} Ramadan dari Hati Ajakan Tebar Kebaikan - Bambang Irwanto Ripto

Ramadan dari Hati Ajakan Tebar Kebaikan

Alhamdulillah tidak lama lagi Ramadan akan menyapa. Bulan penuh berkah ini, pastinya sangat dinanti kita semua. Bulan penuh rahmat yang menebarkan banyak kebaikan.


Untuk menyambut datangnya Ramadan, Dompet Dhuafa kembali menggelar tarhib bertajuk Isi Ulang Nurasi #RamadandariHati. Acara ini berlangsung hari Minggu, 19 Februari 2022 di Chillax Sudirman, Jakarta pusat.


Rangkaian acaranya seru yang dimulai dari pukul 2 siang, sampai 6 sore. Mulai dari Fun Cooking Menu Ramadan, Stand up comedy, sampai merching band dan qosidahan. Bahkan ada cek gula gratis. Pastinya tidak lupa talkshow seputar Ramadan dari Hati yang menjadi tagline tahun ini.

Menuju Chillax

Sejak tahu bakalan digelar tarhib ini saya sudah antusias untuk menghadiri. Pastinya saya akan mendapat banyak input dari acara keren ini. Soalnya, saya tahun lalu juga menghadiri. Nah, apa yang saya dapatkan diacara nanti, Insya Allah bisa saya bagikan kepada teman-teman lain lewat tulisan saya.

Makanya, hari minggu, sekitar pukul 11 siang, saya sudah bersiap menuju Chillax yang berada di kasawan Sudirman. Jujur saja, saya baru tahu ada tempat makan asyik bernama Chillax. Jadi walau dulu saya sering beredar di wilayah sudirman, termasuk di senayan, saya harus mencari tahu dulu ancer-ancer Chillax ini.

Ternyata Chillax ini letaknya berseberangan dengan jalur senayan. Makanya, saya berinisiatif lewat lewat jalur Monas, nanti terus ke MH Thamrin, selanjutnya Sudirman. Dan ancer-ancer saya tepat hehehe. Sekitar pukul setengah 1 siang, saya sudah sampai di Chillax.



Setelah parkir motor di basemen gedung sebelum Chillax, saya pun langsung menuju lokasi. Gerimis kecil langsung menyambut saya. Namun Alhamdulillah tidak lama sudah berhenti. Dari depan sudah terlihat gerbang tarhib dompet Dhuafa. Sayangnya, saya lupa bawa tripod, jadi tidak sempat foto di sana hehehe.


Keliling Chillax

Karena acaranya masih lama dimulai, saya pun berinisiatif berkeliling Chillax dulu. Pengunjung ramai, karena mungkin hari minggu. Kebetulan ini pertama kali saya ke Chillax, jadi saya sempatkan ambil foto. Lumayan buat dimasukin ke Google Map biar nambah poin hehehe.



Dari konsepnya, Chillax bagus sebagai tempat makan dan nongkrong. Bisa buat foto-foto selfie, karena banyak spot bagus. Hanya sayangnya, saya lupa bawa tripod. Makanya foto selfie saya hanya ada 3 biji. Itu pun satu foto minta tolong sese-Mas. Kemudian dua foto, sanderin hape di tembok dan pakai timer hehehe. Hanya mungkin karena saya belum terbiasa dengan orang membawa anjing di tempat makan umum, Jadi sedikit agak risih hehehe.


Ramadan dari Hati

Akhirnya pukul 2 siang tiba. Saya pun kembali ke venue acara yang letaknya di belakang. Tidak lama, acara pun dimulai dengan penampilan Drumband Bahana Qu SMP 9 yang merupakan pemenang grandprix marching band 2022. keren banget, ya...



Setelah itu Dua MC keceh menyapa para hadirin yang datang. Kemudian tidak lama, kata sambutan dari Bapak Prima Hadi Putra selaku Direktur Business Operation Support LAZ Dompet Dhuafa.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Fun Cooking Menu Ramadan bersama Chef Aiko. Chef cantik ini menampilkan menu ayam taliwang yang sangat pas untuk menu Ramadan. Sambil memasak, Chef Aiko juga memberikan beragam tips. 



Salah satunya, cara mengawetkan cabe. Jadi saat musim panas, sebaiknya membeli cabe lebih banyak lalu diawetkan. Caranya dengan mengalasi cabe dengan tisu atas bawah. Jadi bukan atasnya saja. Terus bukan tisu wajah, tapi menggunakan tisu makanan. Maka cabe akan awet untuk persediaan selama bulan ramadan.

