} Cara Saya Memilih Blogwalking agar Semakin Bersemangat - Bambang Irwanto Ripto

Cara Saya Memilih Blogwalking agar Semakin Bersemangat

Cara Saya memilih Blogwalking agar Semakin Bersemangat -  satu hal yang membuat saya happy ngeblog adalah adanya acara saling Blogwalking. Tidak hanya untuk mempererat perteman, tapi juga banyak hal yang saya dapatkan saat Blog Walking. Pastinya membaca tulisan teman-teman menambah pengetahuan saya.

Desain Canva


Nah, saat ini saya ikut beberapa grup Blogwalking. Jadi setiap minggunya ada acara list link BW. Ada juga list link di grup blogger facebook. Pastinya saya tidak mau melewatkan acara bagus, nih. Semakin rajin BW bisa melebarkan lingkaran pertemanan saya juga.

Tapi seiring saya sering mengikut Blogwalking, saya pun mulai mengamati alur-alur BW. Dan akhirnya, saya pun memilih ikut list link BW yang sesuai, dan agar saya tidak rugi. Nah, berikut cerita yang saya susun berdasarkan pengalaman saya sendiri selama ikut BW ya.


Pilih Blogwalking yang Waktunya Pendek

Pertama saya akan memilih Blogwalking yang waktunya tidak terlalu panjang. Misalnya Maksimal 3 hari saja. Dimulai dari waktu ngelist link BW. Misalnya waktunya senin sampai rabu. Nah, waktu lists dimulai hari senin  pukul 10 pagi dan ditutup pukul 6 sore. Kemudian, deadline Blogwalking itu rabu pukul 23.59 wib.

Nah dengan waktu yang singkat, berarti secara tidak langsung akan memacu saya (juga teman-teman yang ikut) untuk segera menyelesaikan BW. Dan saya rasa cukup waktu saya untuk saling BW selama 3 hari. Tentu saja lebih ringan dengan mencicil.

Pastinya ini saya sesuaikan dengan kemampuan saya juga. Jadi sebelum ikutan, saya sudah kira-kira, oh saya bisa menyelesaikan jumlah list link BW dalam waktu sekian. Karena kalau saya bergaya, maka saya juga yang keteteran dan merugikan teman lain.

Saya juga menyesuaikan dengan waktu dan kemampuan saya. Misalnya saya bisanya dalam tenggat waktu senin sampai rabu, dengan maksinal 25 list link atau seminggu dengan maksinal liat link 50. Atau 35 list link dengan batas waktu senin sampai kamis.


Pilih yang Adminnya Tegas

Saya suka nih, kalau ikut Blogwalking itu adminya tegas. Jadi selalu mengingatkan pada peserta yang belum menyelesaikan tugasnya. Rajin mengingatkan, buka ngegas hehehe.

Soalnya namanya manusia ya, kadang ada lupanya juga. Misalnya, saya mengira hari ini baru hari selasa, dan masih santai, karena deadline baru haru rabu. Nah, pas dicolek saya baru ngeh. Makanya saya berterima kasih sekali sudah diingatkan. Akhirnya saya bisa segera menyelesaikan Blogwalking sesuai waktunya.

Terus kalau  saya semangat menyelesaiakan BW, maka saya akan semangat posting tulisan baru lagi. Sstt.. saya kan tidak mau rugi. Misalnya saya mengikutikan satu tulisan itu-itu saja ke banyak BW. Akhirnya bisa saja, teman lain sudah komen di postingan saya. Mau komen di postingan lain, sudah semua.


Blogwalking yang Sangsinya Tinggi

Blogwalking dengan sangsi yang tinggi, juga satu hal ini  jadi pertimbangan saya ikut sebuah BW. Kalau sangsi tinggi, maka saya akan disiplin juga menyelesaikan BW. Kecuali kalau ada urusan, atau tiba-tiba saya sakit.

Misalnya saya pernah ikut BW yang waktunya dari senin sampai rabu. Nah, Tiba-tiba pas selasa saya kurang enak badan, terus bablas sampai kamis. Akhirnya saya kena denda tidak bisa ikut BW selama 2 kali priode, walau sudah menyelesaikan.

Terus aturan ketat lain, sebulan tidak menyelesaikan BW, akan diundurkan dari grup. Menurut saya ini bagus, biar jadi alarm bagi para peserta. Karena kadang ada yang tetap merasa nyaman walau deadline Bw sudah lama berlalu.

Soalnya kalau tidak ada sangsi tegas, bisa tidak segera diselesaikan BW-nya. Dan biasanya kalau sudah kelamaan, bahkan suka lupa. Kalaupun diselesaikan, kadang buru-buru. Postingannya apa, komennya aoa. Sudah ditulis di blog, masih ditanya pula. Bahkan bisa salah sapa. Masa saya sudah foto profil paling keren, masih dipanggil Mbak hahaha


Nah hal-hal di atas tadi bisa membuat peserta disiplin. Dan ini kalau sudah biasa, maka akan lebih enjoy ikut BW  dan itu yang saya rasakan. Kalau belum selesai BW, rasanya seperti ada utang. Selain, kalau semua peserta menyelesaikan BW, maka sama-sana diuntungkan.

