} 5 Penyakit yang Mudah Menyerang Selama Berpuasa Ramadan - Bambang Irwanto Ripto

5 Penyakit yang Mudah Menyerang Selama Berpuasa Ramadan

Alhamdulillah puasa sudah memasuki hari-hari terakhir. Pastinya harus semakin semangat ya, apalagi sebentar lagi lebaran hehehe.


Walau sudah fase akhir puasa, saya terus usahakan menjaga kesehatan. Apa yang saya konsumsi itu harus sesuai dengan tubuh saya. Bukan maksudnya bahan makanan itu harus mahal, ya. Misalnya, saya tidak kuat pedas, maka jangan dilanggar.

Karena belajar dari berpuasa tahun-tahun sebelumnya, melanggar sedikit saja, bisa sangat mengganggu puasa. Dan berikut penyakit yang mudah saya alami selama puasa.

Flu

Flu ini paling mudah menyerang saya. Tidak hanya selama puasa saja, tapi juga di hari biasa. Soalnya kalau orang lain kena flu karena kebanyakan minum es saat berbuka, saya flu itu terkadang karena cuaca, termasuk angin dan debu.

Makanya saya usahakan tidak flu. Karena kalu flu, saya bisa saja ikut batuk, walau kalau saya batuk, belum tentu flu hehehe. Salah satunya pastinya tidak minum dingin, dan mengganti dengan teh hangat. Karena kalau sudah flu, tersiksa juga. Selain tissu cepat habis hahaha, saya tidak bisa tarawih, akrena menganggu jamaah lain. Tarik ulur ‘sesuatu yang di dalam hitung itu’, sungguh tidak menyenangkan hahaha.

Batuk

Sebenarnya batuk ini tidak hanya rentan bagi saya, tapi mungkin bagi semua orang. Soalnya saya amati, keinginan untuk menkonsumsi minuman dingin itu sangat tinggi. Apalagi saat berpuasa, itu memang cuaca sering panas.

Saya sangat menghindari minuman dingin ini. Kalau pun sangat kepengin, saya tidak menggunakan batu es atau es batu. Tapi saya mendinginkan dari kulkas. Misalnya saya bikin es buah. Saya bikinnya jam 12 siang, lalu dimasukin ke kulkas. Jadi pas buka sudah dingin.

Soalnya kalau saya sudah batuk, tidak hanya saat berpuasa menyiksa, tapi juga mengganggu saat tarawih. Kebayang kan, tidak enaknya sepanjang Tarawih batuk terus. Jamaah lain pun terganggu. Makanya kalau batuk, saya memilih tidak tarawih dulu.

Pusing

Selama puasa, saya memang sering mengalami pusing. Tapi bukan pusing karena memikirkan harga-harga kebutuhan yang naik, termasuk tidak terima THR setelah memutuskan freelance hahaha, tapi karena pola tidur yang berubah-ubah hehehe.

Jadi di hari biasa itu kan, saya tidurnya biasa pukul 10 malam. Nah, itu terus bablas sampai subuh. Setelah itu saya tidak tidur lagi lanjut aktivitas. Kalau tidak ada job siang, saya tidur siang sampai sore. Nanti ketemu tidur malam lagi. Pokoknya siklusnya teratur. Termasuk tidak begadang kalautidak ada hajatan hahaha.

Nah, selama puasa, siklus tidur saya otomatis ganti. Misalnya saya tidur pukul 10 malam. Bangun sahur itu sekitar pukul 3, karena saya memang sukanya sahur yang santai hehehe. Nah, saat menunggu adzan subuh, inilah godaan terberat. 

Jadi terkadang, walau adzan subuh itu tinggal 5 menit lagi, lah kok saya malah ketiduran. Akhirnya tidur sebentar bangun lagi untuk salat subuh. Setelah salat subuh, kok tergoda untuk tidur lagi. Padahal pukul setengah 7 pagi saya harus bangun, karena sudah aktivitas.

Lainnya, terkadang saya kuat-kuatin tahan kantuk sempai adzan subuh, allu salat subuh. Tapi... pas mau tidur lagi, kok tidak bisa? Akhirnya bablas dan akhirnya lanjut aktivitas pagi. Inilah yang kadang bikin kepala saya pusing hehehe.

Makanya saya mensiasati dengan mencukup waktu tidur saya itu minimal 7 jam sehari. Syukur-syukur bisa 8 jam. Karena kalau tidur cukup, maka saya yakin tidak akan pusing kepala lagi. Waktu tidur ini saya sesuaikan saja dengan aktivitas harian saya.

Misalnya, tidur pukul 10 malam, terus bangun lagi pukul 3 untuk sahur. Berarti sudah 5 jam, ya. Setelah salat subuh, saya tidur lagi sampai pukul setengah 7 pagi. Berarti tambah waktu tidur 1,5 jam. Nah, sisanya, bisa saya siasati dari tidur siang.

Mules

Salah satu kelemahan saya adalah tidak kuat makanan pedas. Melanggar sedikit saja, harus carter kamar mandi seharian walau rela mendengar orang serumah mengomel hahaha. Makanya selama puasa, saya menghindari makanan pedas. Walaupun sebenarnya, makan lontong isi oncom, plus gorengan, plus sambal kacang pedas itu nikmat sekali, ya hahaha.