O, iya. sambil menunggu proses ayam taliwang matang, acara diselingi oleh penampilan grup qasidah Alanwar. Ibu-ibu berbusana muslim warna merah jambu ini, membawakan beberapa lagu. Salah satunya lagu Ikan Dalam Kolam.



Seiring usai penampilan grup Qasidah Alanwar, selesai juga proses memasak Chef Aiko. Jadi untuk mempersingkat waktu, semalam, chef Aiko sudah memasak ayam taliwang. Jadi tinggal diplating atau ditata di atas piring. Auto ngiler hahaha.



Setelah pengunjung dimanjakan dengan keharuman ayam taliwang, lanjut pengunjung akan dikocok perutnya oleh stand up comedy. Hadir dua komika yaitu Iwan Penyet alias Idaman Wanita Penampilan Nyentrik. Komika satu lagi adalah Virsya Alamsyah.

Iwan Penyet


Acara inti pun tiba. Sharing Ramadan dari Hati menampilkan 3 narasumber. Mereka adalah Suci Nuzleni Qadarsih sebagai ketua Ramadan 1444 H Dompet Dhuafa, Windi Adira dari Bank Aladin, dan Aiman sebagai influencer.



Menurut Mbak Suci, sesuai surah At Taubah, inti berbagi kebaikan itu muncul dari hati. Bila semua dilakukan dari hati, maka rasa berbaginya lebih dalam. Karena itulah Ramadan dari Hati menjadi tagline kegiatan Ramadan tahun ini.

Melalui tarhib ini, ingin mengajak masyarakat mulai merasakan sebagai Ramadan. Jadi bisa mulai berlatih puasa, salat tahajud, dan lainnya. Nanti saat masuk bulan Ramadan sudah terbiasa.

Seperti tahun sebelumnya, berbagai kegiatan juga akan digelar selama bulan Ramadan. Mulai dari memberikan zakat parcel Ramadan untuk fakir miskin. Isi parcel berupa bahan sembako, perlengkapan salat, juga Al-Quran. Nantinya parcel Ramadan ini akan disebar ke seluruh pelosok negari.

Selain itu, ada juga kegiatan tebar zakat fitrah. Ada juga borong dagangan UMKM untuk berbuka puasa. Jadi Dompet Dhuafa membuka seluas-luasnya kolaborasi Ramadan ini.

Aiman adalah salah satu influencer yang sering berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa. Awalnya, Aiman memang suka berkegiatan sosial. Setelah mengenal Dompet Dhuafa, kegiatan sosial Aiman semakin luas. Misalnya saat ada festival anak mudah, bisa sekalian menggalang dana untuk kebaikan.

Aiman juga bercerita sangat senang saat ikut berkurban melalui Dompet Dhuafa. Berkurban di Dompet Dhuafa sangat terbuka dan transparan. Mulai dikirimkan foto hewan kurbannya, foto penerima manfaat kurban, termasuk laporan keuangan.

Selain itu, Aiman juga pernah ikut serta dalam tebar Zakat Fitrah yang dikirim Dompet Dhuafa ke rumahnya. Zakat Fitrah itu lalu Aiman membagi-bagikan ke orang-orang  yang berhak menerima yang tinggal di sekitar rumahnya. Alhamdulillah, lewat Tebar Zakat ini, Aiman jadi tahu keadaan lingkungan sekitar, dan itu jadi jalan untuk berbuat baik. Aiman menutup ceritanya dengan perkataan bijak, bahwa setiap perbuatan baik yang kita lakukan walau sedikit, Insya Allah alkan membuka kebaikan yang besar.

Bank Aladin ini adalah mitra dari Dompet Dhuafa. Bank Aladin merupakan bank syariah aplikasi. Jadi teman-teman tinggal install aplikasinya. Untuk membuat akun, dibutuhkan waktu hanya 3 menit.

Ibu Windi menuturkan, Bank Aladin mempunyai program Ala Berbagi. Jadi lewat program ini, teman-teman bisa berbagi kebaikan. Selain itu, ada juga program zakat Fitrah.

Bank Aladin mempunyai banyak keuntungan. Selain membuka rekening mudah, juga tanpa setoran awal. Bisa bebas transfer gratis 25X sebulan. Bisa setor dan tarik juga di Alfamart. Keuntungannya bikin happy ya.

Usai talk show, akhirnya acara yang dinanti tiba juga. Apa lagi kalau bukan penampilan J-Rocks. Lalu biar suasana semakin meriah, MC duo keceh memberi games-games seru untuk hadirin. Tentu saja ada hadiahnya hehehe.

J-Rocks menutup tarhib Dompet Ramadan dengan penampilan ciamik. 4 lagu yang dibawakan, sukses membuat hadirin ikut bernyanyi, bahkan bergoyang di bibir panggung. Saya pun tak beranjak sampai acara usai pukul 6 sore.



