} Menaikkan Nilai Jual Cluster Perumahan dengan Adanya Smart CCTV - Bambang Irwanto Ripto

Menaikkan Nilai Jual Cluster Perumahan dengan Adanya Smart CCTV

Cluster perumahan sebaiknya memang menawarkan sistem keamanan yang terjamin. Setiap calon pembeli akan semakin tertarik untuk membeli apabila perumahan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Selain itu, para penghuni juga akan merasa tenang saat tinggal di sana. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem keamanan di perumahan. Umumnya perumahan memberlakukan sistem single gate dan bisa juga menambahkan smart CCTV.

(Foto : freepik. com)

Sistem single gate atau satu gerbang menjadi salah satu bentuk pengamanan yang banyak diterapkan untuk cluster perumahan. Dengan konsep ini pihak keamanan bisa mengontrol keamanan perumahan dengan lebih mudah. Selain itu, agar keamanan semakin meningkat juga bisa ditambahkan dengan adanya CCTV di dekat pintu masuk.

Jika teman-teman ingin meningkatkan nilai jual dari cluster perumahan, maka perlu untuk diketahui mengenai jenis-jenis keamanan yang sering diterapkan untuk perumahan serta mengetahui apa saja manfaat dari adanya smart CCTV di kompleks perumahan tersebut.

Jenis Keamanan Perumahan

Setiap perumahan tentu akan sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan bagi setiap penghuninya. Ada beberapa jenis keamanan yang sering diterapkan pada perumahan, diantaranya seperti:

1. Sistem Satu Gerbang atau One Gate System

Teman-teman tentu sudah sering mendengar tentang one get system atau sistem keamanan satu gerbang yang menjadi ciri khas dari cluster perumahan. Perumahan eksklusif akan dilindungi dengan tembok tinggi sehingga tidak bisa dimasuki oleh orang secara sembarangan.

Setiap orang yang masuk hanya bisa melalui satu pintu utama. Nantinya di sana juga sudah diawasi oleh petugas keamanan seperti satpam. Jadi siapapun yang masuk akan diketahui oleh petugas keamanan. Jika ada orang orang lain yang bukan penghuni perumahan tersebut, bisa melapor terlebih dahulu.

Tidak sembarang orang bisa masuk ke perumahan karena memang hanya yang berkepentingan saja.

 2. Adanya CCTV & Security 24 Hours

Untuk semakin meningkatkan keamanan, cluster perumahan juga sebaiknya dilengkapi dengan smart CCTV serta security 24 jam. Pengamanan ganda seperti ini sangat penting, mengingat terkadang banyak tindak kriminal terjadi di perumahan.

Kasus kriminal yang umum terjadi di cluster perumahan Misalnya saja seperti pencurian nantinya akan lebih mudah terdeteksi dengan adanya smart CCTV tersebut. Jangan lupa untuk menempelkan stiker bahwa perumahan tersebut diawasi oleh CCTV. Hal ini bertujuan untuk mencegah tindak kejahatan yang mungkin saja terjadi.

Pelaku kriminal akan berpikir ulang jika ingin melakukan tindak kriminal di suatu tempat yang diawasi oleh smart CCTV. Pasang stiker ini mulai dari pintu masuk hingga beberapa lokasi strategis di perumahan.

Pengamanan dari satpam juga sangat penting. Pastikan jika satpam selalu sedia selama 24 jam. Satpam yang bekerja dengan sistem shift atau bergantian akan mampu memaksimalkan keamanan di cluster perumahan.

Pemasangan smart CCTV camera tentu apa saja tidak hanya pada satu titik. Perlu sekali untuk memasang beberapa CCTV terutama pada titik-titik yang rawan agar penghuni tetap aman dan nyaman.

3. Smart Lock Door 

Jenis keamanan selanjutnya adalah smart lockdown yang seringkali dipasang di perumahan-perumahan elite. Kunci rumah dengan fitur ini akan semakin meningkatkan keamanan. Teman-teman bisa mengunci dengan memanfaatkan kartu, sidik jari atau bahkan nomor PIN.

Saat ini sudah semakin banyak cluster perumahan yang menggunakan smart lockdown untuk pengamanan ganda. Ada banyak pilihan smart lock door dengan fitur yang sangat bagus untuk keamanan rumah.

4. Panic Button

Untuk keamanan lebih, Teman-teman juga bisa meletakkan panic button. Tombol darurat ini bisa diletakkan tempat yang strategis atau bahkan di setiap rumah. Perumahan elit seperti Orchard Park Batam sudah menambahkan panic button. Jika ternyata ada keadaan darurat, penghuni rumah bisa memanfaatkan panic button sehingga mendapatkan pertolongan dengan cepat.

Memilih Kamera CCTV Hikvision AcuSense untuk Cluster Perumahan

Jika teman-teman sedang mencari kamera CCTV untuk dipasang di rumah atau bahkan di cluster perumahan, kamera CCTV terbaik yang bisa teman-teman pilih adalah CCTV Hikvision AcuSense.

Foto : pixabay

CCTV ini sudah termasuk sebagai smart CCTV karena sudah dilengkapi dengan alarm. Alarm tersebut akan menyala ketika terjadi ancaman. Kamera dapat mendeteksi secara real Time dan akurat sehingga bisa dibedakan Antara kendaraan atau orang dan benda bergerak lain.