Tapi begitulah, keinginan menikmati makanan pedas ditahan dulu demi kelancaran berpuasa. Soalnya semuanya bisa kacau. Perut melilit. Terus Bolak-balik setor yang bikin tubuh lemas, termasuk aps tarawih tidak konsen hehehe.

Demam

Saat berpuasa itu, panas matahari sangat terik. Padahal harus beraktivitas di luar rumah dengan motor. Nah, situasi seperti ini, terkadang membuat badan saya kurang enak. 

Nah, kalau sudah begini, saya usahakan pas berbuka minum paracetamol, termasuk harus istirahat cukup juga.Kalau tidak ada keperluan mendesak dan penting, tidak perlu keluar rumah dulu. Diusahakan cepat sembuh, agar puasa semakin lancar jaya.

Itu dia 5 penyakit yang mudah menyerang saya selama puasa. Makanya, saya harus memperhatikan kondisi tubuh saya. Soalnya sayang, kalau puasa ada yang batal. Jaga terus kesehatan, teman-teman..

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "5 Penyakit yang Mudah Menyerang Selama Berpuasa Ramadan"

  1. Alhamdulillah selama puasa nggak mengalami penyakit - penyakit tersebut. Soalnya ngejaga banget menu makanannya, terutama pedas, lambung saya juga nggak kuat pedas, langsung mules hehehehe... Makanya sebisa mungkin ngehindarin sambal pedas.

    Ada lagi penyakit pas puasa, penyakit iri hati dan dengki wkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. Penyakit pusing tuh Mas yang paling sering menyerang. Selain karena cuaca yang cepet banget berubah dari panas terik ke dingin dan hujan, juga karena harga barang kebutuhan pokok merambat naik. Pusing dah pusing!

    ReplyDelete
  3. Flu sama demam yang sering kambuh pas Ramadhan. Karena imun mungkin menurun ya, jadi kalo bisa harus imbangi dengan asupan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

    ReplyDelete
  4. untuk itu kalau berpuasa kudu tetap konsumsi vitamin atau madu ya pak, biar nggak mudah sakit dan puasa pun tidak terganggu.

    ReplyDelete
  5. Saya tuh ya...awal puasa kok malah sakit gigi deh. Sakit giginya aneh, ngunyak engg apa-apa. Tapi minum dan kumur, cenuuuut gitu giginya. Kebayang tiap wudhu sakit gigi...Alhamdulillah udah sembuh, ke dokter gigi di kasih antibiotik...

    ReplyDelete
  6. Saya iya tuh Pak batuk.
    Gegara terlalu semangat buka puasa pakai gorengan terus gak antisipasi dengan vitamin C atau gargling pakai air hangat dan garam hehe.
    Memang perlu jaga kesehatan saat puasa dengan memerhatikan apa yang dimakan ya

    ReplyDelete
  7. Kalau sakit batuk dan pilek saat puasa tuh rasanya gimana gitu. Godaanya pas berbuka kan penginnya yg seger dan dingin, eh malah ga boleh krn lagi batpil.

    ReplyDelete
  8. waktu istirahat jadi berkurang sih ya, Paksu badannya lebih sering panas nih selama puasa

    ReplyDelete
  9. Iyaa Pak Bams, sudah semingguan ini saya dan suami batuk-pilek dan pas di masjid juga ada aja yang batuk-batuk. Bulan puasa malah rawan sakit gini ya karena selain faktor cuaca yang tidak menentu, menu takjilnya juga es buah dan es es lain.
    Menggoda tapi kalau kebanyakan ya bikin sakit.

    ReplyDelete
  10. Yang sering saya alami kita puasa, pasti lemes, pusing, dan mules sama mual. Kudu rutin cek kesehatan, sama istirahat cukup biar enggak stress sama enggak terforsir banget tenaganya.

    ReplyDelete
  11. Aku biasanya setelah hari raya pusing
    Pusing mikirin rekening yang juga kembali fitri
    Hehehe

    ReplyDelete
  12. Kemarin di 10 hari kedua sempat oleng, Pak Bams.. vertigo kata suami saya.
    Trus dibekam, karena tau saya suka keukeuh gak mau minum obat kalau gak bener-bener keganggu.

    Dan memang setiap sakit atau kurang enak badan, perlu waktu untuk sehat kembali.
    Jadi kudu sabar dan ikhtiar makan makanan sehat dulu. Hehe, uda lama banget gak ketemu sambel. Padahal aslinya kangeeen..sambel terasi sama nasi anget.

    ReplyDelete
  13. kalau aku paling sering asam lambung kalau salah makan atau telat atau stres wkwk

    ReplyDelete
  14. Aku berlima sudah merasakan batuk pilek berat saat puasa di pertengahan
    Rasanya tuh ga enak banget
    Alhamdulillah enggak sampe batal

    ReplyDelete
  15. Aku beberapa hari ini pusing berat. Kayaknya kecapekan ditambah lagi puasa ya. Tapi alhamdulillah masih kuat.

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah puasa ini sy sakit tenggorokan..itu pas hari akhir aja..oiyaa sama sakit peruuutt

    ReplyDelete
  17. Baru saja kemarin batuk-batuk pas lagi puasa, gak enak banget soalnya gak bisa langsung minum pas tenggorokan gatel.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.