketika mengecas aki mobil. Berikut ini cara mengecas aki mobil dengan benar dan tepat.

caranya aki dicas
Terapkan Cara yang Benar Mengecas Aki (Foto : Pixabay)


1. Lepaskan Aki dari Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengecas aki mobil adalah melepaskan aki dari mobil. Jika aki mobil dilepas dari badan mobil sebelum di cas maka masalah kelistrikan yang mungkin saja terjadi dapat dihindari. Yang perlu kamu perhatikan ketika melepas aki mobil adalah dengan menggunakan sarung tangan. Hal ini dapat menghindarkan kamu terkena iritasi kulit akibat terkena percikan air aki.

2. Buka Katup dengan Benar

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuka penutup ventilasi aki. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan gas yang berkekuatan tinggi yang dapat menyebabkan ledakan. Perhatikan juga ketinggian kadar air aki. Pastikan air aki memiliki kadar air yang sesuai, jangan sampai kurang dan juga berlebihan. 

3. Sambungkan dengan Kabel Listrik

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memasang kabel listrik. Mulailah memasang dari kutub positif kemudian kutub negatif. Pastikan terpasang dengan benar dan kuat. 

4. Nyalakan Charger

Jika Anda sudah memastikan bahwa kabel sudah terpasang dengan tepat, maka Anda bisa mulai menyalakan charger. Jangan lupa untuk mengatur saklar pengisi daya ke posisi yang tepat. Pastikan kabel listrik terpasang dengan saklar charger dengan posisi yang tepat sesuai dengan petunjuk yang ada.

5. Tunggu Hingga Aki Terisi Penuh

Untuk mengetahui aki mobil sudah terisi penuh, dibutuhkan alat bernama multitester. Selain itu, alarm juga akan berbunyi jika aki sudah terisi penuh. Pengisian aki otomatis akan berhenti jika aki sudah terisi penuh.

6. Matikan Cas dan Tutup Kembali Aki Mobil

Setelah penuh terisi, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan mengembalikan aki mobil seperti semula. Pasang terlebih dulu terminal positif kemudian terminal negatif. Kesalahan dalam memasang aki mobil dapat menyebabkan arus pendek listrik bahkan dapat menyebabkan tersetrum.

Bila Anda tak mau repot dengan urusan mengganti aki, Anda bisa melakukan pergantian aki di bengkel ganti aki. Namun pastikan Anda pilih bengkel yang terpercaya dengan memberikan  aki asli dan berkualitas untuk  mobil Anda.

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Kenapa Aki Mobil Harus Dicas"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.