} 5 Aplikasi Kasir untuk Melancarkan Usaha - Bambang Irwanto Ripto

5 Aplikasi Kasir untuk Melancarkan Usaha

Alhamdulillah, akhir tahun 2022, saya mulai memberanikan diri untuk berjualan online. Bukan karena latah ikut-ikutan ya, tapi lebih pada ingin mencari tambahan rezeki. Karena tidak bisa dipungkiri, kebutuhan hidup semakin meningkat. Makanya sebagai freelance, saya harus lebih giat mencari peluang.



Akhirnya setelah mencari usaha yang cocok, saya pun memilih kacang disko, yang kebetulan camilan khas dari Makassar kota kelahiran saya. Pertama, karena saya suka makan kacang disko, kedua saya bisa bikinnya. Jadi saya ingin membagi camilan yang saya sukai pada teman lain. 

Nah, agar lebih bervariasi jualan saya, maka saya pun menjual menu-menu favorit keluarga saja lainnya. Mulai dari orek tempe, sambal goreng ati ampela ayam atau ati sapi, ungkep ati ampela, juga ada abon ayam dan kentang mustofa yang dibuat saudara saya.



Untuk nama usaha, saya pakai Jajanan Kurcaci Pos. Yang belum tahu, Kurcaci Pos adalah tokoh dongeng ciptaan saya. Kurcaci Pos juga sudah jadi ikon kelas menulis cerita anak yang saya jalani. Apalagi logonya sudah ada. Jadi lebih mudah hehehe.


Membenahi Jajanan Kurcaci Pos

Alhamdulillah, Jajanan Kurcaci Pos sudah berjalan 3 bulan. Sejauh ini respon pembeli sangat bagus. Alhamdulillah sudah banyak yang icip-icip Jajanan Kurcaci Pos, baik secara online maupun offline. Untuk Kacang Disko dan abon ayam, bisa terbang jauh ke luar Depok. Sedangkan untuk orek tempe, paling jauh hanya bisa ke Bandung. Untuk Sambal goreng ati kentang, hanya bisa Jabodetabek, karena pakai santan dan tidak tahan lama di jalan. Makanya pengirimannya saya pakai sameday yang bisa sampai dalam beberapa jam.


Walau Jajanan Kurcaci Pos masih seumur jagung, tapi saya sudah ada rencana membenahi. Termasuk dalam urusan kasir. Soalnya harapan terbesar saya, bisa membuka toko atau warung Jajanan Kurcaci Pos secara offline. Aamin. Dan yang paling bagus adalah aplikasi kasir.

Karena salah satu elemen penting dalam berjualan adalah seputar pembayaran. Kebayang zaman dulu beli sesuatu, selain harus antre saat membayar, proses bayar juga lama. Termasuk harus menunggu uang kembalian, juga kadang struk tidak akurat. Nah, yang paling mati gaya, kalau pas dompet ketinggalan dan harus bayar pakai uang cash. Belum lagi kalau kasirnya jutek hehehe.

Alhamdulillah sekarang, sistem kasir toko sudah sangat memudahkan. Tidak hanya bagi pembeli, tapi juga bagi penjual. Rekap penjualan juga lebih komplit. Tidak zamannya lagi mencatat penjualan pakai buku tulis hehehe.

Nah, berikut 5 aplikasi kasir yang cukup sesuai untuk membantu saya menjalani Jajanan Kurcaci Pos. Siapa tahu bisa jadi rekomendasi untuk teman-teman juga yang sedang mencari kasir toko.

Moka Pos

Aplikasi Kasir Moka Pos bisa mengakses data penjualan dan riwayat transaksi teman-teman secara real time. Selain itu, Moka Pos bisa mencatat semua tipe pembayaran. Mulai dari tunai, kartu debit, akrtu kredit, e wallet, dan lainnya. Jadi pembayaran lebih fleksibel.



Lewat smartphone, teman-teman bisa mengirim dan melacak invoice saat itu juga. Pada Moka Pos dihadirkan juga fitur refund untuk kesalahan input. Jadi cepat koreksiannya. Teman-teman bisa mengirim resi melalui surel atau SMS.

Teman-teman bisa dengan mudah menghubungkan Moka POS  ke berbagai perangkat keras. Mulai dari printer, recaipt, barcode scanner dan lainnya.

