} Serunya Berkunjung Ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan - Bambang Irwanto Ripto

Serunya Berkunjung Ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Semua berawal dari keponakan saya yang berusia 3 tahun lebih. Dia sangat suka ondel-ondel. Kalau setel youtube, pasti ondel-ondel yang dia tonton. Boneka ondel-ondel nya juga sudah banyak. Dari yangbterbuat dari bambu, tapi plastik, sampai botol. 

Kebudayaan Betawi Setu Babakan


Makanya dia sangat senang sekali, saat diajak papa ke perkampungan betawi setu babakan. Termasuk keponakan saya yang usia 5 tahun. Dia lalu cerita ke saya dengan antusias. Kerena saya beli pernah ke sana, saya pun minta ikut. Selain mengenal kebudayaan betawi, bisa juga jadi bahan tulisan di blog, juga bisa jalan-jalan hehehe. 


Menuju Perkampungan Betawi Setu Babakan

Minggu pagi, 2 Oktober 2022, kami sudah bersiap. Walau mendung hitam menggantung, dan sepertinya akan hujan, tapi kami tetap semangat menuju lokasi perkampungan Setu Babakan yang letaknya di jalan Moch, Kahfi II, Rt 13/Rw 8, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Benar saja, dalam perjalan hujan mulai turun dan tidak berhenti saat kami tiba di lokasi. Tapi.. Tetap semangat. Apalagi perjalanan yang harus ditempuh tidak terjauh jauh. Sekitar 30 menit, kami sudah sampai di sana.

Di pintu masuk, dua bapak petugas berpakaian betawi menghampiri mobil kami. Ternyata masuk perkampungan betawi setu Babakan ini gratis. Adik saya hanya membayar sumbangan Palang Merah Indonesia atau PMI sebesar 5 ribu. 

Alhamdulillah.. Siapa sih, yang tidak senang gratisan hahaha. Soalnya kalau ditotal rombongan kami yang berjumlah 7 orang, kan lumayan juga hehehe. Pikiran saya langsung ingin makan bakso, eh.. soto betawi hehehe.

Begitu mobil parkir, kami bergegas keluar mobil. Karena masih gerimis, kami berteduh dulu di sebuah gazebo besar. Setelah itu, kami mulai menyusun rencana mengitari perkampungan betawi setu Babakan ini. 


Museum Betawi 

Pertama, kami ke Museum Betawi dulu yang sudah di depan mata. Apalagi jaraknya dari gazebo kami berteduh sangat dekat. Sebentar saja, kami sudah sampai di sana. 

museum betawi


Saat masuk, petugas langsung mempersilakan mengisi buku tamu yang berada di sisi kiri depan. Dan adik saya yang bertugas mengisi buku tamu hahaha. Setelah itu baru bisa melihat-lihat. 

Di museum Betawi ini, ada dua ruangan yang berada di sisi kanan dan kiri. Nah, pertama,. Kami ke ruangan ikon betawi dulu yang berada di sisi kanan. 



Begitu masuk, kami langsung disambut dengan beragam ikon-ikon betawi yang selama ini sudah terkenal. Mulai dari rumah adat betawi, ondel-ondel, peralatan kerak telur, sampai bir pletok. 



Tidak ketinggalan dipamerkan juga batik betawi lengkap dengan alat membatiknya. Coraknya juga sangat menarik dan khas. Ada rumah betawi, ondel-ondel, sampai kembang goyang dengan warna-warna yang cerah.



Setelah selesai di ruang sisi kanan, kami berpindah ke ruangan sisi kiri. Di sini juga dipamerkan beragam yang berkaitan dengan kebudayaan betawi. 

Pertama, saya tertarik sekali dengan golok raksasanya. Ukurannya sekitar 2 meter. Yang menarik perhatian juga ada alat musik gambang kromo. Lalu ada juga pakaian pengantin betawi. 




Tidak ketinggalan ada juga roti biaya yang berdampingan dengan kue khas betawi. Seperti kembang goyang, biji ketapang, dan akar kelapa.



Setelah puas melihat di ruangan sisi kiri, kami pun berjalan ke luar lewat pintu belakang. Ternyata, di belakang ada gedung besar yang di depannya seperti arena untuk pentas seni. Keren sekali. Sebenarnya saya ingin turun, sayang hujan gerimis masih setia turun. 


Rumah Adat Betawi

Tujuan selanjutnya adalah rumah betawi. Rumahnya langsung mengingatkan saya pada runah si Doel di sinetron, tapi rumahnya rumah panggung dengan keseluruhan terbuat dari kayu. Cat warna cokelat, menurut saya sangat sesuai dan membuat lebih elegan, karena termasuk warna tanah.



Saya sangat senang sekali dengan rumah adat betawi yang model simetris ini. Sisi kanan dan kiri sama. melambangkan keseimbangan hidup. Belum lagi ukiran-ukiran khasnya.



Di teras rumah ada dua pasang kursi tamu. Terus semakin menarik dengan lampu hias gantungnya. Sayangnya, kami hanya bisa eksplor di bagian teras saja. Padahal saya ingin melihat seperti apa model dalam rumah betawi. 




