} Kenapa Keamanan dan Keselamatan di Lingkungan Kerja Sangat Penting? - Bambang Irwanto Ripto

Kenapa Keamanan dan Keselamatan di Lingkungan Kerja Sangat Penting?

Kenapa keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja sangatlah penting? Pertanyaan yang sering dilayangkan ke berbagai tempat. 

keamanan  dan keselamatan di lingkungan kerja harus selalu dijaga

Keamanan dan keselamatan kerja sangatlah penting untuk setiap pekerja di semua industri karena para pekerja tentu ingin tetap terlindungi saat melakukan pekerjaan. Kesehatan dan keselamatan merupakan faktor kunci semua industri dalam rangka menciptakan kesejahteraan baik untuk pekerja ataupun pemilik usaha.

Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak perusahaan dan pekerja yang mulai mempraktikkan keselamatan dan keamanan di lingkungan kerja. Mereka memiliki kewajiban moral untuk memakai peralatan dan perlengkapan safety seperti body harness, sepatu safety dan sebagainya. 

Lalu apa sih alasan pentingnya K3 untuk lingkungan kerja? Mengapa keamanan dan keselamatan kerja harus benar - benar diperhatikan baik dari pemilik usaha ataupun pekerja? Mari kita bahas lebih lanjut beberapa poin penting atau utamanya. Jangan lewatkan informasinya di sini. 


Lebih Waspada dengan Lingkungan Kerja

Ada banyak sekali para pekerja yang belum terlalu waspada dan juga peduli dengan keadaan yang ada di lingkungan kerja. Namun, sangatlah penting bagi kita untuk memperhatikan hal ini, terutama bagi orang yang bekerja di lingkungan ekstrem. Ketika mengetahui kondisi lingkungan kerja, kita akan menjadi lebih mudah dalam mengatur atau mencegah terjadinya resiko kecelakaan kerja. 

lingkungan kerja harus selalu diwaspadai
Waspadai  Selalu Lingkungan Kerja (f0t0 : canva)

Dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja di lingkungan sekitar, kita menjadi akan lebih waspada. Dengan lebih waspada keselamatan para pekerja dan pemilik usaha menjadi lebih terjaga. 


Mengurangi Stress dan Tekanan di Lingkungan Kerja

Kebanyakan pekerja tentu mengalami stress disebabkan oleh pekerjaan mereka. Dengan jadwal kerja padat, dan lingkungan kerja ekstrem, bercampur seringkali para pekerja menjadi memiliki tekanan dari sisi mental, kesehatan, dan sebagainya. Jika perusahaan atau company sendiri melakukan investasi ke keselamatan dan keamanan kerja maka paling tidak mental dari para pekerja akan sedikit terbantu dengan merasa aman terlindungi. Dari sisi lain, produktivitas para pekerja juga akan meningkat sehingga tujuan bisnis sebuah perusahaan pasti akan lebih mudah tercapai. 


Teknik Pekerjaan Menjadi Lebih Baik 

Di beberapa kasus, penggunaan peralatan kerja, lingkungan kerja, memang membutuhkan alat safety. Daripada menggunakan cara - cara berbahaya atau jalan pintas, penggunaan alat safety akan menghasilkan teknik pekerjaan yang lebih baik. 

agar pekerjaan menjadi lebih baik
Lakukan Teknik Ini agar Pekerjaan Lebih Baik (Foto : Canva)

Jalan pintas seringkali menjadi salah satu alasan, misalnya lebih menghemat budget, sudah terbiasa tanpa alat safety, dan alasan lainnya. Padahal menghindari penggunaan alat safety sendiri akan lebih beresiko terancam, bahkan mereka mempertaruhkan nyawa mereka. Menurut kami, budget, bukanlah sebuah alasan untuk tidak memiliki alat safety standar di semua industri. 


Lebih Mudah Melakukan Mitigasi Dalam Keadaan Darurat

Berbagai alat safety dirancang dengan sangat baik untuk menghindari berbagai keadaan darurat. Inilah kenapa keamanan dan keselamatan lingkungan kerja sangatlah penting. Terkadang sistem keamanan dan keselamatan kerja sudah dibarengi dengan mitigasi dalam keadaan darurat. Lebih mudah untuk melakukan berbagai strategi cadangan jika memang terjadi keadaan darurat.


Tentu Melindungi Diri Kita Sendiri

Banyak sekali pekerja yang tidak sadar akan pentingnya keselamatan dan keamanan kerja adalah untuk melindungi diri mereka sendiri. Pemakaian alat safety adalah bagian dari perlindungan diri bagi mereka sendiri, untuk mencegah cedera parah jika terjadi kecelakaan kerja. Misalnya kita bekerja di ketinggian, maka body harness adalah salah satu paket alat wajib untuk melindungi diri jika kita terjatuh. Kemudian helm, digunakan di situs konstruksi bangunan untuk menghindari cedera kepala. 

Jadi jika bertanya kenapa keamanan dan keselamatan kerja itu penting? Jawabannya adalah untuk melindungi diri sendiri dari berbagai kecelakaan kerja. Paling tidak menghindari cedera yang sangat fatal. 


