} Tips dalam Pemilihan dan Perpaduan Warna Cat Rumah Sesuai Mood dan Kesan Tampilan - Cerita Bambang Irwanto

Tips dalam Pemilihan dan Perpaduan Warna Cat Rumah Sesuai Mood dan Kesan Tampilan


Tips dalam Pemilihan dan Perpaduan Warna Cat Rumah Sesuai Mood dan Kesan Tampilan - Ketika membangun sebuah rumah, ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan dengan matang untuk membuat rumah menjadi nyaman serta memiliki tampilan yang cantik. Salah satunya adalah pemilihan dan perpaduan warna yang digunakan. 

Cat Ruangan yang sesuai, bisa menjadi sumber inspirasi (Foto : Asia Paints)



Perpaduan dan pemilihan warna yang tepat akan membantu dalam memberikan kesan tertentu pada rumah atau pada ruangan tertentu. Karena itulah ketika memilih warna cat untuk rumah juga harus mempertimbangkan banyak hal. Tidak hanya pada kesan tampilan saja, warna bahkan juga dipercaya bisa mempengaruhi suasana hati dan pikiran penghuninya. 


Berbagai Perpaduan Warna untuk Menghasilkan Kesan Tampilan dan Mood yang Berbeda 

Pemilihan warna cat bagi sebagian pemilik rumah merupakan sebuah investasi. Memilih warna yang tepat akan menghindarkan teman-teman sebagai pemilik rumah untuk melakukan pengecatan setiap bulan, entah karena warna yang dipilih kurang cocok atau karena hal lain. Karena itulah banyak-banyak mencari informasi tentang pemilihan warna cat untuk rumah akan membantu Anda menghindari hal tersebut. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi pemilihan dan perpaduan warna cat yang bisa menjadi pilihan untuk Anda gunakan pada rumah Anda.

Pilihat Beragam Warna Cat (foto ; Asia Paints)


Warna-Warna Netral untuk Mood Menenangkan
Hal paling dasar yang harus diperhatikan dalam pemilihan warna cat rumah adalah mood yang ingin dibentuk. Seperti misalnya pemilihan warna-warna netral yang akan membentuk mood menenangkan pada penghuni maupun pada tamu yang berkunjung. Asianpaints merekomendasikan warna-warna seperti Nickley Grey, Iced Silver dan Day Lili sebagai beberapa warna netral yang bisa memberikan kesan menenangkan.

Kombinasikan dengan memilih perabotan dengan warna pastel atau krem untuk Nickley Grey, furniture warna gelap untuk Iced Silver dan furniture terang dengan aksen untuk Day lily akan meningkatkan kesan menenangkan pada rumah Anda.


Warna-Warna Cat Cerah untuk Mood Ceria dan Bersemangat 
Selain membentuk mood menenangkan, pemilihan dan perpaduan warna cat pada rumah Anda juga bisa membentuk mood bersemangat dan ceria. Pemilihan warna-warna cerah ini biasanya dan kebanyakan memang diterapkan pada jenis rumah minimalis. Warna seperti hijau, biru dan pink pastel adalah beberapa tone warna yang sering digunakan pada hunian minimalis. Selain membuat mood lebih ceria di lain sisi tetap menenangkan, warna-warna cerah ini juga akan membuat rumah minimalis Anda tetap terlihat stand out namun tidak berlebihan.

Kombinasi Warna untuk Tampilan Rumah Mewah dan Elegan 
Tidak semua orang suka dengan konsep minimalis, ada pula orang yang memilih konsep mewah dan elegan untuk diterapkan pada rumahnya. Konsep ini pun bisa teman-teman dapatkan hanya dengan pemilihan dan perpaduan warna yang tepat. Untuk mendapatkan kesan elegan, teman-teman bisa melakukan kombinasi dengan warna utama putih dan kombinasikan dengan beberapa pilihan warna lain. Seperti misalnya kombinasi warna putih dan cokelat tua. Kombinasi warna ini akan menghasilkan kesan tampilan elegan klasik sekaligus natural.


