} 7 Akibat Malas Posting di Blog - Bambang Irwanto Ripto

7 Akibat Malas Posting di Blog

Blog itu ibarat sebuah toko. Harus selalu ada artikel yang baru di blog. Kalau tidak, maka ini dia 5 akibatnya bila malas posting di blog. 

efeknya malas posting di blog
Jangan Malas Posting di Blog

Seperti yang teman-teman ketahui, zaman now, blog tidak lagi hanya untuk menyimpan tulisan, atau berbagi lewat tulisan. Blog juga untuk menambah penghasilan. Dan Alhamdulillah saya sudah merasakan hal itu. 

Tapi tetap ya, saat memulai ngeblog, bukan karena uang, bukan karena ingin segera mendapat penghasilan dari blog.  Tapi ngeblog, karena suka menulis dan ingin membagikan sesuatu lewat tulisan. Nikmati proses blog, maka penghasilan dari blog akan segera menyapa.

ini dia blog bambang irwanto soeripto
Ini dia blog saya...

Terus, apa ya, efeknya kalau malas posting di blog. Banyak.. dan ini saya rangkum berdasarakan pengalaman saya selama  ngeblog yang masih seuprit ini. Semoga bermanfaat ya.


Jumlah Artikel Tidak Bertambah

Yang paling kentara saat malas posting artikel di blog adalah.. ya jumlah artikel di blog tidak akan bertambah. Secara logika kan, ini berbanding lurus. Semakin rajin posting, maka artikel semakin bertambah. Semakin malas  isi blog, ya jumllah artikelnya segitu-gitu saja hehehe.

Makanya nih, perlu sekali pasang target sendiri. Misalnya saya itu, sejak tahun 2018, menargetkan minimal 100 artikel per tahun. Ini jadi penyemangat plus alarm bagi saya agar terus semangat mengejar target itu.


Pengunjung akan Sepi

Seperti yang saya tuliskan di atas, blog itu bisa diibaratkan adalah toko kita. Nah, barang-barang yang dijual adalah postingan-postingan kita. Jadi logikanya, kalau selalu ada yang baru di toko, orang akan selalu tertarik untuk berkunjung. Semakin banyak postingan, semakin banyak pilihan orang untuk membaca.

Soalnya orang akan malas berkunjung, kalau artikel di blog kita itu-itu saja. Kan sudah dibaca, untuk apa dibaca lagi? Walau terkadang ada beberapa artikel yang berhubungan dengan tutorial atau tips, bisa dibaca kembali. Akhirnya pengunjung jadi sepi. 


Tidak Ada Share ke Media Sosial

Tidak adanya artikel atau postingan baru di blog, kaitannya tidak bisa share juga ke media sosial. Orang juga tidak akan tertarik berkunjung, kalau yang dishare artikel itu-itu saja. Logikanya lagi, kan sudah dibaca. Mending cari blog lain dengan artikel-artikel baru.

Padahal share link artikel ini, merupakan salah satu bagian promo blog. Selain bisa mendatangkan pengunjung ke blog, juga bisa membuka peluang job untuk blog kita. Soalnya di media sosial itu, para agensi juga berseliweran. Meraka bisa saja tidak sengaja melihat postingan share link blog. 

Kalau pas mampir artikelnya tidak pernah update, ya peluang bisa melayang. Teman-teman pasti sudah tahu kan akibat... Yesss uang bakso jadi melayang. Menangis deh,di pojokan hahaha.


Tidak Seru Blog Walking

Blog walking atau BW adalah salah satu cara menambah performa blog. Tapi biasanya, yang diikutkan itu seringnya artikel-artikel baru. Soalnya, kalau postingan itu-tu saja, jadi tidak seru. Komennya jadi dobel-dobel juga. Bahkan kalau malas update tulisan, jadinya tidak bisa ikut blogwalking.


Performa Blog Menurun

Ini juga efeknya kalau ogah-ogahan mengisi blog dengan postingan baru. Yesss.. performa blog akan turun. Kaitannya DA, PA, DR, dan lainnya akan terjun bebas. Padahal, klien itu saat menyeleksi blog kita, masih melihat hal-hal itu.

Makanya hal ini jangan sampai dibiarkan, teman-teman. Dunia blogger itu progresnya sangat cepat. Kita malas sedikit, akan turun performa blog, dan akan disalip teman-teman lain. Karena secara tidak langsung, ada persaingan (pastinya secara sehat) juga saat ikut daftar sebuah job. 

Pastinya klien akan memilih blog-blog yang performanya bagus. Logikanya blog A nilai 5, blog B nilai 8, dengan penawaran fee yang sama. Klien pasti akan memilih blog B kan. Isitlah kerennya, kalau ada yang bagus, ngapain ambil yang biasa-biasa saja hehehe. 


