} Resep Latte dengan Omela Foaming yang Bikin Kopi Lebih Nikmat - Bambang Irwanto Ripto

Resep Latte dengan Omela Foaming yang Bikin Kopi Lebih Nikmat

Kopi sudah menjadi minuman yang biasa dinikmati oleh masyarakat Indonesia, baik dalam bentuk kopi hitam maupun latte. Tanpa segelas minuman yang mengandung kafein ini, seseorang yang sudah biasa menikmatinya akan merasa ada yang kurang, bahkan bisa menyebabkan menurunnya semangat dan konsentrasi. Untuk yang suka jenis latte, resep latte dengan Omela Foaming berikut bisa dicoba. 

Resep Latte dengan Omela Foaming yang Bikin Kopi Lebih Nikmat
Foto : Ardian Langit Kriseta


Latte adalah jenis kopi yang dilengkapi dengan susu atau bahan lain yang mempunyai tekstur sama sehingga bisa membentuk lapisan busa tipis di atasnya. Bagi yang sudah mahir, dapat mendesain lapisan ini sehingga terlihat lebih estetik dan menarik. Namun cita rasa latte itu sendiri sudah menjadi daya tarik bagi pecinta kopi untuk segera menikmatinya. 

Bikin Kopi Lebih Nikmat Resep Latte Pakai Omela Foaming

Salah satu kunci rasa nikmat dari kopi latte adalah bahan pembuat latte itu sendiri. Sebenarnya latte tidak selalu terbuat dari susu, teman-teman bisa menggantinya dengan menggunakan bahan sejenis. Namun untuk dapat membuat kopi latte yang enak, teman-teman bisa menggunakan Omela Foaming Milk yang mempunyai rasa unik, enak dan tidak bikin eneg. Cara membuatnya pun mudah. 

Selain itu, bahan untuk membuat minuman lezat ini juga mudah didapat. Kini teman-teman bisa lebih sering menikmati secangkir kopi latte yang enak tanpa harus keluar banyak uang karena dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan Omela Foaming Milk. Bahan dan cara membuatnya seperti berikut ini: 

Bahan 

Untuk membuat minuman kopi latte yang lezat perlu beberapa alat untuk menimbang maupun menghaluskan dan mencampur bahan. Ketepatan takaran masing-masing bahan sangat menentukan keberhasilan dalam pembuatan latte.

  • Biji kopi, jenis yang terbaik adalah arabika 20 gr
  • Air 60 ml air
  • Omela Foaming 240 ml

Alat yang diperlukan

Jika ingin membuat kopi latte sendiri, teman-teman memerlukan alat yang berfungsi untuk menghaluskan dan mengepress bahan foaming sehingga mudah membentuk tekstur seperti yang diinginkan. 

  • Penggilingan kopi
  • Timbangan
  • Presso
  • Cangkir untuk menyajikan kopi latte

Cara Membuat Kopi Latte yang Enak dan Menarik

Sebelum memulai untuk membuat minuman enak ini, semua bahan harus sudah siap karena begitu proses berjalan, akan langsung digunakan dalam kondisi masih panas. Proses pembuatan kopi latte memerlukan beberapa tahap secara terpisah.

Penyiapan bahan yang tepat bisa menjadikan pembuatan kopi latte semakin cepat. Selain itu, penampakan dari minuman latte ini juga akan menarik. Tahap pembuatannya bisa mengikuti langkah berikut.

  1. Timbang kopi sebanyak 20 gr dan haluskan menggunakan penggilingan sampai menjadi bubuk yang benar-benar halus. Pilih biji kopi terbaik dan berkualitas untuk mendapatkan tekstur, aroma dan rasa terbaik. 
  2. Gunakan timbangan yang akurat untuk memastikan takaran, karena komposisi yang kurang tepat antara air dan bubuk kopi yang digunakan akan berpengaruh pada rasa dan penampakan kopi latte yang dihasilkan. Untuk bisa mendapatkan komposisi yang pas sesuai takaran dan selera mungkin teman-teman perlu mencoba beberapa kali. 
  3. Sebelumnya, dinginkan Omela Foaming dalam kulkas dengan suhu sekitar 4 derajat Celcius agar tekstur yang dihasilkan lebih creamy.
  4. Setelah tahap persiapan selesai, kini saatnya mulai membuat kopi latte yang nikmat, mulai dengan membuat espresso. Caranya dengan menyiapkan air panas bersuhu sekitar 90 derajat Celcius dan biarkan selama 1 sampai 2 menit. 
  5. Siapkan biji kopi yang sudah dihaluskan.
  6. Masukkan kopi bubuk ke dalam mesin presso kemudian press. Pastikan komposisinya 20 gr kopi dan 60 ml air.
  7. Buat foaming dari Omela. Caranya dengan memanaskan 240 ml Omela Foaming sampai 90 derajat Celcius. Jika tidak ada thermometer bisa dengan memanaskan sampai mendidih kemudian mendiamkan selama 2 menit. 
  8. Press Omela menggunakan presso. Lakukan sekuat tenaga agar Omela tersebut membentuk tekstur yang bagus. Kekuatan dalam melakukan press menentukan bentuk atau teksturnya.
  9. Agar lebih bagus, lakukan press sampai sekitar 1 menit. Namun perlu diperhatikan, jangan menekan Omela melebihi anjuran karena teksturnya akan menjadi kental sehingga sulit menyatu.
  10. Terakhir, tinggal menuangkan Omela yang sudah menjadi foaming ke dalam kopi yang disiapkan pada cangkir. Tuang secara perlahan dan tidak sampai penuh agar teksturnya tetap bagus. Apabila terlalu banyak atau sampai tumpah akan berpengaruh pada penampakannya menjadi kurang menarik.  