Memilih warna cat untuk diaplikasikan ke dinding rumah adalah hal penting yang harus menjadi pertimbangan dalam mendesain rumah. Pemilihan warna cat yang tepat akan memberikan kesan tampilan dan mood yang berbeda-beda pula. Seperti pada referensi pemilihan dan perpaduan warna yang dijelaskan di atas. 

Pilihat Cat untuk Mempercantik Rumah (Foto Asia Paints)


Dengan pemilihan warna yang tepat, Anda bisa menghasilkan mood dan kesan tampilan berbeda sekaligus. Seperti warna pastel untuk mood menenangkan, warna cerah untuk memberikan mood ceria dan membangkitkan semangat dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan lebih banyak referensi warna untuk rumah Anda, akses laman asianpaints.co.id  dan lihat katalog warna dari Asian Paints yang cocok dengan mood dan selera teman-teman.





Bagaimana, sudah siap memilih-milih dan mempadukan warna cat sesuai mood dan kesan tampilan? Ayo, segera ekspresikan, karena warna cat yang sesuai, akan meningkatkan semangat beraktivitas juga di dalam rumah. Pastinya akan merasa nyaman juga selama berada di dalam rumah.

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Tips dalam Pemilihan dan Perpaduan Warna Cat Rumah Sesuai Mood dan Kesan Tampilan "

  1. Betul banget itu Pak, warna cat Juga bisa mempengaruhi mood Kita. Kalo saya lebih suka warna netral untuk ruangan yg biasa sering saya gunakan, tapi kalo untuk ruangan anak pilih yang colorful, seperti warna biru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Helma. Karena kalau warna netral itu, furniturenya warna apa saja bisa masuk dan klop ya. Untuk anak-anak memang harus warna-warna terang dan ceria.

      Delete
  2. Bener banget, Mas. Pemilihan warna itu akan mempengaruhi suasana hati dan energi kita. Untuk budget terbatas, sepertinya pilihan satu mood lebih sesuai ya, Mas. Aku pilih yang menenangkan saja karena lebih universal untuk diaplikasikan di berbagai ruangan, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, sampai ke dapur. Kalau punya rumah lebih luas sih, kepengen banget ada satu ruangan yang bernuansa ceria. Tempat bermain atau kumpul keluarga, gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Melina. Lebih fleksibel dan masuk ke semua suasana ya, Mbak.
      Dan memang sih, kalau buat kamar anak-anak, termasuk kamar tidur dan bermain, harus yang cerah ceria, Mbak. Sama seperti jiwa anak-anak hehehe.

      Delete
  3. Bener pak, cat rumah tuh ngefek banget buat mood kita. aku ngerasain itu, kalau dah kusam duh mood beres-beres juga menurun tapi mau gimana masih jadi kontraktor sekarang. Xixixi.. btw makasih infonya ya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga merasakan, Mbak Duah. Cat itu bukan saja menambah mood, tapi juga merawat dan melindungi rumah juga.
      Semangat, Mbak Dyah.

      Delete
  4. Wahh kalau sudah sampai di tahap pemilihan cat warna rumah ini paling menyenangkan. Padu padan warna harus banget biar gak terlalu rame dan twtap elegan. Tipsnya oke banget nih mas, buat yg lagi galau milih cat rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seru ya, Mbak Kartika. Apalagi warna cat sekarang keren=keren. Bisa membuat imajinasi kita berkembang dan akhirnya menambah mood juga.

      Delete
  5. Asian paints itu warnanya bagus-bagus, kalau liat warnanya jadi auto pengen gonta ganti warna cat ruangan hahaha.
    Kalau saya sih suka warna yang ceria sih, biar kalau mau foto jadi lebih meriah, hahahaha.