Kamera ini memiliki algoritma pembelajaran yang dalam sehingga bisa merekam video secara profesional serta meningkatkan keamanan. Kamera ini bisa dipasang untuk di dalam maupun luar ruangan.

Ada 4 keunggulan dari smart CCTV Hikvision AcuSense yaitu:

1. Lebih cepat

Kelebihan pertama dari CCTV ini adalah terdapat teknologi yang dapat mendeteksi ancaman Apabila ada penyusupan. Deteksi tersebut berlangsung secara real Time sehingga kemudian akan muncul peringatan di ponsel teman-teman. Selanjutnya teman-teman bisa langsung memberikan respon dengan cepat.

2. Lebih akurat

Teknologi AcuSense juga bisa membedakan antara kendaraan dan orang dari berbagai benda bergerak lainnya. Dengan begitu, petugas keamanan bisa melihat ancaman nyata melalui CCTV tersebut. Terdapat teknologi ColorVu yang mampu menghasilkan pencitraan warna nyata 24/7.

3. Lebih efisien

Pada rekaman video akan muncul label dan mendeteksi Apakah itu video kendaraan atau orang. Dengan begitu teman-teman bisa menemukan video dengan cepat. Teknologi ini juga meminimalkan tindakan manual serta meminimalisir biaya keamanan.

4. Mudah digunakan

Kamera CCTV ini juga memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga mudah dalam pemasangan dan konfigurasi. Teman-teman tidak akan terlalu kerepotan ketika akan memasang dan mengkonfigurasi smart CCTV ini.

Teman-teman sekarang sudah tahu jika CCTV AcuSense dari Hikvision memiliki banyak keunggulan menarik. Smart CCTV camera ini bisa meningkatkan keamanan di cluster perumahan. Keamanan  suatu tempat tinggal tentu sangat diincar oleh masyarakat terutama mereka golongan ekonomi atas yang bersedia mengeluarkan uang lebih banyak asalnya rumah yang ditinggalinya akan memberikan keamanan maksimal. Teman-teman bisa menempatkan smart CCTV ini mulai dari pintu masuk atau di berbagai titik perumahan yang memang membutuhkan pengawasan ekstra.


Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Menaikkan Nilai Jual Cluster Perumahan dengan Adanya Smart CCTV "

  1. Punya CCTV ini jadi nilai plus Pak..
    Karena tidak hanya sebagai proteksi untuk rumah itu sendiri saja, tetapi juga di sekitaran rumah itu. Misalnya tetangga depannya ada kemalangan apa, nah rumah yang ada CCTV ini bisa membantu

    ReplyDelete
  2. Keberadaan Smart CCTV memang perlu karena saat ini makin banyak orang yang tidak bisa berpikir dengan akal sehat. Kejahatan dilakukan dengan alasan mengada-ada.

    ReplyDelete
  3. Benar juga ya. Orang yang akan berniat jahat tentu bakal berpikir ulang tentang niat jahatnya kalau rumah terpantau CCTV. Dia pasti nggak mau dong saat beraksi malah ketahuan di cctv. Mungkin baginya mending cari mangsa lain saja.

    ReplyDelete
  4. Yesss banget kebutuhan akan CCTV sekarang meningkat. CcTv bukan lagi barang mewah, banyak yg memasang cctv di dalam.rumah terutama orang tua yg keduanya kerja sehingga bisa memantau anak-anak dr kantor.

    Otomatis harga cctvpun beragam ada harga ada rupa yg berkualitas bagus pasti harganya lumayan tp.awet kan yaks

    ReplyDelete
  5. yang namanya perumahan sekarang ngga cukup nyamn dan asri kudu ada kepastian keamanan. apalagi kejahatan jaman sekarang terkadang ngga ada logika hehehe. kudu diperhatikan bener bener

    ReplyDelete
  6. CCTV sekarang penting banget buat setiap rumah, mungkin fungsinya bukan hanya untuk bikin kita tahu sedang terjadi apa, tapi bisa buat jaga-jaga biar kalau lagi pergi jauh bisa kontrol dari jauh ya.

    ReplyDelete
  7. Mantap banget lingkungannya dilengkapi dengan kamera CCTV beresolusi tinggi dan tingkat keamanan yang terjamin begini membuat penghuni perumahan merasa nyaman meski meninggalkan rumah di waktu liburan Hari Raya (mudik) atau bepergian selama beberapa hari.

    ReplyDelete
  8. Iya, semakin aman perumahannya semakin naik harga jualnya
    Karena orang pasti pilih yang punya jaminan keamanan ya mas

    ReplyDelete
  9. iya loh Pak, CCTV itu penting banget di perumahan. kalau di perumahan yang aku tempati di surabaya ini juga ada CCTV.. itu sangat membantu satpam ketika ada orang2 yg mencurigakan lagi keliling perumahan.

    ReplyDelete
  10. Meski bukan di perumahan cluster, tapi di perumahan biasa aku juga pasang cctv Mas di rumah buat keamanan. Pintu juga sejak 4 tahun lalu pakai smart lock door jadi Aman.

    ReplyDelete
  11. Emang wajib pasang sistem keamanan kalau di perumahan begini ya Pak. Nggak cukup mengandalkan security perumahan. Mantap bener kemampuan CCTV Hikvision ini ya, Pak. Jadi memantapkan kalau pilih sistem keamanan ini.

    ReplyDelete
  12. Kalau tinggal di cluster dengan fasilitas lengkap kayak gini sih oke banget ya, keamanannya terjaga banget

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.