Gedung Serba Guna

Tidak jauh dari rumah betawi, ada gedung serba guna yang luas sekali. Pastinya gedung ini dipakai untuk beragam acara ya. Saat saya datang, banyak juga rombongan dengan anak-anak yang sedang bermain. 



Di gedung serbaguna ini juga penuh dengan pengetahuan. Saya amati beragam beragam pengetahuan dari buah, sampai makanan khas betawi juga ditampilkan. Saya saja baru tahu ada buah bernama Alkesa, Nam-Nam, dan Kerendang. Terus ada info seputar Bubur Ase, Ongol-Ongol, Sate Asem, Ketan Urap, dan lainnya.



Setu Babakan

Gerimis masih menguyur, tapi tidak menyurutkan semangat kami. Termasuk keponakan saya yang berusia 3 dan 5 tahun masing semangat. 

Kami lalu keluar area. Tujuannya hendak ke setu Babakan yang berada di belakangnya. Jalan kaki sebentar, kami sudah sampai. 



Ternyata setu Babakan luas juga. Terus di sekitar, banyak orang berjualan makanan dan souvenir. Kemungkinan mereka adalah warga sekitar yang pemukimannya di sekitar setu babakan. Nah, keponakan saya sudah mulai merajuk minta ondel-ondel hehehe. 



Setelah membeli boneka dan topeng ondel-ondel, kami memutuskan mampir makan. Saya memilih soto betawi. Enak dan gurih sotonya. Ada potongan daging, kentang, dan tomat. Makin lengkap dengan emping dan sambal. 



Itu dia cerita saya dan keluarga di setu Babakan. Sangat menarik sekali tempatnya. Cocok sekali wisata keluarga, plus edukasi bagi anak-anak juga. Bisa juga wisata rombongan anak sekolah. Mungkin lain waktu saya akan ke sini lagi, biar lebih puas ekplornya. 


Kalau mau lihat video jalan-jalan saya sekeluarga ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, bisa mampir, ya. Selamat jalan-jalan. Salam...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Serunya Berkunjung Ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan"

  1. Ternyata disini ada museum Betawi juga ya pak, bagus nih buat nambah wawasan anak2 muda biar gak sampe ketinggalan sejarah 👍

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen soto Betawi juga nih. Di Bandung sini di mana ya ada yang jual soto Betawi...hehe...Sukaa dengan desain rumah tradisional Betawi, kebayang adem engga perlu AC. Apalagi terasnya, sore-sore ngopi cantik asyik banget...

    ReplyDelete
  3. tempatnya beneran terlihat terawat dan sepertinya baru. Seru juga berkunjung kesini karena kita mengenal sejarahnya dan banyak informasi terkait dimuseumnya. Sekalian icip icip kulinernya yang sedaaap

    ReplyDelete
  4. makasih pa informasinya, bisa jadi referensi tempat utk dikunjungi saat liburan sekolah anak ya, bisa mengenalkan budaya Betawi ke anak. Sy pribadi ga terlalu suka ondel-ondel tp kalo diajak menikmati kuliner Betawinnya dan mengel budayanya mau banget dooong

    ReplyDelete
  5. Senang banget pastinya berkunjung ke tempat yang nuansa budayanya kuat. Berasa kembali ke Batavia-Betawi di masa lalu ya, Mas.

    ReplyDelete
  6. Waaahh kalo ke Jakarta wajibb kesini juga nih aku, apalagi ngiler banget sama soto betawi dan emping blinjonya itu Pak hahaha

    ReplyDelete
  7. Topeng ondel²nya lucu juga, kalau ponakan daku melihat wah doi juga bakalan suka nih. Soalnya sama usianya sama ponakan Pak Bams, haha.
    Siip ah boleh banget masuk wishlist buat wisata ke sana, kan masih terbilang dekat juga karena masih wilayah Jakarta

    ReplyDelete
  8. Yuk bisa yuk generasi muda juga main ke museum yuk, termasuk aku juga nih yang cukup jarang ke museum

    ReplyDelete
  9. Saya belum pernah berkunjung ke Setu Babakan perkampungan Betawi.
    Membaca cerita jalan-jalan pak Bams dan keluarga, jadi ingin berkunjung juga, melihat budaya Betawi secara lengkap di satu lokasi.

    ReplyDelete
  10. Seru banget jalan-jalannya, saya belum pernah kesini, tempatnya bagus dan bersih ya, banyak yang bisa dieksplore pas kita main kesana, aku minggu ini mau ajak anakku ah ke Setu Babakan biar belajar budaya Betawi plus aku mau makan soto Betawinya bikin ngiler

    ReplyDelete
  11. Waaah baru tauu cocok nih buat liburan tipis2 bareng anak-anak, supaya mengenal betawi dengan berbagai atributnya.

    Tidak begitu jauh sih dari tempat kami yaa masuk toll kluar toll 🤭 tapi jakarta bekasi apalagi deket toll ga jauh ya pak..

    ReplyDelete
  12. hiyaaa deket banget sama rumah ini pak, kenapa gak mampir, hihi... tapi saya bolak-balik lewat sini juga belum pernah main ke kampung betawi ini malahan hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.