    Selain itu yang warna ceria bikin mood saya jadi lebih baik selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, warna-warnanya keren ya, Mbak Rey. Jadi bisa dipilih sesuai selera kita. Bisa bebas berekspresi mempadukan warna-warna yang telah tersedia. Dijamin mood akan bertambah hehehe.

      Delete
  6. Saya dan suami kebetulan suka warna yang kalem buat rumah mas, biar terasa lebih adem aja rasanya.
    Mungkin kami tipe yang milih warna netral biar mood nya juga seimbang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang dari pemilihan warna cat rumah, orang bisa tahu kepribadian sang pemilik rumah, Mbak. Dan tipe warna netral itu memang jadi pilihan pas. Warna netral juga membuat furniture warna apa saja bisa menyatu ya, Mbak.

      Delete
  7. Bener juga ya warna cat bisa mempengaruhi mood seseorang. Saya tau nya warna cat rumah paling enak ya putih, biar rumah kesannya nggak gelap. Kalo gelap nggak enak jadinya perasaan, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Dan putih itu sudah jadi warna umum dan netral. jadi bisa sesekali berimajinasi bermain dan mempadu padankan warna-warna cat yang beragam.

      Delete
  8. Yess kak , aku juga klo milih warna cat berdasarkan mood saat itu. Dan saya suka dengan warna yang kalem dan soft, nberbeda dgn susmi yang lebih condong dengan warna terang/ menyala. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal warna lembut dan warna terang itu bisa dipadu padankan, Mbak Idah. Jadi bisa ada gradasi yang menarik.

      Delete
  9. Selama ini aku masih setia sama warna putih biar terkesan luas, tapi pas liat ini warna kombinasi juga menarik banget, next coba ah, apalagi mau tahun baruan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Tia. Perpaduan warna memberi efek tersendiri. Lalu agar ruangan terkesan luas, bisa ditambah cermin ukuran besar, Mbak.

      Delete
  10. Pas banget nih Pak Bambang, menyambut tahun baru, rumah kita juga butuh sentuhan dan warna cat baru yaaa biar lebih semangat nih ke depannya :D
    Asian paints bisa jadi pilihan ya. Kalau saya pribadi krn rumah mungil lebih memiliki warna-warna yang cukup netral, paling putih hehe :D Biar keliatan bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak April. Dan memang ya, ganti tahun, ganti cat rumah, agar nuansa beda, dan tambah semangat di tahun depan.

      Delete
  11. Di rumahku, catnya dua warna mas biru dan putih. Jadi rumahku terlihat lebih luas. Furnitur yang dipakai juga menyesuaikan, biasanya putih, abu abu atau biru muda.

    Kenapa sy pilih warna biru dan putih, biar rumah gak terlihat sempit. Jadi moodnya luas dan nyaman.

    Kalau urusan cat, aku jadi pengen nyobain Asianpaint. Selama ini belum pernah pakai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren nih, Mas Erfano. Sudah bisa memilih warna cat yang sesuai dengan mood-nya. Ayo, cobain cat Asian Paint, Mas. Banyak pilihan warna-warnanya.

      Delete
  12. Asian paints nyedian banget warna2 cat yang trend dari waktu ke waktu... Rumah udah lama bgt pake warna kuning grading, semoga kapan2 bisa renov trus pake cat tempo dgn warna yg modern.. biar mood bagus setiap saat 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Ini keren karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman, juga selera konsumen. Jadi semakin bisa mengekpersikan diri lewat warna-warna cat tembok.

      Delete
  13. Saya suka cat rumah warna netral yang soft. Rasanya lebih teduh. Rumah juga jadi terkesan bersih.
    Tapi beda untuk dapur. Saya selalu suka warna hijau untuk dapur. Kesannya alami dan segar.

    ReplyDelete
  14. Kalau warna netral memang klop denga warna perabotan apa saja ya, Mbak Susi. Dan warna hijau untuk dapur memang pas Mbak. Segar. Seperti pas lihat warna hijau daun itu, segar... hehehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.