} Ikutan Kelas Kurcaci Pos Saja, Yuk! - Bambang Irwanto Ripto

Ikutan Kelas Kurcaci Pos Saja, Yuk!

Ikutan Kelas Kurcaci Pos Saja, Yuk! - Tahun 2020 ini, adalah tahun adalah tahun ke 7 hadirnya kelas menulis cerita anak Kurcaci Pos di media sosial. Alhamdulillah, sampai saat ini, semangat teman-teman untuk menulis cerita anak terus membara. Itu menandakan, dunia cerita anak akan terus semarak.




Sekedar cerita sedikit, kelas Kurcaci Pos hadir itu secara kebetulan. Jadi beberapa teman, meminta saya untuk sharing pengalaman menulis saya. Karena didasari semangat ingin berbagi, maka saya mau saja, walau waktu itu mengalaman menulis cerita anak saya masih seuprit.

Maka saya bentuklah grup kecil di facebook dengan 4 teman lainnya. Kelasnya hanya shairng seputar pengalaman menulis saya. Kemudian setelah itu ada tugas menulis cerita.

Alhamdulillah kelas Kurcaci Pos ini dikenal dari mulut ke mulut teman-teman penulis. Jadi akhirnya, saya pun membuka kelas Kurcaci Pos dengan lebih rapi menyusun materi. Danseiring waktu, materi kelasnya semakin beragam. Bahkan membuka kelas privat juga.

Jadi misalnya bagi teman-teman yang baru belajar menulis cerita anak, saya siapkan materi dari mencari ide cerita, menentukan konflik, melahirkan tokoh, menentu ending, lalu menyusun alur. Bagi teman yang ingin menulis aneka cerita saya siapkan materi cerpen, dongeng, fabel, cerita misteri dan detektif. Atau ingin kelas khusus dongeng, maka saya siapkan dongeng realis, dongeng aneka tokoh dongeng, tokoh benda mati, tokoh flora, termasuk fabel yang tokohnya hewan.


Kelas Kurcaci Pos Now

Seiring waktu, kelas Kurcaci Pos dari grup rahasia facebook, dan inbox khusus yang privat, kini hadir juga di grup whatsapp.  Ini untuk lebih fleksibel saja. Alasannya, semua orang kayaknya sekarang punya akun whatsapp. Kemudian, orang tiap hari buka whatsapp. Ditambah lagi, lebih cepat respon kalau pakai whatsapp.

Makanya, sejak Januari 2020 ini, kelas Kurcaci Pos ini diadaakn di grup whatsapp. Kelasnya juga lebih simpel, karena berlangsung kurang lebih 4 minggu, dengan fokus membahas satu materi saja. Misalnya cerpen, materi cerpen semua.  Materi dongeng, dongeng semua. Begitu juga dengan materi fabel, juga cerita misteri dan detektif.

Nah, bagi teman-teman yang tertarik untuk ikutan kelas Kurcaci Pos, bisa dibaca dulu ulasan singkat saya. Jadi teman-teman pas masuk, sudah ada bayangan, bagaimana proses kelasnya.


Mekanisme Kelas Kurcaci Pos via Grup Whatsapp

Pendaftaran 

Saat membuka kelas, biasanya saya akan posting pengumuman di facebook dan istagram saya. Nah, bagi yang berminat, silakan langsung transfer fee kelas, lalu konfirmasi ke saya via inbox facebook atau DM instagram.

Setelah itu, konfirmasi transfer fee kelas, langsung drop nomor whatsapp-nya. Saya akan langsung undang ke kelas grup whatsapp yang sudah saya siap. Silakan menunggu sampai waktu kelas mulai. Boleh sekali saling berkenalan dengan teman-teman yang sudah masuk duluan.


Sharing Materi

Saat kelas sudah mulai, pertama saya akan sharing dulu materinya. Sengaja materinya singkat saja. Karena biar mengundang rasa ingin tahu teman-teman. Semakin banyak bertanya, maka materi akan semakin berkembang.

