} 5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli ID Card Printer - Bambang Irwanto Ripto

5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli ID Card Printer

5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli ID Card Printer - ID card yang biasa dipakai sebagai kartu pengenal, kartu keanggotaan, kartu mahasiswa, kartu pasien, dan lain-lain, terbuat dari kartu PVC. Tapi apa teman-teman tahu, kalau pembuatan ID Card dibuat menggunakan printer khusus?



Jadi kartu PVC adalah bahan yang menjadi pembuatan kartu ID card. ID card printer itu, tidak mencetak teks, atau foto pada kertas seperti printer pada umumnya yang menggunakan tinta. Pada printer untuk mencetak ID card, yang digunakan adalah ribbon atau pita printer yang terdiri dari satu warna (monochrome) atau full color.  Nah, beberapa pertimbangan berikut bisa teman-teman jadikan acuan sebelum memilih printer yang tepat.

5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli ID Card Printer :

1. Portabilitas

Saat teman mendatangi toko yang menjual printer untuk mencetak ID card, mungkin teman-teman akan ditawari printer yang menggunakan sistem thermal transfer. Kelebihan dari sistem ini yaitu jauh lebih hemat daripada sistem direct to card. Selain itu, printer dengan sistem thermal bisa memberikan perlindungan tambahan ketika mencetak teks atau gambar. Agar tetap awet saat digunakan untuk mencetak kartu dengan ketebalan yang bervariasi, Anda bisa memilih printer dengan model yang simple dan portabel.

2. Tingkat Keawetan Printer

Apabila teman-teman ingin memilih ID card printer yang tahan lama dan berkualitas, maka teman-teman harus memilih printer yang memiliki kemampuan laminating. Kemampuan ini bisa mencetak kartu yang lebih awet dan tahan dalam segala cuaca serta tidak mudah luntur. Garansi pabrik (spare parts dan service) adalah hal lain yang harus teman-teman perhatikan yang biasanya menjamin garansi selama satu tahun.


3. Memilih Merk Berkualitas dan Terpercaya

Pertimbangan ketiga sebelum memilih printer, teman-teman wajib melihat merk yang berkualitas dan terpercaya. Sebelum memutuskan untuk membeli, periksalah jaminan pemeliharaan printer dengan memperhatikan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga printer agar tetap dalam keadaan baik.


4. Memeriksa Kualitas Gambar

Memilih printer yang bisa mencetak bagian depan dan belakang kartu dalam satu kali proses pencetakan sangat penting untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik. Jika teman-teman memilih printer untuk kebutuhan mencetak teks dan garis dalam warna hitam, teman-teman harus memilih printer yang menggunakan pita ribbon C (cyan), M (magenta), Y (yellow), K (panel hitam) dan bukan hanya CMY.

5. Mewaspadai Encoding dan Keamanan ID Card

Mengetahui kebutuhan printer untuk bisnis atau perusahaan teman-taman sangat penting. Memilih jenis printer yang memiliki kemampuan untuk menulis ulang data kartu. Ini untuk memperbaharui informasi serta melacak perubahan di setiap kartu bisa teman-teman lakukan jika bisnis atau perusahaan teman-teman juga butuh untuk menyimpan data.

Kemampuan smart chip data card tidak hanya mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi, namun bisa juga mempunyai program executable yang bisa digunakan untuk menangani informasi yang sensitif.



Untuk kebutuhan tingkat keamanan yang tinggi, teman bisa memilih printer yang memiliki fitur tambahan berupa hologram atau mikro laminasi percetakan. Tujuannya adalah agar ID card yang diproduksi tidak mudah ditiru dan dipalsukan. Sehingga, printer yang kompatibel dengan sistem operasi dan software terkini tentu dibutuhkan.



Beberapa merk ID card printer contohnya Evolis, Fargo, Polaroid, Datacard dan Zebra.Evolis adalah merk printer yang diproduksi di Perancis dan kini sudah menjadi pemimpin pasar di bidang percetakan ID card.



PT. Smart Identification Solutions adalah salah satu perusahaan yang menyediakan printer merk Evolis sebagai ID card printer terbaik. Selain itu, printer merk Evolis hanya tersedia di perusahaan ini di Indonesia.



Fasilitas lainnya yang bisa didapat yaitu pilihan bahan konsumsi (pita), kartu PVC dan aksesoris untuk printer kartu. Teman-teman tidak perlu ragu lagi dengan pelayanan dari PT. Smart Identification Solutions karena telah berpengalaman menangani produksi mesin cetak kartu dan sudah melayani berbagai instansi di bidang pendidikan, bidang keamanan, bidang perhotelan, bidang pemerintah, dan masih banyak lagi.



Nah, itulah 5 pertimbangan penting yang harus teman-teman pertimbangkan, sebelum membeli ID Card Printer. Pastinya semua kembali pada selera dan pilihan masing-masing. Yang pasti, belilah ID Card Printer yang kualitasnya bagus, jadi bisa dipakai lebih lama, sehingga menunjang pekerjaan teman-teman dengan maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

34 Responses to "5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli ID Card Printer"

  1. Baru tau nih, info tentang ini. Ternyata ga boleh asal beli, harus paham yang beginian dulu ya. Terima kasih banyak Kak, infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Mutia. Harus ada pertimbangan sebelum membeli ID Card Printer. Jadi annti maksimal dan puas dipakainya.

      Delete
  2. Baiklah. Aku belum pernah beli printer sendiri. Tahunya cuma di kantor, atau emang udah ada di rumah. Infonya penting, nih. Siapa tahu nanti harus Cari printer sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Jadi nanti pas mau beli, sudah ada bayangan pertimbangannya.