Blog Mati Suri

Aduh.. blogku sudah penuh sarang laba-laba... 

Teman-teman pas ti pernah membaca atau mendengar kalimat di atas. Dan itu Analogi, hal itu memang benar. Blog yang lama tak diisi, seperti rumah yang ditinggal. Maka akan penuh sarang laba-laba, berdebu, bau apek, ada tikusnya dan lainnya. Hiiiii.... hahaha. 

Pastinya dong, efek-efek di atas itu kena semua. Tidak ada penambahan artikel, pengunjung sepi, performa turun, sampai tidak adanya lagi uang bakso. Duh.. hidup tanpa bakso, bagai taman tak berbunga.. hei begitulah kata pujangga.. wkwkwk apaaan sih...

Kalau sudah begini, sia-sia ya, perjuangan membangun blog selama ini. Apalagi nih, kalau domain teman-teman itu sudah berbayar. Tiap tahun sudah bayar, penghasilan tidak ada. Blog mati suri pula. Apa tidak semakin rugi.


Tidak Ada Penghasilan

Walau sudah saya singgung di atas, tetap efeknya ini akan saya ulas sedikit lagi. Jadi walau ngeblog itupada dasarnya untuk berbagi cerita dan ceria, tapi kalau bisa ada penghasilan dari blog, kenapa tidak kan... Tapi kalau blog tidak keurus, bagaimana dong hehehe?

Kalau saya sih, paling tidak uang dari blog bisa untuk bayar domain setiap tahunnya. Tapi Alhamdulillah bisa lebih malah, buat ngebakso hahaha. Intinya harus terus semangat.

Nah, itu dia sharing seputar akibat kalau malas posting di blog. Sekali lagi ya, ini saya susun berdasarkan pengalaman ngeblog saya yang masiiiiiiiiih seuprit hahaha. Semoga bermanfaat, ya. Salam semangat ngeblog, teman-teman...


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

25 Responses to "7 Akibat Malas Posting di Blog"

  1. Semakin rajin mengurus blog, insha Allah ada insight positif ya mas, bukan hanya sekedar job, tapi bisa memberikan banyak manfaat buat pembaca.

    Yang namanya rasa malas muncul, itu wajar sih, setiap orang pasti punya sisi rasa malas. Tinggal kitanya saja yang harus pandai menyiasatinya ya.

    Makasih Mas atas motivasinya, jadi tambah semangat buat ngurus blog nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mas Hendra. Ngeblog untuk berbagi cerita dan ceria, nah uang bakso adalah bonusnya hahaha.
      Dan malas itu hal wajar, tapi jangan dibiarkan malasnya. Harus segera kita siasati sendiri.
      Sama-sama, Mas. Terima kasih sudah mampir.

      Delete
    2. Bakso dan pizza adalah bonus wkwkwkwk

      Delete
  2. Kalau posting blog lagi jarang2 atau bahkan nggak kesentuh, paling berdampak emang ke performa ya apalagi blog aku bukan yang kalau ditinggal bisa jalan sendiri, masih kudu dirawat hahaha. Nah kalau performanya lagi turun, pastiii lah job juga berkurang, hiks.

    Namun yang pasti, kalau aku malah kadang gemeees bgt kalau ada ide blog post harus secepatnya dieksekusi apalagi kalau lagi banyak waktu luang, kalau enggak kadang feelnya ga kerasaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mbak Marfa. Blog saya juga begitu. "Blog Manja" yang butuh perhatian dan kasih sayang hahaha. Sedikit saja ditinggal, sudah, blog saya ngambek dan turun semua hahaha.
      Dan bagus itu, Mbak. begitu ada ide, langsung eksekusi. Jadi idenya tidak hilang, dan segera menambah jumlah postingan blog.

      Delete
  3. Lengkapi dengan dampak kedelapan, Mas: diragukan keblogerannya,hehe. Ngaku bloger kok jarang updateblog hihi. Aku yang ngerasa berdampak itu trafik Mas, yang turun dan ga bisa hah hihi pas BW karena ga ada buat diikutkan artikel terbaru. Bisa menambah potensi rezeki juga sihkalau rajin apdet karenapemberi kerja lihat keaktifan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Rajin update, maka akan bisa terus promo, maka peluang mendapatkan job akan semakin terbuka. Pastinya...akan bisa terus berbagi cerita dan ceria juga.

      Delete
  4. Intinya kita gak boleh malas ngeblog ya, Mas. Soalnya bakalan banyak sekali kerugiannya kalau blog kita gak update. Terutama bisa ngurangin penghasilan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Intinya blog harus dijaga dan dirawat. Karena saya, karena membangun blog itu tidak mudah, butuh waktu tenaga. Juga butuh modal setidaknya untuk membayar sewa domain setiap tahun. Makanya harus.. semangat....