Pastinya, boleh bertanya di luar materi yang penting seputar menulis cerita anak. Nanti akan nyambung semua. Curhat soal kendala menulis yang dirasakan selama ini juga boleh. Jadi nantinya kendala menulis bisa diatasi, dan menulis jadi lancar kembali


Tugas Menulis Cerita

Selesai sharing materi, Habis itu, akan lanjut mengerjakan tugas. Tugas dikerjakan sesuai deadline yang sudah saya tetapkan waktunya. Tujuannya, agar teman-teman ada target menyelesaikan sesuai waktu. Jadi nantinya terbiasa menulis sesuai deadline.

Tugas menulisnya penuh syarat ini dan itu. Dari format penulisan naskah yang sesuai, sampai jumlah kata.  Tujuannya, agar nanti teman sudah terbiasa menulis sesuai format standar naskah. Lalu kenapa ada patokan kata, agar teman-teman bisa menulis sesuai patokan awal.

Jadi misalnya, sejak awal akan menulis cerita maksimal 750 kata, maka sejak awal menentukan cerita maksimal 750 kata. Jadi tidak melebar.  Kalaupun nanti tugasnya katanya melebar, maka saat koreksian akan saya jelaskan bagaimana cara mengefektifkan cerita, tanpa mengubah maksud cerita.

Tidak lupa, saya berikan balon-balon komentar di samping naskah. Jadi teman-teman langsung tahu bagian mana yang kurang pas, typo, atau kecolongan. Pastinya di bawah naskah akan ada catatan revisi. Jadi teman-teman bisa tahu seperti apa arahan tugasnya.


Nah, setelah revisi, tugas dikirim kembali ke saya. Bila sudah pas dan saya ACC, maka tugas sudah selesai. Sedangkan kalau masih ada koreksian, maka tugas harus direvisi kembali, lalu dikirim lagi, sampai saya ACC.


Tugas Menulis Cerita untuk Apa?

Ini banyak sekali pertanyaan dari teman-teman. Jadi naskah tugas di kelas, bisa dipelajari bersama. Jadi tahu mana kekurangan setiap naskah. Misalnya dalam kelas ada 10 orang, maka sekali kelas, bisa mempelajari 10 tugas.

Tugas yang sudah saya ACC,  bisa digunakan oleh penulisnya. Mau dikirim ke media anak boleh. Mau dikembangkan jadi kumpulan cerita boleh. Mau dikembangkan jadi novel anak silakan.

Bila nanti dikirim ke media dan dimuat, maka karya teman-teman berkesempatan dipajang lagi di blog Rumah Kurcaci Pos. Tujuannya, selain arsip, bisa dinikmat oleh banyak orang. Ini juga sekalian promosi teman-teman sebagai penulis cerita anak. Bisa saja kan, dicolek oleh editor media atau penerbit.


Keberhasilan Ikut Kelas Kurcaci Pos

Saat mengikuti kelas Kurcaci Pos, saya tidak menjanjikan apa-apa. Misalnya apa setelah ikut kelas menulis Kurcaci Pos, langsung bisa menulis cerita? Atau apakah naskah tugas akan dibukukan?

Jadi keberhasilan ikut kelas menulis Kurcaci Pos ini tergantung teman-teman semua. Siapa yang bersemangat ikut kelas, maka akan lebih dibandingkan teman-teman yang lain.


Makanya, saya selalu memberi semangat apda teman-teman selama kelas. Jangan menyia-yiakan kesempatan yang ada. Termasuk jangan biarkan saya makan fee buta, karena kebanyakan bengong tanpan rupawan depan laptop. Nanti saya keselek makan bakso hahaha.

Teman yang duluan mengerjakan tugasnya dan sudah ACC, biasanya saya beri kesempatan kirim naskah lain. jadi dapat keuntungan lagi. teman lain satu, dia dua. Bahkan karena capat selesai, maka bisa mempelajari naskah teman lain. Berarti ilmu menulis bertambah lagi.


Demikian cerita seputar kelas Kurcaci Pos. Harapan saya, kehadiran kelas Kurcaci Pos terus bisa membawa manfaat, terutama bagi teman-teman semua. Sehingga semangat menulis terus membara, dan ikut mencerah ceriakan dunia menulis cerita anak.


Salam semangat menulis...

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikutan Kelas Kurcaci Pos Saja, Yuk! "

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.