} 4 Tips Merawat Motor Matic - Bambang Irwanto Ripto

4 Tips Merawat Motor Matic

Motor bagi saya sudah jadi kebutuhan untuk menunjang aktivitas keseharian saya. Mengendarai motor, membuat saya bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Saya juga fleksibel berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Naik motor juga menurut saya hemat dan cepat hehehe. 


Apalagi sekarang saya tinggal di Depok yang pastinya akan sering ke Jakarta juga. Naik motor membuat saya bisa nyelap-nyelip saat macet. Kalau capek di jalan, bisa mampir sejenak makan bakso dan buah hahaha.

Alhamdulilah saya memiliki 2 motor. Alhamdulillah dua-duanya dari hasil menulis. Satu motor model bebek 4 tak 105 CC yang saya beli 2012. Satu lagi motor matic 125 CC yang saya beli tahun 2015. Hanya sekarang motor 4 tak saya tinggal di Kebumen, dan motor matic saya bawa ke Depok.

Saya memang lebih suka pakai motor matic. Alasannya, karena bagasi motot matic lebih luas, termasuk bagian depannya bisa menaruh barang. Terus tidak perlu pindah-pindah gigi. Kaki juga bisa lebih rileks, karena hanya bergerak turun saat berhenti bila macet.

Makanya, saat tinggal di Kebumen, motor matic lebih sering saya ajak ngebolang ke wisata-wisata Kebumen, termasuk daerah sektiar.  Seperti Purwokerto, Cilacap, Purworejo, Jogyakarta, Banjarnegara, Pemalang. Bahkan sudah beberapa kali saya pacu motor matic saya rute Gombong Kebumen - Jakarta.

Jalan-Jalan Saya Bersama Motor Matic

Nah agar performa motor matic saya terus terjaga, dan terus mendukung aktivitas saya, maka saya wajib memperhatikan juga, juga memberi perawatan. Walaupun motor ini selalu terasa enak, karena saya pakai sendiri. Pastinya akan berbeda kalau motor dipakai banyak orang, karena setiap orang, selanya berbeda.

Tidak ada perawatan khusus untuk motor matic ini. Saya hanya melakukan hal-hal standar saja. Dan berikut yang saya lakukan pada motor matic saya.

Rutin Motor Dipanaskan

Pertama, katanya motor itu harus dipanaskan setiap hari. Dan ini tidak jadi masalah bagi saya, karena setiap senin-jumat, saya mengantar anak sekolah. Ini ditambah keperluan lainnya. Misalnya beli air galon, belanja, dan lainnya. Saat Sabtu dan minggu pun saya juga selalu keluar rumah. Misalnya kalau ada acara blogger offline.

Motor Matic Kesayangan Saya

Dan memang, motor apapun harus rutin dipanasin, biar performa mesinnya terus terjaga. Saya ingat dengan vespa bapak saya. Itu sebenarnya tidak rusak, tapi tidak pernah dipakai. Akhirnya saat akan dipakai, malah semua macet. Padahal untuk memanaskan motor itu tidak butuh waktu lama. Cukup 3-5 menit saja. Kalau kelamaan, bisa overhead.

Rutin Ganti Oli Mesin

Saya selalu usahakan ganti oli mesin yang fungsi utamanya memberikan pelumasan setiap komponen mesin yang membutuhkan pelumasan. Selain itu, Oli juga bertugas mencegah terjadinya gesekan suku cadang. Misalnya piston dan dinding silinder.

Nah, ganti oli motor matic saya  ini tidak pasti harus sebulan atau dua bulan sekali, tapi patokan saya adalah kilometernya. Sekitar pemakaian 2.000 – 3.000 km. Apalagi saya pekerja freelance yang tidak tiap hari naik motor jauh menuju tempat kerja, jadi kadang 3 bulan saya baru ganti oli. Pastinya saya memilih oli motor matic yang bagus. 

Oli X-TEN 10W40 MATIC (Foto : X-TEN)

Nah, saya sekarang pakai oli X-TEN 10W40 MATIC. Ini harganya dikisaran 47 ribu. Keunggulannya sangat banyak. Mulai dari bikin enteng tarikan yang bikin oli jadi hemat. Makanya mesin juga jadi tahan lama. Selain itu harganya tidak bikin kantong jebol hehehe. Oli X-TEN 10W40 MATIC itu cocok untuk semua merek motor.

Ganti oli ini juga saya lakukan bila saya akan melakukan perjalanan jauh, walaupun saya belum lama ganti oli. Misalnya saat saya akan melakukan perjalanan dari Kebumen ke Depok. Pastinya saya ingin motor matic saya lancar di perjalanan.



Melakukan Servis Rutin

Saat ganti oli, saya biasanya sekalian servis. Kalau ada yang harus diganti, maka saya minta ganti sekalian. Makanya saya memang sengaja menyisipkan bajet. Karena biasanya, kadang biaya kurang dari bajet, kadang juga lebih dan harus nombok sedikit hehehe.

Untuk tempat servis, saya tidak terlalu fanatik sesuai dengan merek motor saya. Yang penting nyaman, servisnya bagus, montirnya ramah, terus dekat rumah. Makanya saya sekarang servis di Planet Ban yang jaraknya dari rumah hanya 350 meter.

Planet Ban (Foto : Bambang Irwanto)

Jadi awalnya, saya kira Planet Ban itu hanya menjual aneka ban sesuai namanya. ternyata... selain jual ban lengkap, juga bisa servis dan ganti oli untuk beragam tipe dan merek motor. Bahkan tambal ban. Teman-teman bisa cek langsung di  https://planetban.com/ 

Jangan Kehabisan Bensin

Nah, saya pernah habis magrib jalan ke rumah teman. Terus pas pulangnya, kok motor agak endut-endutan. Digas kok juga gempos. Terus baru beberap meter jalan berhenti mendadak. Wih, kenapa nih? Tidak biasanya motor saya ngambek. Distater otomatis atau engkol juga tidak bisa. Ternyata.. bensinnya habis hahaha.