Paing Pas membuat Minuman dengan Omela
Foto : Ardian Langit Kriseta

Membuat minuman memang #Palingpasdengan Omela! Dengan OMELA Foaming Milk mampu menciptakan microfoam yang shiny, lembut, tebal dan stabil hingga 30 menit dengan warna yang pas, tidak terlalu putih dan tidak terlalu gelap. Jika dirasakan, OMELA Foaming Milk Professional tidak mengandung gula tambahan sehingga netral dan memberikan rasa akhir yang balance antara medium sweet dan medium creamy.

Foaming milk juga memiliki keunggulan yaitu jangka waktu penyimpanan yang lebih panjang hingga 9 bulan pada suhu ruangan dalam kondisi kemasan belum dibuka. 

OMELA Foaming Milk Professional hanya perlu didinginkan di dalam kulkas dengan suhu 4 derajat celcius sebelum penggunaan, sehingga tidak memerlukan penyimpanan di chiller dan membuat pemilik bisnis kopi menjadi lebih hemat operasional listrik. 

Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan OMELA Foaming Milk for Professional dengan harga terjangkau mulai dari Rp 16.500!

 

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Resep Latte dengan Omela Foaming yang Bikin Kopi Lebih Nikmat"

  1. Menarik, aku mau coba ah bikin beginian di kantor.
    Ntar orang2 sekantor pasti bakal bingung semua. "Ebuseeet... kok bisa bikin kopi begituan?" hehehehe

    ReplyDelete
  2. Hasil latte art nya cakep banget, langsung ala-ala cafe gitu ya kopinya, minum kopi dirumah jadi serasa di cafe. Bisa nih nyoba bikin pakai Omela foaming milk, pastinya praktekin cara yang ditulis di artikel ini dongg, hehehe

    ReplyDelete
  3. Ide menarik, mau cobain ah
    Lebih ekonomis dibandingkan beli kopi latte di cafe yang pastinya udah termasuk biaya karyawan, sewa bangunan, pajak dll
    Serta pasti nya bisa dinikmati kapan pun

    ReplyDelete
  4. Kemasan Omela Foaming Milk for Professional ini juga aman banget yaa..
    Gak ribet dan kesulitan saat membuat foaming latte. Aku juga penikmat kopi yang cantik-cantik, hihih.. penasaran sama proses pembuatannya yang pastinya gak se-simple itu ya.. ada cinta yang dituangkan di setiap gelasnya.

    ReplyDelete
  5. Mau coba juga , gak usah ke cafe ini jadinya lebih hemat buat di rumah next mau beli omela foaming milk nya lebih creamy ya mas

    ReplyDelete
  6. Baca harganya ternyata terjangkau sekali...Sebagai penggemar kopi. latte adalah favorit saya, lain kali bisa nih bikin sendiri latte di rumah pakai Omela Foaming

    ReplyDelete
  7. Nggak perlu ke kafe lagi nih kalau pengen minum kopi latte, bisa coba bikin sendiri di rumah dengan Omela foaming milk. Saya baru tahu ada omela ini, kapan-kapan mau cari ah kalau pas belanja

    ReplyDelete
  8. Bisa kali ya dicoba juga di rumah untuk konsumsi sendiri. Tapi kalau diperhatikan dari cara penyimpanan produknya sih, bisa jadi bahan baku yang dihadirkan untuk sajian di coffee shop nggak sih? Hemat gini buat biaya operasionalnya.

    ReplyDelete
  9. Setiap baca resep bikin kopi gini, pasti jadi pengin beli coffe maker dan penggilingnya. Kaya yang gampang gitu ya. Secara aku di rumah pasti punya biji kopi karena ortu petani kopi. Btw, bikin latte tanpa alat, bisa apa nggak ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.