} Merawat Kebaikan Kolektif Mulai dari Diri Sendiri karena Ini Tentang Kita - Bambang Irwanto Ripto

Merawat Kebaikan Kolektif Mulai dari Diri Sendiri karena Ini Tentang Kita

Salah satu ajaran hidup adalah melakukan kebaikan.    Dan sebenarnya, kunci dasarnya sudah ada pada diri masing-masing. Karena setiap orang itu baik, maka kebaikan itu harus terus disebar, agar bermanfaat, tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang lain. 



Bahagianya Berbagi

Suatu ketika saya dihubungi oleh Mas Lukas, salah satu teman ilustrator plus waktu itu pemimpin redaktur majalah anak. Mas Lukas mengajak saya untuk menghibur anak-anak korban kebakaran yang sedang mengungsi di suatu tempat di daerah Jakarta pusat. Saya pun langsung mau.

Ternyata, Mas Lukas tidak hanya mengajak saya, tapi juga mengajak teman saya juga sesama penulis cerita anak, yaitu Mbak Ratih Soe yang juga merupakan pendongeng. Terus ada juga 2 teman Mas Lukas yang ikut serta.



Setelah kumpul di redaksi majalah anak, berlima kami satu mobil menuju lokasi pengungsian.  Sampai di sana, kami membagi-bagikan makanan, lalu membagikan majalah anak. Kemudian Mbak Ratih mendongeng. Masya Allah, sampai saat ini, masih terus terekam jelas dalam ingatan saya. Betapa terharu melihat wajah-wajah mereka yang menerima sedikit kebahagiaan dari kami.

Dari kejadian di atas saya pun belajar, bahwa sekecil apa pun kebaikan yang kita tebar atau bagikan Insya Allah akan berbuah kebaikan yang besar juga. Dan itu saya rasakan sendiri. Misalnya saya ada rezeki menulis dan saya berbagi, Alhamdulillah, saya mendapat rezeki menulis lagi. 


Menebar Kebaikan Secara Bersama

Sebagai makhluk sosial, pastinya dalam perjalanan hidup, kita memerlukan bantuan orang lain. Walau masing-masing Allah SWT telah memberikan kelebihan masing-masing, namun dengan adanya kekurangan, kita saling melengkapi untuk terus bersama.

Begitulah yang saya pelajari dalam sepanjang perjalanan hidup saya ini. Seperti cerita saya di atas. Mas Lukas, saya Mbak Ratih dan teman Mas Lukas  menebar kebaikan bersama dengan porsi masing-masing. Dan dampaknya itu dahsyat, ketimbang saat misalnya saya jalan sendiri.

Misalnya seorang tetangga sedang butuh bantuan membangun rumah. Pastinya dia tidak hanya menerima bantuan dana saja, tapi ada yang membantu sebagai tukang, sebagai tukang pasang listrik sebagai pasang bata dan sebagainya.

Begitu juga saat terjadi bencana. Korban bencana tidak hanya membutuhkan sumbangan makanan, tapi juga ada dokter, perawat, relawan yang membantu di berbagai aspek. Insya Allah dengan bersama, seberat apa pun akan mampu diatasi.



Nah, salah satu kegiatan yang pernah saya ikuti baru-baru ini bersama DMC Dompet Dhuafa adalah Jurnalis Siaga Bencana. Di sana, kami diajarkan bagaimana cara membantu orang saat mengalami kecelakaan baik di darat maupun di air. Alhamdulillah ini sebuah kebaikan yang ditebarkannya DMC Dompet Dhuafa kepada saya dan teman-teman yang ikut pelatihan itu. Insya Allah, akan saya praktikkan dan tebarkan kembali kepada orang lain.


Merawat Kebaikan Kolektif

Menebar kebaikan itu sangat banyak manfaat. Salah satunya untuk diri sendiri. Saat menebar kebaikan, tanpa kita sadari, kita justru menolong diri sendiri untuk menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh. Akhirnya organ tubuh bisa bekerja dengan baik, dan kita tidak mudah sakit. Masya Allah. 

Bersama Menebar Kebaikan (Canva)

Berbagi kebaikan itu saya rasakan sendiri manfaatnya. Tidak hanya memperlancar dalam urusan mencari rezeki, tapi juga diberi kesehatan, diperlancar urusan, termasuk terhindar dari kejadian tak baik.

