} Harus Memiliki Dokumen Lengkap, Ini 4 Tips Memilih Mobil Bekas - Bambang Irwanto Ripto

Harus Memiliki Dokumen Lengkap, Ini 4 Tips Memilih Mobil Bekas

Jika teman-teman memiliki jumlah uang yang pas pasan, namun ingin memiliki mobil, maka biasanya mobil bekas akan dijadikan pilihan. Namun, dalam memilih mobil yang terbaik memang dibutuhkan kejelian. 

yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas

Sebab, terdapat beberapa orang yang menjual mobilnya masih dalam kondisi bagus. Untuk itu, inilah tips memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas.

1. Pastikan Kelengkapan Dokumen

Hal paling penting yang perlu untuk teman-teman perhatikan ketika membeli mobil bekas adalah memeriksa kelengkapan dokumen. Untuk itu, sebelum membelinya, teman-teman harus mengecek surat surat secara lengkap. 

surat mobil bekas harus lengkap
Jangan Lupa Periksa BPKB dan STNK

Jangan sampai teman-teman membeli mobil second tanpa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau (BPKB). Pasalnya, kedua dokumen tersebut sangat penting. Sehingga terlalu beresiko. 

Dampak lainnya adalah penjual mungkin memberitahukan jika BPKB hilang, namun ternyata BPKB tersebut dijadikan barang pinjaman untuk kredit. 

Tentunya teman-teman sendiri yang akan rugi. Oleh sebab itu, penting mengecek seluruh perlengkapan sebelum membeli mobil second.


2. Memeriksa Body Mobil

Tips memilih mobil bekas selanjutnya adalah dengan memeriksa body mobil yang Anda ingin beli. Pastikan beberapa komponen seperti kaca mobil, pintu mobil hingga kas mesin dalam kondisi yang baik dan perhatikan apakah masih asli atau bukan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan apakah cat mobil sudah belang atau masih rapi.

body mobil bekas wajib dicek
Periksa Juga Body Mobil Bekas

Kemudian, hal yang paling penting untuk teman-teman perhatikan ketika memeriksa body mobil adalah dengan melihat struktur atau rangka utama dari mobil tersebut. 

Teman-teman perlu memastikan bahwa rangka mobil tersebut masih dalam kondisi yang bagus. Seperti tidak terdapat perbaikan maupun bekas tabrakan.


3. Cek Kondisi Interior Mobil

Setelah itu, Anda bisa mengecek kondisi dalam dari mobil. Adapun bagian interior yang perlu untuk teman-teman periksa adalah mulai dari switch lampu, sistem audio hingga AC. 

Teman-teman pun juga perlu memastikan bahwa semua komponen yang ada di bagian tersebut telah bekerja dengan baik, seperti sabuk pengaman untuk keselamatan.

Kemudian, tips memilih mobil bekas selanjutnya adalah dengan periksa kondisi dashboard, karpet hingga plafon pada mobil. 

Di sini, teman bisa mencoba menduduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman dan enak untuk ditempati. Selain itu, apabila teman-teman mendapati bau apek, hal tersebut menjadi indikasi bahwa mobil tersebut pernah terkena banjir.


4. Memeriksa Riwayat Servis Mobil

Hal lain yang perlu untuk teman-teman perhatikan adalah dengan memeriksa riwayat servis mobil. Jika teman-temanmemang berniat untuk membeli mobil bekas yang murah, cek riwayat service yang pernah dilakukan. 

riwayat servis mobil bekas harus dicek
Periksa Riwayat Servis Mobil Bekas yang akan Dibeli

Hal ini sebagai bukti, untuk mengetahui bahwa mobil tersebut telah dirawat secara berkala maupun tidak. Dengan memeriksa service record, teman-teman pun bisa mengetahui bagaimana jadwal rutin untuk melakukan servis. 

Sehingga dengan begitu, Anda pun menjadi tahu apakah kondisi mobil tersebut masih layak jalan atau tidak.  Selain itu, dalam tips memilih mobil bekas ini, teman-teman juga perlu memastikan bahwa mobil yang teman-teman beli tersebut telah melakukan servis secara rutin di bengkel yang resmi atau tidak.

Oleh karena itu, sebelum membeli mobil bekas, penting bagi teman-teman untuk melakukan pengecekan secara keseluruhan. Hal ini bertujuan agar nantinya mobil yang teman-teman beli memang dalam keadaan yang baik dan memiliki surat surat lengkap. 

perlu diasuransikan mobil bekas
Jangan Lupa mengasuransikan Mobil Bekas

Bagi teman-teman yang ingin membeli mobil bekas, sebaiknya memperhatikan beberapa tips di atas agar bisa mendapatkan mobil yang terbaik dan berkualitas. Selain itu jangan lupa untuk melindungi mobil teman-teman dengan asuransi kendaraan.

Hal ini karena asuransi kendaraan bisa menjadi pelindung sejati bagi mobil teman-teman dari berbagai macam permasalahan yang bisa muncul kapan saja dan di mana saja. 

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Harus Memiliki Dokumen Lengkap, Ini 4 Tips Memilih Mobil Bekas"

  1. Wah cocok nih. Kebetulan kami punya program beli mobil bekas. Sekarang lagi milih2 yg sesuai budget nih pak. Do'ain segera nemu yaa

    ReplyDelete
  2. Wah cocok nih. Kebetulan kami punya program beli mobil bekas. Sekarang lagi milih2 yg sesuai budget nih pak. Do'ain segera nemu yaa

    ReplyDelete
  3. Betul banget. Harus teliti kalau beli mobil bekas, ya. Biar dapat barang sesuai harga.

    ReplyDelete
  4. STNK dan BPKB, juga riwayat servis mobil, beserta berbagai kondisi lainnya. Langsung eungeuh nih di poin pertama buat tetap berhati-hati soal keberadaan STNK sama BPKB-nya. Terima kasih banyak atas tipsnya. Bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  5. Riwayat servis memang perlu banget nih diketahui, jadi jelas udah berapa kali melakukan perawatan, dan jelas juga kilometernya udah berapa.

    Jadi sebelum beli mobil, apalagi yang second memang kudu jeli ya Pak. Nggak hanya mencoba mengendarai nya aja, tapi perintilannya perlu diperhatikan

    ReplyDelete
  6. Noted pak. ke depannya kalo mau beli mobil bekas harus diinget2 nih tipsnyaa biar ngga zonk dan menyesal nantinya

    ReplyDelete
  7. Aku dulu punya mobil tua, Mas Bam. Paling sering rusak itu bagian akinya hehehee. Klo beberapa hari gak dipakai sudah sulit dinyalakan dan harus dicharge dlu.
    Makasih infonya. Paling penting memang periksa kelengkapan surat2nya dulu klo mau beli mobil bekas.

    ReplyDelete
  8. Kalo beli product second emang kudu teliti banget ya kak biar nggak ketipu. .

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.