      Delete
  5. Blog itu udah aku anggab kayak rumah :). Jadi kalo rumah ga dibuat senyaman mungkin, buat kita dan tamu yg DTG, rasanyaaa kok ya gimana. Salah satu caranya ya dgn update postingan :D.

    Jdwalku sih seminggu sekali mas. Krn ada kerjaan lain juga. Apalagi blogku bukan untuk monetisasi, hanya utk penyaluran hobi. Tapi ya itu, aku ga mau postingan baru hanya muncul setahun sekali hahahaha. Ttp harus rutin walopun ini g dikomersilkan. Krn aku pgn temen2 yang msh suka mencari info melalui blog, bisa mendapatkan informasi dari blog ku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini sudah ideal, Mbak Fanny. Seminggu sekali itu sudah bagus, apalagi kan, Mbak Fanny ada kerjaan lain juga. Intinya harus rutin. Kalau setahun sekali, kayak tahun baru saja, Mbak hehehe.

      Delete
  6. Rajin update tulisan memang nggak hanya bikin tambah buat jajan bakso, Pak, tapi bisa buat upgrade hape, assiik.

    Apalagi pas tahu ternyata DA blog naik, Alexa rank nya kurusan, wah makin SemangatCiee lagi nulisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu salah satu tujuannya, Mbak Fenny. Kalau DA dan PA naik, DR ikut meroket, Alexa kurus, dapat hape baru lagi. Kan makin happy, Mbak hehehe.

      Delete
  7. aku pernah satu tahun ngga update sih, yang ada kunjungan menurun dan Alexa menggemuk sama seperti aku mas... tapi SS ku malah aman hahaha abis diupdate SSnya jadi gendut. tapi udah ngga mikirin semuanya lagi karena tujuanku ngeblog bikin diary online aja

    ReplyDelete
  8. Hehehehe... Kalau malesnya gak ketulungan, pasti blog nya banyak sarang laba-labanya. Idah gitu, gak bisa dapet cuan. Tapi beda kalau malesnya karena bad mood, gapapa. Tapi jangan lama- lama ��

    ReplyDelete
  9. Jadi teringat kalau bulan ini aku belum posting artikel baru, tapi lebih ke memperbaiki artikel lama sih mulai dari menambah jumlah kata dan lainnya, termasuk blogwalking. Jadi tergoda untuk menyiapkan artikel baru deh.

    ReplyDelete
  10. Kalo lagi malas posting yang paling kerasa itu pengunjung blog jadi sepi ya pak.. Emang penting banget membiasakan menulis biar terbiasa juga sebagai terapi melepas beban pikiran.

    ReplyDelete
  11. Nah, saya suka kagum nih ama yg pegang bbrpa blog dan tetep update. Apalah saya yang kadang ambisi nulisnya suka ngalah ama setrikaan di rumah. Haha

    ReplyDelete
  12. Nah, saya suka kagum nih ama yg pegang bbrpa blog dan tetep update. Apalah saya yang kadang ambisi nulisnya suka ngalah ama setrikaan di rumah. Haha

    ReplyDelete
  13. Aduh kaya dijewer nih baca artikel ini. Aku dong blognya nggak kaya laba-laba, pak. Tapi kaya etalase. Isinya 'jualan' melulu. Kangen nulis artikel organik alias curcol-curcol berfaedah gitu hahaha.

    Makasih sudah mengingatkan untuk tetap semangat ngeblog ya, Pak.

    ReplyDelete
  14. aku lagi menggumpulkan segenap energi biar bisa rajin update blog biar da naek pa naik job banyak..tapi untuk konsisten update ini yang perjuangan banget

    ReplyDelete
  15. Aku banget nih, Mas Bams.
    Sempet ngerasain pv 44K / month, eh, tetiba teler morsick n malas update blog. Jadi aja sekarang turun lagi.
    Pe er banget ini di managemen waktunya, ada tips jitu ngga sih biar sukses selaras seimbang antara dumay n duta gitu, terutama buat mak-emak, hiks!

    ReplyDelete
  16. Alasan saya yang paling saya inginkan posting blog terus adalah ingin mendapatkan penghasilan karena masih pengganguran huhu

    ReplyDelete
  17. Yang terakhir paling horor ya pak.. Karena performa blog menurun, jadinya kurang job juga.. semoga makin semangat deh ngeblognya ya pak.. sama aku juga harus rajin

    ReplyDelete
  18. Saya yang rada gaptek abdi dan selalunya merasa susah memahami fetil-detil blog, tahunya hanya berusaha posting heehehe .... Alhamdulillah manfaat materiil dan immatetiilnya cukup terasa. Hanya sajaaa, kurang rajin saya. Lumayan rajin posting, tapi perlu lebih diperajin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.