Kasir Pintar

Kasir pintar mempunyai fitur lengkap untuk mengelolah penjualan. Teman-teman dengan mudah bisa melihat tampilan barang saat bertransaksi. Begitu juga dengan cepat bisa menambah pesanan  barang. Bila ingin kirim struk, bisa lewat whatsapp dan email. Praktis sekali.



Lewat fitur Olshopin, teman-teman bisa share toko online. Untuk pembayaran, Kasir Pintar menerima pembayaran cashless dengan QRIS.

Aplikasi  Kasir iReap POS

Aplikasi Kasir iReap POS adalah sistem kasir toko, stok, dan monitor profit per barang.  iReap ini mempunyai banyak keunggulan. Makanya tidak heran, aplkiasi kasir iReap POS sudah digunakan 400.000 pelaku usaha di lebih 100 negara.

Fitur-fitur aplikasi kasir iReap POS juga lengkap. Mulai dari Pengaturan dan Parameter, Penerimaan Barang, Transaksi Penjualan, Master data, Pengeluaran Barang dan Laporan. Dengan fitur selengkap ini, pastinya akan sangat membantu seputar urusan kasir toko kita. 

Tidak hanya penjual yang merasakan kemudahan, pembeli juga. Soalnya metode lengkap dengan QRIS.  Bisa dengan Bank BCA, BNI, BRI, dan mandiri. E-wallet juga bisa. Dari Dana, OVO, Gopay, sampai Shopee PAY.

Aplikasi iReap ini ada 2 macam, yaitu iReap pro dan iReap Lite. Pastinya bisa dipilih sesuai kebutuhan teman-teman. 

iReap Pro

iReap Pro merupakan aplikasi kasir (POS) online dan full offline. Teman-teman bisa memonitor banyak toko atau multi oulet real time. Bisa online kapan saja dan di mana saja. Aplikasi ini berbayar dan cocok untuk usaha kecil menengah.

Tapi tenang, ada masa percobaan selama 14 hari kok. Terus tanpa kontrak dan tanpa kartu kredit. Jadi teman-teman bisa coba-coba dulu. Nanti kalau cocok, biaya langganannya per bulan hanya 99 ribu rupiah. 

Kerana iReap Pro ini untuk usaha berskala besar, maka berjalan secara multiple. Makanya bisa banyak user. Mulai dari admin, supervisor, kasir, dan manager. Kemudian bisa diakses dari banyak toko.

iReap Lite POS



iReap Lite Pos adalah sistem kasir toko POS (Point of sale, stok dan monitor profit per barang. Tanpa batasan Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan offline. Cocok untuk usaha mikro. Misalnya warung, salon, barber shop, bengkel dan lainnya. Hanya pemilik toko sebagai usernya. Aplikasi kasir iReap Lite Pos ini bisa dijalankan secara ofline.


Pawoon

Aplikasi kasir selanjutnya adalah Pawoon aplikasi kasir gratis berbasis cloud. Lewat Pawoon, teman-teman bisa memantau penjualan dan setok dari seluruh cabang. Kapanpun dan dari mana pun. Pawoon membantu juga mengontrol stok  dengan akurat real-time.



Teman-teman akan mendapatkan laporan lengkap seputar bisnis yang sedang dijalankan dengan cepat dan mudah. Enaknya algi, Pawoon dapat beroperasi dalam keadaan online ataupun offline. Pastinya tidak menghambat proses. Teman-teman pun bisa mencetak atau mengirim struk lewat email ke pelanggan.

Qasir

Aplikasi kasir terakhir yang memikat hati saya adalah Qasir yang dikembangkan oleh PT Solusi Teknologi Niaga. Selain sudah dilengkapi fitur dasar gratis, Qasir juga sudah memiliki fitur lengkap untuk kebutuhan UMKM. Makanya Qasir cocok untuk beragam bisnis. Mulai dari usaha fashion, toko elektronik, apotek, Laundry, dan lainnya.



Qasir bisa digunakan online dan offline, asalkan samrtphone teman-teman sudah bebrbasis android Lolipop 5.0.  Pastinya teman-teman bisa menggunakan lebih fleksibel. Termasuk saat tidak terkoneksi dengan jaringan inetrnet.

