} Setiap Ramadhan Punya Cerita - Bambang Irwanto Ripto

Setiap Ramadhan Punya Cerita

Setiap Ramadhan Punya Cerita - Dan itulah yang saya alami dalam perjalanan hidup saya. Salah satu yang paling membekas adalah Ramadhan pertama jauh dari orang tua dan saudara.
Waktu itu tahun 1998, saya nekat merantau dari Makassar (dulu Ujung Pandang) ke Jakarta. Perjalanan 2 hari 2 malam saya tempuh naik kapal pelni Cirenai. Harga tiketnya waktu itu 36 ribu.

Desain Canva

Karena saat itu masa krisis moneter, maka sangat sulit mencari pekerjaan. Apalagi ijasah saya hanya STM elektronika . PHK terjadi di mana-mana. Akhirnya saya berpikir, untuk kerja apa saja lah, yang penting halal hehehe. Soalnya walau tinggal di rumah Om dan Bulik, tetap ada perasaan tidak enak juga. Makanya saya pengin segera dapat pekerjaan.

Dalam posisi seperti itu, saya pernah kerja jadi kenek bangunan. Padahal selama hidup, tidak pernah kerja berat. Akhirnya badan pegal semua. Lalu nyambung kerja di toko bangunan. Baru seumur-umur dorong gerobak berisi baru bata menyusuri lorong sempit ke rumah pelangganan. Lalu tidur di rumah bedeng. Sampai akhirnya saya berhenti karena jempol kaki kejatuhan batako hahaha.

Setelah itu, saya diajak kerja di bagian taman di sebuah hotel bintang 5 di Jakarta. Tapi statusnya bukan Karyawan hotel. Jadi ada perusahan gardening sendiri yang masuk ke hotel itu. Nah, saya pekerja di sana. Gajinya 7 ribu sehari.

Nah, kerja di taman ini saya agak enjoy. Kerjaan tetap berat bagi saya. Tapi karena teman-teman nya enak semua, jadi saya betah. Istikahnua kami senasib anak perantauan hahaha.

Dan inilah kali pertama saya berpuasa, jauh dari orang tua dan saudara. Saya harus mencari makan sendiri dengan gaji yang sedikit hehehe. Mana rumah kontrakan harus dibayar 50 per bulan, patungan dengan 2 teman lainnya.

Saya itu bangun sahur pukul setengah 3. Saya sengaja cepat bangun, karena harus membeli makanan di warteg dulu. Menunya standar saja. Nasi, tempe tahu, sayur plus teh manis. Waktu itu harganya 2 ribu. Kalau pas gajian sabtu, barulah lauknya pakai ayam hahaha.
Sehabis sahur, saya tidur sebentar. Bangun menjelang subuh terus salat dan bergegas mandi. Jadi saya kerjanya itu sebenarnya pukul 8 pagi. Tapi kalau masuk pukul 6, dihitung lembut 2 jam 2 ribu. Lumayan lah buat tambahan isi dompet.

Kelar mandi, saya bergegas ke tempat kerja. Dari kontrakan saya di daerah Rawabadung Jakarta Timur ke daerah Pasar Senen itu nyambung 2 kali. Jadi naik bemo dulu bayar 100 rupiah, lalu meteo mini 500 rupiah. Kalau duit lagi mepet, kadang jalan kaki ke buatan dulu, baru naik metro mini.

Pastinya godaan bekerja selama bulan Ramadhan banyak. Dari godaan ingin berbuka puasa, karena kerja di bawah terik matahari, sampai ngiler yang lihat teman minum. Apalagi kalau pas ada pohon tua yang tumbang. Maka harus segera diberesin. Jadinya bolak-balik diangkutin.

Alhamdulillah saya tetap berpuasa. Full sebulan Itu kalau saya pikir sekarang, kok saya dulu bisa kuat ya? berpuasa? Padahal sekarang di dalam rumah saja sudah gerah.

Saya selesai kerja itu pukul 4 sore. Tapi saya biasanya leyeh-leyeh dulu melepas keringat. Kemudian saya sengaja mandi di tempat kerja saja, jadi sampai rumah tidak usah mandi lagi.

Saya dan beberapa teman sengaja menunggu waktu pulang setengah 5 sore. Karena.... Dinding room sudah buka hahaha. Jadi walau kami tidak dapat jatah makan, tapi diperbolehkan ambil air minum, termasuk buat teh manis buat bekal buka di metromini.

Soalnya tau sendiri kan, pukul 4 dan 5 sore itu jadwal pulang orang kerja. Apalagi daerah senen juga macet. Bahkan saat pembangunan mall citra klender, itu macet banget. Makanya saya bersyukur kalau tiba di rumah sebelum magrib.

Nah, sebelum sampai rumah, saya cari warteg lagi, beli nasi bungkus untuk berbuka. Menunya ya.. Seperti biasa. Saking seringnya, Ibu penjual warteg sudah hapal hahaha.

Saya biasanya magrib di rumah saja. Setelah itu baru makan nasi yang saya beli tadi. Tradisi di keluarga saya itu, memang begitu buka langsung makan nasi. Kalau takjil itu disantap seusai taraweh.

Nah, habis itu saya siap-siap taraweh. Di masjid dekat kontrakan saya itu taraweh 20 rakaat + witir 3 rakaat. Tapi karena tidak ada ceramah, paling pukul 8 lewat dikit sudah kelar.

Kelar taraweh, saya sengaja mampir di warung gado-gado yang kalau ramadhan jual kolak. Saya beli sebungkus seribu. Kelar itu, langsung pulang ke kontrakan. Kalau cucian numpuk, saya nyuci dulu. Kalau tidak ada cucian, saya langsung tidur saja buat persiapan sahur.

