} 4 Fungsi Oli Mesin yang Jarang Diketahui - Cerita Bambang Irwanto

4 Fungsi Oli Mesin yang Jarang Diketahui

4 Fungsi Oli Mesin yang Jarang Diketahui - Oli mesin merupakan salah satu jenis cairan yang berada di ruangan mesin. Lebih tepatnya yaitu cairan yang diisikan ke dalam sebuah mesin. Ketika mesin dinyalakan, pompa oli akan bekerja dengan melakukan sirkulasi agar oli menyebar ke seluruh komponen mesin. Oli sangat berperan penting untuk mendukung kerja mesin lebih optimal dan maksimal.

Foto : Mobile co id


Nah, Oli ini memang harus diganti secara berkala. Kalau tidak, maka fungsinya akan menurun seiring penggunaannya yang semakin lama. Jika tidak segera diganti maka mesin tidak bisa bekerja dengan maksimal. Pastimya ini membuat performa mesin tidak bekerja dengan baik, dan akhirnya bisa merugikan kita juga.

Foto : Mobile co id


Teman-teman pasti sudah banyak yang tahu, bahwa fungsi utama oli adalah sebagai pelumas. Oli sebagai pelumas menjaga gesekan antar komponen di dalam mesin, sehingga kinerja mesin lebih lancar. Jika tidak ada oli maka komponen mesin akan bergesekan dan merusak mesin tersebut. Sebenarnya fungsi dari oli mesin bukan hanya itu saja.

Berikut beberapa fungsi oli yang jarang diketahui oleh orang, diantaranya yaitu:


Merapatkan

Ketika oli melakukan sirkulasi di dalam mesin, oli tersebut nantinya akan membentuk lapisan tipis. Lapisan tersebut nantinya dapat merapatkan dua benda yang bergerak. Contohnya, jika di dalam mesin terdapat ring piston dan silinder sebagai penghasil tenaga untuk mesin. Oli nantinya akan merapatkan celah antara ring piston dan silinder. Dengan begitu kompensi dan tenaga pembakaran tidak akan bocor sehingga tenaga yang dihasilkan lebih maksimal.

Menyerap Panas

Saat mesin beroperasi, akan terjadi proses pembakaran yang menghasilkan panas untuk selanjutnya panas tersebut diubah menjadi tenaga. Di saat yang sama, oli akan melakukan sirkulasi di dalam mesin. Saat oli mesin melewati bagian mesin yang memiliki suhu tinggi seperti piston, metal dan dinding silinder, maka panas yang ada pada bagian-bagian tersebut akan diserap sehingga suhunya menjadi lebih rendah. Hal tersebut dapat mencegah keausan berlebih serta menjaga suhu mesin tetap stabil.


Membersihkan

Saat oli melakukan sirkulasi di bagian mesin, oli yang sudah melalui penyaringan di filter oli akan melewati komponen mesin lain seperti metal, dinding silinder, dan lain sebagainya. Di dalam komponen mesin tersebut biasanya terdapat kotoran seperti partikel logam dari gesekan, sisa karbon pembakaran, dan lain sebagainya. Oli yang melewati komponen penuh kotoran tersebut akan mendorong kotoran keluar dari mesin. Dengan begitu komponen mesin yang awalnya penuh kotoran bisa menjadi bersih kembali. Maka dari itu oli harus diganti secara rutin karena kualitas akan menurun setelah tercampur dengan kotoran-kotoran tadi.

Anti karat

Fungsi terakhir dari oli mesin yang jarang diketahui orang adalah sebagai anti karat. Permukaan logam pada mesin sangat rawan akan munculnya karat. Karat tersebut jika terus dibiarkan akan membuat mesin cepat rusak dan performanya menurun. Oli sebagai anti karat akan menutup permukaan metal sehingga metal akan terbebas dari oksidasi. Oksidasi inilah yang nantinya menghasilkan karat, jika oksidasi tidak terjadi maka karat tidak akan muncul. Hal tersebut bisa terbukti pada mesin yang berbahan dasar metal atau logam. Mesin dengan bahan tersebut akan terhindar dari karat jika diisi oli secara berkala.

