} Tips Merawat Linear Bearing agar Awet - Bambang Irwanto Ripto

Tips Merawat Linear Bearing agar Awet

Tips Merawat Linear Bearing agar Awet - Linear bearing memiliki fungsi yang sangat penting bagi mesin. Linear bearing  ini adalah part yang bertujuan agar pergerakan mesin menjadi lebih halus serta menghindari gesekan yang mengakibatkan cacat pada mesin yang teman-teman miliki.



Semakin hari, bentuk dari linear bearing pun semakin banyak variasi dan inovasinya. Mulai dari bentuk dan ukurannya. Semuanya bertujuan untuk menghadirkan fungsi yang efektif bagi tipe mesin yang berbeda-beda.

Di sisi lain, saat teman-teman memiliki produk linear bearing, sebaiknya harus tahu bagaimana cara merawat produk tersebut dengan baik. Tujuannya, agar bearing yang teman-teman beli tidak mudah rusak dan tetap awet untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, dengan proses perawatan yang baik, performa kerja linear bearingnya akan tetap prima.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa teman-teman lakukan untuk menjaga dan merawat fungsi linear bearing pada mesin agar tetap optimal. Tanpa harus memiliki pengetahuan otomotif, tips-tips ini dapat dilakukan oleh siapa saja.

Tips Merawat Linear Bearing agar Awat :


Hindari Linear Bearing dari Air

Pertama yang harus teman-teman lakukan adalah menghindarkan linear bearinf dari air. Ini karena produk ini terbuat dari besi, sehingga air yang terkena pada produk ini akan memudahkan terjadinya karat. Untuk itu, sebisa mungkin hindari linear bearing teman dari terkena air. Karena jika karat sudah terbentuk, maka karat tersebut akan merusak linear bearing teman-teman. Dan dari waktu ke waktu karat akan semakin banyak dan bearing teman-teman pun tidak mampu bekerja dengan baik.

Namun jika tanpa sengaja bearing teman-teman terkena air, maka segeralah untuk mengeringkannya dengan cara dilap dan dibersihkan dari air. Jangan biarkan linear bearing teman-teman basah dalam waktu yang lama dan jangan biarkan produk tersebut sering terkena air. Karena itu akan memicu terbentuknya karat yang mengakibatkan kerusakan.

Jaga Minyak Pelumas pada Linear Bearing agar Tetap Basah

Berbanding terbalik dengan air, minyak justru sangat dibutuhkan pada linear bearing agar tetap bergerak dengan normal. Jika minyak pada bearing mengering, maka resiko gesekan yang merusak mesin akan tinggi.

Untuk itu pastikan selalu minyaknya tetap ada. Jika mulai mengering segera tambahkan minyak pelumas lagi. Namun pastikan pemberian minyak pelumas tidak berlebihan. Karena jika linear bearing berlumuran minyak terlalu banyak maka justu akan menurunkan performa kerjanya.

Jaga agar Linear Bearing tidak Lecet

Tips selanjutnya yang perlu teman-teman lakukan adalah menjaga bearing linear bearing agar tidak lecet. Caranya adalah dengan menjaga trek pada rel bearing yang dilaluinya. Pastikan trek tersebut tidak rusak. Selain itu, hindari tumbukan dengan benda tumpul yang bisa mengakibatkan linear bearing menjadi lecet dan rusak.

Itulah beberapa tips yang bisa teman-teman lakukan dalam merawat linear bearing. Agar bearing yang teman-teman miliki menghasilkan performa yang baik dan tidak mudah rusak. Linear bearing teman-teman pun akan lebih tahan lama.



Selain merawatnya dengan baik, cara lain yang bisa teman lakukan adalah dengan membeli produk linear bearing yang berkualitas dan awet. Membeli bearing yang sedari awal telah memiliki kualitas yang baik akan membantu teman-teman agar tidak kesulitan dalam merawatnya.

