} Melipir sebentar di Taman Bakti Jaya - Bambang Irwanto Ripto

Melipir sebentar di Taman Bakti Jaya

Entah kenapa menjelang menjelang pukul 10, saya suntuk banget. Padahal saya baru sarapan. Memang sih, sudah beberapa hari ini belum ngebakso hahaha. 

Taman Bakti Jaya Depok


Makanya setelah menulis 1 artikel saya memutuskan keluar rumah. Saya niatnya JJS alias Jalan-Jalan Siang. Niatnya mau ke taman dekat rumah saja. Jadi kalau lapar, bisa langsung pulang hahaha. 

Saya pun tidak ada persiapan khusus. Segera saya kantongin hape, dompet, lalu menyambar tempat air minum yang masih berisi teh. Sekadar berbagi rahasia bagi para fans saya, saya itu tiap hari sedia teh hehehe. 

Setelah menyambar topi dan masker, saya pun bergegas meninggalkan rumah. Saya hanya bercelana pendek dan bersandal gunung. Sengaja, biar kalau dari jauh, orang melihat saya kayak ABG. Padahal asal tahu saja, saya pas masih jadi model remaja seangkatan Sultan Djorghi, Irgi Fahrezi, dan si kembar Fadli fadlan wkwkwk. 


Taman Bakti Jaya

Hanya berjalan sekitar 10 menit, saya sampai di Taman Bakti Jaya yang berada di kompleks Pelni, jalan Gema Barat 22, Bakti Jaya, Sukmajaya Depok. Walau sudah siang, ternyata pengunjung banyak juga. Tempatnya memang asyik sih. Pinggiran banyak pohon-pohon rindang. 



Sebenarnya, saya sering ke sini. Dulu zaman keponakan saya belum masuk TK, hampir tiap hari saya ajak ke sini bersama adiknya yang masih 3 tahun. Tapi setelah dia sekolah TK, dan pulang pukul 11 siang, makanya saya sudah jarang kemari. Sabtu minggu, keponakan saya bersama papa dan mamanya.

Menurut saya Taman Bakti Jaya ini sangat nyaman tidak hanya cocok untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa. Makanya dari pagi sampai sore selalu ramai. Bahkan banyak juga orang yang hanya sekadar ngadem, mampir ke taman Bakti Jaya ini. 


Fasiltas Taman Bakti Jaya

Fasilitas yang ada di taman ini sangat komplit. Makanya pada betah berada di sini. 

Lapangan Basket



Begitu masuk taman, langsung terlihat ada lapangan basket yang juga berfungsi untuk lapangan bola. 

Jogging Track

Saat pagi hari, banyak orang berolahraga di sini. Itu karena ada area Jogging Track. Beberapa putaran juga sudah keluar keringat hehehe

Arena Bermain

Anak-anak betah sekali di taman Bakti Jaya karena adanya fasilitas bermain. Ada jungkat-jangkit, ayunan 3 buah dan panjatan. 



Terus yang baru dibuat adalah tapak bulan. Keren sekali karena diberi angka. Terus dilanjutkan dengan adanya abjad dari A-Z. Jadi anak-anak sambil bermain, juga bisa belajar. 


Alat Olahraga

Selain ada jogging track, ada juga dia buah alat olahraga. Ada kayak sepeda berdiri, terus ada putaran untuk pinggang. Jadi bisa sekalian melatih otot dan mengecilkan perut hehehe. 

Kolecer



Kolecer ini singkatan dari Kotak literasi cerdas, semacam kotak perpustakaan keliling. KOLECER dibuka dan dijaga setiap setiap senin dan kamis, dari pagi sampai pukul 11 siang. 

Batu Refleksi



Ini juga salah satu fasilitas yang saya sukai di taman Bakti Jaya, yaitu refleksi batu. Kalau ke sini, saya pasti menggunakannya. Awalnya sakit saat telapak kaki saya menapaki batu-batu yang disusun sedemikian rupa ini. Namun setelah terbiasa, justru enak, dan manfaatnya bagus untuk kesehatan.

Wifi Gratis

Ini pasti disukai setiap pengunjung taman Bakti Jaya, termasuk saya hahaha. Di sini ada wifi yang super kencang. Makanya saat di sini, saya bisa menulis artikel untuk Kompasiana dan buat video youtube hahaha. 