Foto : Mobile co id

Itulah 4 fungsi dari oli mesin yang jarang diketahui oleh banyak orang. Untuk mendapatkan fungsi tersebut, pastinya teman-teman tidak boleh sembarangan memilih oli. Pilih oli Mobil Delvac yang terkenal akan kualitas terbaiknya.

Harganya juga relatif terjangkau mengingat kualitasnya yang super. Teman-teman segera kunjungi langsung website resminya di mobil.co.id   untuk menentukan produk terbaik pilihan teman-teman sendiri.


Bagaimana teman-teman? Sudah tahu 4 fungsi oli mesin, kan? Jadi jangan lupa ganti oli secara berkala, ya. Jadi mesin bekerja dengan baik. Pilih ganti oli atau mesin rusak? hehehe


Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "4 Fungsi Oli Mesin yang Jarang Diketahui"

  1. Wah baru tau kalo oli juga bisa membersihkan ternyata ya. Setuju untuk rutin ganti oli sih, soalnya dulu pernah telat ganti oli, performa mesin Juga jadi ngga enak, pas habis diganti langsung ok lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Helma. Makanya ganti oli secara rutin sangat perlu. jadi mesin bisa bekerja dengan normal dan baik. karena kalau oli kotor, kan nanti akan merusak mesin kendaraan kita.

      Delete
  2. Membaca tulisan ini, seketika aku seperti tengah nyemplung jadi siswa STM jurusan Mekanik, hahaha ... Dunia mesin dan perolian ini betul-betul baru deh buat aku. Jadi tahu sekarang peranan oli di dalam mesin itu seperti apa. Sebagai perempuan, kalau bawa kendaraan sendiri, urusan beginian jadi wajib tahu dong, ya. Mesti paham sama barang pegangan termasuk kendaraan. Pastinya lagi, supaya nggak dibohongi mekaniknya bengkel, hihihi ... Thanks infonya ya, Mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, Mbak Melina. Setidaknya kita harus perhatikan, kapan waktunya ganti oli. Karena oli memang peranannya sangat penting untuk menjaga performa mesin kendaraan agar terus bekerja dengan baik.

      Delete
  3. ini oli buat mobil ajakah?

    btw mau nanya nih, mas bambang. aku pengguna motor. itu disebutin, oli bermanfaat membersihkan kan ya. nah si motor udah musti ganti ganti oli 1,5 bulan sekali. ada kawan menyarankan, ga perlu ke bengkel, tambahin aja sendiri. sedit2 biar ga sampe habis. tapi kalo balik ke soal yg bisa membersihan itu, berarti kotorannya muter ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini malah tidak benar, Mbak Dhenok. jadi Oli itu kalau mau duganti ya, sekaligus. jadi dalam mesin juga nanti bersih.
      Soalnya kalau ganti sedikit-sedikit, itu sama saja oli sudah kotor, ditambah sedikit oli baru, malah kalah oli barunya. Padahal saat ganti oli, semua oli lama dikeluarkan, lalu tangki oli dibersihkan sampai bersih. baru diganti oli baru.

      Delete
  4. Oli memamg menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam mesin. Namun oli haria rutin diganti juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang pergantian oli secara rutin sudah wajib ya, Mas Andi.
      jadi kalau telat, pastinya bisa mengganggu performa mesin kendaraan.

      Delete
  5. Betul banget nih, Mas. Beli oli memang gak boleh sembarangan, mending pilih yang asli dan recommended seperti oli mobil Delvac ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, benar sekali, Mbak Eva.
      Alih-alih mau berhemat dengan membeli oli murah. Eh.. malah mesin kendaraan rusak. Gantinya malah lebih mahal.

      Delete
  6. Oli mesin memang sangat penting untuk diperhatikan masa-masa menggantinya ya, Mas Bambang, scr kendaraan kl dipakai setiap hari perlu support oli yg prima agar mesin bs berjalan dg optimal. Seperti oli Mobil Delvac ini, mesti dicoba nih. Tfs Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, Mbak Mia.
      Jadi kita memang harus mencarikan oli yang bagus untuk kendaraan kita. Soalnya yang akan merasakan manfaatnya ya kita juga.

      Delete
  7. Kalo sampe lupa ganti oli bisa fatal sekali ya mas. Pernah bibiku gak aware sama oli , rupanya sampe sudah kering. Sadarnya pas motorgak mau nyala lagi. Wah parah, pas ditanya si bibi lupa kapan terakhir kkali ganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang, Mbak. Karena oli itu kan sudah hitam dan banyak kotorannya. jadi bisa menyumbat mesin juga. Akhirnya itu, susah distater.