      Delete
  3. Kalau sudah punya ini di rumah sih bisa makin produktif, bisa bikin id card sendiri, cetak sendiri, siapa tahu bisa jadi usaha jaga desain id card di rumah (masih work from home) hehe, thanks for sharing yaa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Siti. Apalagi kita tidak tahu kondisi yang akan terjadi, dan mengharuskan kerja di rumah, ya.
      Sama-sama, Mbak.

      Delete
  4. Aku baru tahu kalau ID card ada printernya sendiri, hehe. Printer yang biasa aja belum punya wkwk. Tapi memang kalau beli barang itu harus tahu pertimbangan-pertimbangan yang pas, biar bisa memilih barang terbaik ya. Thanks for sharing Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Marita. Harus ada pertimbangan, jadi pas beli barangnya sudah sreg di hati dan kantong hehehe.
      Sama-sama, Mbak Marita.

      Delete
  5. oh jadi ada ya mesin pencetak ID Card kirain pakai percetakan biasa gitu aja. Btw, saya kok gak bisa bayangin tuh kartu keluar dari sebelah mana ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, Mbak. Pastinya printernya disesuaikan dengan kebutuhan.

      Delete
  6. Dulu printer ini barang mewah di keluarga kami, harus nahan diri 3 tahun buat punya. Alhamdulillah ada rezeki akhirnya kebeli. Sebelum beli banyak tanya2 sama temen soal printer yg awet soalnya ga mau bingung perawatannya pas punya. Terimakasih Kak infonya, jadi nambah pengetahuan lagi ttg seluk beluk printer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau sekarang ini harga sudah lebih terjangkau dengan kualitas bagus ya, Mbak Fika. Jadi sangat membantu kita juga.
      Sama-sama, Mbak Fika.

      Delete
  7. Detail banget Mas panduannya. Bisa dijadikan patokan buat teman-teman yang mau cari mesin printer nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Ida. jadi teman-teman sudah ada bayangan, pertimbagan apa saja saat membeli ID Card Printer.

      Delete
  8. Boleh juga nih jadi pilihan untuk printer baru. Soalnya aku sering beli printer dg merk yg itu2 aja walaupun beda tipe pasti ga bertahan lama. Sampe bosen servis2 terus, beli lagi juga kasusnya sama. Akhirnya bangkai printer diloakkan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh sekali, Mbak Anggun. Apalagi dengan beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya, Mbak.

      Delete
  9. wah soal print-print an akutu taunya cuma ngeprint doang di mamangfotocopy-an, tapi kalo pas suami kerja d rumah gini, kayaknya harus ready print an dengan ID card printer ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Grandy, soalnya kebutuhan printer zaman now wajib sekali. Tidak perlu keluar rumah ya. pekerjaan lebih cepat juga.

      Delete
  10. Bener banget. Ini yang aku pertimbangin kalau mau beli printer untuk oengadaan kantor. Tentu aja hasil ngobrol sama orang IT juga. Jadi kita bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak jasmi. Sebelum membeli bagusnya tanya sana-sini. jadi semakin banyak rekomendasi printer mana saja yang bagus dan cocok termasuk untuk kebutuhan kita.

      Delete
  11. Selama ini kalau aku mau beli printer hanya mempertimbangkan kualitas dari hasil cetakannya. Karena pernah punya pengalaman beli printer buru-buru yang penting murah, printer itu cepet rusak dan hasilnya printnya jelek.

    Nah, dengan adanya panduan di sini, bisa banget nih nantinya kupraktekan kalau mau beli printer lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini salah satu pertimbangannya, Mbak. Ada harga ada mutu. Jadi mending sekalian beli printer mahal dikit tapi awetnya banyak hehehe.

      Delete
  12. Panduannya berguna sekali. Biasa beli printer cuma buat asal print. Ternyata ih ternyata....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata banyak pertimbangan ya, Mas. Agar Printer bisa maksimal kita gunakan.

      Delete
  13. Keren ya Mas, makin canggih aja sekarang
    aku yang gak paham beginian jadi sekarang melek, hahaha makasih mas postingannya bikin nambah ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Nyi. semakin zaman, printer semakin canggih dan komplit. Jadi semakin memudahkan pekerjaan.
      Sama-sama, Mbak.

      Delete
  14. Buat karyawan yang kerja di bagian kepegawaian kayaknya harus paham soal ini deh ya, biar gak salah pas milih tempat mencetak buat ID Card. Secara ID Card ini identitas karyawan yang harusnya bisa jadi salah satu komponen penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tidak perlu mencetak di tempat lain, Mas.
      Kalau punya IC Card Printer ini, bisa langsung nyetak ID Card sendiri.

      Delete
  15. Untuk membeli barang elektronik seperti printer, biasanya saya serahkan pada suami aja, Mas hihihi
    Dan suami biasanya memang memilih yang merknya sudah terkenal dengan kualitas yang terjamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, jempol nih si Paksu, Mbak Nurul hehehe.
      Karena tidka bisa dipungkiri, Mbak. Kalau suatu barang sudha terkenal mereknya, maka sudah teruji mutu dan kualitasnya.

      Delete
  16. Khusus buat cetak id card ya printernya, bener2 butuh yang awet dan kualitas bagus sih. Dulu aku beli printer biasa aja pilih yg murah ternyata gampang rusak, apalagi printer yang buat idcard gini, mending mahal di awal hehehe asal worth it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak Marfa. Jadi sekalian awet, dan akhirnya bisa terus menunjang pekerjaan dalam jangka waktu panjang.

      Delete
  17. Wah, terima kasih atas tipsnya. Insyaallah ke depannya saya tidak akan salah pilih lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas Firdaus. Iya, Mas, semakin banyak referensi, maka semakin pas pilihan kita saat akan membeli ID Cart Printer ini.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.