Dengan Qasir, teman-teman akan mendapatkan laporan lengkap, detail, dan tanpa batasan. Bisa cetak struk, rekap Kas, termasuk cek riwayat stok dan stok opname. Pembayaran chasless dengan Qris.

Aaa aah.. akhirnya saya mendapatkan 5 rekomedasi aplikasi kasir yang akan saya pakai membantu usaha Jajanan Kurcaci Pos, nih. Semua bagus, tapi nanti saya pelajari lagi, dan memilih yang pas di hati dan jiwa halah.. hahaha. Siapa tahu, tulisan ini bisa jadi rekomendasi juga bagi teman-teman yang sedang mencari aplikasi kasir. 

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

46 Responses to "5 Aplikasi Kasir untuk Melancarkan Usaha"

  1. Jadi penasaran sama jajanan kurcaci pos. Sekarang udah ada aplikasi kasir yang mendukung, ya. Masing2 dengan kelebihannya tersendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi memudahkan buat Pak Bams ya kak soal catat mencatat pemasukan dan pengeluaran dari jajanan kurcaci Pos pakai aplikasi kasir. Apalagi bisa dipilih sesuai kebutuhan

      Delete
  2. Wahhhh pak Bams bisa bikin kacang disko? Hebat banget, jadi penisirin yang rasa orek tempe hehehe. Bener sih aku juga sebagai pelapak sering mengeluhkan masalah keungan dan transaksi saat jualan. Harus pilih salah satu aplikasi kasir yang memudahkan ya. kayanya mau coba iReap aja yang fiturnya lengkap.

    ReplyDelete
  3. sekarang pelaku UMKM terbantu banget dengan adanya aplikasi kasir. begitu ketik aplikasi kasir di playstore, langsung pilihannya banyak. saya belum nyoba yang lain tapu udah nyobain iReap lite. oke banget lah untuk olshop saya karena meski fiturnya gak selengkap yang Pro, yang lite ini oke juga.

    ReplyDelete
  4. Wah banyak banget pilihan aplikasi kasirnya ya kak. Emang penting banget nih aplikasi kasir ini. Jadi kita bisa tahu segalanya soal toko kita termask urusan duitnya. Yng paling sering aku denger sih Moka. Jadi penasaran dgn aplikasi lainnya di atas ini deh.

    ReplyDelete
  5. pake aplikasi kasir begini jadi lebih praktis untuk mencatat laporan bisnisnya ya kang. Jadi tahu berapa keuntungan yang sudah didapat dan bagaimana perkembangan penjualan yang sudah dilakukan

    ReplyDelete
  6. iReap ada 2 ya, bisa jadi pilihan yang disesuaikan kebutuhan nih buat para pelaku usaha.
    Setuju Pak Bams, kalau punya bisnis itu yang dipikirkan utama bagaimana pembayarannya agar memudahkan calon pembeli ya. Kan kalau mudah, bisa jadi langganan pastinya.

    ReplyDelete
  7. Aplikasi kasir bikin mudah membuat laporan juga. Saya coba iReap lengkap banget padahal versi free, kalau ambil yang pro jauh lebih lengkap. Paling penting jadi yahu juga stok persediaan. By the way semoga sukses jualannya dan berkah selalu. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sebenarnya kepo bgt sama aplikasi kasir ini, tapi aku belum punya usaha dan masih mikir mau usaha apa. Ntar bisa nih kurekomendasikan ke temen yang punya usaha apalagi ada versi free yaaa

      Delete
  8. Wah jadi pengen nyobain juga kacang disko Kurcaci Posnya Mas Bambang, mau pesan cuma berat di ongkir, huhu. Sukses ya buat usahanya dan semoga keinginan buat buka toko offline tercapai. Apalagi sekarang ada aplikasi kasir seperti Moka Pos ya yang bisa mempermudah urusan pencatatan keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, aplikasi iReap pos juga jadi favorit nih di kalangan teman2 saya yang punya usaha. Setelah saya intip juga bagus ya, fitur2nya canggih dan yang terpenting ada versi gratisnya juga yang bisa dicoba dulu sebelum beralih ke versi premium atau berbayar

      Delete
  9. Wah, Pak Bambang ternyata kelahiran Makasar ya. Tadinya kukira asli kebumen.
    Semoga usaha kulinernya lancar ya, Pak.