      Delete
  8. Ganti oli nggak boleh sembarangan dan harus berkala ya mas. Kalo nggak kendaraan akan gampang bermasalah. Boleh dicoba nih oli Mobil Delvac 1. Mudah2an oke juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Pokoknya harus rutin ganti oli, dan pilih oli yang bagus dan cocok untuk kendaraan kita, Mbak.

      Delete
  9. Bener banget Mas, kalau telat ganti oli, mesin kendaraan performanya jadi menurun. Apalagi kalau lupa dan menunda-nunda buat ganti oli, dijamin kendaraan kita nggak bakal awet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kang Ali. Makanya saya itu, pas habis ganti oli, saya selalu saya catat, biar tidak lupa lagi. Soalnya benar, kalau ditunda itu bisa gawat. selain makin malas, mesin kendaraan juga performanya kurang.

      Delete
  10. Ternyata itu to, fungsi oli. Saya kira hanya melancarkan mesin. Malahan motor tua, oli dituang di bensinnya sekalian. Tapi itu kenangan masa lalu yang mungkin tak pernh diketahui anak zaman now.

    Wah, ada mobil.co.id. Asyik dong sekarang, kalau butuh apapun yang berkaitan dengan kendaraan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang sekalian dicampur oli dengan bensin itu untuk motor vespa, Mbak. Tapi itu memang untuk keluaran zaman old hahaha. Zaman now kayaknya vespa juga punya oli samping.

      Delete
  11. Habis baca ini langsung mikir, motor udah lama enggak diganti olinya wkwkwk. Karena merasa motor cuma dipake sebentar doang dalam sehari.

    Karena emang saya enggak suka urusan mesin dll. Saya kurang paham tentang fungsi oli ini mas. Tapi abis baca ini saya jadi paham pentingnya oli untuk mesin.

    Tfs ya, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebanarnya memang penggantian oli disesuaikan dengan kondisi motor, Mas Erfano. Jadi saya ada dua motor, itu motor satunya sering saya pakai, jadi olinya cepat saya ganti juga. Nah, motor satunya jarang dipakai. Jadi agak lamaan diganti hehehe.

      Delete
  12. Bener banget mas, ganti oli mesin itu harus secara teratur dan berkala agar mesin mobil ga cepet rusak. Pemilihan oli juga harus di perhatikan yac...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Idah. Oli diperhatikan, diganti secara berkala, maka mesin akan awet dan performa tetap terjaga, Mbak. Enak saat dikendarai.

      Delete
  13. Sejujurnya saya tak tau kalau itu fungsinya, pokoknya taunya buat melumasi mesin biar enak ajad dipakainya hahaha. Dulu dibiasakan sama bapak buat sering cek ke bengkel, misal sebulan dua bulan sekali trus sekalian diisiin. Kalau skrng suami yg ngutrusin wkwkwk,tapi mungkin nanti klo saya dah mulai bawa kendaraan lagi krn antar anak sekolah saya akan lbh aware lagi sama penggunaan oli ini hehehe :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak April. Jadi nanti kalau sudah abwa kendaraan sendiri, Mbak April sudah ada warning. Oh.. saatnya nih, ganti oli, biar joss terus dikendarain hehehe.

      Delete
  14. Wah oli delvac bisa dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau ya mas, jadi kalau ingin merawat mesin cukup murah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Rori.
      Olinya bagus, beragam pilihan, dan pas di kantong. Jadi oli itu terjangkau, jangan sampai mesin yang rusak. soalnya mahal mesinnya.

      Delete
  15. Termasuk saya juga belum tau manfaat dari oli mesin. Ternyata ada buat anti karat segala ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Sugi. Jadi oli bukan hanya untuk pelumas saja, tapi juga banyak fungsinya.

      Delete
  16. Memang aku hanya taunya oli itu untuk pelumas aja, ternyata banyak juga manfaatnya untuk mesin. Mesti rajin ganti oli ya biar awet mesinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Makanya penting sekali diganti oli secara berkala, agar performa mesin kendaraan terus terjaga.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.