Alhamdulillah acara berjalan lancar. Insya Allah lewat Tarhib bertajuk Ramadan dari Hati membuat kita semakin semangat menyambut Ramadan. Tidak hanya itu, Insya Allah semakin semangat juga untuk berbagi. Ramadan indah dan berkah.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Ramadan dari Hati Ajakan Tebar Kebaikan"

  1. wah makasih informasinya pa, baru tau Bank Aladin adalah bank syariah aplikasi yg bisa setor dan tarik di Alfamart. keren, tinggal jalan sedikit dari rumah nih bisa setor tabungan Bank Aladin di Alfamart

    ReplyDelete
  2. Seru banget nih. Tapi nggak ngeliat blogger lainnya deh. Saya aja nggak tau ada acara event ini. Lagu Ikan Dalam Kolam belum pernah dengerin. Lagi hits ya??

    ReplyDelete
  3. Seru banget ya, acaranya. Tempatnya juga kece. Semoga makin banyak kebaikan yang ditebar dompet dhuafa

    ReplyDelete
  4. Whah asyik banget acaranya. Tak terasa Ramadan sebentar lagi akan datang. Salut dengan Dompet Dhuafa yang menyuguhkan program-program terbaiknya

    ReplyDelete
  5. Saya juga kemarin ke sana Mas gara-gara diajak teman-teman, seru memang ya sekarang banyak tempat yang bisa dikunjungi kayak bazar makanan, pakaian, acara dan lainnya termasuk acara komika itu. Jadi ingat sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan, udah kebayang serunya nanti

    ReplyDelete
  6. Wah. Seru banget acaranya, Pak. Emang benar sih. Sesuatu yang dilakukan dari hati. Pasti akan sampai ke hati. Dan itu maknanya bisa jadi lebih dalam lagi.

    ReplyDelete
  7. Kesempatan buat berlomba dalam kebajikan menyambut ramadhan ini.
    Menyenangkan rangkaian acaranya Pak, semoga terus berkelanjutan.
    Hayuuk, persiapkan diri. Juga buat yang ingin kontribusi acaranya ya

    ReplyDelete
  8. keren nih programnya dompet dhuafa.. jelang ramadan sudah mulai menjalankan program tebar kebaikan yaa.. semoga bisa menjangkau banyak umat dan orang yang membutuhkan aamiin

    ReplyDelete
  9. Ramadhan sebentar lagi ya Mas, makin semarak dan semangat kalau ada acara seperti ini yaa. semoga ibadahnya nanti berjalan lancar

    ReplyDelete
  10. inget ramadhan, inget belum bayar utang puasa satu lagi :"D

    wah jadi ga sabar yaa liat acara-acara serupa di ramadhan nanti, rasanya kangen. btw spot fotonya bagus, aku jadi mupeng pak bam XD

    ReplyDelete
  11. Masya Allah, acara yang menarik nih. Semoga kita makin semangat menyambut Ramadan yang sebentar lagi datang.

    Soal menu ayam taliwang, saya jadi kangen nih. Dah lama gak memakannya.

    ReplyDelete
  12. Acara tarhibnya kerena ya pak. Lengkap. Ada marching bandnya juga. Jadi pengen ikutan lihat

    ReplyDelete
  13. Wah program Bank Aladin menarik ya ada gratis transfer hingga 25 kali. Lumayan banget buat penghematan apalagi jaman cashless gini semakin sering transfer duit ke E-wallet

    ReplyDelete
  14. waah seru banget ada acara ramadhan di Chillax, udah 2 kali ke Chillax tempatnya seru banget buat nongkrong..

    ReplyDelete
  15. Ya Allah, Pak Bambang menamparku untuk sadar tinggal berapa hari lagi udah Ramadhan TT. Seru banget tuh acaranya. Hawa-hawa Ramadhan memang sudah terasa sih ya, Pak. Semoga kita semua diberi kesempatan untuk bisa beribadah di bulan Ramadhan ya, Pak

    ReplyDelete
  16. Suasana ramadhan udah kerasa banget sih emang. Seru banget keknya ini acara. Komplit, dari qasidah, komika, masak-masak, sampai nyanyi J-Rock. Bagus juga sekarang ada Bank Aladin yang jadi rekanan Dompet Dhuafa, jadi lebih mantap deh.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah,
    Sangat menikmati serangkaian acara tarhib Ramadan dari Dompet Dhuafa. Dengan mengikuti acara ini, semoga kita semua sambut hangatnya Ramadan dengan penuh iman dan cinta.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.