    ReplyDelete
  10. Baru tau ternyata pak bambang orang makassar ya. Hehe

    Dari 5 nama aplikasi baru saru yg familiar Qasir, yang lain mau coba kulik juga nih

    ReplyDelete
  11. Rupanya banyak juga ya aplikasi kasir yang bisa membantu bisnis kita. Untuk iReap ini menarik banget sih, sampai merekap inventorynya. Jadi, kita ikut tertolong tentang stock dan pembukuannya.

    ReplyDelete
  12. ternyata banyak ya aplikasi kasir yang beredar saat ini, masing-masing punya keungguilan sendiri ya.
    moga usaha Jajanan Kurcaci Pos milik Pak Bams lancar jaya selalu ya, harus segera pakai aplikasi kasir nih biar makin oke penjualannya, gak pusing lagi catat manual ya :)

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ya, Pak. Zaman sekarang mau jualan apa saja, gampang. Buat rekap keuangannya pun juga mudah, karena ada berbagai macam aplikasi gratis yang bisa digunakan.

    ReplyDelete
  14. banyak sekarang aplikasi kasir yang bisa dimanfaatkan untuk kemudahan transaksi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seandainya dulu pas bisnis online udah kenal aplikasi kasir kayaknya makin semangat buat menjalankan online shopku.

      Delete
  15. Banyak banget yaa aplikasi kasir, tinggal pilih mau menggunakan yang mana.
    Dan sebagai seorang pembeli, jujur aja sih aku lebih suka bayar pakai aplikasi kayak Qris gitu, jarang banget jajan bayar cash.

    ReplyDelete
  16. kavang telur itu kesukaan saya, Mas. Harganya berapa tuh? Dan zaman sekarang para umkm sudah dimudahkan dengan eberbagai aplikasi salah satunya aplikasi iReap ini ya.

    ReplyDelete
  17. Senang sekali dengan rintisan usaha mas Bams.
    Semoga bisa terus berjalan dan semakin banyak pelanggan serta varian jajanan yang disajikan.
    Dengan menggunakan aplikasi kasir, keuangan untuk usaha bisa dipisahkan dengan keuangan pribadi sehingga akan tampak cashflow usaha yang sehat.

    ReplyDelete
  18. Aplikasi- Aplikasi ini patut dicoba supaya tahu mana yang cocok utk usahaku. Btw, penasaran dengan kacang disco hya

    ReplyDelete
  19. Sudah lama kepo sama kacang diskonya Mas Bambang, hihihi. Oh ya, ndak nyangka ternyata usaha kecil juga perlu aplikasi kasir ya

    ReplyDelete
  20. Wah bisa jadi rekomendasi nih Pak. Tinggal dicoba mana yang cocok untuk dipakai buat usahaku ya.

    ReplyDelete
  21. Aplikasi kasir begini penting banget di jaman serba digital ya Pak, memudahkan pencatatan dan ngebuat perhitungan akutansi jadi lebih gampang. Solusi banget sih ini

    ReplyDelete
  22. Wah saya belum nyobain kurcaci posnya nih pak. Secara saya penggemar kacang loh. Padahal alergi kacang. Nah lo. Pengen dong order

    ReplyDelete
  23. Asli kacang diskonya enak sekali Mas Bams, then saya baru tau kalau itu aslinya dari Makasar.Sukses ya dengan Kurcaci pos-nya, semoga segera buka toko offline-nya dan makin berkibar dengan dukungan segala perangkatnya, termasuk aplikasi kasir kekinian yang membantu efisiensi

    ReplyDelete
  24. Bisa coba yang gratis dulu baru kalo balik modal bisa pake yang pro...

    ReplyDelete
  25. Bisa makin beragam nih varian produknya Mas Bambang, kan ga perlu bingung dnegan pencatatan stok dan transaksinya. Jadi fokus produksi ke penjualan. Urusan pencatatan udah ada aplikasi kasir yang siap memudahkan

    ReplyDelete
  26. Wah praktis ya paakk, saya jadi keidean jalanin bisnis pakai aplikasi kasir ireap ini.. lebih praktis, efektif juga

    ReplyDelete
  27. salah satu aplikasi kasir yang pernah kucoba itu iReaps. bisa memudahkan kita untuk segala transaksi usaha ya, emang teknologi kita makin ke sini makin mantep

    ReplyDelete
  28. banyak juga ya ternyata aplikasi kasir ini Mas, pastinya bermanfaat banget buat para pengusaha atau UMKM yang baru merintis untuk mengelola laporan keuangan harian mereka, dan pas banget saya juga sedang merambah ke arah usaha ini dan bisa dijadikan rekomendasi aplikasi kasir ini

    ReplyDelete
  29. Kayaknya aplikasi yang paling komplit itu iReap ya, karena lebih banyak fitur menariknya. Sukses selalu buat Jajanan Kurcaci Pos nya Pak Bams...

