} Mau Staycation di Apartemen? Pertimbangkan 5 Hal ini Dulu! - Bambang Irwanto Ripto

Mau Staycation di Apartemen? Pertimbangkan 5 Hal ini Dulu!

Staycation sudah menjadi salah satu pilihan cara berlibur yang aman dan diminati selama pandemi. Tak hanya di hotel, staycation di apartemen pun semakin banyak yang melirik. Terlebih lagi saat ini ada banyak sekali apartemen murah yang disewakan per hari hingga per bulan yang bisa kamu booking untuk santai di akhir pekan.

serunya staycation di apartemen
Perhatikan 5 Hal Berikut, Saat Staycation di Apartemen (Desain Canva)

Staycation memang menyenangkan dan dianggap lebih aman daripada liburan ke luar kota atau tempat wisata yang ramai pengunjung. Pasalnya kamu hanya akan bersama teman atau keluarga yang diajak staycation, punya ruang privat dan tidak bercampur dengan orang lain. Resiko tertular virus corona saat staycation pun sangat kecil karena kamu tidak berinteraksi dengan orang selain keluarga atau teman yang diketahui kondisi kesehatannya.

Nah, bagi teman-teman yang tertarik dengan ide staycation, pertimbangkan hal berikut ini dulu yuk, agar staycation kamu lebih menyenangkan dan juga aman.

1.  Lokasi

Staycation adalah model liburan di dalam kota dengan menginap di hotel maupun apartemen. Tapi meski berada di kota yang sama dengan tempat tinggal, kamu juga tetap harus mempertimbangkan lokasi apartemen yang ingin disewa harian. Cari apartemen yang lokasinya strategis, mudah dijangkau dengan transportasi umum dan dekat dengan tempat makan atau bahkan mall.

staycation di apartemen sunter park view
Apartemen Sunter Park View

Dengan begini teman-teman akan mudah mencari makanan atau sekedar jalan-jalan di mall yang dekat dengan apartemen untuk hilangkan kebosanan. Contohnya apartemen Sunter Park View yang berada di Jalan Yos Sudarso, Sunter Raya, Jakarta Utara. Apartemen ini sangat dekat ke MOI (Mall of Indonesia), Mall Kelapa Gading dan Sunter Mall. Selain itu apartemen ini juga dekat dengan kawasan Danau Sunter yang bisa jadi spot olahraga menarik di pagi hari.


2. Keamanan

Faktor keamanan juga harus dipertimbangkan sebelum memilih apartemen mana yang mau dijadikan tempat staycation. Hal ini meliputi kondisi bangunan apartemen, lalu apakah apartemen tersebut jadi salah satu spot penularan tinggi covid-19 atau tidak, apakah apartemen berada di lokasi zona hijau yang aman dari covid-19 atau tidak. 

Selain itu fasilitas seperti CCTV 24 jam, kartu akses untuk penghuni apartemen serta sekuriti juga harus diperhatikan. Dengan begini kamu akan merasa lebih tenang dan nyaman saat berkunjung dan stay di apartemen untuk beberapa hari tanpa khawatir akan ada hal-hal negatif yang mengganggu.


3. Letak Lantai Unit

Jika teman-teman tipe orang yang suka dengan pemandangan kota, maupun berharap bisa punya pemandangan baru saat staycation, pilihlah unit apartemen yang berada di lantai atas. Biasanya unit di lantai 5 ke atas sudah tergolong lumayan tinggi dan menawarkan pemandangan cantik yang tentunya tidak ditemukan di setiap hari. Seperti matahari terbit dan tenggelam serta lampu kota saat malam tiba.

pilih letak unit apartemen saat staycation
Pilih Letak Unit Apartemen Saat Staycation (Foto Traveloka)

Jika teman-teman memang mencari tempat menginap yang pemandangannya juga juara, perhatikan lantai apartemen yang disewa agar bisa mendapat view seperti yang diinginkan ya. Selain itu juga perhatikan lokasi apartemen berada. Misalnya jika di tengah kota Jakarta, maka kamu akan kebagian view gedung-gedung pencakar langit yang eksotis. Jika agak di pinggiran kota, maka pemandangannya tentu berbeda, misalnya lebih banyak pemandangan hijau atau bahkan pegunungan dari jauh.


4. Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan apartemen yang akan dijadikan tempat staycation harus diperhatikan lho. Mulai dari fasilitas di dalam unit hingga fasilitas umum yang bisa digunakan penghuni apartemen. Jika kamu memesan satu unit full, maka perhatikan soal jumlah kamar, fasilitas AC dan wi-fi, laundry hingga dapur yang bisa digunakan saat menginap.

kolam renang fasilitas di hotel
Kolam Renang Jadi Salah Satu Fasilitas di Apartemen (Foto Traveloka)

Selain itu fasilitas publik seperti kolam renang, jogging track, pusat kebugaran, playground anak sampai klinik kesehatan juga perlu diperhatikan untuk menunjang kenyamanan saat staycation di apartemen. Apalagi jika kamu staycation dengan keluarga, pilihlah apartemen yang benar-benar lengkap agar liburan berjalan lebih menyenangkan bukan malah tambah bikin stres.


5. Harga

Harga sewa apartemen per malam sangat bervariasi. Tergantung lokasi dan juga tipe apartemen yang ingin disewa, umumnya harga sewa apartemen harian lebih murah dibandingkan hotel, terutama jika kamu menginap sekeluarga. Satu unit apartemen dapat menampung semua anggota keluarga, sedangkan jika di hotel harus pesan beberapa kamar atau menambah extra bed yang juga dengan biaya tambahan.



Agar lebih mudah, pesan saja apartemen harian secara online lewat Traveloka. Ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk filter apartemen berdasarkan lokasi, harga, fasilitas dan sebagainya. Kamu pun tidak perlu repot buka banyak website karena semua detail ada di Traveloka. Kamu pun tinggal pesan jika sudah ketemu apartemen yang sesuai keinginan.

Nah, dengan mempertimbangkan 5 hal di atas semoga teman bisa menemukan apartemen terbaik dan paling cocok dengan rencana liburan. Staycation juga bisa jadi self reward ke diri sendiri yang sudah bisa terus kuat meski ada banyak masalah baru yang muncul selama pandemi ini. Jadi, kapan teman-teman mau staycation? Yuk, tentukan segera!

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Mau Staycation di Apartemen? Pertimbangkan 5 Hal ini Dulu!"

  1. pengen nich kapan-kapan bisa stay di apartemen. Pernah 1x dan itu lama banget. Semoga pandemi segera berlalu dan bisa staycation manja lagi bareng keluarga pasti asyik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Staycation di Apartemen itu seru, karena fasilitas sudah tersedia. termasuk kadang satu lingkungan dengan Mall juga.

      Delete
  2. Yess, memang benar. Ada beberapa hal yang mesti kita jadikan pertimbangan saat memilih hunian, apalagi tak hanya sekedar buat tempat tinggal. Lokasi dan lingkungan biasanya pertama aku dan suami pertimbangkan, setelahnya adalah fasilitas. Ini yang bikin kita betah tinggal di rumah tersebut. Masuk referensi nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak. Lokasi dekat dan lingkungan menyenangkan, bikin semakin happy saat staycation.

      Delete
  3. Wah tipsnya lengkap sekali. Jadi perlu mempersiapkan hal tersebut sebelum staycation di apartment.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu banget, Mas. Biar staycationnya semakin seru dan menyenangkan.

      Delete
  4. Yupz, memang semuanya penting banget. Saya kalau cari penginapan harus ada kolam renangnya, soalnya biar gak usah kemana-mana cukup didaerah penginapan aja mainnya sama anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang nomor 1, Mbak. Apalagi kalau memang bersama anak-anak. Berlibur bersama anak tanpa berenang, seperti ada yang kurang hehehe.

      Delete
  5. Ya ampuuun...jadi pengen staycationdi apartemen lagi deh. Terakhir tuh sebulan sebelum pandemi dan dapet kamar di lantai 20 sekian. Pemandangannya memang kereeeeen.... Betah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Mbak Eno masih mending. Saya malah jauh sebelum pandemi. Jadi kangen benar mau staycation di apartemen lagi.