Meningkatkan Produktivitas Pekerja

Kita sudah membahas mengenai stres kerja yang disebabkan oleh lingkungan kerja yang sangat ekstrem terkadang mempengaruhi kondisi mental para pekerja. Nah, dengan sistem keamanan dan keselamatan kerja baik, lingkungan kerja menjadi lebih aman, sehingga para pekerja memiliki produktivitas yang bisa lebih meningkat. Kondisi mental dari pekerja ini merupakan faktor utama dalam sebuah bisnis untuk terus berkembang untuk mencapai tujuan bisnis mereka. 

produktivitas pekerja harus terus ditingkatkan
Ayo, Tingkatkan Produktivitas Pekerja! (Desain Canva)

Para pekerja pun sebaiknya melakukan komunikasi dengan manajemen perusahaan jika membutuhkan alat safety tertentu. Komunikasi ini menjadi sangat dibutuhkan untuk terus meningkatkan sistem keselamatan kerja di sebuah tempat kerja. Kita tahu bahwa lingkungan kerja bisa berubah karena berbagai faktor termasuk salah satunya adalah faktor alam. 


Kesimpulan

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa keselamatan dan keamanan kerja di lingkungan tempat kerja sangatlah penting. Semua pihak baik dari pekerja, manajemen, pemilik usaha harus mempraktikan dan menjadikannya sebagai budaya kerja mereka. Investasi kepada peralatan keselamatan kerja sudah pasti menjadi salah satu investasi terbaik untuk perusahaan yang bekerja di lingkungan ekstrem. Cek informasi dan tempat jual helm safety, dan berbagai alat safety agar bisa melengkapi kebutuhan keselamatan kerja Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi dilain kesempatan ya? 

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Kenapa Keamanan dan Keselamatan di Lingkungan Kerja Sangat Penting?"

  1. Helm safety ini kesannya sepele tapi emang bener melindungi kita dari kecelakaan kerja loh. Apalagi pas berkendara juga. Banyak yang bilang, ah coba jalan ke situ aja kok. Atau ah cuma angkat batu bata gini kok, ngga perlu helm lagi.

    Iya kalo ngga kenapa2. Kalo kejatuhan batubata 100kg ya pecah tuh kepala haha. Makanya ini penting banget disosialisasikan buat pekerja kita. Di luar negeri, kalo kontraktor ngga memenuhi standar keamanan & keselamatan kerja kayak gini, pasti diblacklist deh. Cuma di Indonesia nih yang anti. Smg pekerja kita makin sadar ya ke depan.

    ReplyDelete
  2. Menurut aku pas banget nih, hasil kerja seorang karyawan tak lepas dari keamanan dan keselamatan saat melakukan kerja. ga mungkin dong hasil kerja baik jika banyak tekanan dan tak aman.

    ReplyDelete
  3. Bener banget inii, adekku kebetulan salah satu kepala bagian di perusahaan susu gitu, dan itu udah ada SOPnya untuk selalu mengutamakan keselamatan kerja. Tapi banyak juga yg nggamau terlalu memperhatikan, padahal itu penting banget lho yaa

    ReplyDelete
  4. Menggunakan safety tools di tempat kerja hukumnya wajib ya. Selain untuk melindungi diri sendiri, juga melindungi rekan dan lingkungan kerja. Apalagi jika di tempat kerja sudah jelas area-area danger-nya. Peralatan safety seperti helm, sepatu, kaca mata bahkan sarung tangan harus selalu dipakai dan nggak boleh abai.

    ReplyDelete
  5. keselamatan dan keamanan kerja secara fisik emang penting yaa, klo di proyek ya harus pake safety helmet dong yaa. tapi, keselamatan dan kesehatan mental juga penting ni, jan sampe kena mental break dance (LOL) heuuuuwwwww

    ReplyDelete
  6. Aku bersyukur suami ku kerja di kantor yang cukup terjaga keamanannya. Nggak perlu dikhawatirkan berlebihan. Hanya saja cukup mendoakannya agar terus sehat dan selamat selama pulang pergi kerja.

    ReplyDelete
  7. Semangat kerja boleh tapi tetap harus perhatikan keselamatan ya pak, sepakat bangett pak..

    ReplyDelete
  8. Keamanan di lingkungan kerja ini kudu banget diperhatikan.
    Pekerjaan tidak mudah dengan medan yang menantang, jangan sampai ketambahan resiko yang gak bisa diatasi ketika kurangnya perhatian peralatan selama di tempat kerja.

    ReplyDelete
  9. Keselamatan kerja itu memang penting banget, dan melindungi diri sendiri memang wajib.tapi suka sedih kalau masih ada yang abai sama keselamatan kerja.

    ReplyDelete
  10. Benar banget, keamanan dan keselamatan kerja memang sangat penting dan jangan sampai diabaikan. Suami saya kerja dalam lingkup ini dan kalau bekerja juga gak lepas dari atribut safety

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.