Yuk, semangat Blogwalking

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Cara Saya Memilih Blogwalking agar Semakin Bersemangat"

  1. saking banyaknya BW akhirnya kepala sering error juga jadi terbolak balik harusnya panggil mas/pak/om eh jadi panggil mbak. Sialnya saya selalu dipanggil mas dulu sebelum nama blog saya ganti jadi Mama Indri. Padahal nama Dita Arina jelas banget cewek yaa tapi saya memaklumi itu sebagai error akibat BW nya cepet2an. Kalau pas balesan komen masih juga panggilnya mas yaah sudah deh. Cuma sekarang udah nggak lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, Iya, Mbak Dian.
      Makanya saya itu, sebelum komen, cek lagi namanya di list link. terus lihat PP juga. Terus memang dihindari BW yang mepet. Capek dan ngos-ngosan juga hahaha. Makanya saya suka mencicil.

      Delete
  2. Betul Mas. BW bisa menambah pengetahuan kita. Sy sengaja membuat jadwal untuk BW pada Rabu dan Sabtu Mas. Itu wajib sy lakukan. Krn selain mempererat hubungan, juga kadang banyak pengalaman dan pengetahuan yg bisa sy dapatkan Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. BW membuat saya semangat posting tulisan di blog. Makanya saya target juga BW seminggu sekali. Tapi kadang rabu dan kamis juga hehehe.

      Delete
  3. Saya gak banyak mengikuti grup-grup BW Pak. Alasannya takut gak bisa menyelesaikan tugas. Padahal aktifitas BW juga sama seperti IW tapi kok ngerjainnya lebih berat BW.

    Satu-satunya BW yang saya ikuti grup Indoblognet. Masa BWnya panjang, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kalau IW itu,kan caption tidak sepanjang tulisan di blog, Mbak. jadi bisa diselesaikan cepat. Malah saya sering ikut IW itu waktunya hanya 2 jam dengan maksimal 25 list link IG. Dan itu cepat selesai hehehe.

      Delete
  4. Semangat terus kang, makin menebar keceriaan. Baca ini ikutan ceria. Hehe

    Salam.

    Jika sempat mampir kang.

    galihsu.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat terus berbagi cerita dan cerita, Mas Galih.
      Siap, Mas. Nanti saya berkunjung balik ya.
      Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  5. Saya belum pernah ikut grup blogwalking...saya BW sendiri saja cari-cari postingan yang menarik. Dibales BW alhamdulillah...nggak juga nggak papa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, ikutan juga, Kak. Jadi menambah lingkaran pertemanan juga.
      Terima kasih sudah mampir ya. Nanti saya berkunjung balik.

      Delete
  6. Setuju mas Baim, waktu yang pendek akan bikin lebih semangat BW nya. Terus semangat juga nulis artikel baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Dini. Jadi kita terus disiplin menyelesaikan BW sesuai deadline ya, Mbak. Dan itu keuntungan lainnya. Kita jadi semangat menulis dan posting baru di blog.

      Delete
  7. Setuju mas, sebelum ikut grup bw saja mager isi blog, target saya sebulan 4 postingan biar ga kosong amat hehe

    Apalagi kalau ikut lomba blog, harus rajin bw-nya hehe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, iya Mbak Annafi. BW membuat kita semakin semangat isi blog ya, Mbak. Jadi peluang juga makin terbuka Mbak. Misalnya klien lihat blog kita ramai, wah boleh nih nitip CP hehehe

      Delete
  8. Yeayy sama donk...saya akhirnya lebih banyak BW lewat grup BW..Ada yang ngasi sanksi 3 bulan gak boleh ikutan ngelist kalo telat BW sampe 1 mingguan dari DL..hehe..dan saya pernah kena sanksi itu. Semangat BW!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sanski 3 bulan kelamaan ya, Mbak Diane. Takutnya kita malah lupa. Bagusnya sebulan saja. Lewat sebulan, undur diri dari grup hehehe.

      Delete
  9. Waah tipsnya menarik banget nih. Jarang-jarang bisa kepikiran kayak gini buat ikut BW. Makasih mas ya

    ReplyDelete
  10. Mantul banget nih tips untuk BW-nya, hehe.. Aku suka serem sama yang admin tegas dan sangsinya tinggi hihi.. Walaupun pastinya aku taat sama peraturan BW kok, cuma suka deg-degan kalau adminnya ada yang ngomel gara2 telat BW

    ReplyDelete
  11. Betul banget mas, ikutan BW tuh menambah semangat untuk ngeblog. Ini saya pas agak drop nih semangat ngeblognya. Jadi mulai termotivasi lagi melihat teman2 pada rajin update.

    Btw, yg benar sanksi kayaknya mas, bukan sangsi. ;)

    ReplyDelete
  12. Blog walking Indoblognet-lah yang paling oke hihi 😅

    ReplyDelete
  13. Etos kerjanya tinggi nih, cek gu. Semoga saya bisa ikutan semangatnya. Trus ini aja saya dateliner, hiks.

    ReplyDelete
  14. Aku ga berani bewe banyak-banyak..makanya ikut di 2 grup wa aja itupun gantian.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.