Itu dia cerita saya sata melipir sebentar ke Taman Bakti Jaya. Menurut saya semuanya sudah oke, tinggal pengunjung saja yang harus menjaga kebersihan dan ikut merawat fasilitas yang ada. Hanya kalau bisa, disediakan WC umum. Soalnya saya saja betah di sana, tapi bingung mau pipis di mana hahaha. Happy nice day...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Melipir sebentar di Taman Bakti Jaya"

  1. Assiikk banget sih nih taman bakti jaya. Kalau pulang sekolah bisa banget ajak anak2 melipir main ke sini. Apalagi ada Kolecer nih, yang jarang ada di sini. Bisa baca buku sambil ngadem kena semilir angin, enak enak. Apalagi sambil ngebakso.

    ReplyDelete
  2. wah kalau ada taman kota yang asri gini bisa jadi alternatif untuk mencari tempat refreshing ya. semoga saja di sana tempatnya terawat dan bersih

    ReplyDelete
  3. Lapangan basketnya kok ga ada ringnya pak?? aku paling seneng basket, dan sayangnya di kotaku ndak ada taman bginian :(

    ReplyDelete
  4. seneng banget kalau deket rumah banyak taman cakep yang bikin makin happy semuanya terawat dengan baik dengan tanaman yang banyak dan hijau bikin seger dan bahagia kalo mampir kesana

    ReplyDelete
  5. waaahh.. pengen ikutan melipir juga aaah hihi.. seidkit jauh dari rumah sih tapi masih depok juga, bisa lah nanti main-maian kesini :) memang sekarang aku pun lebih suka ajak anak-anak main di taman terbuka begini, lebih irit pastinya wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Seru Pak Bams tempatnya.
    Apalagi ada kolecer, lucu juga singkatannya hehe.
    Eh sama yang satu lagi sih yang bikin seneng karena ada Wi-Fi gretong hehe, jadinya bisa sambil bertugas atau bikin konten

    ReplyDelete
  7. Tumben banget ini taman ada wi-fi-nya. Jadi betah kalau olahraga di sini bisa sekalian update medsos kan ya.

    ReplyDelete
  8. Baru refleksi itu menarik. Kalau belum pernah emang sakit sih. Tapi kalau udah terbiasa pasti nyaman. Dan keberadaan WIFI selalu jadi penarik bagi para pengunjung. Bener deh.

    ReplyDelete
  9. Jalan jalan ke Taman Bhakti Jaya ini asik ya mas.
    Di Surabaya juga banyak taman
    Semoga next dibangun fasilitas WC umum juga ya

    ReplyDelete
  10. Kereen banget tamannya...ada Kolecer btw kalau ujan deres angin apa ga basah ya pak buku2nya...
    Semoga makin banyak taman bermain seperti ini yaa di Indonesia sehingga bisa bermain sambil olah raga atau baca buku (gusti yeni)

    ReplyDelete
  11. Nyenengin banget ya di area publik dan open space ada buku-buku yang bisa dibaca. Ideal banget buat nunggu anak-anak bermain sementara ortunya baca buku.

    ReplyDelete
  12. Wah, ide membuat Kotak Literasi Cerdas memang beneran cerdas ya Pak Bams. Bisa duduk-duduk di taman yang rindang sambil baca buku, bikin betah semua kalangan usia nih tamannya....

    ReplyDelete
  13. Ruang terbuka hijau ini memang sangat menyenangkan ya mas. apalgi kalau fasilitasnya lengkap kayak gini, bikin betah..

    ReplyDelete
  14. WC umum ini memang penting. Kebanyakan taman yg saya kunjungi juga tidak menyediakan fasilitas WC umum, padahal "panggilan" bisa datang kapan saja kan. Tapi ada juga yg disiapkan WC umum, sayangnya pengunjung kurang bertanggung jawab. Jadi kotor dan tidak layak digunakan. Mungkin karena tidak ada petugas yg mengurus juga.

    ReplyDelete
  15. Saya kemarin juga vitu, mau ngapa ngapin kok gak mood. Baru inget kalau seminggu belum ngebakso hahaha... Emang bakso tuh bikin semangat lagi yaa

    ReplyDelete
  16. Wah tempatnya asik yaaa, fasilitasnya lengkap, adem karena banyak pohon besar. Saya jadi ingat di Pontianak juga punya taman yang mirip kayak gini, kapan-kapan saya mau hunting jugaa aahh jadiin artikel, hehee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.