Makanya, kebaikan itu harus terus dirawat atau dijaga. Tidak bagi diri kita sendiri, tapi juga untuk orang lain. Dan caranya simple saja, dengan mulai dari diri sendiri, dan apa yang bisa kita lakukan dari potensi diri sendiri. Misalnya saya seorang penulis. Alhamdulillah kebaikan-kebaikan yang terjadi di sekitar saya, bisa saya sebarkan lewat tulisan.

Ini Tentang Kita

Salah satu yang ingin saya bagikan adalah program dari Humanesia yang kali ini mengangkat tagline Ini Tentang Kita. Ya, kita di sini adalah semua pihak. Dompet Dhuafa, relawan, penerima manfaat, jaringan kemitraan dan semua orang. Dengan berbagai latar, status, pekerjaan juga usia. Ini jelas menggambarkan, kalau kita semua bersama walau dalam perbedaan. 



Berbicara tentang KITA di atas, sudah jelas, ini membahas soal kebersamaan. Jadi kebaikan akan semakin baik saat dilakukan bersama. Dan Alhamdulillah, Dompet Dhuafa terus mengajak kita untuk terus menebarkan kebaikan. Beragam kebaikan kolektif, bisa kita lakukan.



Bantu Cianjur Pulih

Seperti yang kita ketahui, gempa telah melanda Cianjur. Saudara-saudara kita pun kehilangan harta benda dan saudara. Insya Allah dengan saling bantu, Cianjur akan pulih seperti dulu lagi. Aamin...

Kado Akhir Tahun Anak Yatim

Tahun 2022 akan segera berakhir, dan 2023 segera menyapa. Setiap anak, pastinya ingin merasakan kebahagiaan juga di akhir tahun. Teman-teman bisa berbagi kebahagian bersama mereka.

Perempuan Tangguh

Banyak sekali perempuan-perempuan tangguh di sekitar kita. Mereka menjadi ibu mengurus keluarga, plus kepala rumah tangga. Mereka akan bisa semakin tangguh dan mempunyai usaha dengan dukungan kita semua. 

Zakat Akhir Tahun

Tahun 2023 sudah di depan mata. Semakin manis dengan mengeluarkan zakat untuk akhir tahun. Insya Allah zakat yang dikeluarkan jadi manfaat dan semakin banyak yang bahagia di akhir tahun.

Wakaf untuk Ibu

Surga ada di telapak kaki Ibu. Kasih ibu akan sepanjang masa untuk anaknya. Walau anak tidak akan bisa membalas semua kebaikan Ibu, tapi kewajiban anak membahagiakan ibu. Nah, dengan berikan wakaf untuk Ibu sebagai hadiah pahala abadi.

Sedekah Tolak Bala

Segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita, sudah diatur oleh Allah SWT. Termasuk misteri bencana. Insya Allah dengan terus bersedekah, semoga kita akan terhindar dari bencana. Aamiin.

Nah, itu dia cerita saya seputar terus menebar kebaikan di sekitar kita. Ini Tentang Kita. Jadi kita harus saling peduli terhadap saudara di sekitar. Dengan bersama, kita bisa meringankan beban orang lain. Insya Allah, semua akan mendapat manfaat, berkah dan bahagia. Aamin.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Merawat Kebaikan Kolektif Mulai dari Diri Sendiri karena Ini Tentang Kita"

  1. Kalau bersama-sama sharing kebaikan seperti ini malah jadi ketagihan ya Mas...Bagus nih program DD seperti ini, karena bantuan tidak hanya materi. Justru kehadian kita secara moril menjadi penyemangat buat mereka, apalagi anak-anak. Semangaat Mas...

    ReplyDelete
  2. Menebar kebaikan ke sesama itu memang menyenangkan ya mas. Bukan hanya orang lain yang senang tapi diri kita sendiri pun ikut senang. Dompet Dhuafa memang selalu menjadi wadah untuk kita berbagi dengan sesama dengan mudah

    ReplyDelete
  3. Bertebar kebaikan bisa jalur mana aja mas, misalnya ngbantu umkm yg jualan dipinggir jalan juga sama.. Jadi kebaikan itu kita ciptakan sendiri, bukan mencarinya.. Insyallah disetiap langkah kita dapat pahala.. Aamiin

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah pengalaman yang nggak akan terlupa banget Mas, bisa turut turun langsung menghibur adik-adik korban kebakaran kala itu. Pengalaman untuk hati ya, Mas. Memang kebaikan itu nggak bisa diperjuangkan bersama-sama biar dampaknya lebih meluas lagi.

