} 5 Tips Jitu dari Chef Aiko Seputar Ramadan - Bambang Irwanto Ripto

5 Tips Jitu dari Chef Aiko Seputar Ramadan

Ramadan semakin dekat. Bahkan tidak sampai sebulan.  Bagaimana persiapan teman-teman? Kalau saja sih, yang penting sehat terus. Kalau sehat, Insya Allah bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Aamin.

5 tips seputar ramadan chef Aiko


Nah, kemarin kebetulan saya ikutan tarhib Dompet Dhuafa. Acara ini diadakan dalam rangka menyambut Ramadan. Acaranya seru, salah satu adalah Fun Cooking bersama Chef Aiko. Kemarin itu Chef Aiko memasak Ayam Taliwang. 



Nah, sambil memasak, chef Aiko memberikan banyak tips-tips yang bisa diterapkan saat bulan Ramadan. Ini dia 5 tips jitu dari chef Aiko. Pastinya sangat bermanfaat bagi kita.

Mengawetkan Cabe

Orang Indonesia paling suka sekali dengan masakan pedas, termasuk sambal. Semakin pedas, maka nafsu makan semakin bertambah. Makanya saat harga cabe naik, banyak orang yang meringis hehehe. Menjelang bulan puasa, biasanya cabe naik. Nah, ada tips ciamik dari Chef Aiko seputar mengawetkan cabe.

Jadi menurut Chef Aiko, saat cuaca panas dan harganya cabe stabil, maka belilah cabe untuk stok. Jangan musim hujan, karena dijamin harganya mahal. Pilih cabe yang kering agar tidak mudah patah.

Kemudian letakkan cabe dalam wadah. Jangan lupa dialasi bagian atas dan bawah dengan tisu. Soalnya selama ini, orang hanya mengalasi tisu bagian bawah saja. Fungsinya untuk menahan kelembaban. Terus tidak perlu diberi bawang putih, seperti yang banyak orang lakukan selama ini.

Yang harus diperhatikan, pakai tisu untuk makanan, bukan tissu wajah, karena jelas berbeda. Setelah itu secara berkala ganti tisunya. Pastinya akan ada 1-2 cabe yang kurang bagus. Tapi cara ini lebih efektif untuk mengawetkan cabe.

Sayur Kangkung

Sayur kangkung memang banyak digemari orang. saya pun suka makan kangkung, apalagi dengan lauk ikan atau aneka seafood . Ditambah lagi nasi panas hehehe.

Tapi ternyata, menurut Chef Aiko, kita harus menghindari makan kangkung saat bulan puasa. Karena dalam kangkung ada efek yang membuat ngantuk, lemas, dan lesu. Kalau pun kepingin makan kangkung Sedikit saja. Itu pun dikurangi minyak. bahkan bisa bumbunya disangrai dulu agar mengeluarkan minyak sendiri. Jadi saat berpuasa, tetap bisa semangat beraktivitas.

Ikan Asin

Menyantap ikan asin bersama sambal plus nasi hangat memang juara. Tapi menurut chef Aiko, sebaiknya selama berbuka dan sahur dihindari menyantap ikan asin, karena menyebabkan leher kering. Nantinya saat berpuasa kita akan merasa haus terus. Nanti  baru setengah hari lihatin jam melulu kapan buka hehehe

Sayuran Sehat

Ternyata sayuran sehat itu bukan hanya sayuran berwarna hijau, tapi full warna. Jadi beragam sahur itu sehat. Dan sayur itu warnanya sangat beragam. Ada kuning, orange, dan ungu. Apalagi kalau dikombinasi. Misalnya bayam, wortel, jagung. Selain full warna hijau, orange, kuning, juga sehat. 

Perbanyak Serat

Saat berbuka atau sahur, biasanya orang banyak makan nasi agar kenyang. Padahal itu kurang pas. Selain malas, juga nantinya bisa sakit perut. Karena kan fasilitas perut kita terbatas.

Jadi chef Aiko memberi tips jitu. Saat berbuka dan sahur, bukan porsi makanan ditambah, tapi perbanyak serat pada makanan yang dikonsumsi. Jadi porsi makan cukup, tapi seratnya tinggi. Itulah yang akan membantu daya tahan tubuh selama berpuasa.

Jadi teman-teman usahakan penuhi serat makanannya. Apalagi makanan berserat tinggi sangat banyak. Misalnya buah pir, rasberri, pepaya, mangga, dan beragam buah. Termasuk aneka kacang itu. Seperti kacang polong, kacang polong, dan kacang almond.

Nah, itu dia 5 tips jitu yang bisa diterapkan selama bulan puasa dari chef Aiko. Semoga bermanfaat. Dan sebenarnya, bisa kita terapkan juga pad hari-hari biasa, di luar bulan ramadan, ya.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "5 Tips Jitu dari Chef Aiko Seputar Ramadan"

  1. Ya Allah, kenapa mata saya on point banget sama ikan asin ya? hahaha. Kalau saya tetep makan ikan asin (kalau ada di waktu berbuka aja sih), jadi abis itu bebas minum sepuasnya. Nggak enaknya emang jadi ke belakang mulu, hehehe.

    Kalau mengawetkan cabe, kebetulan anak saya kedua ga suka pedas, jadi saya pilih bikin sambal bawang yang banyak, trus taruh di freezer deh, enak bisa awet lama :)

    ReplyDelete
  2. Yes banget nih tipsnya Pak, karena selain bentar lagi Ramadhan yang kudu cerdas buat food preparation sekaligus juga bikin simple pas nanti masak-masak sih. Apalagi juga kan cuaca cepet berubah ya Pak. Jadi persiapan stok bahan pangan kudu dilakukan

    ReplyDelete
  3. wah baru tau cara merawat cabai agar awet
    Selama ini saya memang beli cabai kering agar mudah jika sewaktu waktu butuh
    5 tips nya sangat bermanfaat, karena kita sering lupa
    walau enak banget makan nasi goreng ikan asin ya?

    ReplyDelete
  4. Noted mas Bambang, ternyata kuncinya bukan pada seberapa banyaknya, tapi pada kualitasnya, ya Mas.(Sugianto)

    ReplyDelete
  5. Patut dicoba ini kak.. apalagi sebentar lagi bakal puasa.. paling suka sama salad sayurnya itu..

    ReplyDelete
  6. Wah, ini sangat berguna dan relevan, terutama bagi mereka yang ingin mempersiapkan hidangan yang lezat dan sehat selama bulan Ramadan. Makasih udah sharing informasi yang bermanfaat dan praktis tentang cara mempersiapkan hidangan yang sehat dan bergizi selama bulan puasa.

    ReplyDelete
  7. Wah terima kasih tipsnya Mas. Lumayan ini buat persiapan menu ramadan juga. Nah, ternyata kangkung yang katanya bisa bikin cepat ngantuk atau lemas itu bukan sekadar mitos tapi emang beneran ya. Jadi untuk mengakalinya kalau mau makan kangkung dikurangi aja ya porsinya begjtupu dengan minyak yg digunakan. Noted nih

    ReplyDelete
  8. wah bener banget ini poin pertama ngomongin soal cabe yang gampang-gampang susah penyimpanannya. saya juga suka menyimpan di kulkas dengan alas tisu, ternyata perlu dilapisi lagi di bagian atasnya ya supaya kering dan tidak mudah busuk, tips yang bermanfaat nih bisa diterapkan dirumah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.