Pilihlah jenis linear bearing yang memiliki kualitas yang unggul, tidak mudah lecet dan tidak mudah berkarat. Mungkin harganya akan sedikit lebih mahal namun hal itu sebanding dengan kualitas yang diperoleh. Dan tentu saja teman-teman dapat menghemat pengeluaran untuk melakukan service atau perbaikan pada libear bearing yang rusak.

Untuk memperoleh linear bearing dengan kualitas terbaik, teman-teman dapat mengunjungi toko online Logam Makmur. Toko tersebut menyediakan berbagai jenis bearing yang telah dijamin kualitasnya. Pilihlah  linear bearing yang berkualitas baik agar teman-teman tidak menyesal di kemudian hari.






Bahkan di Logam Makmur ini juga menyediakan beragam  lubricants. Pelumas yang tersedia dengan kualitas tinggi, sehingga meningkatkan performa.  Linear bearing pun akan bekerja dengan maksimal.




Itulah Tips Merawat Linear Bearing agar Awet. Semoga tips di atas bermanfaat ya, teman-teman. Ingat, ada harga ada rupa. Jadi pilihlah linear bearing yang berkualitas, agar tahan lama, dan memberi manfaat bagi teman-teman.

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Tips Merawat Linear Bearing agar Awet"

  1. wah bisa saya cek deh katalognya nanti. boleh juga deh inii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh sekali. Bisa langsung mampir ke websitenya juga boleh.

      Delete
  2. Untuk kesehatan mesin, ada harga ada rupa ya mas. Selain itu harus telaten juga. Jadi paham kenapa linear bearing nggak boleh dibiarkan berkarat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Annafi.
      Makanya harus selalu diperhatikan soal pemilihan Lineer bearing ini. Agar terus bekerja dengan maksimal.

      Delete
  3. Wah infonya pas banget nih buat saya yang harus bisa pelihara motor sendiri, terutama pelihara linier bearing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kalau kita tahu cara merawatnya, maka performa kerjanya terus maksimal.

      Delete
  4. ini istilah baru buat saya berkaitan dengan alat-alat seperti ini. sampai browsing-browsing dan nanya-nanya sama orang rumah hehheeh apa itu linear bearing, akhirnya dapat pencerahan setelah baca ini dan tahu bagaimana cara merawatnya juga, terima kasih ka untuk sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Mei. Saya enang bila postingannya bermanfaat. Jadi nantinya Mbak Mei bisa merwat Linear Bearingnya, dan nantinya bekerja dengan maksimal.

      Delete
  5. Boleh juga nih tips-nya. Besok bikin tips juga dong cara makan bakso yang awet haha 🤣😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. kalau itu sih, gampang, Mas Dede. Baksonya tidak usah dimakan, dipandangin saja. pasti awet hahaha.

      Delete
  6. Air dan minyak memang dua hal yang gak bisa bersatu ya mas. Terutama tentang linear bearing ini. Menurutku memang barang-barang yang bahan bakunya mirip dengan asal mula linear bearing bakal makin cepat rusak kayaknya kalau kebanyakan air, tapi harus selalu dikasih minyak biar terjaga kualitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang Linear Bearing ini harus dihindarkan dari air, Mas. begitu ada air, langsung dibersihkan. karena memang, nanti pelumas tidak bisa melumasi dengan baik. Akhirnya performa kerja jadi tidak maksimal.

      Delete
  7. Di bagian motor sampai rantai ada linear bearingnya nggak sih Mas? Agak susah bersihinnya kalau daerah situ kecipratan air. Kalau yang punya laki dan rajin bersih-bersih mungkin gak masalah. Lha yang cewek, boro-boro bersihin bearing, ganti oli aja setahun belum tentu. Nunggu mogok baru ganti oli haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya memang lebih baik servis saja ke bengkel resmi, Mbak. jadi sekalian ganti oli. Karena kalau salah utak-atik misalnya, bisa menganggu performa lainnya.

      Delete
  8. Perawatan linear bearing ini gampang-gampang susah ya. Mesti teliti. Makasih sharing-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak susah, Mbak. Tinggal rutin saja. jadi performa terus terjaga. Sama-sama, Mbak.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.