    ReplyDelete
  30. Dan saya ikut merasakan lezatnya kacang disko kurcaci pos. Wah sekarang pilihan aplikasi kasir banyak banget ya, udah gitu support mobile juga. Karena sejauh ini saya baru kenalannya sama iReap Pos aja nih. Terlanjur nyaman sama iReap Pos

    ReplyDelete
  31. Dengan inovasi yang terus dilakukan, sebuah usaha akan bisa semakin dikenal dan menguntungkan. Apalagi menggunakan aplikasi POS yang terpercaya dan mudah digunakan. Makin mantap menjalankan bisnis dan memberikan input yang baik.

    ReplyDelete
  32. Kok aku baru ngeh ya ternyata ada banyak aplikasi seputar pengaturan keuangan bisnis yang kece-kece kayak gini. Selama ini aku berjualan ya menghitungnya secara manual aja. Aku mau kepoin ah aplikasinya yang dishare, mau coba dan cari mana yang paling cocok untuk diterapkan di tokoku.

    ReplyDelete
  33. Moka Pos itu bermanfaat banget ya, bisa dengan mudah mengecek resi. ini penting buat para pebisnis, karena banyak konsumen yang ga sabaran, nanya produknya kapan sampai :D
    Dengan aplikasi ini memudahkan banget buat pebisnis menyenangkan konsumennya

    ReplyDelete
  34. Ternyata jajanan Kurcaci Pos kepunyaan Mas Bambang
    Udah lama saya juga ingin memasarkan produk umkm di sekitar saya
    Kualitas nya sangat bagus
    Dan pastinya harus pakai aplikasi kasir agar bisa memantau Dan memiliki catatan keuangan yang akurat

    ReplyDelete
  35. Wahh sudah banyak ternyata aplikasi yang membantu cashflow usaha kita layaknya kasir konvensional yaa..

    Bahkan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi kasir ini pelaku usaha bisa lebih efisien dan efektif dalam mengelola transaksi. Mantap sih..

    ReplyDelete
  36. Saya mau buka usaha lagi tahun ini. Sedang belajar Moka dan kasir Pintar. Eh ada sedikit reviewnya. Thanks, Pak Bambang.

    ReplyDelete
  37. Waktu dulu jualan online bibit susah banget untuk memanajemen keuangan yang masuk dari klien. akhirnya, kini sudah ada aplikasi kasir di atas, next time mudah2an bisa coba yang sudah pake teknologi mutakhir seperti yang mas jelasin di atas. Makasih artikelnya sudah saya baca ya...

    ReplyDelete
  38. Setelah menjalani usaha dengan penuh ketekunan, Pak Bams jadi menemukan banyak hal yang harus terus dievaluasi agar usaha bisa semakin maju dan lancar juga dikenal banyak orang. Aku suka mengamati aplikasi kasir ini. Karena mendukung berbagai hal secara mendetil bagi pemiliki usaha agar usaha yang dibangunnya semakin berjaya.

    ReplyDelete
  39. aplikasi kasir ini memudahkan si pemilik usaha untuk mengatur dan mengelola transaksi keuangan usahanya yaa, jadi lebih efisien menggunakan waktu dan tenaga

    ReplyDelete
  40. Beneran ngebantu banget aplikasi-aplikasi ini ya mas. Sebenernya bukan cuma buat pembisnis aja tapi juga konsumen kayak aku yang sering belanja malas bawa uang tunai. Nah, beberapa aplikasi kasir ini kan menyediakan pembayaran dengan QRIS.

    ReplyDelete
  41. Saya baru tau ternyata banyak juga ya aplikasi kasir yang tersedia di playstore. Bagus nih untuk referensi pebisnis.

    ReplyDelete
  42. Jualan makin laris kalau pakai aplikasi iReap ya pak. Banyak untungnya. Mudah digunakan juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.