} Pilih Mana? 7x1 atau 1x7? - Cerita Bambang Irwanto

Pilih Mana? 7x1 atau 1x7?



Masih banyak teman-teman yang mengeluh, kalau masih bingung menentukan waktu menulis. Padahal waktu menulis itu bisa kita pilih sesuai dengan kesempatan dan membuat kita enjoy. Jangan jadikan waktu menulis sebagai kendala.


Nah, berikut tips singkat menentukan waktu menulis. Tapi kali ini yang akan saya sharing, bukan soal waktu menulis yang bisa pagi, siang, malam, atau tengah malam. Tapi soal menentukan kapan waktu menulis. Tulisan ini terinspirasi saat saya melihat resep obat dan saya susun berdasarkan pengalaman menulis saya yang masih seuprit hehehe.


7 x 1

Waktu menulis 7 x 1 itu maksudnya, kita menulis setiap hari dalam satu minggu. Bisa juga diartikan, kita 7 kali menulis dalam 1 minggu.

Menulis setiap hari, membuat imajinasi kita terus berkembang. Dan menulis itu memang seperti mata pisau yang harus terus diasah. Bahkan dulunya sering menulis, lalu lama tidak menulis lagi, maka saat menulis dia akan merasa tersendat, dan butuh pemanasan lagi. Ibaratnya, mesin kalau lama tidak dipanasi, maka tidak berfungsi dengan baik.


Waktu menulis 7 x 1 ini sangat cocok diterapkan bagi teman-teman yang baru menulis. Tidak harus menentukan atau mematok satu waktu spesial menulis. Sesuaikan saja dengan aktivitas teman-teman dalam sehari itu. Apalagi kan, zaman now, menulis bisa kapan saja dan di mana saja. Tidak harus duduk di depan laptop.  Menulis bisa di ponsel atau tablet juga bisa.

Menulis setiap hari ini sangat bagus, karena akan menjadi candu. Jadi teman-teman akan terbiasa menulis setiap hari. Imajinasi pun akan terus berkembang. Cepat menangkap ide, mengolahnya, dan cepat mengeksekusi jadi cerita.

Manfaat lain, cara ini otomatis menghasilkan kita menulis cerita setiap hari. Jadi hitungan matematikanya, dalam seminggu ada. Nanti seiring waktu, akan terus meningkat, dari setiap hari 1 cerita, jadi setiap hari 2 cerita, 3 cerita, dan seterusnya. 


1x7

Waktu menulis 1 x 7 ini, maksudnya, kita hanya menulis sekali dalam seminggu. Dan untuk teman-teman yang baru mulai menulis, menurut saya (ini menurut saya, ya) kurang pas. Karena saat baru masuk ke dunia menulis, memang harus rajin menulis, dan bagusnya setiap hari.

Karena menulis hanya sekali seminggu, bisa saja teman-teman hanya akan menulis bila sempat, atau bahkan kebabbalasan tidak menulis dalam seminggu. Akhirnya, kadang rasa malas akan timbul, dan bisa tidak menulis-menulis.



Namun, cara menulis seperti ini, tetap cocok digunakan. Tapi khusus bagi teman-teman yang sudah terbiasa menulis, dan itu pun mereka sudah menjalani proses 7 x 1 itu. Karena bisasaja, dari senin sampai jumat, mereka mempunyai aktivitas lain, misalnya bekerja. Jadi hanya bisa menulis saat weekend saja. Jadi mereka tetap bisa menghasilkan beberapa tulisan dalam 1 hari itu.

Demikian tips singkat dari saya. Semoga bermanfaat dan terus semangat menulis.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilih Mana? 7x1 atau 1x7?"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.