      Delete
  6. Noted! Beberapa hari ini juga kepikiran pengen refreshing gitu karna bosen di rumah, dan jadi dapet inspirasi untuk staycation juga. Ntar mau cek Traveloka dulu ah, biar bisa nyari tempat yang keren dan yang sesuai budget buat staycation nanti. ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Karena memang di rumah terus akan bosan juga. Makanya perlu refreshing dengan staycation. Salah satunya di apartemen.

      Delete
  7. Asiik sih staycation di apartemen, masukin list kegiatan pasca PPKM ahhh. Tapi btw kapan PPKM nya kelar yaa? Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sudah memasukkan dalam list, Mbak. usai PPKM, mau ajak krucil staycation di apartemen.

      Delete
  8. Wah iya ya kalau mau dapat pemandangan bagus sebaiknya pesan unit di lantai 5 ke atas ya biar bisa lihat langit dan pemandangan di bawahnya.

    Jadi kangen liburan. Belum pernah sih ngerasain sensasi liburan dengan sewa apartemen. Jadi penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kalau lantai 5 ke bawah, kan bisa saja terhalang gedung-gedung lainnya di sekitar apartemen itu.

      Delete
  9. Aku juga udah beberapa kali sewa apartemen buat staycation mas. Lebih murah sih daripada di hotel. Soalnya gak perlu pesen dua kamar buat kami dan anak-anak. Lebih irit bisa kruntelan serumah. Dan biasanya ada dapurnya jadi bisa bikin indomie . Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia, Mbak. Soalnya sewa apartemen kan memang sewa sekalian 1 unit. jadi seluruh keluarga bisa masuk hahaha. terus fasilitasnya lengkap juga.

      Delete
  10. Kalau di jogja mau staycation di apartemen ga ada om.. Mending langsung ke hotel atau guesthouse di pinggir sawah malah banyak.. Jadi kangen jakarta ini setelah hampir 1.5 pulang kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, apa iya tidak ada apartemen di sana, Mas? hehehe.
      Padahal bagus juga ya, kalau di sana ada apartemen. Soalnya kan banyak turis yang bakalan menyewanya.

      Delete
  11. Sangat membantu mas informasinya. Semoga kelak saya kalau berkesempatan staycation di apartemen, siap diterapkan nih pertimbangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas. Terapkan 5 hal di atas, maka staycation semakin seru dan menyenangkan hehehe.

      Delete
  12. Apartemen emang beda dadi hotel ya pak bam, jadi tetep harus dipikir pikir dl kl mau staycation di apartemen yaaa.. tapi bolehlah sekali kali dicoba buat pengalaman baru yaaaa.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbeda, Mbak. Makanya perlu sesekali staycation di apartemen. Seru, Mbak, apalagi sama keluarga.

      Delete
  13. kalo saya pastinya dari harga, lalu lokasi, dan keamanan itu sangat penting bagi saya saat ingin staycation di apartemen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Dan sekarang banyak diskon menarik juga. Coba saja mampir ke traveloka. Harga pas di hati dan kantong, dan apartemennya dapat yang keceh.

      Delete
  14. setuju mas bams, sekarang apartemen bisa menjadi piliha staycation yang menyenangkan
    aku juga sudah beberapa kali staycation di apartmen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Jadi tidak bosan kalau di hotel terus. Apalagi banyak apartemen menyatu dengan mall. Jadi sekalian belanja hehehe.

      Delete
  15. Enak banget kalo staycation di apartemen dan dapet view yng keren gini ya pak. Makin betah dan bisa-bisa males pulang ini ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia, Mbak. Jadi bagusnya cari unit di lantai 5 ke atas, agar dapat view yang bagus. Buat koleksi foto pasti keren.

      Delete
  16. Allhamdulilah ya apartemen tuh enaknya semua keluarga bisa masuk ya Om. Aku pernah tinggal di apartemen majikan jaman merantau di Hongkong semua fasilitas lengkap dan lokasi strategis. Traveloka keren ya makin ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itulah salah satu keuntungan staycation di apartemen, Mbak. Karenaa sudah sewa 1 unit, jadi semua keluarga bisa masuk hehehe

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.