Itulah salah satu cerita ramadhan saya. Walau dengan uang seadanya dan sikon begitu, Alhamdulillah saya bisa menjalaninya. Semua tidak lain karena rahmat Allah SWT. Membuktikan bahwa bulan Ramadhan selalu ada keberkahan.

Padahal sebenarnya, orang tua saya sudah suruh pulang saja. Tapi saya bertahan, karena ingin mencari pengalaman hidup lagi.. Cieee. Sampai akhirnya kakak dan adik saya bisa nyusul merantau, dan kami bisa mengontrak rumah bersama hehehe.

Semoga pandemi ini segera berakhir, dan kehidupan normal kembali. Selamat menjalani ibadah puasa, teman-teman. Insya Allah walau keadaan seperti ini, keberkahan ramadahan selalu ada. Aamin. Ya.. setiap Ramadhan Punya Cerita.


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Setiap Ramadhan Punya Cerita"

  1. Masya Allah, Mas Bambang. Kisah hidupnya menarik banget ini. Ada banyak pengalaman ya...Allah Maha Baik ya Mas..di tengah kesulitan memberikan kekuatan. Semoga nanti selalu dimudahkan urusan dan dilancarkan rejeki. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dian. Selama merantau itu, banyak sekali pengalaman hidup yang saya dapatkan. pastinya jadi bekal dan semakin menguatkan saya, Mbak Dian.
      Aaamin, Mbak Dian. doa yang sema untuk Mbak Dian juga.

      Delete
  2. Wah mas Bambang tampan rupawan pengalaman banget itu yaa, asik kalau dikenang perjalanan hidup yg berat tapi bisa juga dijalani hehe
    Dari zaman dulu berati warteg sudah buka pas sahur ketika bulan ramadhan, soale pas aku kuliah beberapa tahun lalu, ngerasa heran warteg buka jam segitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Una. pengalaman-pengalaman itulah yang membuat saya kebih bersyukur menjalani hidup sekarang ini.
      Iya, Mbak. Jadi warteg di Jakarta banyak 24 jam juga. Apalagi kontrakan saya dekat kawasan industri Pulo Gadung. Jadi biar bukan bulan Ramadhan, buka 24 jam.

      Delete
  3. Apa pun yang terjadi memang harus dinikmati ya Mas. In syaa' Allah kalau dinikmati dan disyukuri jalan hidup akan lebih lapang. Met shaum Ramadhan ya Mas. Tetep semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Kang Ali. Hidup itu memang harus dijalani dan dinikmati, maka semua tantangan Insya Allah akan bisa kita lalui.

      Delete
  4. MasyaAlloh mas maaf saya ga bisa nahan airmata saya bacanya, soalnya saya mudah banget menangis baca kisah haru begini. Perjuangan itu memang harus selalu dijaga dengan semangat dan rasa syukur ya mas. Saya baca tiap kalimat haru banget dan salut kalau bisa full puasa di tengah beratnya hidup dan bekerja di Jakarta. Semoga selalu sehat dan bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, Mbak Lidia. Dan itulah pengalaman hidup, Mbak. Walau sebenarnya, bisa saja saya balik ke Makassar lagi. Tapi sekarang pengalaman-pengalaman itulah yang menguatkan saya dan membuat saya selalu bersyukur.

      Delete
  5. wah ketauan nih kak umurnya wkwk btw baru tau thn 98 ongkos bemo Rp. 100 perak...setiap ramadhan pnya cerita ya kak, dulu pas sma sy jg kost jauh dari ortu setiap ramadhan sy bantuin ibu kost bikin takjilan buat dijual..dan sy dikasih upah free takjil dan mkn malam.. mayan hemat uang makan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Fitri. Metromini masih 500 perak, bahkan bus mayasari bakti Pulo Gadung - senen masih 300 perak hehehe.
      Nah, mantap tuh, Mbak. Bantu dapat pahal juga, eh hemat uang makan lagi hehehe.

      Delete
  6. Selamat berpuasa ya mas... Ceritanya seru sekali kalau dibuat sinetron, judul yang pas apa ya mas kira kira? Keren ih pengalamannya mas, merantau memang banyak hikmahnya kayak pandemi corona ini juga banyak hikmah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat berpuasa, Mas Erfano.
      Mungkin judulnya, Nasib Anak Perantauan hahaha.
      Iya, Mas. segala sesuatu pasti ada hikmahnya.

      Delete
  7. Wah, tidur sebentar setelah sahur bisa bikin perut buncit lho...
    tapi itu kan dulu ya. Hihihi
    Banyak episode dalam hidup kita yang terlewat, dan beberapa membuat kita heran, "KOk dulu bisa kuat begitu, ya..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan ternyata, saya dulu langsing-langsing saja, Mbak Susi hahaha.
      Benar sekali, Mbak. sepanjang hidup kita, ada episodenya sendiri. Dan setelah kita melewatinya, baru ngeh, kok bisa ya, saya melewati itu hehehe.

      Delete
  8. Wah, keren om ceritanya. Luar biasa sekali ya goadaan puasanya tapi Om Bams tetap bisa lanjut. masyaallah... salut bisa menjalani hidup di perantauan. Semoga pandemi ini mereda ya, amiin. Sukses selalu buat Om Bams

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Karena memang dari niat saja, maka Allah SWTakan menguatkan saya.
      Aamin, Mbak. Harapannya memang begitu, pandemi segera berlalu. Aamin.

      Delete
  9. Ceritanya menginspirasi untuk tetap semangat menjalani kehidupan apalagi di bulan puasa yang penuh tantangan, terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.