    ReplyDelete
  5. sepak terjang dompet dhuafa sebagai lembaga non profit emang gak diragukan lagi. bukan hanya membantu sesama di kala terjadi bencana, bahkan membantu pemegang asuransi pemerintah yang tidak mampu melunasi tagihan. salut dengan dompet dhuafa. semoga terus hadir dan ada untuk membantu orang banyak ya

    ReplyDelete
  6. Kebaikan itu memang sejatinya bukan untuk mereka, tetapi untuk diri sendiri. Selain hati kita justru menjadi bahagia, juga menjadi bekal untuk kita di akhirat nanti

    ReplyDelete
  7. terimakasih pa, diingatkan untuk selalu berbuat baik karena kita adalah makhluk sosial yang saling memerlukan

    ReplyDelete
  8. keren banget konsistensi dompet dhuafa.. setahu saya mereka juga amanah pak, saya pun beberapa kali menitipkan infaq melalui dompet dhuafa. di surabaya sini juga ada perwakilannya

    ReplyDelete
  9. Ini tentang kita, tentang aku, kamu dan mereka.
    Keren banget kegiatannya Mas Bambang, turut senang melihat anak-anak bisa menjadi penerima manfaatnya

    ReplyDelete
  10. Setuju Pak, sekecil apapun kita menolong orang lain, tetap saja akan kembali pada diri sendiri dengan berbagai hal positif. Semua tentang kita. Semoga kita bisa saling membantu sesama terus ya.

    ReplyDelete
  11. Berbagi kebahagiaan itu pasti sangat menyenangkan ya mas. Apalagi kepada sesama yang membutuhkan. Meski jumlahnya kecil namun manfaatnya luar biasa. Terlebih jika dilakukan bersama, tentu manfaatnya dapat dirasakan oleh kedua belah pihak, baik pemberi maupun penerima.

    ReplyDelete
  12. Tagline dompet dhuafa ini menginspirasi bahwa berbuat kebajikan untuk sesama maka sama saja berbuat baik untuk diri sendiri.
    Semoga program ini terus berkelanjutan dan makin banyak yang turut serta mendukung

    ReplyDelete
  13. Tidak akan rugi berbuat baik
    Apalagi jika melakukan perbuatan baik bersama-sama
    Selain lebih membahagiakan juga lebih berdampak

    ReplyDelete
  14. Banyak sekali ya yang sudah dilakukan oleh Humanesia ini, pastinya kegiatan ini sangat membantu orang banyak yang membutuhkan. Semoga makin banyak lagi kegiatannya dan terima kasih orang-orang baik yang sudha berkontribusi dalam acara ini

    ReplyDelete
  15. Setuju banget nih Mas, ketika kita berbuat kebaikan atau menolong orang lain itu hakikatnya kita juga sedang berbuat baik dan menolong diri kita sendiri. Tentunya berbagi juga tidak akan membuat kita miskin dan kekurangan justru pahala yang dilipatgandakan yang akan Allah kasihkan ke kita.

    ReplyDelete
  16. Ada banyak cara untuk kita bisa bermanfaat bagi orang lain dan salah satunya dengan menjadi donatur di Humanesia Dompet Dhuafa.
    Rasanya merawat luka orang lain, maka diri sendiri juga akan diberi kemudahan untuk sembuh. MashaAllah~

    ReplyDelete
  17. seru banget ada redaksi majalah anak. tapi ngomongin soal kebaikan, emang pondasinya di diri sendiri sih. semoga kita bisa terus menebar manfaat.

    ReplyDelete
  18. Semoga semuanya terus berjalan dan manfaatnya bisa dirasakan dengan baik oleh diri kita meski membantu orang lain secara kasat mata. Karena kita dan orang lain siapa pun yang mengulurkan tangan, akan kembali manfaatnya...

    ReplyDelete
  19. Dompet Dhuafa ini keren ya, menebar kebaikan di mana-mana. Dan mereka bisa bantu kita juga untuk memperbanyak perbuatan baik. Berbagi nggak akan membuat kita miskin kok

    ReplyDelete
  20. Tidak perlu ragu apakah masih ada atau tidak ada orang baik di dunia ini. Masih banyak. Jika kau tak menemukannya, maka jadilah salah satunya. Ini adalah kata-kata yang aku dapatkan saat dulu aku kehilangan dompet tapi dikembalikan utuh oleh orang baik. Masyallah🤗😇

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.