} Padang dan Wisata Napak Tilas Siti Nurbaya - Cerita Bambang Irwanto

Padang dan Wisata Napak Tilas Siti Nurbaya

Padang dan Wisata Napak Tilas Siti Nurbaya - Siti Nurbaya merupakan nama seorang tokoh dalam novel berjudul “Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai” karya Marah Rusli. Roman klasik terbitan Balai Pustaka tahun 1922 tersebut, merupakan salah satu karya sastra legendaris yang menjadi bahan acuan para pecinta sastra saat mendalami ilmu kebahasaan ini.

Sinetron Sti Nurbaya yang pernah tayang di TVRI (Sumber Foto : harian Singgalang)

Karena begitu terkenal dan legendaris, novel Siti Nurbaya sempat divisualisasikan serta diadaptasi menjadi pertunjukan teater, fim, dan sinetron. Meskipun fiksi, kekuatan cerita membuat novel Siti Nurbaya seolah-olah ditulis berdasarkan sebuah kisah nyata.

Setting cerita Kasih Tak Sampai yang ciamik ini, membuat orang selalu mengingat Padang dan Siti Nurbaya. Apalagi daerah yang terkenal rendang ini, memang sangat banyak tempat-tempat wisata menarik. Yuk liburan dengan tiket pesawat Garuda promo ke kota satu ini.

Tentang Pengarang Siti Nurbaya
Marah Rusli dan Novel Siti Nurbaya (Sumber foto : Takaitu. com)

Marah Rusli merupakan sastrawan kelahiran Padang tahun 1889 silam. Selain menulis, beliau juga berprofesi sebagai dokter hewan. Berbeda dengan sastrawan lain seperti Taufiq Ismail atau Asrul Sani yang meninggalkan profesi dokter hewan mereka dan banting setir menjadi penyair, Marah Rusli tetap setia dengan profesinya hingga pensiun sebagai Dokter Hewan Kepala pada tahun 1952.

Berkat roman legendarisnya, Siti Nurbaya, Marah Rusli mendapatkan gelar sebagai Bapak Roman Modern Indonesia. Karena sebelum Siti Nurbaya, bentuk prosa yang biasanya digunakan adalah hikayat. Roman legendaris beliau ini memang bukan karya sastra biasa.

Meskipun premisnya sederhana, tapi Marah Rusli berhasil menghidupkan tokoh Siti Nurbaya sehingga banyak orang menganggap bahwa roman ini diambil dari kisah nyata. Tidak heran jika di Padang akan kita temukan beberapa tempat yang disebut-sebut sebagai peninggalan bersejarah dari Siti Nurbaya.

Wisata Napak Tilas Siti Nurbaya
Melekatnya nama Siti Nurbaya dengan kota Padang membuat pemerintah setempat mendirikan beberapa tempat wisata yang didedikasikan khusus untuk tokoh fiksi ini. Di antara tempat wisata napak tilas tersebut di antaranya:

1. Taman Wisata Siti Nurbaya
Sumber Foto : aet

Berlokasi di Puncak Gunung Padang, taman wisata ini menawarkan panorama peopohonan hijau yang lebat dengan pemandangan laut lepas nan memesona. Bagi penggemar olahraga mendaki, menelusuri kawasan taman yang berbukit akan memberikan pengalaman istimewa.

Selain panoramanya, di sini pengunjung juga bisa mengunjungi replika makam Siti Nurbaya yang dibuat berdasarkan deskripsi Marah Rusli di Romannya. Lokasi ini merupakan spot foto favorit wisatawan. Bahkan beberapa ada yang membawa bunga sebagai simbol penghormatan terhadap tokoh fiksi legendaris tersebut.

Taman wisata Siti Nurbaya dulunya merupakan basis pertahanan tentara Jepang saat berperang melawan sekutu berpuluh tahun silam. Tidak heran jika di kawasan ini, Anda juga bisa melihat berbagai peninggalan tentara Jepang yang bersejarah. Beberapa di antaranya adalah meriam dan bunker yang sering dimanfaatkan saat masa kolonial.

2. Jembatan Siti Nurbaya
Sumber foto : garnesia

Terletak tepat di bawah Puncak Gunung Padang, jembatan ini merupakan satu-satunya akses untuk mencapai Taman Wisata dan Makam Siti Nurbaya. Waktu paling tepat untuk mengunjungi jembatan adalah ketika matahari perlahan tenggelam.

Panorama sunset merupakan daya tarik jembatan yang terlihat berkilau saat malam hari tersebut. Ya, pemerintah setempat menghias jembatan Siti Nurbaya dengan gemerlap lampu yang indah. Dari atas jembatan, pengunjung juga bisa melihat kerlap-kerlip lampu dari permukiman penduduk di lereng Gunung Padang.

Selain pemandangan malam hari, pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner khas Padang yang dijual di sekitar jembatan. Mulai dari jajanan, makanan berat, hingga minuman bisa didapatkan dengan mudah di sini. Tidak hanya itu, harga makanan yang dijual di sini cenderung bersahabat dan lebih ramah kantong.

Nah, bagi yang tertarik untuk melakukan wisata napak tilas Siti Nurbaya di Padang saat liburan nanti, persiapkan segala kebutuhan Anda mulai sekarang. Salah satunya adalah memesan tiket pesawat. Agar lebih praktis, pesan tiket pesawat murah Airy  saja. Jika memesan tiket di sini, Anda bisa melakukan transaksi di mana dan kapan saja melalui gawai atau smartphone.

Tidak hanya itu, di situs travelling seperti Airy Rooms Anda juga akan mendapatkan banyak informasi tentang penginapan murah dan tempat wisata menarik. Jadi, sudah siap merasakan langsung perjalanan hidup Siti Nurbaya? Selamat menjelajah!




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Padang dan Wisata Napak Tilas Siti Nurbaya "

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.