} 5 Alasan Mengapa Industri F&B Terus Berkembang dari Bisnis Lainnya - Bambang Irwanto Ripto

5 Alasan Mengapa Industri F&B Terus Berkembang dari Bisnis Lainnya

Tahukah teman-teman, sejak 3 tahun terakhir segmen F&B adalah segmen yang berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan hingga 18%. Jenis bisnis yang dikategorikan dalam pelayanan makanan dan minuman ini terus tumbuh dan diperkirakan akan terus mengalami kenaikan. Mengapa bisa demikian? Mari kita bahas bersama!

Bisnis F&B
Industri F&B yang Terus Berkembang (Foto : Canva)


Alasan Industri F&B akan Terus Tumbuh

Seiring perkembangan zaman, industri food and beverage mengalami perluasan makna. Tapi secara umum F&B adalah sebuah istilah yang menggambarkan layanan penyajian makanan dan minuman kepada pelanggan.

(Foto : Canva) 


Dari berbagai bidang industri, F&B adalah industri yang terus mengalami kenaikan positif dibandingkan dengan segmen ritel seperti pakaian dan peralatan rumah tangga yang rata-rata hanya tumbuh 10% dalam periode yang sama.


5 Alasan Industri F&B Bisa Terus Tumbuh

Berbagai alasan yang menyebabkan industri F&B bisa terus tumbuh dan berkembang. Dan berikut 5 alasannya : 

(Foto : Canva) 


1. Kebutuhan Dasar Manusia

Makan dan minum merupakan kebutuhan dasar manusia yang membuat kita terus bisa bertahan hidup dan memuaskan dahaga kita. 

Kegiatan makan dan minum pun dilakukan setiap hari oleh kita, oleh karena itulah kita tidak mungkin melewatkan makan dan minum sehari-hari.

Karena makan dan minum merupakan kebutuhan manusia yang mesti dipenuhi setiap harinya. Tentu ini menjadikan industri F&B memiliki demand yang tinggi. 

Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia juga butuh berkumpul dan berinteraksi dengan sesama manusia lainnya. Dan kebutuhan ini juga bisa dipenuhi oleh industri F&B seperti restoran dan kafe, yang sering menjadi pilihan tempat untuk mengumpul. Melihat alasan ini, maka tidak heran bila bisnis F&B terus bertumbuh.


2. Kesadaran Berwirausaha

Meningkatkan kesadaran berwirausaha belakangan ini, membuat F&B menjadi salah satu industri yang banyak dipilih oleh mereka yang ingin memulai menjadi wirausaha.

Pemilihan industri F&B di antara industri lainnya sebenarnya tidak terlepas dari kemudahan bahan baku yang didapatkan, sehingga ini menjadi salah satu pertimbangan mengapa banyak wirausaha yang memilih menjalankan bisnis F&B.

Selain kemudahan bahan baku, untuk memulai bisnis F&B juga cenderung tidak membutuhkan modall yang terlalu besar. Bahkan bisa dimulai dengan sistem waralaba yang telah memiliki standarisasi serta dapat dijalankan dengan hanya membayar lisensi dengan biaya yang cukup murah.


3. Perkembangan Teknologi yang Mendukung

Teknologi juga masuk ke industri F&B sebagai bentuk adaptasi perkembangan zaman. Penerapan teknologi di dalam industri F&B membuat proses bisnisnya semakin cepat dan mempermudah proses kerja, dan juga cost yang dibutuhkan.

Beberapa teknologi yang sudah umum digunakan dalam industri food and beverage adalah menu digital, mesin kasir, pesan online, sampai juga ERP. Teknologi-teknologi tersebut mendukung proses dan pengelolaan bisnis F&B jadi lebih cepat, efektif, dan efisien.


4. Terkait dengan Industri Lain

Industri food and beverage adalah industri yang tidak bisa lepas dari industri lainnya. Contohnya saja seperti industri di sektor pariwisata, pasti sangat terkait dengan industri F&B. Begitu juga infrastruktur, pasti juga ada bisnis F&B yang bergerak bersamanya. Keterkaitan ini menjadikan industri F&B terus meningkat setiap tahunnya.


5. Mudah Beradaptasi dengan Tren

Industri F&B adalah salah satu industri yang dapat beradaptasi dengan cepat dalam berbagai kondisi. Ini bisa kita lihat saat pandemi, daripada bisnis-bisnis lainnya, bisnis makanan dan minuman justru bisa bertahan. Bahkan pascapandemi, bisnis ini semakin menunjukkan tren yang positif.