Terpaksa saya dorong agak jauh dan beli bensin eceran. Ini benar-benar jadi pelajaran bagi saya, agar selalu cek bensin saat pergi. Selain bikin susah, badan pegal, kaki pegal, karena dorong jauh, juga bisa bikin motor rusak.

Nah, itu dia 4 tips merawat motor matic sesuai pengalaman saya. Semoga bermanfaat. Salam...

Bambang Irwanto

 

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "4 Tips Merawat Motor Matic"

  1. Wah mantab juga ya, Pak Gombong-Jakarta. Untuk ganti oli, Xten memang jadi salah satu pilihan menarik selain karna kualitas juga gerai penjualannya yang mudah ditemui.

    ReplyDelete
  2. Wahhh well noted bangettt ini Kak
    Ibu2 sebagian besar memang rada abai utk urusan oli Motor gini.
    Baeklaaaaa kami akan rajin utk urusan mesin jugaaa

    ReplyDelete
  3. Wah jangan hanya bisa mengendarai motor matic aja ya Pak berarti. Kudu cerdas dan paham juga nih bagaimana perawatannya, termasuk urusan ganti oli. Biar tetep aman mau ngebolang kemana aja

    ReplyDelete
  4. Keren nih, tips tips nya berguna banget buat yang punya motor matic, atau mungkin mau beli motor matic? Yang jelas, artikel ini sangat membantu dan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  5. Tips merawat motor matic ini sering diabaikan orang orang ya mas Baim

    padahal motor matic itu kalo dirawat sejak awal akan awet mesin dan sparepartnya

    ReplyDelete
  6. Merawat motor matic begitu pentingnya....seenggaknya ganti oli rutin itulah yg gk bikin motor turun mesin. Sy biasanya klo untuk ganti oli motor per 2 bulan sekali. Lihat jarak penggunaan motor juga sih...

    ReplyDelete
  7. Hooh sih. Aku sering kali diingatkan oleh bapak kalau motor jangan sampai kehabisan bensin atau jangan telat untuk ganti oli. Biar mtornya lebih awet gitu.

    Ternyata memang merawat motor matic tu begitu ya, Pak.Oke deh.

    ReplyDelete
  8. Merawat kendaraan kesayangan memang kudu banget sepenuh hati. Agar tetap awet dan berumur panjang. Sejujurnya, aku pengguna motor manual, Pak Bams. Dan masih belum terbiasa dengan motor matic. Bisa aja kalo kepaksa, hehhe.. Tapi masalah service dan ganti oli, aku jago banget inget-inget waktunya. Soalnya dulu pernah punya pengalaman motor gak di service malah bikin pengendaranya berbahaya.

    Takut..
    Semoga dengan rutin service bisa membuat pengendaranya aman dan lebih hemat biaya pengeluaran tak terduga dan lain-lain.

    ReplyDelete
  9. Menggunakan oli xten pernah, oli berkualitas baik untuk menemani perjalanan dimana-mana. Motor matic penting dirawat.

    ReplyDelete
  10. ini sepele, tapi pentiiing banget diperhatikan.. bagi kaum hawa yang biasanya ( biasanya lho yaa... ) cuma tau make, ngga tau ngerawat nih.. jangan ke bengkel kalau sudah mogok, cuma 4 point ini ikutin tips nya kak Bambang ( selftalk, alias ngomong sama diri sendiri.. hehe, soalnya aku banget nih, ke bengkel kalau udah mogok, alhasil biaya servis selalu bengkak..

    ReplyDelete
  11. Kebanyakan orang abai dengan pergantian oli mesin untuk motor matic. Banyak yang salah kira motor matic cuma butuh bensin doang. Pas motor udah rusak atau mandeg, baru deh kerasa pentingnya ganti oli.

    ReplyDelete
  12. Setuju nih mas jangan cuma pakai aja ya tapi gak di rawat...dan bener harus pakai oli khusus untuk motor matix biar mesin tetep terjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Kebayang ya kalau kita gak tahu trus dapat masalahnya di tengah jalan. Aduh, motornya dimarahin gak jelas, padahal yang salah kita sendiri.

      Delete
  13. Wah, bener banget. Merawat motor tuh harus telaten. Biar ga gampang mogok juga ya. Apalagi kalau sering dipake buat travelling keluar kota,

    ReplyDelete
  14. keren banget dari zaman suka baca Bobo dan akhirnya ikut kelas menulisnya, seru deh, btw keren banget bisa beli motor dari menulis, jadi terpacu nih rajin nulis lagi

    ReplyDelete
  15. Ganti oli itu penting banget ya pak biar mesin motornya selalu bagus dan siap di segala medan. Jadi makin irit dan tahan lama

    ReplyDelete
  16. wah keren kali bisa beli motor dari hasil ngeblog ya pak...no wonder karena DA nya pun 44 wow....dan memang ganti oli untuk mtor mattic ini harus diperhatikan karena memang secrucial itu supaya motor jadi awet dan dipakainya pun enak.

    ReplyDelete
  17. habis baca post ini, ternyata aku belum servis ahaha
    dulu motor dirumah ga pernah matic, terus aku akhirnya beli matic dan harusnya kudu rajin diservis ya, padahal kantorku dibidang otomotif

    ReplyDelete
  18. Iya bener banget, motor matic harus rajin2 dirawat. Apalagi harus dipanasin kl gak dipake. Diservis tiap bulan supaya performanya bagus.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.