} Keuntungan Optimasi SEO pada Blog - Bambang Irwanto Ripto

Keuntungan Optimasi SEO pada Blog

Dulu itu, saya ngeblog hanya sekadarnya saja. Selesai menulis artikel, posting di blog, share di emdia sosial, kelar. Nanti kalau algi rajin, menulis artikel lagi hehehe. Apalagi awalnya saya membuat blog, hanya untuk kebutuhan tugas menulis novel saja. Makanya pakai blog gratisan dengan tamplate bawaan.

manfaat optimasi SEO pada blo
Optimasi Blog Bikin Performa Blog Meningkat (Desain : Canva)

Padahal, sebuah blog itu tidak sekadar diisi saja, tapi juga harus dirawat dan dioptimasi. Pastinya, agar performa blog semakin bagus, dan pastinya memberi manfaat bagi sang pemilik blog juga juga. Karena saat saya belajar dari teman-teman, katanya blog bisa dijadikan aset juga untuk sekarang dan di masa nanti. Bahkan bisa diwariskan. Wow...


Langkah-langkah yang Harus Dilakukan  

Setelah tercerahkan soal blog, maka saya pun semakin bersemangat membenahi blog saya. Soalnya memang benar, kalau blog dibenahi, maka hasilnya juga bagus. Nah, berikut langkah-langkah yang saya lakukan :



Membeli Domain

Pertama, saya mengganti nama domain. Awalnya kan, saya memakai domain gratisan, kemudian saya menyewa domain. Nah, dengan domain berbayar, katanya ini menunjukkan keseriusan saya dalam ngeblog. Tentu saja harus bayar sewa domain setiap tahun. Tapi tidak perlu khawatir. Sangat terjangkau kok.


Membeli Template

Selanjutnya, saya membeli template yang lebih responsif. Awalnya ngeblog itu, saya sangat norak. Selain memakai template bawaan, saya juga memasang aneka pernak-pernik. Mulai dari jam, salju turun, sampai ikan-ikan mas berenang hahaha. Pikir saya biar seru dan menarik. Ternyata, malah membuat laodingnya berat, sehingga blog saya terbuka lama.

Dengan template beli, walau tampilanya sederhana,  namun sesuai kebutuhan. blog saya responsif, cepat loading, tampilan juga rapi.


Belajar SEO

Selanjutnya, saya pun belajar Seo. Dan Alhamdulillah saya sangat beruntung karena zaman now lebih dimudahkan. Saya jadi belajar memasukkan kata kunci yang  pas, menentukan jumlah judul, dan lainnya.

Banyak cara untuk belajar Seo. Apalagi zaman now segalanya dipermudah. Misalnya :

  • Pertama, tinggal buka internet. Cari blog-blog yang membahas seputar Seo. Banyak kok salah satunya adalah Joko Warino Blog. Beragam info keren seputar optimasi SEO dan ngeblog ada di blog ini.
  • Selain belajar lewat blog-blog, saya juga banyak belajar dari youtube. 
  • Ketiga, gabung di komunitas blogger. Banyak grup-grup whatsapp. Saya pun banyak belajar di sana.
  • Nah bila ada dana bisa ikut kursus yang diadakan. Jangan takut bikin kantong jebol, karena semua yang akan didapatkan ilmu bermanfaat semua. Sesuai pengalaman saya, investasi kelasnya terjangkau kok. Bahkan nanti saat blog kita bagus dan dilirik oleh klien, akan kembali modal juga bahkan lebih hehehe


Keuntungan Optimasi SEO

Salah satu yang harus dibenahi dalam sebuah blog adalah optimasi blog. Dan memang hasilnya berbeda, blog yang dioptimasi SEO dengan yang tidak.

blog bambang irwanto setelah optimasi SEO
Tadaaa... Inilah Tampilan Blog Saya Setelah Optimasi SEO

Performa blog pastinya akan semakin bagus. Blog saya bisa dibuka di berbagai perangkat. Mulai dari handpone, tablet, sampai laptop. Kemudian loadingnya cepat. Terus dengan menerapkan SEO, srtikel saya berpeluang besar muncul di mesin pencarian google.

Setelah dioptimasi SEO, Alhamdulillah Pengunjung semakin banyak yang mampir. Kalau dulu pengunjung dalam sebualan bisa dihitung jari, sekarang sudah bertambah. Alhamdulillah.

Performa blog yang semakin bagus, membuat saya semakin semangat untuk mengisi blog. Karena semakin banyak postingan blog, maka semakin bagus juga. Ibaratnya sebuah toko, maka semakin banyak isinya, maka semakin banyak beragam pilihan. Lagipula, sudah bayar domain tiap tahun, maka harus semakin semangat juga.

Kalau sudah begitu, akan membuka peluang untuk mendapatkan rezeki tambahan dari blog. Misalnya job menulis  atau Conten Placement. Untuk daftar google adsense juga semakin mudah.

Nah, itu dia keuntungan optimasi SEO sesuai pengalaman saya. Semoga tulisan ini bermanaat. Terus semangat ngeblog.


Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Keuntungan Optimasi SEO pada Blog"

  1. Kirain ornag ngeblog sudah jarang, ini nmpak artikel baru , salam blogspot 😬

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.