Inilah mengapa setiap tahun terus bermunculan bisnis food and beverage baru yang menawarkan keunggulannya masing-masing.

Namun, perlu diingat kesuksesan bisnis F&B bertahan tidak terlepas dari pengelolaan yang baik. Tanpa adanya pengelolaan maka sangat sulit rasanya untuk bisnis ini betahan dalam jangka lama. Pengelolaan yang amat perlu diperhatikan dalam bisnis ini adalah masalah pencatatan keuangan dan juga inventori.

Kedua ini menjadi kunci apakah bisnis makanan dan minuman bisa bertahan dan mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, maka tidak heran jika mulai banyak perusahaan F&B menggunakan ERP Indonesia seperti RedERP untuk membantu pengelolaan bisnis.

Dengan modul-modul ERP di RedERP perusahaan dapat mengelola bisnis secara tersentran dan tidak lagi secara manual melainkan dengan digitalisasi. Sehingga sangat mudah melakukan kontrol di mana pun dan kapan pun. Cari tahu lebih lanjut kehebatan dari modul RedERP dengan kunjungi websitenya dan ajukan demo gratis.






Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "5 Alasan Mengapa Industri F&B Terus Berkembang dari Bisnis Lainnya"

  1. Betul juga. Aku sendiri selalu tertarik kalau ada warung baru apa lagi jika konsepnya unik

    ReplyDelete
  2. Iya Kak bisa dibilang industri food and beverage gak ada matinya, karena manusia tiap hari butuh makan dan minum. Jadi kalau mau buka bisnis disaranin untuk buka industri f n b aja.


    Kak Bams masih jual minuman?

    ReplyDelete
  3. manusia ngga bisa dipisahkan dari makanan karena kebutuhan hidup apalagi makin kesini banyak me time orang dengan menikmati makanan enak. Bisnis yang selalu berkembang pesat

    ReplyDelete
  4. Di kota saya juga menakjubkan Pak bisnis kulinernya. Kelihatan banget pertumbuhannya, meskipun tidak sedikit juga yang gulung tikar karena persaingan yang ketat.

    ReplyDelete
  5. Bisnis F&B memang kudu up to date ya, karena dengan mengikuti jaman maka akan selalu eksis dan berkembang. Apalagi keunikan dan ciri khas yang terus dipertahankan.
    Oleh sebabnya, bisnis ini terus menjadi andalan buat para pelaku usaha karena banyak yang cari

    ReplyDelete
  6. benar sekali mas, bisnis makanan ini paling keliatan banget pertumbuhannya sekarang ini. di desaku nih setiap pojokan jalan mesti ada yang jualan. Nggak ada semacam gofood gitu mreka promokan lewat media sosial jadinya

    ReplyDelete
  7. Iya nih F&B terus bertumbuh karena emang pasarnya ada terus. Apalagi juga cocok banget buat kegiatan bisnis, makanya terus bermunculan veariasi F&B baru.

    ReplyDelete
  8. industri food and beverage ini memang bisa dibilang industri yang nggak ada matinya dan terus menghadirkan produk baru ya, mas. apalagi sekarang pemasarannya juga bisa lewat digital pastinya semakin banyak yang melirik usaha ini

    ReplyDelete
  9. Bener ya, karena kebutuhan manusia jadi hampir setiap usaha f&b ini punya pelanggannya sendiri

    ReplyDelete
  10. Bener sih, skrg tuh menjamur udah tiap RT aja bahkan ada bisnis F&B ini, apalagi di kota Malang yang notabene banyak banget mahasiswanya ratusan ribu

    ReplyDelete
  11. makanan dan minuman menjadi salah satu kebutuhan primer yang akan orang butuhkan selama hidupnya, sehingga FnB ini tak pernah lekang oleh waktu, ditambah lagi dengan kreatifitas yang dapat menciptakan produ-produk baru dengan varian rasa yang makin banyak dan unik, membuat industri FnB semakin berkembang ya Mas, jadi makin yakin, kayaknya kalau buka usaha memang bidang FnB ini paling potensial, yang penting buat sesuatu yang unik dan kreatifitas wajib didorong

    ReplyDelete
  12. setuju banget sih, Pak. waktu pandemi kemarin juga keliatan banget kalau sektor ini justru yang paling bertahan dan dibutuhkan banyak orang.. yang penting mah kemauan inovasi soalnya bagaimanapun juga disrupsi dan persaingannya sangat tipis

    ReplyDelete
  13. Betul pa, makan minum kebutuhan dasar manusia jd pasti bisnis makanan akan selalu berkembang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.